Tugas Farmakologi Kelas B

MACAM-MACAM OBAT GOLONGAN ANTIBIOTIK & ANTIMIKROBA

Disusun Oleh:

Hanym Putri Cahyaningrum

(11/314419/DPA/03932)

PROGRAM DIPLOMA III REKAM MEDIS SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2013

Infeksi saluran napas. profilaksis infeksi pneumokokus. sepsis puerperal. GOLONGAN PENICILLIN NO . meningitis. saluran cerna dan saluran kemih.endokarditis. otitis media. Infeksi saluran pernafasan. saluran kemih dan kelamin. Infeksi yang disebabkan oleh kuman yang peka terhadap penisilin 2 Penisilin V (Phenoxymethyl Penicillin) Fenocin. Clavamox Unasyn 6 7 Kloksasilin Ikaclox. saluran cerna. otitis media.clavulanat) Sultamicillin (Ampicillin + Sulbactam) Topcillin.1. faringitis. Amoxil 4 Amoksisilin 5 Co-amoxyclav (Amoksisilin + As. Infeksi saluran napas atas dan bawah. otitis media. Pneumonia. 1 NAMA GENERIK & LATIN Benzyl Penicillin NAMA DAGANG Procaine Penicillin-G INDIKASI Infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme Gram + dan Gram – yang peka terhadap Benzyl Penicillinsertainfeksi tenggorokan. Ospen. pneumonia dan profilaksis amputasi pada lengan dan kaki. Infeksi saluran napas. meningokokus. kulit dan jaringan. 3 Ampisilin Penbritin. Meixam 8 fenoksimetilpenisilin ospen . scarlet fever. bronchitis. Kalpicillin. kulit dan jaringan lunak dan gonore disebabkan Gram – danGram + pneumonia. demam rematik. kulit dan jaringan lunak. Ospamox Augmentin. streptococcus. tonsillitis dan profilaksis infeksi pneumokokus. pencernaan dan kemih serta demam rematik. Omnipen. gonore dan urethritis non-gonokokal. Infeksi bakteri peka terhadap kloksasilina dan penghasil penisilinasi. 2ronchitis.

pielonefritis dan prostates akut. Proteus vulgaris. pneumonia nosokomial. seperti : Septikemia. GOLONGAN AMINOGLIKOSIDA NO. Klebsiella pneumoniae. jika bakteri tidak dapat diidentifikasi antara Staphylococcus dan bakteri gram negatif atau kombinasi bakteri. NAMA GENERIK & LATIN GentamisinSulfat NAMA DAGANG INDIKASI 1 Garamycin Septicemia dan sepsis pada neonatus. Untuk infeksi yang serius yang disebabkan oleh E. bersama dengan doksisiklin pada pengobatan brucellosis. endokarditis karena Str viridans. Enterobacter aerogenes. Infeksi saluran pernapasan.2. Coli. Infeksi generatif yang resisten terhadap gentamisin. pengobatan jangka pendek infeksi peradangan mata yang disebabkan oleh organisme yang sensitif terhadap Framisetin. Sterilisasi usus sebelum operasi Infeksi karena Microbacterium Tuberkulosis. meningitis dan infeksi SSP lainnya. Pengobatan awal infeksi serius. terapi tambahan pada meningitis karena listeria. enterococcal endokarditis. dalam bentuk kombinasi dengan obat lain. Kassapembalutsteril. Infeksi intra abdominal (seperti Peritonitis). 2 Amikasin Amikin 3 KanamisinSulfat Kanamycin Meiji 4 5 NeomisinSulfat Streptomisin Neobiotic Streptomycin Meiji 6 Framisetin Sofra-Tulle Daryant-Tulle . Infeksi bilier. Pengobatan infeksi gonokokus yang resisten terhadap penisilin. Atau str farcalis (bersama penisilin. Infeksi saluran kemih komplikasi. Obat pilihan pertama dalam pengobatan tuberkulosis. Meningitis.

gastroenteristis. rickettzia. infeksi berat karena Salmonella sp. Spiradan . Chloramex. influenza (terutama meningitis). terbakar karena panas. GOLONGAN MAKROLIDA NO. Pada infeksi tifus dan salmonella. H. NAMA GENERIK & LATIN Kloramfenikol NAMA DAGANG Colme. Enkacetyn.Bralifex plus Terapi infeksi bagian luar mata dan adnexsa nya disebabkan bakteri yang peka. disentri. serta beberapa bakteri yang sudah resisten terhada penisilin. Pharothrocin. Kalthrocin. psitakosis. luka pada kornea karena zat kimia. Thiambiotic 4.uveitis anterior kronik. Kalmicetin INDIKASI 1 Pengobatan tifus (demamtifoid) dan paratifoid. GOLONGAN KLORAMFENIKOL NO. juga digunakan pada infeksi saluran kemih dan saluran empedu oleh kuman yang resisten terhadap antibiotik lain. limfogranuloma. atau karena penetrasi zat asing 3. bruselosis. radiasi. staphylococcal absesotak. Untuk terapi infeksi rongga mulut dan saluran nafas juga digunakan sebagai obat alternatif untuk penderita Toksoplasmosis yang karena suatu sebab tidak dapat diobati dengan 2 Spiramisin Rovamycin. 2 Tiamfenikol Urfamycin. Thiamycin. Infeksi mata bakteri superfisial atau adanya resiko infeksi bakteri yang membutuhkan kortikosterioda.7 Tobramisin Bralifex. meningitis serta lymphogranulomapsittacosis. INDIKASI 1 Untuk pengobatan penyakit akibat bakteri Gram positif khususnya Staphylococcus dan Diphtheroids. NAMA GENERIK & LATIN Eritromisin NAMA DAGANG Erythrocin.

infeksi kulit dan jaringan lunak. Digunakan sebagai antiseptik saluran Kemih. infeksi kulit seperti pioderma.Pirimentamin dan Sulfonamid (misalnya pada wanita hamil. saluran nafas bagian atas dan bawah seperti bronkitis akut dan kronik. Zycin 5. 1 Pengobatan infeksi yang disebabkan oleh kuman patogen yang peka terhadap siprofloksasin pada infeksi yaituinfeksi saluran kemih (kecuali prostatitis). 3 Roxithromycin Rulid Indikasinya diperuntukkan untuk infeksi THT. Baquinor INDIKASI NO. atau ada kontra indikasi lainnya). Digunakan untuk mengobati infekti tertentu yang disebabkan oleh bakteri seperti bronkitis. impetigo. uretritis dan servisitis gonore. uretritis (selain Gonore) akut dan kronis. ulkus pada kaki. GOLONGAN QUINOLON NAMA GENERIK & LATIN Ciprofloxacin NAMA DAGANG Ciproxin. pneumonia. infeksi tulang dan sendi dan infeksi saluran pencernaan termasuk demam tifoid dan paratifoid. 2 Nalidixic Acid Negram . infeksi saluran pernafasan kecuali pneumonia oleh streptokokus. paru-paru. penyakit akibat hubungan seksual dan infeksi dari telinga. dermatitis dengan infeksi. 4 Azithromycin Zithromax. kulit dan tenggorokan. penumonia.

jerawat dan infeksi kulit. Terramycin .3 Ofloxacin Tarivid Infeksi saluran kemih ringan sampai sedang dan prostatitis. angina vincenti. uretritis non-GO. saluran kemih. telinga bagian tengah. Pengobatan akut urethritis non gonokokal dan gonore ringan dans ervisitis yang disebabkan oleh klamidia. bronkiektasis terinfeksi. Infeksi saluran pernapasan bagian bawah. Untuk mengobati infeksi bakteri seperti Pneumonia dan infeksi saluran nafas lain. kelamin dan saluran kemih. Dan digunakan untuk pengobatan dan pencegahan Malaria. Bronkitis akut dan kronis termasuk pencegahan eksaserbasi akut. 6. GOLONGAN TETRASIKLIN NO. serta perawatan infeksi Kaki Gajah. bronkopneumonia dan atipikal pneumonia disebabkan oleh mikoplasma pneumonia. Indo Farma. Infeksi kulit dan jaringan lunak yang disebabkan oleh bakteri aerobic gram negatifdan gram positif. Tetrasikin juga dapat digunakan untuk pengobatan infeksi pada saluran pernafasan. usus dua belas jari dan juga gonore. Untuk pencegahan pada infeksi Antraks. bronkiolitis. Minosiklin juga dapat membunuh bakteri dari hidung dan tenggorokan anda yang dapat menyebabkan meningitis. sinus. infeksi traktus urinatius. NAMA GENERIK & LATIN Tetrasiklin NAMA DAGANG INDIKASI 1 Dumocycline Supertetra Tetrin Untuk pengobatan acne vulgaris dan rosacea. infeksi 2 Doksisiklin Vibramycin Dumoxin 3 MinosiklinHCl Minocin 4 OksitetrasiklinHCl Oxytetracycline. otitis media.

Cefat INDIKASI 1 Infeksi saluran napas. Infeksi saluran kemih ringan dan sebagai obat pilihan kedua pada infeksi saluran napas dan kulit yang tidak begitu parah dan bila terdapat alergi untuk penisilin. organ pernafasan. Cefotaxime digunakan untuk mengobati Gonore. pencegahan infeksi pada proses operasi dan infeksi kulit dan jaringan lunak. GO dan sifilis yang tidak sesuai dengan penisilin. meningitis. infeksi pada ginjal (pyelonephritis). akne vulgaris. amubasis. 7. kulit dan jaringan lunak dan infeksi lain yang berkaitan dengan organism bersangkutan. tifus dan Q-fever. terutama bila telah timbul resistensi terhadap senyawa fluorkuinon (siprofloksasin). saluran cerna dan saluran kemih. GOLONGAN SEFALOSPORIN (GOLONGAN BETA LACTAM) NO. Infeksi saluran kemih ringan dan sebagai obat pilihan kedua pada infeksi saluran napas dan kulit yang tidak begitu parah dan bila terdapat alergi untuk penisilin. NAMA GENERIK & LATIN Sefadroksil NAMA DAGANG Duricef. kolera. saluran kemih. 2 Sefotaksim Claforan 3 Sefaleksin Tepaxin 4 Seftriakson Rocephin 5 Sefradin Velosef .bakteri pada trakusGI dan biliaris. trakoma. psikatosis dan limfogranuloma venereum. Granuloma inguinal dan khankroid. Untuk gonore. bruselosis. meningitis dan endokarditis. infeksi pasca persalinan (endometritis). infeksi jaringan lunak.

peritonitis (radang selaput perut). yaitu infeksi saluran napas bagian atas. infeksi kulit dan jaringan lunak. infeksi saluran pernafasan termasuk pneumonia (radang oarenkim paru). dan tonsillitis. kuolit dan struktur kulit. Infeksi saluran pernafasan. usus dan ginekologi serta digunakan pada gonore (kencing nanah) akibat gonokok yang membentuk laktamase. faringitis. saluran biliari. Infeksi saluran pernafasan bagia bawah. dan endokarditis. 7 Cephalexin Keflex 8 Cefazolin/Sefazolin Cefacidal 9 Cefaclor Soclor 10 Cefamandole Defacef Vial . septikemia. Infeksi karena bakteri gram positif atau gram negatif yang sensitif. Begitu pula profilaksis pada antara lain bedah jantung. tobramisin) untuk memperluas dan memperkuat aktivitasnya. genital. saluran kemih dan kelamin. septicemia (keracunan darah oleh bakteri patogenik dan zat-zat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut).6 Sefuroksim Zinnat Infeksi serius yang resisten terhadap amoksisilin dan sefalosporin generasi I. Otitis media (radang rongga gendanng telinga). juga terkombinasi dengan aminoglikosida (gentamisin. infeksi saluran kemih. infeksi kulit dan struktur kulit. Infeksi slauran kemih. kulit dan struktur kulit. tulang. profilaksis perioperatif. saluran kemih. tulang dan sendi. otitis media ( radang rongga gendanng telinga ) Infeksi serius yang disebabkan oleh organisme yang peka.

& infeksi uterus. pielonefritis. Septikemia (keracunan darah oleh bakteri patogenik dan atau zat-zat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut). infeksi kulit & struktur kulit yg tdk terkomplikasi.11 Cefmetazol Qizol Infeksi km E ooli. faringotosilitis. infeksi kulit dan struktur kulit tak terkomplikasi Infeksi sal napas bag atas & bwh. septikemia. kolesistitis. sinusitis akut. Pneumonia yang didapat dari lingkungan. sal genital lain pd wanita. Klebsiella pneumoniae. endometritis. kolangitis. bronkitis. sal reproduksi. Moraxella (Branhamella) catarrhalis (umumnya yang termasuk beta-laktamase strain positif) dan Streptococcus pyogenes. peritonitis & intra-abdominal lain. eksaserbasi akut dari bronkitis kronik. otitis media. Infeksi pd: sal napas. peritonitis. 12 Cefoperazone Ferzobat 13 Cefditoren Meiact 14 Cefprozil Lizor 15 Cefixim Anfix 16 Cefotiam Fotaram . infeksi bakteri sekunder dr bronkitis akut. sistitis. infeksi setelah terbakar. Proteus & Bacteroides misalnya septikemia. eksaserbasi bakteri akut dr bronkitis kronik. ISK. kulit & jar lunak. Infeksi saluran kemih tanpa komplikasi yang disebabkan oleh Escherichia coli dan Proteus mirabilis. luka setelah operasi. Otitis media yang disebabkan oleh Haemophillus influenzae (beta-laktamase strain positif dan negatif).

bacteriaemia.infeksi serius kulit dan jaringan lunak. osteomielitis. infeksi saluran pernafasan atas. 20 Cefepim Ceforim 21 Cepirom Cefrin infeksi pada darah atau jaringan. gonorrhea tanpa komplikasi. sendi. NAMA GENERIK & LATIN NAMA DAGANG INDIKASI 1 KlindamisinHidroklorida Dalacin C. infeksi saluran kemih Infeksi-infeksi yang disebabkan oleh kuman yang susceptible antara lain.infeksi serius intra- . pharinfitis. darah dan saluran kencing. GOLONGAN LAIN-LAIN NO. kulit. infeksi kulit. Niladacin Lando Infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri yang sensitif terhadap Klindamisin terutama Streptokokus.17 Cefpodoxim Banadoz Pneumonia. perut. meningitis 18 Ceftazidime Biozim 19 Ceftizoxim Cefizox menghilangkan bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit pada paru-paru. . serta saluran kemih 8. dan saluran kemih. infeksi seperti Pneumonia. tonsillitis. Pneumokokus. infeksi gonococcal pada rectum. kulit. septicaemia. paru-paru dan saluran nafas bagian bawah. tulang. peritonitis. Stafilokokus dan bakteri anaerob seperti :infeksi serius saluran nafas bagian bawah.

seperti amebiasis intestinal dan amebiasis hepatic yang disebabkan oleh E. Gingivitis (peradangan gusi) ulseratif nekrotikans. infeksi anaerob. pneumokokus. digunakan dalam kombinasi dengan senyawa leprotik lain. Trikomoniasis. seperti vaginitis dan uretritis yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis. 3 Metronidazol Elyzol Flagyli. Amubiasis. Untuk mengobati infeksi usus atau untuk menekan flora di kolon. gingivitis ulseratif akut. Antibiotik profilaksis operasi dan infeksi Helicobacter pylori. giardiasis. streptokokus. trikomoniasis. Blastocystis. Untuk pengobatan tuberkulosis atau TBC dalam kombinasi obat tuberkulosis lainnyadan pengobatan lepra. septikemia/sepsis.v Nidazole 4 Lincomycin Lincocin 5 Tinidazole Fasigyn Flatin 6 Rifampicin Kalrifam . abses intra-abdominal dan infeksi pada panggul wanita dan saluran kemih. Pengobatan infeksi serius yang disebabkan oleh stafilokokus.2 Colistin Sulfate Colistine abdominal. amebiasis. Histolytica. Balantidiasis. Giardiasis. Infeksi bakteri anaerob. Penyakit infeksi gigi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful