Cara Membuat Gambar Animasi Bola Memantul

Hallo teman-teman, selamat datang kembali di Tips Animasi . Kali ini saya kembali akan membagikan sebuah tutorial sederhana yaitu membuat gambar animasi bola memantul dengan menggunakan Program Applikasi Macromedia Flash. Kalau teman-teman kebetulan belum tau cara membuatnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah. 1. Buka applikasi Macromedia anda, kemudian klik Flash Document pada

halaman Created New.

2. Setelah muncul halaman baru, selanjutnya tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard anda.

Rename Layer 1 menjadi Alas. Tambahkan 1 Layer lagi. Klik menu Oval Toll (O). 4.Selanjutnya klik ukuran Default media kemudian pada halamanDocument properties ganti ukuran menjadi 200 x 200 px (terserah anda). . 3. Klik Ctrl+F3 untuk kembali ke media. selanjutnya klik menu Rectangle Tool (R) kemudian buatlah gambar kotak persegi panjang pada media dengan menggerakkan mouse anda. kemudian ganti nama menjadi Bola. kemudian buatlah sebuah gambar lingkaran dengan posisi seperti gambar dibawah.

kemudian tekan tombol F6 pada keyboard anda. Lakukan hal yang sama pada Layer Alas. Selanjutnya klik dibawah angka Frame 20 Layer Bola. . Selanjutnya geser gambar bola keatas dengan menekan tombolSHIFT+tanda panah keatas hingga posisi gambar bola seperti pada gambar dibawah. Selanjutnya klik dibawah angka Frame 10 pada Layer Bola. 6. 7. dan kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol F6 pada keyboard anda. kemudianKlik Kanan dan pilih Created Motion Tween.5.

Pilih type Flash Movie (SWF) atau Animasi. klik menu File–>Export–>Export Movie. Anda juga bisa menentukan arah maupun variasi pantulan bola dengan menambahkan beberapa KeyFrame. Untuk menyimpan gambar tersebut. .GIF.Tekan tombol Ctrl+ENTER pada keyboard anda untuk melihat hasilnya. Selamat mencoba.

Cara Membuat Gambar Animasi Berputar atau Baling Baling Animasi Gambar Animasi Berputar Membahas masalah gambar animasi adalah suatu hal yang sangat menarik. karena seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.1 2. Masih pada Macromedia Flash Professional 8. selanjutnya tekan Ctrl+F3 pada keyboard netbook/computer anda. kali ini saya akan berbagi tutorial dasar animasi ringan yaitu mengenai cara membuat gambar animasi berputar yang menyerupai baling-baling atau kipas angin. kemudian klik Flash Document pada bagian Create New. Buka aplikasi Macromedia anda. 1. Apakah anda berminat mencobanya?? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah. sehingga dengan semakin banyaknya software pendukung yang bermunculan. Setelah muncul halaman baru. dengan arah dan kecepatan putaran yang bisa kita atur/tentukan sendiri. Gambar. secara langsung akan berpengaruh dengan keanekaragaman bentuk gambar animasi yang akan dihasilkan. . sehingga muncul halaman seperti gambar dibawah.

2 diatas. silahkan isi form yang terdapat disana (contoh 200×200 px). Gambar. Tekan Ctrl+F3 lagi untuk kembali kehalaman semula. 3.Gambar. .2 Pada halaman Document Properties seperti gambar no.3 Klik Ctrl+F3 pada keyboard kemudian klik Option… pada halaman properties hingga muncul halaman Tool Settings seperti dibawah. Selanjutnya klik Rectangle Tool (R)kemudian pilih PolyStar Tool. Selanjutnya klik OK.

Buatlah 2 buah segitiga seperti gambar dibawah. Selanjutnya klik Oval Tool (O) kemudian buatlah 1 buah lingkaran kecil seperti gambar no. Langkah selanjutnya.4 Ganti ukuran default Number of sides dengan angka 3 Tekan Ctrl+F3 lagi untuk kembali kehalaman semula. aturlah posisi ketiga gambar tersebut hingga menjadi seperti gambar dibawah. 4. 4. .Gambar.5 5.5 diatas. Gambar.

selanjutnya pilih Created Motion Tween Gambar. Langkah berikutnya. 7.7 8.Gambar. klik dibawah angka frame 15 kemudian klik kanan. Selanjutnya klik Ctrl+F3 pada keyboard hingga muncul halaman seperti gambar dibawah.6 Selanjutnya klik dibawah angka frame 30 kemudian klik F6 pada keyboard anda. .

silahkan klik File–>Export–>Export Movie Simpan dengan type Animated GIF(*. 10. CW adalah putaran kekanan yang searah dengan jarum jam. o Untuk menghasilkan putaran yang bagus. Untuk menyimpan gambar animasi tersebut.gif) atau Flash Movie(*.6) dan angka frame rate (Langkah no.3). 9. silahkan edit pada angka frame(langkah no. dan CCWadalah putaran kekiri.Gambar.swf). Contoh : Letakkan/geser Keyframe dibawah angka 70 dengan frame rate 50). SELESAI .8 Pada bagian Rotate pilih CW dengan 5 times. Tekan Ctrl+ENTER untuk melihat hasilnya.

Membuat Taman MATAHARI Tutorial Flash Professional kali ini adalah Tutorial Membuat taman MATAHARI. Ganti warna bacground menjadi warna warna biru #0099FF 2. Tutorialnya : 1. disini saya menggunakan Macromedia Flash 8.ide kita dan menambah kemampuan Animasi kita. buat 4 layer yaitu dengan nama: Rumput hijau. Taman Animasi yang cocok untuk menuangkan ide . kotak nama. .untuk membuat rumput hijau dengan mendragnya . Di layer rumput hijau Klik rectangle tool ke stage seperti gambar dibawah ini. tiang. matahari 3. Buka program flash 8 Ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels.

Grafis.4.film. jl.animasi.kartun. jl. Klik di frame 1 pada layer: tiang lalu gunakan rectangle tool lagi untuk membuat tiang penunjuk arah . jl. lihat gambarnya: . setelah selesai pembuatan tiangnya maka untuk pemberian garis tiang dan arah gunakanlah line toolsetelah itu tekan tombol F8 dan beri nama tiang_mc lihat gambarnya: 5. sekarang klik frame 1 pada layer: kotak nama Ganti fill color menjadi warna putih dan strokenya hitam lalu tekan tombol F8 dan beri nama Kotaknama_mc dan copy menjadi 4 lalu sesuaikan dengan gambar dan beri nama : jl.

klik frame 1 di layer matahari ganti warna fill color menjadi #FFFF00 dan stroke dijadikan none gunakan rectangle tool Untuk mebuat perputaran matahari buat 8 kotak panjang lalu urutkan seperti gambar lalu tekan F8 dan beri nama sun_mc lihat gambarnya: 7. langkah terakhir. Klik 2 kali pada objek sun_mc dan akan terlihat seperti gambar ini .6.

buat 1 layer lagi dan beri nama bulat klik di frame 1 layer: bulat dan klik oval tool untuk membuat objek lingkaran klik kanan > insert keyframe di frame 60 lalu klik klik kanan create motion tween di frame 30.8. lihat gambarnya: .

klik di frame 1 layer 1 klik kanan > insert keyframe di frame 60 lalu klik pada frame 30 . klik di propertiesnya 10. agar matahari terlihat dibelakang pindahkan layer matahari di paling bawah…. untuk membuat rumputnya gunakan line tool buat seperti gambar .9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful