10 Mitos Terkenal Tentang Penciptaan Bumi dari Berbagai Kepercayaan di Dunia Ditulis oleh: indah permata - Saturday

-

Mungkin di antara kita pernah mendengar bagaimana bumi dan manusia itu diciptakan, seperti bagaimana Tuhan menciptakan bumi dan manusia dalam waktu 6 hari, atau bagaimana bumi lahir dari tubuh raksasa (titan). Namun, selain dua kisah ini tentunya masih ada kisah penciptaan (creation myth) lain bagaimana bumi kita dapat menjadi seperti sekarang ini.

1. Ymir dan Odin (Kisah Norwegia) Kisah ini dimulai dengan kekosongan di dunia pada tempat yang dikenal dengan Ginnugagap. Selatan dari Ginnugagap adalah alam liar, Muspell, yang penuh dengan api dan racun. Utara dari Ginnugagap adalah alam Nilfheim dimana hanya ada es, gunung es dan kegelapan. Karena panasnya Muspell, Nilfheim-pun mulai meleleh dan dari es yang meleleh, mahluk pertama muncul. Mahluk pertama ini adalah Raksasa Ymir.

Selain Raksasa Ymir, es tersebut juga mengeluarkan seekor sapi yang terus menjilati es yang ada dan mengeluarkan lagi Dewa Buri dan Istrinya. Pasangan ini memiliki anak Bor, yang kemudian Bor akan memiliki anak dengan nama Odin, raja para dewa.

Karena kekejaman Ymir, para dewa menentangnya dan Odin-pun berhasil membunuh Ymir, Ymir jatuh dan tubuhnya menjadi bumi, darahnya menjadi sungai, dagingnya menjadi daratan, tulangnya menjadi gunung dan rambutnya menjadi tumbuhan. Odin juga membuat langit dari tengkorak kepalanya yang ditopang dengan 4 pilar. Odin juga berhasil membuat matahari, bulan dan berbagai tumbuhan.

Tumbuhan yang paling besar adalah Yggdasril yang tumbuh di tengah bumi, Odin yang puas akan hal ini menamkan tempat itu sebagai Midgard. Setelah itu, Odin menciptakan manusia dari 2 pohon, ash dan elm, pasangan inilah yang melahirkan seluruh manusia sekarang ini.

merupakan buku pertama dari Ajaran Yahudi dan Kitab Suci Kristen. . mahluk pertama muncul. Kekuatan Yin yang lebih berat. menciptakan langit. tetapi karena pembuatannya memakan waktu lama. Tuhan beristiharat dan menguduskannya sebagai hari Sabat. Tuhan-pun berkata.2. Tuhan menciptakan langit dan bumi dan Tuhan berkata. darat. 10 kaki per hari selama 18 ribu tahun. dan sebagainya. berisikan sebuah kekuatan Yin dan Yang. berisikan atas kisah penciptaan alam semesta dan isinya. "Jadilah Terang. matahari dan bulan. Bagiannya menciptakan berubah menjadi elemen-elemen di alam semesta ini. Kitab Kejadian (Genesis) Kitab Kejadian. binatang dan manusia. Pagu dan Dewi Nuwa (Kisah Cina) Sebuah telur kosmik yang berada di kekosongan tanpa waktu. seperti binatang. Setelah Pangu tumbuh secara terus menerus." Lalu terang itu jadi. gunung. sungai. ia menggunakan tetesan lumpur yang setiap tetesannya menjadi manusia baru. menciptakan bumi dan Kekuatan Yang yang lebih ringan. bulan. matahari. Ia merasa senang dengan manusia pertama ciptaannya. "Beranakcuculah dan bertambah banyak. Yin dan Yang. fenomena alam. Sang Dewi Nuwa kesepian. Tuhan menciptakan langit. Berikut kisahnya: Pertama. petir. tumbuhan. pekerjaannya selesai dan ia meninggal. dengan nama Pangu. jadi ia menciptakan manusia dari tanah dari Sungai Kuning (Yellow River). Dalam 6 hari. laut. bintang. 3. " Pada hari ketujuh. Setelah beribu-ribu tahun. Kisah ini merupakan kisah yang diterima secara umum sebagai awal bagaimana bumi diciptakan sebagaimana bentuknya sekarang ini.

