P. 1
Akhlak Dalam Pergaulan Remaja

Akhlak Dalam Pergaulan Remaja

|Views: 15|Likes:
Published by Ihwan Anugrah
for student
for student

More info:

Published by: Ihwan Anugrah on Oct 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2014

pdf

text

original

AKHLAK DALAM PERGAULAN REMAJA Dalam pergaulan sehari-hari di tengan masyarakat, terutama antarmuda-mudi, seorang remaja

harus memiliki pegangan yang kukuh. Di antara prinsip-prinsip yang harus dikembangkan adalah 1. 2. 3. 4. 5. Mampu mengontrol dan membawa diri dalam semua situasi ; Mencari kawan yang baik dan dapat memotivasi untuk mengembangkan potensi diri ; Mengembangkan sikap tanggung jawab terhadap semua tugas yang diemban sehingga dapat mempersiapkan masa depan yang gemilang ; Mengambangkan kemampuan diri untuk mancapai prestasi ataupun kematangan diri sehingga memiliki kemampuan dan modal yang cukup untuk menyongsong masa depan ; Tidak mudah larut dalam kesenangan dan pergaulan yang bebas karena kebiasaan ini akan menguras segala kemapuan dan dapat mengahancurkan masa depan. Secara faktual harus diakui bahwa dalam kehidupan remaja terdapat beberapa hal khusus yang perlu mendapat perhatian, disamping ketentuan umum tentang hubungan bermasyarkat. Beberapa hal khusus tersebut, antara lain tentang mengucapkan dan menjawab salam, berjabat tangan, khalwat serta mencari teman yang baik. 1. Mengucapkan dan menjawab salam. Islam mengajarkan kepada sesama muslim untuk saling mengucapkan salam apabila bertemu atau bertamu. Dengan demikian, rasa kasih sayang terhadap sesama dapat selalu terpupuk dengan baik. Berjabat tangan. Rasulullah saw. mengajarkan bahwa untuk lebih menyempurnakan salam dan menguatkan tali ukhuwah islamiah, sebaiknya ucapan salam diikuti dengan berjabat tangan (bersalaman), tentu saja memungkinkan dan dengan sesama jenis. Berjabat tangan haruslah dilakukan dengan penuh keikhlasan yang tercermin dari cara bersalaman. Rasulullah saw. Mengajarkan kalau menjabat tangan seseorang harus dengan penuh perhatian, keramahan, dan muka yang manis. Pandanglah muka orang yang di ajak bersalaman, jangan bersalaman sambil memandang objek yang lain. Hal itu dapat menuimbulkan perasaan tidak dihargai. Khalwat ( berdua-duaan antara pria dan wanita ). Rasulullah saw. melarang pria dan wanita berkhlwat karena yang ketiga adalah setan. Khalwat adalah berdua-duaan antara pria dan wanita yang bukan mahram tanpa ada orang ketiga. Mencari teman teman yang baik. Mencari teman yang baik merupakan suatu kebenaran yang telah diterima dan dibuktikan oleh pengalaman. Seorang remaja biasa bermain di tengah remaja-remaja yang kurang ajar. Lambat laun dia akan meniru kebiasaan-kebiasaan buruk temannya. Sebailiknya, seorang remaja yang mendapat kesempatan bergaul di kalangan orang-orang baik, lambat laun (dalam keadaan normal) dia akan menyerap kebiasaan baik dari pergaulannya. Soal : Deskripsikan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam ! Timbulnya moral yang buruk dan dapat menimbulkan kejahatan, Misalnya :

2.

3.

4.

dan mungkin ada yang menghina karna perbuatan tersebut.  Suka berduaan dengan lawan jenis Pergaulan remaja dapat mengantarkan kita ke jalan yang salah. Pergaulan sesama lawan jenis yang tidak sesuai lagi dengan anjuran islam. tidak memandang kedepan hal inilah yang terjadi pada anak-anak remaja masa kini hanya berpikir kesenangan adalah yang paling utama selama masih dalam usia remaja.  Masa depan yang suram Berpikir sempit. Ajakan dari teman yang mendorong untuk selalu mempunyai hal-hal yang baru membuat diri seseorang itu semakin terlena dengan sesuatu yg baru tersebut. Kita yang membunuh diri kita secara perlahan tanpa kita sadari . sehingga kita di benci.  Merugikan diri sendiri dan di jahui banyak orang Apabila sudah terbawa arus oleh pergaulan negatif. tentunya perilaku juga akan mengalami perubahan. seperti mabuk-mabukan. Cenderung membantah orangtua Keinginan untuk selalu mendapatkan apa yang diinginkan lambat laun akan menjadi paksaan agar seluruh yang ia harapkan harus tercapai. dijauhi. apabila kita tidak dapat menilai antara sisi positif dan sisi negatifnya.  Suka berfoya-foya Keinginan untuk selalu bersama dengan teman-teman yang lain lambat laun akan menimbulkan sifat boros (berfoya-foya). Dan yang lebih merugikannya. Akibat dari pergaulan yang tidak sesuai inilah maka segala cara harus ia lakukan terutama melawan orangtua demi mendapatkan keinginannya tersebut. merokok. keluyuran. hal inilah yang dapat mengancurkan masa depan anak-anak remaja. Hal inilah yang dapat merusak para anak-anak remaja yang sedang berada di tengahtengah zaman yang penuh dengan banyak godaan dan rintangan.  Kondisi fisik dan kinerja otak akan semakin melemah Para anak remaja akan melakukan apapun yang ia inginkan. lewat begitu saja tanpa ada hasil yang akan dibawa untuk masa depan nanti. sehingga masa remaja itu. Perilaku buruk yang telah kita lakukan pasti dapat merugikan orang-orang di sekitar kita.  Terbuangnya waktu dengan sia-sia Akibat dari tidak berpikir luaslah. perilaku yang kita lakukan sendiri ternyata menghancurkan diri sendri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->