P. 1
Gelombang Dan Bunyi

Gelombang Dan Bunyi

4.5

|Views: 3,433|Likes:
Published by haryanto2558

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: haryanto2558 on Jul 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2012

pdf

text

original

MODUL PRAKTIKUM

GELOMBANG DAN BUNYI
PENINGKATAN IMTAQ

Artinya : Dan di antara tanda-tanda kekuasan-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia-Nya; mudah-mudahn kamu bersyukur (QS : Ar-ruum : 46).

Kompetensi Dasar : Melakukan kajian ilmiah untuk mengenali gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi serta penerapannya. Indikator : Memformulasikan cepat rambat gelombang bunyi dan proses resonansi kedalam bentuk persamaan.

I. TUJUAN Menentukan kecepatan perambatan gelombang bunyi diudara.

II. TEORI Gelombang bunyi merambat lebih cepat didalam zat padat dibandingkan kecepatannya diudara, dan gelombang bunyi tidak dapat merambat didalam ruang hampa. Kolom udara yang terletak di atas permukaan air digetarkan sebuah garputala maka molekul-molekul udara dalam kolom udara tersebut akan ikut bergetar. Syarat terjadinya resonansi : 1. Pada permukaan air harus terbentuk simpul gelombang. 2. Pada ujung tabung bagian atas merupakan perut gelombang. Peristiwa resonansi yang terjadi sesuai dengan getaran udara pada pipa organa tertutup. Jadi resonansi pertama akan terjadi jika panjang kolom udara diatas air ¼ λ, resonansi kedua ¾ λ, 5/4 λ , dst. Kolom udara pada percobaan penentuan resonansi berfungsi sebagai tabung resonator.

SMU ISLAM AL-AZHAR BSD

MODUL PRAKTIKUM Maka l = (2n-1) ¼ λ, dengan n = 1, 2, 3, ... Jika frekuensi garputala diketahui akan diperoleh

λ = V f

atau

V = λ f

III. METODOLOGI PERCOBAAN III.1. ALAT DAN BAHAN a. Pipa “U” / selang plastik elastis b. 2 buah pipa c. Garputala d. Mistar e. Statif III.2. METODE 1. Rangkailah alat seperti gambar berikut.

A

B

Panjamh kolom udara

Air Statif

2. Atur panjang kolom udara pada pipa B sependek mungkin, kemudian getarkan garputala diatasnya. 3. Turunkan pipa A secara perlahan sehingga panjang kolom udara pipa B bertambah sambil mendengarkan saat terjadinya bunyi kuat yang dihasilkan oleh kolom udara pada pipa B. 4. Ukur panjang kolom udara pada pipa B pada saat Anda mendengar bunyi kuat pertma. Catat hasilnya dalam tabel (panjang kolom udara = l1).

SMU ISLAM AL-AZHAR BSD

MODUL PRAKTIKUM 5. Getarkan garputala kembali, dan turunkan pipa A secara perlahan sehingga kolom udara B bertambah panjang. Dengarkan kembali saat terjadi bunyi kuat kedua. 6. Ulangi sampai beberapa kali. III.3. TABEL DATA PENGAMATAN JUMLAH PENGUKURAN (n) 1 2 3 4 5 l1 ..........cm l2 ..........cm l3 ..........cm

IV. ANALISA DAN HASIL PERCOBAAN

V. KESIMPULAN

LAMPIRAN 1. Hitunglah panjang gelombang dan kecepatan gelombang bunyi di udara sesuai percobaan.

SMU ISLAM AL-AZHAR BSD

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->