P. 1
Tips Rumah

Tips Rumah

|Views: 812|Likes:
Published by le_la_ki633822
Artikel Tips Rumah dari indosiar.com
Artikel Tips Rumah dari indosiar.com

More info:

Published by: le_la_ki633822 on Jul 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

KUMPULAN TIPS RUMAH DAN INTERIOR

INDOSIAR. COM

1

Posisi Rumah Tusuk Sate
Posisi rumah tusuk sate, merupakan posisi rumah yang amat dihindari. Mengapa ? Mungkin bisa disebutkan efek negatif yang dapat ditimbulkan. Pertama, posisi rumah tusuk sate akan rentan terhadap bahaya diterobos kendaraan yang melaju kencang. Kedua, debu dari kendaraan yang melintas didepan rumah akan mudah masuk kedalam rumah, sehingga hal tersebut kurang baik bagi kesehatan. Namun bagi Anda yang sudah terlanjur memilih rumah dengan posisi tusuk sate ada beberapa cara untuk menghindari efek-efek negatif yang ditimbulkan. Cara mengatasinya yakni : 1. 2. 3. Ubah arah pintu ke kanan atau ke kiri jika pada awalnya pintu rumah Anda menghadap ke jalan. Gunakan cermin ada bagian depan rumah Anda. Hal tersebut berfungsi agar pada malam hari, kendaraan yang akan melewati rumah Anda mengurangi cahaya lampu kendaraan mereka. Tanami tanaman pada halaman Anda. Tanaman tersebut memiliki dua fungsi yang cukup bagus untuk rumah Anda. Yakni sebagai filter udara serta sebagai pelindung rumah Anda dari bahaya diterobos kendaraan yang melewati rumah Anda.

Dari apa yang dituliskan diatas, ternyata rumah dengan posisi tusuk sate amat menguntungkan bagi usaha. Sebab dengan rumah dengan posisi tersebut apa yang Anda jual dapat terlihat dari segala arah. Tak heran jika pada rumah dengan posisi ini lazim digunakan untuk usaha.

INDOSIAR. COM

2

Lahan Sempit, Rumah Besar
Lahan sempit tidak membatasi seseorang untuk membangun hunian nyaman yang menyiasati rumahnya supaya terlihat lebih luas sesuai dengan komposisi ruang dan bangunan. Hal ini terlihat dari kediaman Noval Arsyad yang berada di kawasan Cibubur. Tanah yang hanya seluas 144 meter persegi dapat dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menampung luas bangunan 200 meter persegi. Ada baiknya kiat-kiat dalam membangun rumah berikut Anda simak. Rumah tersebut terdiri dari dua lantai, di lantai dasar hanya terdiri dari satu ruangan yaitu ruang tidur utama yang didalamnya juga terdapat kamar mandi; sementara di bagian atas adalah kamar tidur anak-anak dan ruangan yang cukup luas untuk menonton TV, bermain, atau lebih praktis sebagai ruang keluarga. Sebenarnya di bagian bawah juga terdapat ruang yang bisa berfungsi sama, namun lebih banyak digunakan sebagai ruang tamu/duduk. Langkah pertama pemilik rumah adalah memotong serong tembok di kamar utama (yang bentuk aslinya lurus) supaya ruang duduk lebih luas. Selain itu, ruang kamar mandi dan kamar tidur juga sedikit diperkecil. Pemotongan tersebut tidak berpengaruh banyak, apalagi kamar mandi hanya memuat tempat pancuran dan wastafel. Ruang yang tercipta di bekas tembok pemotongan akhirnya digunakan sebagai lemari, sebuah taktik cerdik untuk mengatasi keterbatasan ruang. Rumah depan yang depan berbentuk unik ini menghadap ke barat, yang berarti tidak mendapat sinar matahari pagi. Karena kenyataan itu, di bagian rumah tidak terdapat jendela berventilasi. Pintupun hanya satu, berfungsi sebagai pintu utama. Sirkulasi udara terjadi antara pintu dan belakang yang berada dalam posisi sejajar.

Akibat bentuk rumah yang unik dan memenuhi lahan, praktis tidak banyak ruang tersisa di bagian belakang. Untuk menyiasati, tanah sempit dijadikan taman dengan. Sebelumnya tanah lebih dulu digali sedalam 40 cm, di lapisan paling bawah diisi pasir, kemudian kerikil kasar, pasir lagi, ijuk, dan terakhir barulah batu koral putih. Selain untuk memperindah, batu tersebut juga berfungsi sebagai penyerap air hujan supaya gak tampias, mengingat pintu bagian belakang nyaris selalu dibuka. Dalam memilih interior, sang pemilik menyesuaikan barang-barang hiasan tersebut dengan warna cat tembok yang dipilih secara bersama. Hasilnya, warna kuning-oranye yang mendominasi terlihat begitu serasi dengan ornamen-ornamen yang diletakkan di rak yang terbuat dari besi tempa. Pemilihan besi tempa itu sendiri dilakukan supaya barang-barang nampak lebih menonjol, mengingat warna besi yang kusam dan tidak menyolok.

INDOSIAR. COM

3

Mempunyai Dapur yang Ringkas dan Efisien
Apakah Anda termasuk orang yang sering kali memporak-porandakan isi dapur hanya untuk mencari benda-benda tertentu, kopi misalnya? Hal ini bisa jadi disebabkan karena letak pengaturan barang-barang yang tidak diatur dengan baik. Padahal seperti halnya tempat lain, bagian dapur juga perlu ter-manage dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kejadian tersebut sehingga barang bisa didapat tanpa banyak makan waktu dalam mencari. Satu hal yang perlu diingat adalah : letak tempat perabotan di dapur telah diatur sesuai dengan fungsinya. Untuk makanan kering atau belanjaan di supermarket, tidak ada salahnya bila semua itu ditaruh di dalam sebuah lemari yang khusus digunakan untuk menyimpan ransum makanan. Untuk bagian ini, jangan dicampur dengan benda-benda lain, misalnya plastik bekas belanjaan atau panci. Semua itu harus mempunyai tempat sendiri. Untuk perlengkapan makan seperti piring dan gelas, biasanya ada tempat tersendiri yang letaknya di atas wastafel atau tempat cuci piring. Rak yang biasanya dipasang diatas punya fungsi sendiri, dengan demikian setelah mencuci piring, gelas atau sendok, benda-benda tersebut dapat langsung ditaruh untuk mengeringkan sisa-sisa air yang masih menempel. Hal itu juag lebih efisien, Anda tidak perlu banyak mengerahkan tenaga, misalnya untuk berjalan beberapa langkah demi menaruh benda pecah-belah tersebut. Tinggal buka rak, taruh piring dan gelas, semua beres. Untuk bumbu-bumbu dapur seperti gula, lada, kecap, dan benda-benda sejenis, letakkan semuanya di rak yang terletak dekat dengan kompor atau tempat memasak. Dengan begitu, setiap kali hendak memasak, Anda tinggal mengambilnya dengan jarak yang relatif dekat. Coba bayangkan bila perlengkapan memasak tersebut ditaruh di dalam lemari yang terletak di bawah wastafel misalnya, berapa kali Anda harus bolak-balik setiap mau memasak? Untuk panci dan wajan, letakkan di laci yang tertutup. Sentuhan terakhir adalah tempat untuk menaruh benda-benda yang paling sering Anda gunakan setiap hari, misalnya kopi, teh, gula, atau kue-kue yang biasa disajikan pada para tamu. Letakkan toples-toples yang berisi benda-benda di atas di tempat rak terbuka dan mudah dijangkau. Tujuannya selain supaya tidak usah mencari-cari seperti kasus pertama, Anda juga bisa tahu bila persediaannya mulai habis atau menipis. supaya kalo mau masak bisa lebih cepat ngambilnya. Siap untuk membuat dapur Anda lebih nyaman, ringkas, dan efisien?

INDOSIAR. COM

4

Menyiasati Besar Rumah Dengan Luas Terbatas
Betapa sulitnya tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya pada masa sekarang ini. Bagaimana tidak, banyaknya minat membuat lahan rumah semakin sempit (kecuali bila Anda memiliki uang berlebih). Oleh karena itu perlu ada kiat-kiat khusus sehingga dengan ruangan yang sempit, Anda bisa mendapat kepuasan sekaligus memberikan kesan bahwa rumah yang dimiliki terlihat lebih besar/luas dari sebenarnya. Langkah pertama adalah membangun rumah dengan lahan terbatas (misalkan 100 meter persegi) menjadi dua lantai, sehingga ruang tidur keluarga bisa ditempatkan di lantai atas dan memudahkan pengaturan ruang di lantai dasar. Rumah secara umum terbagi atas dua area : area keluarga (misalnya ruang tidur ayah/ibu/anak, ruang keluarga, ruang makan, dan kamar mandi) dan aerea service (meliputi dapur, ruang jemur, dan ruang kamar pembantu). Biasanya, ruangan depan dekat pintu masuk diakali menjadi ruang tamu (yang luasnya terbatas), dan diberi pembatas dengan ruang makan. Disampingnya adalah dapur, dengan tangga putar ke tingkat atasnya yang hanya menjadi ruang jemur. Usahakan supaya kedua area ini terpisah dengan jelas, dengan begitu aktivitas pembantu (seandainya ada) hanya berkisar di area tersebut. Berhimpitan dengan ruang dengan bentuk siku adalah ruang keluarga, yang berisi sofa, meja kecil, televisi atau perangkat stereo. Sisanya di pojok yang berbatasan dengan tembok disisakan untuk teras dan area hijau (taman). Ruang makan yang letaknya bersebelahan/menempel dengan ruang keluarga sama-sama dilengkapi oleh pintu besar yang tembus ke taman/daerah hijau. Tujuannya, selain sebagai sirkulasi udara, kedua ruangan tersebut akan mendapat kesan asri. Penghubung antara lantai dasar dan atas adalah tangga, yang letaknya di pinggir ruang keluarga dekat dapur. Di atas, sisakan sedikit ruang/celah antara tangga dengan kamar. Kalau ada ruang sisa di pojok yang cukup besar (yang letaknya tepat di atas ruang tamu), jadikan sebagai kamar utama, dan letaknya bersebelahan dengan kamar lain yang lebih kecil. Jangan lupa, siapkan kamar mandi yang cukup besar untuk menampung para penghuni lantai atas. Bagaimana, strategi yang bagus bukan??

INDOSIAR. COM

5

Variasi Gorden Perindah Rumah
Gorden merupakan salah satu bagian dari rumah yang penting. Namun selain sebagai penutup jendela, ternyata benda ini bisa memainkan peranan penting dalam rumah Anda. Jangan salah, warna gorden yang tidak sesuai bisa membuat rumah tidak nyaman, apalagi jika warnanya bertabrakan dengan warna tembok rumah, wah.....tidak bsia dibayangkan bagaimana pandangan orang yang kebetulan bertamu. Untuk memilih atau membeli gorden, kadang pemilik rumah menghabiskan banyak uang supaya barang yang dibeli terlihat indah. Sebuah keindahan dan keserasian terkadang memang mahal harganya, namun bila mau, sebenarnya Anda bisa membuat gorden terlihat indah, elegan, dan sesuai dengan karakter rumah. Langkah pertama adalah pemilihan motif gorden yang Anda suka. Ada beberapa tipe, mulai dari bahan polos tanpa motif, kembang-kembang, atau motif variasi lain seperti garis atau kotak. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan kain sisa, misalnya kain bekas sofa. Kemudian buat korden menyerupai anyaman, caranya dengan dipilah-pilah kemudian dianyam dengan kain. Salah satu trik yang paling ampuh dan sangat dianjurkan untuk digunakan adalah menjahit sambungan dari bagian belakang kain yang sudah dirangkap, sehingga dengan demikian garis-garis bekas jahitan tidak terlihat. Langkah terakhir adalah membuat gorden terlihat lebih berat (untuk memberikan kesan penuh). Gunakan bahan pelapis bagian belakang dari kain vlanel, dengan begitulekuknya terlihat indah karena tidak terlalu tipis. Bagi Anda yang merasa bingung dalam memilih warna, berikut satu tips : gunakan banyak warna netral, sehingga bisa cocok dengan warna tembok. Selamat mencoba......

INDOSIAR. COM

6

Frame Bekas Nampak Seperti Baru
Perhatikan sekeliling rumah, mungkin Anda adalah salah satu orang yang gemar memajang foto, baik diri sendiri maupun bersama keluarga, di dalam ruangan. Foto yang dipasangkan pada frame memang terlihat menarik, tapi sering kali perasaan bosan timbul melihat motif yang itu-itu saja. Namun daripada membuang uang untuk beli yang baru, kenapa Anda tidak coba untuk menghiasnya lagi dengan motif yang berbeda. Frame foto biasanya terbuat dari kayu jenis ringan, misalnya bahan dari kamper atau pinus. Langkah

1.

Pertama melakukan hiasan adalah dengan menggunakan cat aklirik. Warnai lebih dulu frame tersebut dengan warna dasar, biasanya putih, sebelum mulai menghias.

2.

Setelah kering, baru kita mulai dengan menggambar motif yang Anda suka di atas permukaan yang telah dilapisi warna dasar tersebut. Motif yang dipilih bisa kembang, abstrak, atau apa saja. Setelah selesai, warnai motif dengan warna yang Anda sukai, kemudian biarkan kering.

3.

Setelah mulai kering, lapisi lagi cat tersebut dengan coating, yang tujuannya adalah supaya saat dibersihkan, warna tidak pudar. Jangan sampai pengorbanan Anda menghias frame jadi percuma, hanya karena lupa pada langkah terakhir. Kalau perlu, pilih warna-warna mencolok sebagai bahan eksperimen, selain untuk membuat ruang keluarga Anda lebih semarak. Selamat mencoba.

INDOSIAR. COM

7

Belajar Membuat Batik
Siapa bilang membatik hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berprofesi sebagai pembatik? Kalau mau (dan tahu caranya), Anda pun bisa membuat kain tradisional khas Indonesia tersebut dengan tidak kalah bagusnya. Beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan sebelum membatik adalah kain mori (bisa terbuat dari sutra atau katun), canting sebagai alat pembentuk motif, gawangan (tempat untuk m enyampirkan kain), dan lilin selain panci dan kompor kecil untuk memanaskan.

1. Langkah pertama adalah membuat desain batik yang biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbedabeda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada. Motif yang kerap dipakai di Indonesia sendiri adalah batik yang terbagi menjadi 2 : batik klasik, yang banyak bermain dengan simbol-simbol, dan batik pesisiran dengan ciri khas natural seperti gambar bunga dan kupu-kupu. Teknik batik sendiri ada beberapa jenis : batik tulis yang motifnya digambar dengan menggunakan canting, batik cap di mana pembuatan motif menggunakan stempel dengan motif yang telah tersedia, dan batik print yang penggambarannya menggunakan mesin.

2. Setelah selesai melakukan molani, langkah kedua adalah menggunakan canting yang te lah berisi lilin cair untuk melapisi motif yang diinginkan. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna.

3. Proses terakhir adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Anda tidak perlu kuatir, pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah Anda gambar terkena warna, karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur). Setelah selesai, maka batik tersebut telah siap untuk digunakan.

INDOSIAR. COM

8

Penggunaan Feng Shui Pada Tanah Berkontur Miring
Tidak semua orang mempunyai rumah di tanah yang memiliki permukaan lurus. tak jarang, rumah harus dibangun pada tanah yang memiliki permukaan/kontur miring. Kontur miring tersebut misalnya memiliki tanah yang lebih rendah atau malah lebih tinggi dari jalan, yang bisa jadi karena tempat pembangunan rumah tersebut berada di tanah berbukit. Mungkin Anda salah satu orang yang pernah atau sedang mengalaminya. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan, apakah rumah harus dijual? Jangan terburu-buru mengambil keputusan, karena hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan prinsip feng shui yang telah digunakan sejak dahulu. Untuk membangun rumah di kondisi tanah seperti ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah menghapus anggapan bahwa membangun rumah di puncak tanah berkontur miring adalah yang terbaik. Sesuai dengan prinsip feng shui, yang paling penting adalah keselaran dengan keadaan sekitar. Jangan salah, membangun rumah di puncak sebuah bukit menghadirkan bahaya sendiri, yaitu pada saat hujan turun dimana bencana seperti tersambar petir atau tanah longsor bisa membuat semuanya jadi berantakan. Yang paling ideal sebenarnya adalah memiliki rumah di tanah yang lebih tinggi dari jalan, karena kondisi ini selain dianggap normal, juga bisa dijadikan sebagai sandaran (dalam hal ini ada berada di tengah dua kondisi yaitu jalan dan puncak). Namun, itu bukan berarti Anda tidak bisa menyiasati kondisi rumah yang berada lebih rendah dari jalan. Caranya adalah dengan membangun rumah dua tingkat, sehingga dengan demikian posisi rumah berada di atas jalan. yang digunakan sebagai tempat beraktivitas atau tinggal adalah lantai bagian atas, sementara bagian bawah bisa digunakan sebagai garasi mobil. Bagaimana dengan rumah yang telah berada di puncak bukit, bukankan kondisi tersebut tidak baik? Bukan hal sulit untuk menyiasatinya. Caranya adalah dengan menanam pohon di sekeliling rumah sebagai ’teman’ dari rumah, sekaligus membuat kondisi sekitar selaras dengan tempat tinggal Anda.

INDOSIAR. COM

9

Penggunaan Batu Alam Untuk Perindah Taman
Ingin memberi kesan berbeda pada jalan taman rumah Anda? Pilihan bisa Anda tujukan pada bentuk lantai bertekstur batu alami yang bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Kini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperindah suasana taman, karena tim RUMAH IDAMAN telah menyiapkan kiat-kiat jitu yang bisa dilakukan sendiri. Alat-alat yang dibutuhkan adalah bak yang sudah dialasi oleh kawat untuk pegangan semen, semen, pasir macam batu alam semen putih sikat kawat dan sikat gigi. Langkah -langkah yang harus dilakukan :

1.

Campur pasir, semen, dan air sesuai takaran yang dibutuhkan sehingga menjadi adukan semen.

2.
3. 4. 5. 6.

Tuang dan ratakan adukan ke atas cetakan yang terlebih dahulu dialasi kawat pegangan. Ratakan dan padatkan adukan sesuai dengan bentuk cetakan. Taburkan batu alam diatasnya hingga padat sesuai kebutuhan (adapun jenis batu yang dapat digunakan adalah : batu bengkulu, batu flores, batu kolam atau jenis yang lain). Setelah padat, batu alam tersebut diletakkan dengan tujuan untuk dibenamkan sebagian kedalam adukan semen. Supaya adukan cepat kering, beberapa menit kemudian taburkan semen kering secukupnya kemudian bersihkan dengan sikat kawat. Lakukan be rulang kali hingga tektur batu alam terlihat. Setelah itu, taburkan semen putih untuk memberikan kesan menonjol pada batu alam.

7.
8.

9.
memuaskan.

Ratakan dengan sikat ijuk berulang kali hingga mendapat hasil

Setelah selesai, lantai bertekstur dapat digunakan untuk memperindah taman Anda. Selamat mencoba.

INDOSIAR. COM

10

Paper-Tole, Sebuah Hobi Yang Unik
Nama paper tole bisa jadi merupakan sebuah istilah asing bagi Anda, namun jangan salah, kerajinan ini bisa diasah menjadi sebuah hobi yang mengasyikkan dalam mengisi waktu luang. Paper tole sendiri berarti pembuatan gambar dari kertas (layaknya lukisan) yang dibentuk sedemikian rupa hingga seolah memberi kesan tiga dimensi, dan mulai menjaring banyak peminat belakangan ini. Ketrampilan tangan yang dipelopori oleh seorang pelukis Belanda bernama Anton Pieck ini awalnya cukup sulit dilakukan (terutama saat memotong kertas dengan cutter), namun dijamin, hasil yang indah akan membuat Anda ketagihan untuk menyempurnakan hasil kerja. Bahan yang digunakan adalah kertas dengan gambar sama sebanyak lima sampai delapan lembar, alat pemotong berupa cutter, pinset, spidol, pernis, dan terakhir shape (pembentuk) untuk memberikan kesan timbul pada benda.

1. Langkah pertama adalah memotong gambar yang telah dipilih dengan menggunakan cutter yang cara pegangnya sama seperti ketika kita memegang pulpen. Untuk hasil maksimal, hindari penggunaan gunting. Seandainya Anda melakukan kesalahan potong atau malah gambar jadi robek akibat goresan cutter yang tidak sempurna, tidak perlu takut. Anda hanya tinggal mengganti dengan kertas yang lain. Perlu diperhatikan : sediakan 5-8 salinan motif/gambar yang akan dipotong untuk berjaga-jaga seandainya hasil tidak sempurna.

2. Setelah outline gambar dipo tong, langkah berikutnya adalah mengimajinasikan gambar mana yang akan tampak lebih depan dari gambar lainnya. Ini penting, karena cara menempel tinggi-rendah lem tergantung pada seperti apa Anda menginginkan hasil akhir gambar tersebut nantinya. Setelah ditentukan, lakukan penempelan sesuai dengan imajinasi, misalnya gambar A di bagian depan, B di bagian belakang, dan C berada di medio tengah antara A dan B. Setelah selesai, berikan pernis pada bagian-bagian tertentu motif untuk memberikan kesan timbul. Kalau perlu, tambahkan glitter untuk memberi kesan meriah dan hidup. Tidak sulit bukan?

INDOSIAR. COM

11

Melukis di Kain, Sebuah Cara Mempercantik Bahan
alah satu trend yang sedang marak sekarang ini adalah memakai celana jeans dengan gambargambar unik, yang terutama disukai oleh kalangan muda. Untuk mendapat hasil seperti itu, caranya sangat mudah bahkan bisa diaplikasikan ke bahan kain lain. Mulai dari kebaya, bantalan kursi, tas, jeans, atau apapun yang Anda inginkan, bisa dibuat menjadi sangat bergaya dengan satu cara mudah. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak, hanya kain sebagai media untuk digambar, kuas, dan cat yang warnanya tidak perlu dicampur, plus lining dan bahan finishing. Polanya sendiri bisa Anda tentukan, namun bila belum mempunyai ide, Anda bisa gunakan contoh dari gambar yang disukai.

1. Buat terlebih dahulu pola yang diinginkan dengan pensil, kemudian gunakan warna yang diinginkan untuk mewarnai motif. Seandainya belum ahli, mungkin ada baiknya Anda mencoba di bahan kain polos sebelum menerapkannya di celana, sarung bantal, atau lainnya. 2. Setelah tunggu beberapa saat, gunakan kain tatakan dan setrika. Tujuannya adalah supaya gambar (dan warna) melekat secara permanen di kain. Setrika bahan yang telah digambar dengan ditataki kain halus, dan hasilnya dapat Anda nikmati sebagai bagian dari ketrampilan baru.

INDOSIAR. COM

12

Trik-Trik Merawat Kaca Patri
Sebagai hiasan di rumah, kehadiran kaca patri tidak bisa dipungkiri mampu membuat suasana (dan pemandangan) rumah menjadi lebih cerah dan bagus. Tak heran bila kaca jenis ini mulai dipilih banyak orang untuk dipasang sebagai bagian dari kaca jendela. Namun patri adalah salah satu elemen yang sulit dirawat, terutama bagi mereka yang masih awam. Jangan kuatir, seperti biasa tim RUMAH IDAMAN memberikan tips-tips manjur supaya Anda bisa membersihkan kaca patri di rumah dengan baik. Peralatan yang dibutuhkan adalah kain bal/katun, lem silikon, kape (pencungkil) atau benda tajam lainnya seperti pisau atau cutter, sabun colek, dan air bersih.

1. Pertama-t ama campur air bersih dengan sabun colek hingga berbusa, kemudian celupkan kain bal. Bersihkan/laburi kaca patri yang ingin dibersihkan dengan air sabun, gosok hingga berbusa, bilas sampai bersih, dan keringkan dengan menggunakan kain kering.

2. Untuk membersihkan noda-noda hitam yang biasa terdapat pada list/bagian pinggir sela-sela kaca, gunakan kape atau benda tajam sejenis. Namun dalam membersihkannya harus hati-hati dan telaten, menekan terlalu keras akan membuat permukaan kape yang tajam menggores lapisan atas kaca patri. Kalau sudah begini tidak bisa lain, kaca tersebut tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru.

3. Saat membersihkan, mungkin Anda akan menemui rongga, yang disebabkan oleh memuainya bagian bagian penahan kaca. Tidak perlu kuatir, hal itu sudah biasa dan sering terjadi dalam kurun waktu setiap tiga sampai enam bulan. Untuk mengatasinya (supaya kaca Anda tidak longgar dan bergoyang-goyang), oleskan lem silikon untuk menutup rapat rongga yang dimaksud. Hal ini harus dilakukan secara rutin setiap jangka waktu yang telah disebutkan di atas, karena biasanya perekat yang telah lama akan memudar. 4. Untuk membersihkan sisi kasar dan halus pada kaca tidak jauh berbeda, namun Anda akan mengetahui bahwa membersihkan bagian yang kasar akan lebih mudah mengingat bagian ini tidak/jarang terkena debu. Selamat mencoba!

INDOSIAR. COM

13

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->