Kanker paru-paru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari
Kanker paru-paru Klasifikasi & sumber eksternal

Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan, terutama asap rokok [1] . Menurut World Health Organization (WHO), kanker paru merupakan penyebab kematian utama dalam kelompok kanker baik pada pria maupun wanita[2]. Sebagian besar kanker paru-paru berasal dari sel-sel di dalam paru-paru; tetapi kanker paru-paru bisa juga berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru.

Jenis kanker paru-paru

Frequency of histological types of lung cancer[3]
Histological type Frequency (%)

Non-small cell lung carcinoma Small cell lung carcinoma Carcinoid[4] Sarcoma[5] Unspecified lung cancer

80.4 16.8 0.8 0.1 1.9

Lebih dari 90% kanker paru-paru berawal dari bronki (saluran udara besar yang masuk ke paru-paru), kanker ini disebut karsinoma bronkogenik, yang terdiri dari: 1. 2. 3. 4. Karsinoma sel skuamosa Karsinoma sel kecil atau karsinoma sel gandum Karsinoma sel besar Adenokarsinoma

Karsinoma sel alveolar berasal dari alveoli di dalam paru-paru. Kanker ini bisa merupakan pertumbuhan tunggal, tetapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru. Tumor paru-paru yang lebih jarang terjadi adalah: 1. Adenoma (bisa ganas atau jinak) 2. Hamartoma kondromatous (jinak) 3. Sarkoma (ganas) Limfoma merupakan kanker dari sistem getah bening, yang bisa berasal dari paru-paru atau merupakan penyebaran dari organ lain. Banyak kanker yang berasal dari tempat lain menyebar ke paru-paru. Biasanya kanker ini berasal dari payudara, usus besar, prostat, ginjal, tiroid, lambung, leher rahim, rektum, buah zakar, tulang dan kulit.

Penyebab utama
Sub-types of non-small cell lung cancer in

Kadang kanker paru (terutama adenokarsinoma dan karsinoma sel alveolar) terjadi pada orang yang paru-parunya telah memiliki jaringan parut karena penyakit paru-paru lainnya. gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru. Sakit kepala. Semakin banyak rokok yang dihisap. meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok. arsen. 3. radiasi. 7. Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat. Pembengkakan di wajah atau leher. 8. kromat. Kelelahan kronis Kehilangan selara makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas. semakin besar resiko untuk menderita kanker paru-paru. Bekerja dengan asbes. 5. Napas sesak dan pendek-pendek.smokers and never-smokers[6] Frequency of nonsmall cell lung cancers (%) Histological sub-type Smokers 42 39 4 7 8 Squamous cell lung carcinoma Adenocarcinoma (not otherwise specified) Adenocarcinoma Bronchioloalveolar carcinoma Carcinoid Other Neversmokers 33 35 10 16 6 Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita. 2. Suara serak/parau. 6. Gejala kanker paru Gejala paling umum yang ditemui pada penderita kanker paru adalah: 1. berubah warna dan makin banyak. klorometil eter. seperti tuberkulosis dan fibrosis. nikel. Beberapa kasus terjadi karena adanya pemaparan oleh gas radon di rumah tangga. nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas. Dahak berdarah. . Hanya sebagian kecil kanker paru-paru (sekitar 10%-15% pada pria dan 5% pada wanita) yang disebabkan oleh zat yang ditemui atau terhirup di tempat bekerja. 4. Peranan polusi udara sebagai penyebab kanker paru-paru masih belum jelas.

[1] Selain itu. • • • • Radioterapi atau radiasi dengan sinar-X berintensitas tinggi untuk membunuh sel kanker. sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Biopsi Jarum Halus. Diagnosis dan pengobatan Beberapa prosedur yang dapat memudahkan diagnosa kanker paru antara lain adalah foto X-Ray. Kasuskkasus stadium dini/ awal sering ditemukan tanpa sengaja ketika seseorang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.[2] Patofisiologi Transformasi . Pengobatan kanker paru dapat dilakukan dengan cara-cara seperti 1. ensiklopedia bebas Definisi Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya.kadang melebihi dari tempat ditemukannya tumor dan membuang semua kelenjar getah bening yang terkena kanker. Penyakit ini oleh Word Health Organization (WHO) dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases (ICD) dengan kode nomor 17. dan USG Abdomen. cepat dan tidak terkendali.Gejala pada kanker paru umumnya tidak terlalu kentara. Bronkoskopi. Kanker payudara Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Pembedahan dengan membuang satu bagain dari paru . Kemoterapi Meminum obat oral dengan efek samping tertentu yang bertujuan untuk memperpanjang harapan hidup penderita. CT Scan Toraks. sehingga kebanyakan penderita kanker paru yang mencari bantuan medis telah berada dalam stadium lanjut. Kanker payudara (Carcinoma mammae) didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma.

Sel-sel kanker dibentuk dari sel-sel normal dalam suatu proses rumit yang disebut transformasi. atau timbul borok (ulkus) pada payudara. Fase promosi Pada tahap promosi. lalu melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau pada puting susu. Fase inisiasi Pada tahap inisiasi terjadi suatu perubahan dalam bahan genetik sel yang memancing sel menjadi ganas. yang terdiri dari tahap inisiasi dan promosi. sudah timbul borok. mengkerut. Gejala klinis Gejala klinis kanker payudara dapat berupa: Benjolan pada payudara Umumnya berupa benjolan yang tidak nyeri pada payudara. Erosi atau eksema puting susu Kulit atau puting susu tadi menjadi tertarik ke dalam (retraksi). virus. Rasa sakit atau nyeri pada umumnya baru timbul kalau tumor sudah besar. suatu sel yang telah mengalami inisiasi akan berubah menjadi ganas. Benjolan itu mula-mula kecil. atau kalau sudah ada metastase ke tulang-tulang. radiasi (penyinaran) atau sinar matahari. dan penyebaran kanker ke seluruh tubuh (Handoyo. dan mudah berdarah. Sel yang belum melewati tahap inisiasi tidak akan terpengaruh oleh promosi. bahkan gangguan fisik menahunpun bisa membuat sel menjadi lebih peka untuk mengalami suatu keganasan. 1990). karena itu diperlukan beberapa faktor untuk terjadinya keganasan (gabungan dari sel yang peka dan suatu karsinogen). berwarna merah muda atau kecoklat-coklatan sampai menjadi oedema hingga kulit kelihatan seperti kulit jeruk (peau d'orange). . kelainan genetik dalam sel atau bahan lainnya yang disebut promotor. Borok itu makin lama makin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. Perubahan dalam bahan genetik sel ini disebabkan oleh suatu agen yang disebut karsinogen. Ciri-ciri lainnya antara lain: • • • Pendarahan pada puting susu. makin lama makin besar. yang bisa berupa bahan kimia. sering berbau busuk. menyebabkan sel lebih rentan terhadap suatu karsinogen. bengkak (edema) pada lengan. Kemudian timbul pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. tetapi tidak semua sel memiliki kepekaan yang sama terhadap suatu karsinogen.

Dari beberapa penelitian yang . Konsumsi lemak: Konsumsi lemak diperkirakan sebagai suatu faktor risiko terjadinya kanker payudara. 4. Penggunaan hormon: Hormon eksogen berhubungan dengan terjadinya kanker payudara. penyebab spesifik kanker payudara masih belum diketahui. risiko meningkat hingga 5 kali. periode antara terjadinya haid pertama dengan umur saat kehamilan pertama merupakan window of initiation perkembangan kanker payudara. risiko sedikit meningkat 1. Diperkirakan. Secara anatomi dan fungsional. Risiko utama kanker payudara adalah bertambahnya umur. wanita yang menggunakan obat ini untuk waktu yang lama mempunyai risiko tinggi untuk mengalami kanker ini sebelum menopause. Obesitas: Terdapat hubungan yang positif antara berat badan dan bentuk tubuh dengan kanker payudara pada wanita pasca menopause. Suatu metaanalisis menyatakan bahwa walaupun tidak terdapat risiko kanker payudara pada pengguna kontrasepsi oral. Variasi terhadap kekerapan kanker ini di negara-negara Barat dan bukan Barat serta perubahan kekerapan sesudah migrasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh diet terhadap terjadinya keganasan ini. Pada hiperplasis dan papiloma. dan kehamilan pertama pada umur tua. 6.Faktor-faktor penyebab Faktor Resiko Menurut Moningkey dan Kodim. Penyakit fibrokistik: Pada wanita dengan adenosis. Kurang dari 25% kanker payudara terjadi pada masa sebelum menopause sehingga diperkirakan awal terjadinya tumor terjadi jauh sebelum terjadinya perubahan klinis. Radiasi: Eksposur dengan radiasi ionisasi selama atau sesudah pubertas meningkatkan terjadinya risiko kanker payudara. dan fibrosis. menopause pada umur lebih tua. payudara akan mengalami atrofi dengan bertambahnya umur. Laporan dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa terdapat peningkatan kanker payudara yang bermakna pada para pengguna terapi estrogen replacement. tetapi terdapat banyak faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara diantaranya: 1. Sedangkan pada hiperplasia atipik. 5.5 sampai 2 kali. fibroadenoma. 3. melakukan studi prospektif selama 8 tahun tentang konsumsi lemak dan serat dalam hubungannya dengan risiko kanker payudara pada wanita umur 34 sampai 59 tahun. Faktor reproduksi: Karakteristik reproduktif yang berhubungan dengan risiko terjadinya kanker payudara adalah nuliparitas. 2. Willet dkk. tidak ada peningkatan risiko terjadinya kanker payudara. menarche pada umur muda.

Kemoterapi Kemoterapi adalah proses pemberian obat-obatan anti kanker dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker. bukan seluruh payudara. tapi juga di seluruh tubuh (Denton.dilakukan disimpulkan bahwa risiko kanker radiasi berhubungan secara linier dengan dosis dan umur saat terjadinya eksposur. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara. Apabila terdapat BRCA 1. yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja. Pengobatan kanker Ada beberapa pengobatan kanker payudara yang penerapannya banyak tergantung pada stadium klinik penyakit (Tjindarbumi. 1996). warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam. Radical Mastectomy. tetapi bukan kelenjar di ketiak. Radiasi Penyinaran/radiasi adalah proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa di payudara setelah operasi (Denton. nafsu makan berkurang. Biasanya disebut lumpectomy. Efek pengobatan ini tubuh menjadi lemah. serta benjolan di sekitar ketiak. yaitu: Mastektomi Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. 1996). Riwayat keluarga dan faktor genetik: Riwayat keluarga merupakan komponen yang penting dalam riwayat penderita yang akan dilaksanakan skrining untuk kanker payudara. jaringan payudara di tulang dada. serta Hb dan leukosit cenderung menurun sebagai akibat dari radiasi. tulang selangka dan tulang iga. 7. Pada studi genetik ditemukan bahwa kanker payudara berhubungan dengan gen tertentu. probabilitas untuk terjadi kanker payudara sebesar 60% pada umur 50 tahun dan sebesar 85% pada umur 70 tahun. yaitu suatu gen kerentanan terhadap kanker payudara. Tidak hanya sel kanker pada payudara. Total (Simple) Mastectomy. 1992): • • • Modified Radical Mastectomy. Ada 3 jenis mastektomi (Hirshaut & Pressman. 1994). yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. yaitu pengangkatan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker. Efek dari kemoterapi adalah . Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara. Terdapat peningkatan risiko keganasan ini pada wanita yang keluarganya menderita kanker payudara.

Strategi pencegahan Pada prinsipnya. Hampir setiap epidemiolog sepakat bahwa pencegahan yang paling efektif bagi kejadian penyakit tidak menular adalah promosi kesehatan dan deteksi dini. strategi pencegahan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar. Beberapa metode deteksi dini terus mengalami perkembangan. pada pejamu. Pencegahan tertier . Begitu pula pada kanker payudara. bila dikombinasikan dengan mammografi maka sensitivitas mendeteksi secara dini menjadi 75%. Wanita normal mendapat rujukan mammografi setiap 2 tahun sampai mencapai usia 50 tahun. yaitu pencegahan pada lingkungan. tetapi keterpaparan terus-menerus pada mammografi pada wanita yang sehat merupakan salah satu faktor risiko terjadinya kanker payudara. Pencegahan sekunder Pencegahan sekunder dilakukan terhadap individu yang memiliki risiko untuk terkena kanker payudara. Walaupun sensitivitas SADARI untuk mendeteksi kanker payudara hanya 26%. pencegahan yang dilakukan antara lain berupa: Pencegahan primer Pencegahan primer pada kanker payudara merupakan salah satu bentuk promosi kesehatan karena dilakukan pada orang yang "sehat" melalui upaya menghindarkan diri dari keterpaparan pada berbagai faktor risiko dan melaksanakan pola hidup sehat. dan milestone. Pencegahan sekunder dilakukan dengan melakukan deteksi dini. skrining dengan mammografi tetap dapat dilaksanakan dengan beberapa pertimbangan antara lain: • • • Wanita yang sudah mencapai usia 40 tahun dianjurkan melakukan cancer risk assessement survey. Karena itu. Setiap wanita yang normal dan memiliki siklus haid normal merupakan populasi at risk dari kanker payudara. Foster dan Constanta menemukan bahwa kematian oleh kanker payudara lebih sedikit pada wanita yang melakukan pemeriksaan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dibandingkan yang tidak. Pada wanita dengan faktor risiko mendapat rujukan untuk dilakukan mammografi setiap tahun.pasien mengalami mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan pada saat kemoterapi. Skrining melalui mammografi diklaim memiliki akurasi 90% dari semua penderita kanker payudara.

pengobatan diberikan hanya berupa simptomatik dan dianjurkan untuk mencari pengobatan alternatif. ensiklopedia bebas Prostate cancer Klasifikasi & sumber eksternal Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat. disfungsi erektil dan gejala lainnya. Bila kanker telah jauh bermetastasis. Pada stadium tertentu. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya. Kanker prostat dapa menimbulkan rasa sakit. Penanganan yang tepat penderita kanker payudara sesuai dengan stadiumnya akan dapat mengurangi kecatatan dan memperpanjang harapan hidup penderita. kesulitan buang air kecil. sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Pencegahan tertier ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup penderita serta mencegah komplikasi penyakit dan meneruskan pengobatan. terutama tulang dan lymph node. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Tindakan pengobatan dapat berupa operasi walaupun tidak berpengaruh banyak terhadap ketahanan hidup penderita.Pencegahan tertier biasanya diarahkan pada individu yang telah positif menderita kanker payudara. dilakukan tindakan kemoterapi dengan sitostatika. . Kanker prostat Dari Wikipedia bahasa Indonesia.

iga dan tulang belakang) atau ke ginjal (menyebabkan gagal ginjal). Pria yang memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker prostat adalah pria kulit hitam yang berusia diatas 60 tahun.html DEFINISI Kanker Prostat adalah suatu tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Pada beberapa kasus. meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara diet tinggi lemak dan peningkatan kadar hormon testosteron. tetapi belum sampai menyebar ke kelenjar getah bening. Kanker prostat juga bisa menyebar ke otak dan menyebabkan kejang serta gejala mental atau neurologis lainnya.  Stadium D : kanker telah menyebar (metastase) ke kelenjar getah bening regional maupun bagian tubuh lainnya (misalnya tulang dan paru-paru). kanker prostat baru terdiagnosis setelah menyebar ke tulang (terutama tulang panggul. Kebanyakan kanker tersebut tidak menimbulkan gejala karena penyebarannya sangat lambat.  Stadium C : tumor telah menyebar ke luar dari kapsul prostat. Kanker prostat sangat sering terjadi. Pemeriksaan mikroskopis terhadap jaringan prostat pasca pembedahan maupun pada otopsi menunjukkan adanya kanker pada 50% pria berusia diatas 70 tahun dan pada semua pria yang berusia diatas 90 tahun. Kanker prostat merupakan penyebab kematian akibat kanker no 3 pada pria dan merupakan penyebab utama kematin akibat kanker pada pria diatas 74 tahun. petani. biasanya air kemih masih menetes-netes  Nyeri ketika berkemih . Kanker prostat jarang ditemukan pada pria berusia kurang dari 40 tahun. biasanya ditemukan secara tidak sengaja setelah pembedahan prostat karena penyakit lain. Kanker tulang menimbulkan nyeri dan tulang menjadi rapuh sehingga mudah mengalami fraktur (patah tulang). Kadang gejalanya menyerupai BPH. pelukis dan pemaparan kadmium. Kanker prostat bisa menyebabkan air kemih berwarna merah (karena mengandung darah) atau menyebabkan terjadinya penahanan air kemih mendadak. biasanya penderita akan mengalami anemia. yaitu berupa kesulitan dalam berkemih dan sering berkemih. PENYEBAB Penyebabnya tidak diketahui. Angka kejadian terendah ditemukan pada pria Jepang dan vegetarian. Gejala tersebut timbul karena kanker menyebabkan penyumbatan parsial pada aliran air kemih melalui uretra.Kanker Prostat http://medicastore. Setelah kanker menyebar. Gejala lainnya adalah:  Segera setelah berkemih.  Stadium B : tumor terbatas pada prostat dan biasanya ditemukan pada pemeriksaan fisik atau tes PSA. Kanker prostat dikelompokkan menjadi:  Stadium A : benjolan/tumor tidak dapat diraba pada pemeriksaan fisik.com/penyakit/513/Kanker_Kolorektal_rektum. GEJALA Biasanya kanker prostat berkembang secara perlahan dan tidak menimbulkan gejala sampai kanker telah mencapai stadium lanjut.

Kanker ini biasanya terjadi pada wanita yang telah berumur. dan orang Eropa di tengahnya. di wilayah Australia barat saja. kanker leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). atau kanker pada leher rahim.[2] Kanker Leher Rahim Dr. Pap smear test adalah suatu metode pemeriksaan sel-sel yang diambil dari leher rahim dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat . Tetapi. Bagaimana pula dengan kanker leher rahim? Apakah juga sama menakutkannya dengan beberapa kanker lainnya? Menurut para ahli kanker. sesuai dengan namanya. Benar. tetapi bukti statistik menunjukan bahwa kanker leher rahim dapat juga menyerang wanita yang berumur antara 20 sampai 30 tahun. semakin rendahlah resiko seseorang menderita kanker leher rahim. kanker leher rahim adalah salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah dan paling dapat disembuhkan dari semua kasus kanker. Laksana seorang terpidana menerima hukuman mati. Yohanes Riono Dept of Surgery Holywood Hospital.[1] Menurut American Cancer Society. sehingga semakin dini sel-sel abnormal tadi terdeteksi. tercatat sebanyak 85 orang wanita didiagnosa positif terhadap kanker leher rahim setiap tahun. 40 wanita telah tewas menjadi korban keganasan kanker ini. Namun jarang terjadi di Asia Timur dan Selatan. sering terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada servik uterus. Perubahan sel-sel tersebut biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun sebelum selsel tadi berubah menjadi sel-sel kanker. pengobatan yang tepat akan segera dapat menghentikan sel-sel yang abnormal tersebut sebelum berubah menjadi sel kanker. terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Sel-sel yang abnormal tersebut dapat dideteksi kehadirannya dengan suatu test yang disebut "Pap smear test". Memang Pap smear test adalah suatu test yang aman dan murah dan telah dipakai bertahun-tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim. Memang istilah "kanker" sendiri sudah pasti memberi kesan menakutkan dan menyeramkan. biarpun demikian.Jumlah kanker prostat sangat bervariasi di dunia. Dan pada tahun 1993 saja. Tetapi sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker. suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina). George Papanicolou. kanker prostat paling jarang di pria Asia dan paling sering terjadi di orang hitam. Selama jeda tersebut. sehingga dinamakan Pap smear test. Test ini ditemukan pertama kali oleh Dr. Bagaimanakah kanker leher rahim terjadi? Layaknya semua kanker. Tentu anda sudah tak asing lagi dengan istilah kanker servik (Cervical Cancer).

Tindakan ini memungkinkan pemeriksaan yang lebih teliti untuk memastikan adanya sel-sel yang mengalami perubahan. dan kemudian dikirim ke laboratorium patologi untuk pemeriksaan yang lebih teliti.perubahan-perubahan yang terjadi dari sel tersebut. Pemeriksaan Pap smear test yang teratur sangat diperlukan untuk mengetahui lebih dini adanya perubahan awal dari sel-sel kanker. Biarpun begitu. Alat ini berfungsi untuk membuka dan menahan dinding vagina supaya tetap terbuka. Cone biopsi. sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter. dan lebih baik dilakukan secara teratur. Sel-sel leher rahim kemudian diambil dengan cara mengusap leher rahim dengan sebuah alat yang dinamakan spatula. Pap smear test dapat anda lakukan kapan saja. Pap smear test selalu diperlukan biarpun anda tidak lagi melakukan aktifitas seksual. Pemanasan. tetapi pada umumnya para dokter umum dan klinik Keluarga Berencana dapat dimintai bantuan untuk pemeriksaan Pap smear test. Hal yang harus selalu diingat adalah tidak ada kata terlambat untuk melakukan Pap smear test. Test ini hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Jika perubahan awal telah diketahui pengobatan yang umum diberikan adalah dengan: 1. tindakan pengobatan dapat diberikan sedini mungkin. Tetapi jika kandung rahim dan leher rahim telah diangkat atau dioperasi (hysterectomy atau operasi pengangkatan kandung rahim dan leher rahim). dan usapan tersebut dioleskan pada obyek-glass. . Jika anda mendapatkan tanda-tanda tersebut. Bagaimanakah Tanda-tanda Kanker Serviks? Perubahan awal yang terjadi pada sel leher rahim tidak selalu merupakan suatu tandatanda kanker. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh ahli kandungan. Usahakanlah melakukan Pap smear test ini pada waktu seminggu atau dua minggu setelah berakhirnya masa menstruasi anda. Jika anda sudah mati haid. sebuah alat yang dinamakan spekulum akan dimasukan kedalam liang senggama. pada umumnya. termasuk sel yang mengalami perubahan. Mungkin anda lebih memilih dokter wanita untuk prosedur ini. sehingga memungkinkan pandangan yang bebas dan leher rahim terlihat dengan jelas. diathermy atau dengan sinar laser. yaitu dengan cara mengambil sedikit dari sel-sel leher rahim. dan pemeriksaan yang teliti harus segera dilakukan walaupun anda baru saja melakukan Pap smear test. tetapi tidak akan menimbulkan rasa sakit. Pap smear test biasanya dilakukan setiap dua tahun sekali. hasilnya tidak selalu positip kanker. Prosedur pemeriksaan Pap smear test mungkin sangat tidak menyenangkan untuk anda. jika perubahan awal dapat dideteksi seawal mungkin. Dalam keadaan berbaring terlentang. Adanya perubahan ataupun keluarnya cairan (discharge) ini bukanlah suatu hal yang normal. setelah dilakukan pemeriksaan yang teliti. suatu alat yang menyerupai tangkai pada es krim. Perubahan sel-sel leher rahim yang terdeteksi secara dini akan memungkinkan beberapa tindakan pengobatan diambil sebelum sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi sel kanker. Pengobatan Seperti pada kejadian penyakit yang lain. Perubahan sel-sel kanker selanjutnya dapat menyebabkan perdarahan setelah aktivitas sexual atau diantara masa menstruasi. anda tidak perlu lagi melakukan Pap smear test karena anda sudah terbebas dari resiko menderita kanker leher rahim. 2.

Unsatisfactory 'Pap Smear' Pada kasus ini. Operasi. beberapa hal yang dapat dilakukan adalah: 1. bagaimanakah perasaan anda jika mengetahui hasil pemeriksaan 'Pap Smear' anda memberikan hasil abnormal? Tentulah anda akan merasa kuatir dan cemas. maka untuk penyembuhan. Demikian juga bagi anda yang merokok kemungkinan untuk mendapatkan kanker leher rahim sangat besar. Hal yang ke dua adalah melaporkan adanya gejala-gejala yang tidak normal seperti adanya perdarahan. Resiko untuk terserang kanker: Setiap wanita yang pernah melakukan hubungan seksual mempunyai resiko terhadap kanker leher rahim. Hasil 'Pap Smear' dikatakan abnormal jika sel-sel yang berasal dari leher rahim anda ketika diperiksa di bawah mikroskop akan memberikan penampakan yang berbeda dengan sel normal. Kejadian ini biasanya terjadi 1 dari 10 pemeriksaan 'Pap Smear'. yaitu dengan mengambil daerah yang terserang kanker. Dijumpainya Human Papilloma Virus (HPV) sering diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan yang abnormal dari sel-sel leher rahim. Pada beberapa kasus mungkin dokter menyarankan untuk melakukan Pap smear test lebih sering. jika anda pernah melakukan hubungan seksual anda harus melakukan Pap smear test secara teratur setiap dua tahun dan ini dilakukan sampai anda berusia 70 tahun. terutama setelah coitus (senggama). Memiliki pasangan seksual yang berganti-ganti atau memulai aktifitas seksual pada usia yang sangat muda juga memperbesar resiko kemungkinan mendapat kanker leher rahim. biasanya uterus beserta leher rahimnya. Hal yang ke tiga adalah tidak merokok.Jika perjalanan penyakit telah sampai pada tahap pre-kanker. Sel-sel leher rahim mungkin mengalami perubahan sehingga sangat diperlukan melakukan Pap smear test secara teratur (baik yang telah ataupun yang belum pernah mendapatkan Pap smear test). Memang 'Pap Smear' dapat mendeteksi kelainankelainan perubahan sel-sel leher rahim secara dini. Beberapa faktor yang dapat memberikan indikasi diketemukannya penampakan 'Pap Smear' yang abnormal adalah: 1. Paradigma yang harus diingat adalah semakin awal ditemukannya kelainan-kelainan pada pemeriksaan 'Pap Smear'. karena tidak semua penampakan sel-sel yang abnormal tersebut berarti kanker. Semoga. Radioterapi yaitu dengan menggunakan sinar X berkekuatan tinggi yang dapat dilakukan secara internal maupun eksternal. manakala anda mendapati bahwa hasil pemeriksaan 'Pap Smear' anda abnormal. Dengan melakukan beberapa tindakan yang dapat memperkecil resiko tersebut. maka akan semakin mudah pula diatasi masalahnya. 2. Tetapi janganlah terlalu cemas dahulu. Apa yang harus anda lakukan untuk menghindari kanker leher rahim ? Yang pertama. Data statistik melaporkan bahwa resiko terserang kanker leher rahim akan menjadi lebih tinggi jika wanita merokok. Apakah artinya jika 'Pap Smear' anda abnormal. berarti pegawai di Lab tersebut tidak bisa melihat sel-sel leher rahims anda dengan detail sehingga gagal untuk membuat suatu laporan yang . dan kanker leher rahim telah dapat diidentifikasi. mudahmudahan kita dijauhkan dari kejadian kanker leher rahim ini. Dapatkah anda membayangkan.

2. biarpun kita tidak merasakan keluhankeluhan karena tidak terasanya gejala klinis yang ditimbulkannya.. Memang kadang-kadang inflamasi dapat kita deteksi melalui pemeriksaan 'Pap Smear'. Bagaimanakah dengan aktifitas seksual anda? Pada tahap ini. tetapi sangat minor dan penyebabnya tidak jelas. Jika ada infeksi atau inflamasi Kadang-kadang pada pemeriksaan 'Pap Smear' memberikan penampakan terjadinya inflamasi. Pengobatan akan sangat tergantung sekali pada hasil pemeriksaan kolposkopi anda. 3. biasanya hasilnya dilaporkan sebagai 'atypia'. Jika area yang abnormal sudah terlokalisasi. Pada umumnya. Cara pemeriksaan kolposkopi adalah sebagai berikut: dokter akan memasukkan suatu cairan kedalam vagina dan memberi warna saluran leher rahims dengan suatu cairan yang membuat permukaan leher rahims yang mengandung sel-sel yang abnormal terwarnai. Mungkin telah terjadi infeksi yang dikarenakan oleh bakteri. Biasanya terjadinya perubahan penampakan sel-sel tersebut dikarenakan adanya peradangan. dokter akan menentukan penyebab abnormalitas dari sel-sel leher rahims seperti yang dinyatakan dalam pemeriksaan 'Pap Smear'. Jadi. atau karena jamur'. Atypia atau Minor Atypia Yang dimaksud dengan keadaan ini adalah jika pada pemeriksaan 'Pap Smear' terdeteksi perubahan-perubahan sel-sel leher rahims. anda tidak perlu kuatir dengan aktifitas seksual anda. Karena untuk membuat suatu diagnosa yang definitif tidak memungkinkan pada tahap ini. Anda tidak perlu . tetapi tidak jarang pula karena infeksi virus. Dengan memeriksa permukaan leher rahims. Ini berarti bahwa sel-sel di dalam leher rahims mengalami suatu iritasi yang ringan sifatnya. Pada kasus ini. Kolposkop adalah suatu alat semacam mikroskop binocular yang mempergunakan sinar yang kuat dengan pembesaran yang tinggi. Konsultasikan dengan dokter anda mengenai masalah ini beserta pengobatannya jika diperlukan. sel-sel tersebut akan kembali menjadi normal lagi. Apakah kolposkopi itu? Kolposkopi adalah suatu prosedur pemeriksaan vagina dan leher rahims oleh seorang dokter yang berpengalaman dalam bidang tersebut. dokter akan mengambil sampel pada jaringan tersebut (melakukan biopsi) untuk kemudian dikirim ke lab guna pemeriksaan yang mendetail dan akurat. adalah sangat penting bagi anda untuk melakukan 'Pap Smear' lagi untuk memastikan bahwa kelainan-kelainan yang tampak pada pemeriksaan pertama tersebut adalah gangguan yang tidak serius. Sebabnya bermacam-macam. Jika hasil pemeriksaan menghasilkan hasil yang sama maka anda mungkin disarankan untuk menjalani kolposkopi. Jika kasus ini menimpa anda sebaiknya anda datang lagi untuk pemeriksaan 'Pap Smear' pada waktu yang akan ditentukan oleh dokter anda. Tanyakan kapan anda harus menjalani 'Pap Smear' lagi.komprehensive kepada dokter anda. Kemudian dokter akan melihat kedalam saluran leher rahims melalui sebuah alat yang disebut kolposkop. dokter anda mungkin akan merekomendasikan anda untuk menjalani pemeriksaan lagi dalam waktu enam bulan.

Biarpun metode pengobatan yang anda dapatkan sangat efektif. Sifatnya yang sulit dideteksi karena letak ovarium berada di dalam rongga panggul sehingga tidak terlihat dari luar.html Kanker Ovarium The Silent Lady Killer menjadi julukan untuk kanker Ovarium karena sulit dideteksi namun menjadi penyebab kematian tertinggi perempuan. Jadi deteksi dini adalah hal yang sangat esensial sekali. Australia. anda disarankan untuk menjalani pemeriksaan 'Pap Smear' setiap tiga bulan atau enam bulan sekali. bahkan dapat berkembang dengan derajat keparahan yang lebih tinggi. . Jika setelah tiga kali pemeriksaan berturut-turut hasil 'Pap Smear' anda normal. sel-sel yang abnormal kadang-kadang dapat kambuh lagi. ultrasonografi (USG) untuk memastikan apakah ada tanda-tanda kanker atau tidak. 21 Desember 1999 Yohanes Riono http://dokter. Tetapi jika sedang dalam pengobatan penyembuhan.absen melakukan aktifitas seksual hanya karena pemeriksaan 'Pap Smear' anda positip.net. sebaiknya tanyakanlah kepada dokter anda kapan anda dapat melakukan hubungan sanggama lagi dan seberapa seringnya hubungan tersebut. Biasanya gangguan ini hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan dalam.id/serviks. Perlukah dilakukan pemeriksaan lanjutan sesudah selesainya pengobatan? Pemeriksaan lanjutan sesudah selesainya masa pengobatan adalah mutlak diperlukan untuk mendapatkan kepastian bahwa area yang telah diobati telah sembuh sama sekali. karena keadaan kanker atau pre-kanker yang anda derita tidak mungkin ditularkan kepada suami anda. Selama dua tahun pertama masa pengobatan anda. ini berarti anda telah dapat dinyatakan sembuh. dan anda dapat melakukan pemeriksaan 'Pap Smear' tersebut setiap tahun sekali secara kontinyu.indo.

penyebab pasti kanker ovarium belum diketahui sampai saat ini. • Pembesaran perut karena terdapat penggumpulan cairan di dalam perut yang menimbulkan rasa sakit dan pendarahan cukup banyak saat menstruasi Perut terasa kembung dan tidak nyaman Terasa ada benjolan di perut ketika diraba Nyeri panggul Gangguan buang air besar atau buang air kecil akibat penekanan pada saluran pencernaan dan saluran kencing • • • • Penyebab Selain faktor keturunan. Semakin cepat kanker ditemukan maka semakin mudah penanganannya dan semakin besar harapan sembuh. dan memeriksakan diri jika ada benjolan yang tidak biasa. Gejala umumnya sangat bervariasi dan tidak spesifik. Ingat! Kanker sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup sehat. . menghindari asap rokok. banyak mengonsumsi sayur dan buah segar.Gejala Umumnya perempuan yang mengidap kanker ovarium tidak menimbulkan gejala dalam waktu yang lama. Kanker dapat disembuhkan bila dijumpai pada tahap awal. menjaga keseimbangan makan. Siapa yang berisiko? • • • Riwayat keluarga yang menderita payudara atau kanker ovarium Pernah menderita kanker payudara kanker Wanita yang sedang melakukan terapi hormon untuk kesuburan Pengobatan Penderita kanker ovarium stadium dini dapat ditangani dengan operasi yang kemudian dilanjutkan dengan terapi. menjaga perilaku seksual secara baik. melakukan pemeriksaan rutin. Bila kanker ovarium telah memasuki stadium lanjut baru dilakukan kemoterapi atau radiasi.

dan / atau perubahan indrawi berkembang. disebut biopsi. atau CNS). Walaupun tes ini dapat membantu Anda menemukan profesional kesehatan rakyat biasa. sakit kepala. Utama adalah Brain Tumors Tumors yang dimulai di otak. dokter akan mengambil riwayat medis lengkap dan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengevaluasi otak dan saraf tulang belakang fungsi (neurologic ujian). Tumors di berbagai wilayah di CNS Mei diperlakukan dengan cara yang berbeda. yang pasti diagnosa dibuat hanya menghapus sebagian jaringan tumor untuk pemeriksaan. diburukkan pengadilan. meskipun kombinasi adalah perawatan umum. terapi radiasi. perubahan perilaku atau emosi. yang dapat membantu meringankan sakit kepala dan gejala lainnya.php?article_id=5350 BRAIN CANCE R Written by Administrator Monday. atau tersebar. Jika gejala menyarankan tumor CNS hadir. Diagnosis tumor yang dimulai ketika umum gejala seperti mual.com/tips_solution/health/disease/article. muntah. atau kemoterapi. 17 April 2009 08:17 Faktor Penyebab Kanker Otak : Dari dalam dan Luar Otak .conectique. ke otak. Untuk melihat di mana dalam sebuah tumor otak mungkin terletak.http://www. 13 April 2009 09:11 Kanker otak (Brain Cancer) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan berbagai jenis Tumors yang mulai di otak dan saraf tulang belakang (susunan saraf pusat. dokter paling sering menggunakan magnetis resonansi imaging (MRI) dan computed Tomography (CT) scans. Central nervous system (CNS) Tumors mungkin dirawat oleh bedah removal. dan dapat dimulai pada salah satu dari berbagai jenis sel-sel atau sel-sel di dalam otak atau saraf tulang belakang. Brain Tumors kebanyakan berasal dari kanker yang dimulai dari suatu tempat lain di tubuh dan metastasized. Cortisone seperti obat-obatan diberikan untuk mengurangi pembengkakan yang sering terjadi di sekitar Brain Tumors. Last Updated on Friday.

Genetik : keturunan. terdapat sel-sel tubuh yang tumbuh secara tidak normal. Dokter spesialis bedah saraf dari Rumah Sakit Omni Internasional. penyebab timbulnya penyakitini.bahan kimia bisa juga memicu tumbunhnya sel kanker. apakah itu darah atau tumor. Riwayat trauma atau benturan : benturan di kepala walaupun cidera kepala ringan tetap waspada. yaitu banyak penyebabnya . dan juga mengalami muntah-muntah yang proyektil. fajarqimi. Serpong Tangerang. 3. Pola hidup ( life style) : Pola hidup yang tidak sehat bisa juga menjadi penyebab kanker secara umum." ujar dokter yang juga berprofesi sebagai konsultan bagian saraf ini. Pada kanker otak. tetapi dalam penyebarannya. Kanker ini memang tidak berdiri sendiri. "Gejala dari penyakit ini tergantung dari letak tumor itu berada." jelasnya. "Nah proses penekanan di otak inilah yang akan menyebabkan pasien menderita sakit kepala pada awalnya. Dr Alfred Sutrisno. Maksudnya pasien muntah tidak sedang makan. Sp BS. atau tercampur pada makanan. Penyakit ini memang tidak menimpa banyak orang. kadang multifaktorial. Segala sesuatu yang membuat otak kita mendapat paparan bisa menjadi pencetusnya. Karsinogenik : bahan karsinogenik secara umu juga menjadi menyebab kanker. Dokter yang mengambil gelar untuk dokter umum di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini menjelaskan.com) Faktor pencetus kanker otak dari dalam sbb: 1. Gejala yang umum dapat ditunjukkan berupa sakit kepala dan muntah-muntah yang proyektil. Ini pun masih belum dipastikan. seperti minyak goreng yang dipakia berulang-ulan.Berikut garis besar dari 2 faktor pencetus kanker otak (detailnya mungkin lain kali ya…tetap di sini. seperti merokok. kanker ini sangat menakutkan. berdasarkan teori. mengatakan. Apabila ada garis keturunan yang menderita kanker otak maka hati-hati untuk tetap menjaga kesehatannya 2. dapat terjadi karena adanya kelainan genetik.Kanker otak itu penyebabnya banyak sekali. virus maupun faktor etnis. makanan kurang serat dll 2. . Radiasi : radiasi bahan . perubahan jaringan yang terbentur bisa juga menjadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal di otak Faktor pencetus kanker otak dari luar seperti: 1. terdapat perbedaan antara tumor di otak dengan tumor di tempat lainnya. bawaan sejak lahir seperti craniopharyngioma dan lain-lain. Pada tumor otak dibatasi dengan tulang kepala sehingga terdapat suatu masa akan menekan jaringan otak. bahan kimia yang terhirup. Gampangnya saya bagi menjadi dua faktor yaitu dari dalam otak (intrinsik) dan faktor dari luar otak (ekstrinsik).

dan tumor ganas glioblastoma. 6 Februari 1958 ini. Lebih lanjut dikatakan Alfred. "Pada tumor jenis glioblastoma. jika tumor ini terletak di otak kecil. operasi dengan bedah microsurgery atau endoscopic surgery. sedangkan acustic neurinoma akan menyerang saraf pendengaran si penderita. tumor otak lebih sering mengenai otak besar. gangguan penciuman. Sebenarnya tumor di otak atau di mana pun tumor itu berada. chemotherapy. tumor di bagi menjadi dua bagian yaitu tumor ganas atau kanker dan tumor jinak. Yakni. hingga turunnya kesadaran bila yang terkena batang otaknya. astrocytoma grade rendah (1. maka segera lakukanlah pemeriksaan diri dan dengan melakukan pemeriksaan MRI. penurunan penglihatan sampai kebutaan. hilangnya keseimbangan. Sedangkan berdasarkan lokasinya dibagi menjadi dua. Artinya tumor di atas tentorium atau pada otak besar. nanti akan tumbuh lagi. atau gamma knife.2)." pesan Alfred. yaitu tumor supratentorial dan tumor infratentorial. ada tumor jinak: misalnya meningioma. "Jika Anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan tadi. adenoma hipofise. sehingga letaknya di otak kecil. sampai tidak berasa sama sekali. Nah. acustic neurinoma. kecuali yang ganas karena meskipun kita telah mengambil total. cavernous angioma. radiotherapy: sinar X maupun sinar gamma. berdasarkan jenisnya penyakit tumor otak ini terbagi menjadi dua. yakni otak kecil dan batang otak. dan neuroblastoma. "Dengan catatan. jenis tumor otak yang paling parah di antaranya adalah glioblatoma (astrocytoma grade 4). gangguan bicara kalau terkena di area atau pusat bicara. "Penyakit kanker otak ini sangat identik dengan tumor ganas." tutur dokter kelahiran Cirebon. .Kemudian jika mengenai daerah motorik ada gejala kelemahan anggota gerak sampai kelumpuhan. kesemutan. dan imunotherapy." tandasnya." papar dokter yang juga menjadi pengarang buku yang berjudul Stroke ???You Must Know Before You Get It!!! ini. penyakit tumor otak pada prinsipnya dapat disembuhkan. Tapi kalau tumor ini letaknya di otak besar mungkin gejala yang timbul lambat. dan tumor yang ada di bawah tentorium. maka gejalanya akan cepat terlihat. Alfred menuturkan. Sejumlah teknik operasi dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Anggota dokter bedah seluruh dunia ini menambahkan. dapat melakukan tindakan operasi dengan mengambil semua jaringan tumor.

yang pertama kali adalah melakukan upaya pengobatan primer terhadap tumornya tersebut. maka bisa mengalami gangguan dalam fungsi intelektual termasuk daya ingat. Dokter lulusan Universitas Indonesia ini menuturkan. Hal ini secara bermakna akan meningkatkan gangguan depresi pada pasien itu. "Terkadang ada keterbatasan dalam terapi tumornya sehingga pasien harus menderita lama. demensia. Hanya saja perubahan daya intelektualnya tergantung dari letak tumornya sendiri. pengobatan dengan menggunakan obat dan psikoterapi harus dilakukan. dokter spesialis kejiwaan dari Rumah Sakit Global Medika Tangerang Dr Andri." jelas psikiater yang juga berpraktik di RS Omni Internasional. ) http://lifestyle. perubahan pada daya intelektual juga bisa terjadi pada pasien kanker otak ini. Sel leukemia . Namun." ucap dokter yang lulus dengan predikat cum laude itu. SpKJ berpendapat. ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid.php/ReadStory/2008/10/08/27/151769/kenali-gejala-kankerotak http://fajarqimi. ensiklopedia bebas Leukemia atau kanker darah adalah sekelompok penyakit neoplastik yang beragam. Kanker atau tumor otak bisa mengenai semua bagian otak tentunya. di mana banyak terdapat fungsi intelektual dan perasaan. Jika terdapat di daerah frontal atau bagian depan otak. delirium. ada juga yang disebabkan karena depresi ataupun dementianya. ataupun kejang. "Kanker otak merupakan salah satu kanker yang paling ditakuti." pesan Andri. Serpong.com/index.com/uncategorized/faktor-penyebab-kanker-otak-dari-dalam-dan-luarotak/ Leukemia Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Tentunya pada keadaan daya ingat yang terganggu akibat tumor. Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi." Ingat depresi tidak boleh dipandang sebagai suatu hal yang wajar pada pasien kanker apa pun jenisnya sehingga harus diterapi secara agresif.okezone. Bila pasien mengalami depresi yang pada banyak orang dapat menurunkan fungsi daya ingatnya juga. Tangerang ini. pasien yang mengalami kanker otak dapat mengalami keadaan depresi. hal tersebut sangat penting demi perbaikan kualitas hidup pasien itu sendiri.Sementara itu. Pasalnya.

Tidak ada laporan mengenai hubungan antara radiasi dengan LLK. LMK mengenai penderita berumur 20-40 tahun Pada orang Asia Timur dan India Timur jarang ditemui LLK.mempengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita. Kata leukemia berarti darah putih. misalnya promielosit. Etiologi Penyebab leukemia belum diketahui secara pasti. seperti: Radiasi Radiasi dapat meningkatkan frekuensi LMA dan LMA. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya. Sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel yang muda. 10-20% penderita LMA memiliki kloroma di sekitar orbita mata Di Kenya. dan India. Tiongkok. Beberapa laporan yang mendukung: • • • Para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia Penderita dengan radioterapi lebih sering menderita leukemia Leukemia ditemukan pada korban hidup kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki. namun diketahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi leukemia. Herediter Penderita sindrom Down memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal. karena pada penderita ditemukan banyak sel darah putih sebelum diberi terapi. Jepang Faktor leukemogenik Terdapat beberapa zat kimia yang telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukemia: • • • Racun lingkungan seperti benzena Bahan kimia industri seperti insektisida Obat untuk kemoterapi Epidemiologi • • • Di Afrika. Virus .

biopsi sumsum tulang Pewarnaan sitokimia Immunofenotipe Sitogenetika Diagnostis molekuler . seperti: • • • • • Pemeriksaan morfologi: darah tepi. trombositopenia. virus leukemia feline. aspirasi sumsum tulang. HTLV-1 pada dewasa. dan leukopenia Pengeluaran faktor faali yang mengakibatkan komplikasi yang signifikan Alat diagnosa Leukemia akut dapat didiagnosa melalui beberapa alat. Leukemia akut Manifestasi klinik Manifestasi leukemia akut merupakan akibat dari komplikasi yang terjadi pada neoplasma hematopoetik secara umum. Namun setiap leukemia akut memiliki ciri khasnya masing-masing. leukemia akut memiliki 3 tanda utama yaitu: • • • Jumlah sel di perifer yang sangat tinggi. sehingga menyebabkan terjadinya infiltrasi jaringan atau leukostasis Penggantian elemen sumsum tulang normal yang dapat menghasilkan komplikasi sebagai akibat dari anemia. Secara garis besar.Virus dapat menyebabkan leukemia seperti retrovirus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful