LATIHAN SOAL MP BAB 6 MENGANALISIS PASAR KONSUMEN Nama: Andri Kelas: MG-C NRP: 1252236

1. Sebut dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Perilaku Konsumen beserta variabel2 dari faktor2 tersebut yang berpengaruh terhadap Perilaku konsumen.Jelaskan masing-masing!  FAKTOR BUDAYA : termasuk didalamnya kelas budaya, subbudaya dan sosial  FAKTOR SOSIAL : kelompok referensi, keluarga, peran sosial dan status konsumen  FAKTOR PRIBADI : usia, tahap dan siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai 2. Mengapa pemasar sangat perlu mengetahui/mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumennya tersebut?. Jelaskan! Dengan mengetahui factor faktor tsb, kita dapat mengetahui dan memahami aspek aspek psikologis psikologis manusia secara keseluruhan yg mempengaruhi proses pencarian, pemilihan, penggunaan serta evaluasi thd produk/jasa yg digunakan 3. Sebut dan jelaskan masing-masing empat (4) proses Psikologi utama yang mempengaruhi perilaku konsumen !  Motivasi: saat kebutuhan meningkat pada intensitas yang mendorong tindakan. Motivasi mempunyai 2 arah : a. Pilihan tujuan b. Intensitas / energi untuk mengejar tujuan  Persepsi adalah proses memilih, mengatur dan menerjemahkan masukan informasi untuk menciptakan gambaran dunia yang berarti. Persepsi tidak

tetangga.hanya tergantung pada rangsangan fisik. respons dan penguatan  Memori: penyimpanan informasi dan pengalaman saat menjalani hidup Memori terbagi 2: a. kemasan Publik= Media massa. organisasi pemeringkat konsumen Eksperimental= Penanganan. Dalam pencarian informasi untuk mendapatkan alternatif2 sebelum memutuskan pembelian. rangsangan. Jangka panjang : permanen dan tak terbatas 4. Pribadi= keluarga. Jangka pendek : temporer dan terbatas b. d. penyalur. Pembelajaran dihasilkan melalui interaksi dorongan. Konsumen dapat menilai banyak jenis risiko dalam membeli dan mengkonsumsi sebuah produk. Risiko waktu: kegagalan produk menghasilkan biaya peluang untuk menemukan produk memuaskan lainnya 5. Risiko fisik: produk mengancam kesejahteraan atau kesehatan fisik pengguna c. Risiko keuangan: produk tdk layak untuk harga yg dibayarkan d. c. pemeriksaan. penggunaan produk . tetapi juga pada hubungan terhadap bidang yang mengelilinginya dan kondisi dalam setiap diri kita  Pembelajaran mendorong perubahan dalam perilaku konsumen yang timbul dari pengalaman.Sebut dan jelaskan risiko2 apa sajakah itu? a. Risiko fungsional: produk tidak sesuai harapan b. teman. Risiko social: produk menimbulkan rasa malu e. rekan Komersial= situs website. Risiko psikologis: produk mempengaruhi kesehatan jiwa pengguna f. b. pertanda.sumber informasi utama itu bisa berasal darimana sajakah? Sebut dan berikan contoh2nya! Pembagian konsumen dalam 4 sumber informasi: a.

Mengapa pemasar berusaha supaya konsumen bisa masuk ke tahap Kumpulan Yang Dipertimbangkan? Jelaskan! 7. jujur. . a. sehat dan ceria)  Kegembiraan (Berani. Bagaimana konsumen memproses informasi merk kompetitif dan melakukan penilaian nilai akhir? Jelaskan!  Konsumen berusaha memuaskan sebuah kebutuhan  Konsumen mencari manfaat tertentu dari solusi produk  Konsumen meluhat masing masing produk sebagai kemampuan untuk menghantarkan manfaat yg diperlukan untuk memuaskan kebutuhan ini. Sebut dan jelaskan apa saja Kepribadian Merek menurut Jennifer Aaker!  Ketulusan (membumi. imajinatif. Melalui pengumpulan informasi konsumen mempelajari merk pesaing dan fitur2nya sebelum pengambilan keputusan pembelian.Jelaskan dengan Skema kumpulan suksesif yang terlibat dalam Pengambilan Keputusan konsumen! b. dan sukses)  Kesempurnaan (kelas atas dan menarik)  Ketahanan (petualang dan tangguh) b. cerdik. a.6. dan modern)  Kompetensi (dapat diandalkan. bersemangat.

a. persepsi berbeda timbul karena adanya 3 hal yang konsumen lakukan. Dalam Psikologi Konsumen.8. Bagaimana PROSES PSIKOLOGIS UTAMA terhadap Perilaku Konsumen? Jelaskan dengan skema! . Sebut dan jelaskan strategi2 apa saja yg bisa dilakukan pemasar untuk merangsang minat yg lebih besar terhadap suatu merk!  Merancang ulang produk  Mengubah keyakinan tentang merek  Mengubah keyakinan tentang merek pesaing  Mengubah bobot arti penting  Memperhatikan atribut yang terabaikan  Mengubah prinsip pembeli b. Apa saja ke 3 hal tersebut yang menyebabkan timbulnya persepsi konsumen berbeda? Sebut dan jelaskan masing2 dengan sertakan contohnya!  Atensi selektif : proses menyortir sebagian besar rangsangan  Distorsi selektif : kecenderungan menerjemahkan informasi agar sesuai dengan konsepsi awal konsumen  Retensi selektif : mengingat poin baik dari produk yang disukai dan melupakan poin dari produk pesaing c.

a. Apa saja 3 Faktor sangat penting yang mempengaruhi usaha mengingat informasi merek itu? Sebut dan jelaskan masing-masing!  Kehadiran informasi produk lain dalam memori dapat menghasilkan pengaruh interferensi dan menyebabkan kita gagal mengenali atau bingung dengan data baru  Waktu antara paparan terhadap informasi dan pemrograman berpengaruh semakin lama waktu tunda. Program memori menggambarkan bagaimana dan di mana informasi masuk ke dalam memori b. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Proses Memori itu dan apa pula maksudnya Pemrograman Memori itu? Jelaskan! Proses memori adalah kegiatan memrogramkan dan mengambil keputusan. Bagaimana Teori pembelajaran mengajarkan pada pemasar untuk menanggapi terhadap perilaku konsumennya?. a. b.Jelaskan! Teori pembelajaran mengajarkan pemasar bahwa mereka dapat membangun permintaan sebuah produk dengan mengasosiasikannya dengan dorongan yang kuat menggunakan pertanda yg memotivasi dan menyediakan penguatan positif 10. Apa penyebab timbulnya Pembelajaran psikologi perilaku pembelian konsumen ? Jelaskan! Dan sebutkan dua pendekatan populer terhadap pembelajaran itu! Karena dengan proses psikologis disertai mengenal karakteristik konsumen menghasilkan proses pengambilan keputusan dan keputusan akhir pembelian. Apa yang dimaksud dengan “heuristic” itu? Jelaskan! . a. semakin lemah asosiasi itu  Informasi mungkin tersedia dalam memori tetapi tidak dapat diakses tanpa tanda pemulih atau pengingat yang tepat 11.9.

Tugas pemasar tidak berakhir dengan tahap pembelian saja tetapi juga pada tahap pascapembelian.Hal-hal apa saja yg harus diamati dan diperhatikan oleh pemasar pada Tahap Pascapembelian itu? Sebut dan jelaskan masing2! Tugas pemasar tidak berhenti di tahap pembelian. berarti 'untuk menemukan'. Mengapa Heuristik bisa timbul pada diri konsumen? Jelaskan! Karena heuristic memainkan peran ketika konsumen memperkirakan kemungkinan hasil/kejadian di masa depan c. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka". Suatu heuristik untuk masalah yang diberi adalah cara menujukan perhatian Anda secara berhasil sampai pemecahan. Pada pasca pembelian pemasar harus memperhatikan: a. Sebut dan 3 heuristik pilihan yang Anda ketahui dan jelaskan masingmasing!  Heuristic konjungtif: konsumen menetapkan tingkat cut off minimum untuk setiap atribut dan memilih alternatif pertama yang memenuhi standar minimum  Heuristic leksikorgrafis: konsumen memilih merek berdasarkan atribut yang paling penting  Heuristic eliminasi berdasarkan aspek: konsumen memilih merek secara probabilitas dan menghilangkan yang tidak memenuhi batas minimum 12. Ini berbeda dari algoritma di mana hanya dipergunakan sebagai peraturan atau garis pedoman. tetapi bisa teramat berharga sampai proses yang memecahkan masalah. Kepuasan pascapembelian . Heuristik selalu mungkin tidak mencapai hasil yang diinginkan. b. Heuristik yang baik secara dramatis bisa mengurangi waktu yang diharuskan memecahkan masalah dengan menghapuskan keperluan untuk mempertimbangkan kemungkinan atau status tidak relevan yang tak mungkin. bertentangan dengan prosedur invarian.Heuristic adalah seni dan ilmu pengetahuan dari penemuan.

Proses keputusan konsumen tidak selalu berkembang secara cermat oleh sebab itu ada beberapa teori dan pendekatan lain untuk menjelaskannya. Penggunaan & penyingkiran pascapembelian 13. Heuristik ketersediaan b. Apa sajakah teori2 tersebut? Sebut dan jelaskan masing-masing!  Teori tingkatan keterlibatan konsumen a. Heuristik representatif c. Strategi Pemasaran Keterlibatan Rendah c. Heuristik penjangkaran dan penyesuaian  AKUNTANSI MENTAL . Model kemungkinan Elaborasi b.Bagaimana pelanggan menggunakan atau menyingkirkan produk? Jelaskan dan gambarkan dengan skema! Penggunaan dan penyingkiran produk 14. Perilaku Pembelian Pencari Keragaman  Heuristic dan bias keputusan a.b. Tindakan pascapembelian c.

Sebut dan jelaskan masing2 apa saja Heuristik dan Bias Keputusan tersebut? a. METODE RETROSPEKTIF: mewawancara dan meminta mereka mengingat kejadian yang menyebabkan mereka melakukan pembelian . Menghubungkan produk dengan beberapa situasi pribadi c. Heuristik ketersediaan: mendasarkan prediksi mereka berdasarkan kecepatan dan kemudahan di mana satu contoh hasil tertentu muncul di pikiran mereka b.15. Apa yang dimaksud dengan “Keterlibatan Konsumen” itu? Jelaskan! dan. Menghubungkan produk dengan sejumlah isu yang terlibat b.Ada beberapa Heuristik dan Bias Keputusan yg memainkan peran saat konsumen memperkirakan kemungkinan hasil atau kejadian dimasa depan. METODE INTROSPEKTIF: memikirkan bagaimana mereka sendiri akan bertindak b. Sebut dan jelaskan 4 teknik yang digunakan pemasar untuk mencoba mengubah produk dengan keterlibatan rendah menjadi produk dengan keterlibatan yang lebih tinggi!  Keterlibatan konsumen dapat didefinisikan berdasarkan tingkat keterlibatan dan pemrosesan aktif yang dilakukan konsumen dalam merespons rangsangan.Sebut dan jelaskan masing-masing apa saja metode penentuan profil proses keputusan pembelian pelanggan itu? a. Merancang iklan untuk memicu emosi kuat yang berhubungan dengan nilai pribadi atau pertahanan ego d. Heuristik penjangkaran dan penyesuaian: konsumen sampai pada penilaian awal dan kemudian menyesuaikannya berdasarkan informasi tambahan 17. Heuristik representatif: mendasarkan prediksi mereka atas representatif suatu hasil dengan contoh lain c. Mengiklankan fitur penting 16.  4 teknik pemasar mengubah produk keterlibatan rendah menjadi keterlibatan yg lebih tinggi a.

c. Infuencer: memberikan informasi pada anggota keluarga lainnya b. METODE PRESKRIPTIF: meminta konsumen menjelaskan cara ideal untuk membeli produk 18. Konsumen cenderung memisahkan keuntungan b.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Akuntansi Mental itu? Dan sebutkan halhal apa saja dari sekelompok Prinsip inti utama yang menjadi dasarAkuntansi Mental (menurut.  Prinsip utama yg menjadi dasar akuntansi mental: a. Buyers: orang yang akan membeli produk atau jasa e. Konsumen cenderung memisahkan keuntungan kecil dari kerugian besar 19.Jelaskan 10 kesalahan yang paling sering dilakukan manajer dalam mengambil keputusan mereka! 20. Konsumen cenderung mengintegrasikan kerugian c. Disposers: akan membuang suatu produk atau memberhentikan suatu jasa . mengkategorikan.Sebut dan jelaskan masing-masing Peran dalam pengambilan keputusan konsumen (keluarga) dan sertakan pula contoh pembelian barangnya ! a. Deciders: memiliki kekuasaan untuk menentukan apakah suatu produk atau jasa akan dibeli atau tidak d. Gatekeeper: mengontrol aliran informasi yg masuk ke dalam keluarga c. Users: menggunakan produk atau jasa f. Konsumen cenderung mengintegrasikan kerugian yang lebih kecil dengan keuntungan yang lebih besar d. dan mengevaluasi hasil financial dari pilhan. Richard Thaler)!  Akuntansi mental mengacu pada cara konsumen mengkodekan. METODE PROSPEKTIF: meminta konsumen menceritakan jalan pikiran dalam proses pembelian d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful