P. 1
Alat Kedokteran Dan Fungsi

Alat Kedokteran Dan Fungsi

|Views: 152|Likes:
Published by sugeng utomo

More info:

Published by: sugeng utomo on Oct 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2014

pdf

text

original

MACAM - MACAM ALAT KESEHATAN DAN FUNGSINYA 1.

THERMOMETER DIGITAL Merupakan salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui suhu objek (benda/tubuh). THERMOMETER GAS Mengukur suhu / perubahan suhu berdasarkan pada perubahan tekanan. Jika suhu naik, tekanan gas juga akan naik, jadi dihasilkan perubahan ketinggian pada termometer. Termometer gas dapat mengukur suhu yang lebih rendah dan lebih tinggi (-250oC sampai 1.500oC > daripada termometer gelas. THERMOMETER TELINGA IR Termometer telinga dengan infrared, berfunsi untuk mengukur suhu tubuh dengan jalan mengukur energi yang dipancarkan dari gendang telinga pasien selama waktu yang ditentukan. THERMOMETER KELVIN Digunakan untuk mengukur tinggi / rendah suhu atau perubahan suhu dengan menggunakan satuan derajat Kelvin. THERMOMETER HYGROMETER Fungsi hygrometer thermometer adalah untuk mengukur kelembapan dan suhu udara. baik digunakan di tempat penyimpanan alat fotografi: kamera, lensa, drybox THERMOMETER ALKOHOL Adalah termometer yang menggunkan alkohol sebagai media pengukur, yang merupakan alternatif dari termometer air raksa dengan fungsi yang sama. Tetapi tidak sama seperti air raksa dalam termometer kaca. Isi termometer alkohol tidak beracun dan akan menguap dengan cukup cepat. Ruang di bagian atas cairan merupakan campuran dari nitrogen dan uap dari cairan. Dengan meningkatnya suhu maka volumenya naik. Cairan yang digunakan dapat berupa etanol murni atau asetat isoamyl, tergantung pada produsen dan pekerjaan yang berhubungan dengan suhu. Karena termometer ini adalah transparan, maka cairan yang dibuat harus terlihat dengan penambahan pewarna merah atau biru. Thermometer ini hanya bisa mengukur suhu badan makhluk hidup (manusia dan hewan). Thermometer ini tidak bisa mengukur yang tinggi suhunya di atas 78 °C. THERMOMETER KLINIS Termometer klinis digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia. Ada dua macam termometer klinis, yaitu termometer klinis analag dan termometer klinis digital. Hasil pengukuran termometer analog ditunjukkan dengan

2.

3.

4.

5.

6.

7.

karena cara pembacaannya masih manual. Penggunaan air raksa sebagai bahan utama thermometer karena koefisien muai air raksa terbilang konstan sehingga perubahan volume akibat kenaikan atau penurunan suhu hampir selalu sama. THERMOMETER MAKSIMUM MINIMUM Termometer Maksimum dan Minimum adalah alat untuk mengukur suhu maksimum dan minimum dalam jangka waktu tertentu. 8. 11. THERMOMETER MERCURY Termometer Merkuri adalah jenis termometer yang sering digunakan oleh masyarakat awam. Namun ada juga beberapa termometer keluarga mengandung alkohol dengan tambahan pewarna merah. THERMOMETER DINDING Termometer dinding digunakan untuk mengukur suhu ruangan. Hasil baca suhu maksimum harus lebih tinggi atau serendah-rendahnya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari termometer bola kering yang tertinggi pada hari yang bersangkutan Temperatur Minimum Termometer minimum berfungsi mengukur suhu minimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 00:00 UTC atau jam 07:00 WIB.angka-angka skala yang tercetak di samping permukaan raksa dalam pipa kapiler. 10. 9. Pengamatan Suhu Udara. Thermometer analog bisa juga disebut sebagai thermometer manual. Termometer ini lebih aman dan mudah untuk dibaca. Merkuri digunakan pada alat ukur suhu termometer karena koefisien muainya bisa terbilang konstan sehingga perubahan volume akibat kenaikan atau penurunan suhu hampir selalu sama. THERMOMETER BOLA BASAH BOLA KERING Termometer bola basah-bola kering berfungsi untuk mengukur kelembapan nisbi udara di suatu tempat dan waktu yang dinyatakan dengan persen (%). . 12. Skala termometer dinding berkisar antara -50oC sampai 50oC. Temperatur Maksimum Termometer maksimum berfungsi untuk mengukur suhu maksimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 12:00 UTC atau jam 19:00 WIB. THERMOMETER RAKSA Adalah alat untuk mengukur suhu. Hasil bacasuhu minimum harus lebih rendah atau setinggi-tinggi sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari termometer bola kering yang terendah pada hari yang bersangkutan.

STETOSKOP Fungsi dari stetoskop ini adalah untuk mendengarkan detak jantung. digunakan untuk melindungi tangan petugas kesehatan saat sedang bekerja. suara usus. 18. CAIRAN INFUS Makanan / obat. dan lain sebagainya. kalau transet gunanya untuk tranfusi. 22. PISPOT PRIA DEPAN Untuk menampung urine pria. sesuai namanya infus set digunakan khusus untuk cairan infus. Stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi. 19. BOTOL INFUS Sebagai tempat makanan / obat. PISPOT WANITA DEPAN Untuk menampung urine wanita. 16. yang biasanya ketinggiannya bisa diatur. kalau transet ada saringannya kalau infus set tidak ada. PISPOT SODOK KALENG Fungsi : sebagai penadah dan penampung urine pria dan wanita penganti wc . 15.13. perbedaannya di saringannya. 17. 23. Infus set tidak bisa digunakan untuk transet dan transet bisa digunakan untuk infus set. KATETER Buluh yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk mengeluarkan cairan atau memasukkan obat. PISPOT DUDUK Berfungsi sebagai tenpat menampung urine dan atau kotoran pasien pengganti closed / wc. dsb yang berbentuk cair yang dialirkan ke tubuh pasien melalui selang dan jarum. HANDSCOON Disebut juga sarung tangan. 20. TIANG INFUS Berfungsi untuk meletakkan / menggantungkan boto infus. 21. INFUS SET Fungsinya untuk jalan masuk cairan. . 14. dsb yang berbentuk cair. Dengan kemampuannya ini.

. 25. BAK INSTRUMEN Fungsi : Sebagai tempat untuk menaruh instrument-instrument atau alat-alat kesehatan seperti gunting anatomis.24. dengan sistem non invasive. 26. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter digital. dan lain sebagainya. TENSIMETER Alat kedokteran ini dipergunakan untuk mengukur tensi atau tekanan darah. SPHYMOMANOMETER Adalah alat yang di gunakan untuk mengukur tekanan darah yang bekerja secara manual saat memompa maupun mengurangi tekanan pada manset. Dipergunakan untuk pemeriksaan pasien hipertensi. pinset. jarum suntik dll agar alat-alat kesehatan tersebut tetap dalam kondisi yang steril. anemia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->