KOMPONEN KEPALA SILINDER SEPEDA MOTOR

Bagian paling atas dari kontruksi mesin sepeda motor adalah kepala silinder. Kepala silinder berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan tempat dudukan busi. Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak. Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara. Komponen kepala silinder & fungsi : 1. spark plug (busi)

Percikan busi berupa percikan elektrik.benar menutup. katup masuk belum benar.Jika celah katup lebih kecil dari standar. karena saat langkah kompresi. Hal ini akan mengakibatkan campuran bensin dan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi sedikit. maka katup akan terlambat membuka dan lebih cepat menutup. Setelah ini terjadi.000 K. Inilah percikan busi. arus elektron dapat mengalir. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. seperti ledakan kecil. Tegangan listrik dari koil pengapian menghasilkan beda tegangan antara elektrode di bagian tengah busi dengan yang di bagian samping. Jika celah katup melebihi standar. dan dengan mengalirnya elektron. maka katup akan lebih cepat membuka. struktur gas di antara kedua elektrode tersebut berubah. yaitu Busi tersambung ke tegangan yang besarnya ribuan Volt yang dihasilkan oleh koil pengapian (ignition coil).Busi adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. yaitu piston bergerak ke atas. adjusting shim : Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup. Karl Benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi. karena jumlah . Cara kerjanya. Arus tidak dapat mengalir karena bensin dan udara yang ada di celah merupakan isolator. namun semakin besar beda tegangan. Pada saat tegangan melebihi kekuatan dielektrik daripada gas yang ada. suhu di celah percikan busi naik drastis. Dan secara otomotis maka pembakaran yang terjadi menjadi sedikit dan menghasilkan tenaga yang sedikit pula. namun menjadi lambat menutup. Pada bagian tengah busi terdapat elektrode yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi. Suhu yang sangat tinggi ini membuat gas yang terionisasi untuk memuai dengan cepat. gas-gas tersebut mengalami proses ionisasi dan yang tadinya bersifat insulator. Richard Simms. dan dengan ground pada bagian bawah busi. sampai 60. 2. berubah menjadi konduktor. membentuk suatu celah percikan di dalam silinder. dan Robert Bosch. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla. Akibat keterlambatan menutup ini akan membuat tekanan kompresi menjadi bocor. yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau petir mini.

. Pada mesin generasi baru. Maka dari itu penyetelan celah katup wajib dilakukan untuk mendapatkan tenaga mesin yang maksimal. 4. Sesuai nama dan fungsinya. valve filter : Tappet atau valve lifter digunakan sebagai landasan pushrod untuk mengurangi keausan yang terjadi pada cam. tappet selain digunakan untuk mengurangi keausan cam juga digunakan untuk menghilangkan celah yang terjadi antara komponen-komponen penggerak katup sehingga penyetelan celah katup pada perawatan berkala mesin (tune-up) tidak perlu lagi dilakukan.campuran bensin dan udara yang masuk sedikit. 3. exhaust valve : Klep / katup buang (exhaust valve) adalah katup yang berfungsi membuka-tutup saluran buang (exhaust manifold) untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran. Tappet jenis ini sering disebut tappet hidraulik atau hidraulic valve lifter. penempatan katup ini berda di saluran buang kendaraan.

air pendingin dan oli. dan kedua-duanya berfungsi untuk mencegah kebocoran yang ditimbulkan antara blok silinder dan kepala silinder. valve guide : Sebuah panduan katup tabung yang berjalan melalui kepala silinder mesin di mana knalpot dan asupan katup diposisikan. Panduan katup biasanya terbuat dari bahan. Umumnya gasket dibuat dari carbon clad steel (gabungan carbon dengan lempengan baja) karbon itu sendiri melekat dengan graphite.5. 6. Gasket Kepala silinder harus tahan panas dan tekanandalam setiap perubahan temperatur. Hal ini menciptakan asap dan hilangnya tenaga dari mesin. batang katup mulai menjadi longgar dan minyak dapat bocor ke dalam ruang pembakaran. Sebagai panduan katup memakai. menjaganya agar tetap lurus. gasket Gasket kepala silinder (cylinder head gasket) letaknya antara blok silinder dan kepala silinder. dan memandu katup. fungsinya untuk mencegah kebocoran gas pembakaran. serta menambah kemampuan melekat pada gasket. seperti perunggu. .

7. intake valve : untuk membuka & menutup saluran masuk 9. valve keepers: Sebagai pengunci antara katup dengan vegas katup . valve seat: Berfungsi sebagai tempat dudukan kepala katup 8.