Sesudah Tuhan menciptakan manusia pertama . Gayomard. gunung yang tumbuh 800 tahun hingga akhirnya menyentuh langit. benihnya kemudian menciptakan tumbuhan rhubarb yang membuahkan Mashya dan Mashyanag. yang juga dibunuh oleh Angra Mainyu. menciptakan banyak hewan dan tumbuhan. tinggal di tepi sungai Veh Rod. 4. hujan turun dan membentuk sungai Vourukasha dan 2 sungai besar lainnya. Ia menciptakan Alburz. maka dari tulang rusuknya-lah diciptakan wanita pertama. Mashya dan Mashyanag (Kisah Bangsa Persia) Kepercayaan Budha di era Persia Pertengahan mengatakan bahwa bumi diciptakan oleh Dewa Ahura Mazda. Seekor ular yang dapat berbicara. . dan Adam diperbolehkan untuk memakan buah pada semua pohon lainnya kecuali pohon tersebut. Di seberang sungai. tinggallah manusia pertama. Hewan pertama. diusirnya-lah mereka dari taman Eden dan membuat mereka menjadi Manusia yang dapat merasakan sakit dan kematian (mortal). dan Eve membujuk Adam untuk melakukan hal yang serupa. iblis Angra Mainyu membunuhnya. pada titik itu. Sang Iblis membujuk Eve untuk memakan buah terlarang tersebut. Ahura Maza. Karena Adam terlihat kesepian. Pada saat Tuhan mengetahui hal tersebut.Adam . manusia fana pertama. ia membuat taman Eden untuk Adam. yang memperbolehkan Manusia yang memakannya mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk. serta dihukumlah si Ular agar ia bergerak dengan menjalar dan memakan debu sepanjang hidupnya. Nama dari pohon terlarang tersebut adalah Pohon Pengetahuan. dan melarangnya memakan buah pada 1 pohon tertentu. Eve. Akan Tetapi. Benih banteng tersebut terbawa ke bulan dan disucikan.dari tanah. banteng putih.

monster besar bermata satu. Salah satu di antara dewa itu adalah Zeus. takdir.Angra Mainyu tidak membunuh mereka. lahirlah Gaia. Uranus membenci anak-anaknya karena menyerupai monster. Gaia. tidur. dan dari kekacauan ini lahirlah Erebus. dan Cyclops. mimpi. Pada saat Uranus sedang bermesraan dengan Gaia. Dari Cahaya dan siang ini. Lalu Cinta-pun lahir. tetapi menipu mereka agar mereka memujanya dan 50 tahun setelah mereka melahirkan anak kembar. 6. Lalu 12 Titan. mereka ditipu untuk memakan anak mereka sendiri. Perut Bumi. penguasa selanjutnya sehabis Kronos. si Bumi kemudian menciptakan Uranus. Nah. yaitu manusia. Kronos melompat dan memotong alat kelamin ayahnya yang kemudian membuat Uranus berdarah-darah jatuh ke tanah. Mereka yang berdosa. Kronos. untuk menyelimuti dirinya. melahirkan 2 anak kembar lagi dan dari kedua anak kembar ini lahirlah para manusia Bangsa Persia. Mengetahui hal ini. Kronos-pun menjadi penguasa selanjutnya yang akan melahirkan dewa-dewa Yunani lainnya dari hubungan dengan Rhea. Titan dan Dewa Yunani (Kisah Yunani) Dalam kisah ini dikatakan bahwa awalnya bumi dipenuhi oleh kekacauan. Gaia-pun marah dan membuat sebuah senjata yang diberikannya ke anak bungsunya. si Bumi. di masa kekuasaan Zeus inilah ras manusia diciptakan. Dari hubungan merekalah lahir para 12 Titan dan beberapa monster. ia mengurung mereka di Tartarus. para dewa tertarik untuk menciptakan mahluk yang menyerupai mereka tetapi tidak abadi. 5. Enuma Elish (Kisah Bangsa Babylon) . permusuhan dan kegelapan lainnya. monster dengan 50 kepala dan ratusan tangan. dari Cinta muncul Cahaya dan Siang. si langit. 6 laki-laki dan 6 perempuan. adiknya. Malam-pun menciptakan kematian. tempat dimana kematian berkumpul dan Malam. Monster seperti Hecatonchires.

kedua bagian ini menciptakan bumi dan langit. Salah satu kisahnya adalah Rig Veda. Pada saat Sang Dewa mengorbankan Purusha. dewa-dewa muda ini menciptakan banyak suara sehingga Apsu dan Tiamat tidak dapat tidur. Tiamat yang mengetahui hal ini-pun marah dan merencanakan balas dendam dengan menciptakan banyak monster. . kasta-kasta inilah yang menjadi manusia umumnya. beberapa bagian badannya berubah menjadi dewa Agni. Ia menyelimuti bumi. salah satunya adalah Ea dan banyak saudara lainnya. Pada saat pertarungan dengan Tiamat. Apsu merencakan cara untuk membunuh mereka. Untuk melawan ini. akan tetapi Ea membunuhnya terlebih dahulu. Ksatria. serta 4 kasta yang dikenal dalam agama Hindu. Purusha yang memiliki ribuan kepala. dimulai dengan dewa air. laluia menciptakan manusia untuk melakukan pekerjaan yang tidak ingin dilakukan para Dewa seperti bercocok tanam contonya. Marduk menang. 7. kisah mengenai mahluk raksasa. mata dan kaki. Kisah Penciptaan Rig Veda (Kisah Hindu) Kosmologi Hindu menceritakan banyak sekali kisah penciptaan. yakni Brahmana. Apsu (air tawar) dan Tiamat (air asin). Enuma Elish. dan Indra. salah satunya adalah manusia kalajengking.Kisah penciptaan bangsa Babilonia. Ia kemudian merobek tubuh Tiamat menjadi 2. Ea dan Dewi Damkina menciptakan Marduk. Vayu. Waisya dan Sudra. dan berhasil membunuhnya dengan panah ke jantung Tiamat. Dewa Raksasa dengan mata 4 dan telinga 4 dengan tujuan melindungi mereka. Karena itu. melahirkan beberapa generasi dewa. Akan tetapi.

Shu dan Tefnut menciptakan Geb. dan Shiva (penghancur). mereka menciptakan pulau pertama. Untuk menyelesaikan kekacauan tersebut. Vishnu (pemelihara). Salah satu di antaranya adalah kisah yang dimulai dengan pusaran kekacauan Nu. si Bumi dan Nut. Dewa Mitologi Mesir. Setelah tiba saatnya. Shu dan Tefnut hilang dalam kegelapan. Dari pusaran tersebut. yaitu penciptaanpemeliharaan-penghancuran. Izanagi dan Izanami (Kisah Jepang) Pada awalnya. Dewa Kabut. Onogoro. 9. Pada awalnya mereka saling terikat. Hal ini dilakukan oleh Dewa Trimurti. Atum yang merasa bahagia karena dapat menemukan mereka-pun menangis. Keduanya diberikan tugas untuk menyelesaikan kekacauan yang ada. dewa-dewa menciptakan 2 ilahi (mahluk suci) bersaudara. Brahma akan menciptakan dunia ini dan bertahan selama 4. si Langit. kemudian dalam masa itu Vishnu akan memelihara dunia ini.Dalam kisah ini dikatakan bahwa bumi selalu berada dalam siklus yang sama. Hal ini tidak berakhir begitu saja. . lahirlah Atum atau Atem. Dewa Angin dan anak perempuan bernama Tefnut. Shiva akan menghancurkan dunia ini dan siklus diulang lagi. Sang Kakak Laki-laki Izanagi dan Sang Adik Perempuan Izanami.32 miliar tahun. Atum mencari Shu dan Tenfnut menggunakan matanya. Atum (Kisah Mesir Kuno) Bangsa Mesir Kuno mempercayai bahwa ada beberapa kisah penciptaan. tetapi Geb kemudian mengangkat Nut di atasnya dan bumi-pun terlepas dari kekacauan. Atum juga memiliki mata yang dapat melihat segalanya. yakni Brahma (pencipta). 8. dan dari air matanya terciptalah manusia sekarang ini. dan ia dapat menemukan mereka kembali. Menggunakan tombak berlian Sang Dewa. Ia kemudian menciptakan bukit untuk tempat berdirinya. Atum kemudian bersatu dengan bayangannya untuk melahirkan Anak laki-laki bernama Shu.

Akan tetapi. ia menguasai bumi. Izanami. Izanagi yang melihatnya takut dan kabur. Izanami-pun marah dan mengejar Izanagi. ia menutupnya dengan batu besar karena ketakutannya. Di saat kematiannya. pada suatu hari Ometeotl melahirkan 4 dewa lain. membuat matahari. Quetzalcoatl (Kisah Suku Aztec) Suku Aztec percaya bahwa pada awalnya. Tezcaptlipoca yang kembali. Tetapi kemudian. (Seperti Kisah Persephone dan Hades). Dewa pertama. Hal inilah yang menjadi cikal bakal terpisahnya kehidupan dan kematian. 10. bumi ini kosong tidak ada apa-apa kecuali kegelapan dan dewa tertinggi yang bernama Ometeotl.Kagutsuchi-no-kami -.Pada pulau tersebut. Setelah mereka mengulang dan memperbaiki ritual pernikahan tersebut. Setelah Izanagi berada di gerbang Yomi. . Izanami memberikan nyawanya untuk melahirkan manusia dan binatang. Tezcatlipoca. si Jaguar. Izanami yang telah memakan makanan di Yomi. Di sisi lain. datang ke tanah kematian. pasangan ini menghasilkan pulau Jepang dan dewa-dewa lainnya. Izanagi yang tidak mamu menerimanya. telah membusuk badannya. Para dewa menyalahkan perbuatan mereka yang melanggar adat dimana Si Perempuan. Para dewa ini menciptakan bumi. berbicara terlebih dahulu di ritual pernikahan mereka. menyisakan sedikit manusia yang kemudian diubah menjadi monyet. menghasilkan keturunan yang cacat. dewa Quetzalcoatl menyingkirkannya ke lautan dan ia menjadi penguasa bumi selanjutnya yang menciptakan manusia. menyingkirkan Quetzalcoatl dari langit. Izanami meninggal. Hal ini menyebabkan adanya angin raksasa di seluruh belahan bumi. Pada saat melahirkan dewa api . mengisinya dengan raksasa. Izanagi dan Izanami meinkah.

Mictlanctechutli. Read more: http://www. seluruh bumi dipenuhi air tanpa daratan. akan tetapi Quetzalcoatl berusaha menguasai kembali tahtanya dan ia mengirimkan hujan api ke bumi. suku Aztec melakukan korban manusia pada event-event tertentu. Ia mengisi kembali bumi dengan manusia. agar membebaskan tulang dari para manusia. Tetapi karena perperangan antara dewa ini. Tezcatlipoca membuat bumi banjir dan ia mengubah manusia yang tersisa menjadi ikan. Karena hal ini. Quetzalcoatl kemudian meneteskandarahnya untuk menghidupkan kembali para manusia yang kemudian dikenal dengan suku Aztec. . Untuk menunjukkan penghargaan mereka atas Quetzalcoatl. Tezcatlopoca dan Quetzalcoatl memberhentikan pertarungan mereka dan menyingkirkan air tersebut dari bumi. Dewi Chalchiuhtlicue menguasai bumi. Berikutnya. membunuh para manusia dan hanya menyisakan sedikit yang kemudian menjadi burung.html#ixzz2hDdS0I1Y Under Creative Commons License: Attribution Follow us: @ayutingtingid on Twitter Inilah Kisah Penciptaan Alam Semesta Versi Suku Aztec Amazine | Online Popular Knowledge Aztec digunakan untuk merujuk suku-suku yang berasal dari wilayah Meksiko tengah.palinguniks.Dewa selanjutnya. Quetzalcoatl-pun pergi ke dunia kematian dan menipu dewa alam kematian. Tlaloc menguasai bumi.com/2013/07/10-mitos-terkenal-tentangpenciptaan.

. Budaya Aztec didiga berasal dari wilayah sekitar Arizona. Nevada. timur. dan Quetzalcoatl. Dunia-dunia ini saling berlawanan sehingga mereka harus bersatu layaknya penyatuan laki-laki dan perempuan untuk kemudian melahirkan anak. selatan. mitos penciptaan Aztec berkisar dari siklus kelahiran. Pada dasarnya. New Mexico. setiap dewa mewakili aspek kehidupan yang berbeda. Suku Aztec percaya akan pentingnya orientasi arah sehingga mereka memiliki empat dewa penting. Orang Aztec percaya pada awalnya terdapat lima dunia yang berbeda. dan barat yang kemudian bersatu untuk menciptakan air dan dewa lain. Xipe Totec. Menurut kepercayaan mereka. diikuti oleh kematian. Keempat dewa tersebut mewakili utara. Suku Aztec memiliki mitologi sendiri perihal asal mula penciptaan alam semesta. Tezcatlipoca. Orang Aztec dikenal memuja banyak dewa dan dewi. Gabungan dewa tersebut juga menciptakan setan laut yang dikenal sebagai Cipactli yang diyakini menjadi sumber utama dari kosmos. Huitzilopochtli. Peradaban Aztec dikenal maju karena kemampuan mereka membangun kota dengan detail yang rumit. mitos penciptaan ini semakin banyak memiliki variasi. Seiring waktu.Istilah ini juga digunakan untuk mengidentifikasi tujuh suku Chichimec dan semua penduduk yang tinggal di kota kuno Tenochititlan. dan kemudian kelahiran kembali. dan Colorado.

Jadi. dan Steropes) adalah raksasa bermata satu sedangkan para Hekatonkheire (Briareus. Gaia (bumi). kegelepan tempat berdiamnya kematian. rahim ibu mereka. Uranus membenci mereka dan menyuruh mereka kembali ke Tartaros. Uranus tidak sadar . Gaia juga melakukan hubungan dengan Pontos dan melahirkan dewa laut (Nereus. yaitu suatu sosok yang tidak berbentuk dan misterius. Uranus menutupi seluruh tubuh Gaia dan Bersama-sama mereka melakukan hubungan seksual untuk kemudian melahirkan tiga Kiklops. Oneiroi (mimpi). kekosongan. Para Kiklops (Arges. sumber buku teks bebas < Mitologi Yunani Gaia.Para dewa lantas menyadari bahwa semua hal yang mereka ciptkan ini mungkin akan diganggu oleh setan laut.co/2Mitologi Yunani/Penciptaan Dunia Dari Wikibuku bahasa Indonesia. yang ada hanyalah kesunyian. kaki Tezcatlipoca tercabik. Adalah cinta yang memungkinkan terjadinya hubungan untuk menghasilkan anak. dan Thaumas). Dari Khaos ini muncullah Erebos. Cipactli akhirnya dihancurkan tetapi saat pertarungan. dan Hemera (hari). Nix juga secara partenogenesis (tanpa hubungan seksual) melahirkan Moros (murka). Ukuran mereka sangat besar dan mereka sangat kuat. dan Pontos (laut). Selain mereka bertiga. Uranus menikahi ibunya dan menjadi pengusa dunia. ketidakterbatasan. gaia memiliki anak bertama Typhon. Erebos tidur dengan Nix. yang kemudian melahirkan Aither (atmosfer). dan dua belas Titan. sang dewi malam yang misterius. Brontes. Pada awalnya. Urea (pegunungan). Moirai (takdir). Nix menyuruh semua anak-anaknya untuk keluar dari kegelapan. Sementara itu secara partenogenesis melahirkan Uranus (langit). Dari Tartaros. Lalu terlahir Eros (cinta). tiga Hekatonkheire. dan Nix. dewi laut Euribia. dan Giges) adalah raksasa bertangan seratus dan berkepala lima puluh. Forkis. mereka memutuskan untuk menyerang Cipactli untuk kemudian mengalahkannya dan menariknya dalam empat arah yang berbeda. Karena penampilan mereka yang mengerikan. Kottos. yang merupakan ayah dari segala monster. yang ada hanyalah Khaos. dan monster laut Keto.amazine. Hipnos (tidur). dan Nemesis (pembalasan). dewi bumi. Itu adalah hubungan seksual yang pertama di dunia. http://www. Thanatos (maut). dan Tartaros.

Teori Bintang Kembar Menurut teori bintang kembar. Moulton pada tahun 1900.P. Hipotesis kondensasi menjelaskan bahwa tata surya terbentuk dari bola kabut raksasa yang berputar membentuk cakram raksasa.1 Teori-Teori Pembentukan Alam Semesta Teori Kabut Teori kabut dikemukakan oleh dua orang ilmuan yaitu Imanuel Kant (1724-1804) seorang ahli filsafat bangsa Jerman dan Piere Simon Laplace (1749-1827) ahli astronomi bangsa Perancis. Hipotesis pasang surut bintang sangat mirip dengan hipotesis planetisimal. Kant mengemukakan teorinya tahun 1755. Chamberlain dan Forest R. Pada abad ke-20 percobaan dilakukan untuk membuktikan terbentuknya cincin-cincin Laplace. D. B. Namun perbedaannya terletak pada jumlah awalnya matahari. menunjukkan bahwa medan magnet dan medan listrik matahari tekah merusak proses pembekuan batu-batuan. sedangkan Laplace mengemukakan tahun 1796 dengan nama Nebular Hypothesis. C. Kuiper (19051973) pada tahun 1950.1642/inilah-kisah-penciptaan-alam-semesta-versi-suku-aztec/ 2. Teori Kondensasi Teori kondensasi mulanya dikemukakan oleh astronom Belanda yang bernama G. Akibat pengaruh grafitasi dari . awalnya ada dua buah bintang yang berdekatan (bintang kembar). Pada akhir abad ke-19 teori kabut disanggah oleh beberapa ahli seperti James Clark Maxwell yang memeberikan kesimpulan bahwa bila bahan pembentuk planet terdistribusi disekitar matahari membentuk suatu cakram atau suatu piringan. salah satu bintang tersebut meledak dan berkeping-keping. Jadi tidak ada alasan yang kuat un tuk menyatakan bahwa cincin gas dapat membeku membantuk planet. Teori Pasang Surut Bintang Teori pasang surut bintang pertama kali dikemukakan oleh James Jean dan Herold Jaffries pada tahun 1917. maka gaya yang disebabkan oleh perbedaan perputaran (kecepatan anguler) akan mencegah terjadinya pembekuan planet.bahwa perbuatannya ini akan memicu peperangan antar dewa selama berabad-abad berikutnya. E. Teori Planetisimal Teori planetisimal pertama kali dikemukakan oleh Thomas C. Hipotesis planetisimal mengatakan bahwa tata surya kita terbentuk akibat adanya bintang lain yang hampir menabrak matahari.

Tentu gagasan tersebut masih perlu diuji kebenarannya untuk dapat dikatakan sebuah hukum. Pembahasan Mekanika pun sangat luas. Berbagai hipotesa. Mekanika Relativistik memecahkan persoalan mekanika massa yang lebih besar dari 10-27 kg dan bagi semua kecepatan. gagasan awal atau tentatif dikemukakan untuk menjelaskan fenomena. dari Mekanika klasik ke Mekanika Kuantum Relativistik. sebagai penuntun tepi alam semesta yang bisa diamati. Mekanika Kuantum Relativistik mengakomodasi pemecahan persoalan mekanika semua benda. tapi juga bisa dipergunakan sebagai pendekatan fenomena benda mikroskopik. teori relativitas khusus) coba dikemukakan satu penjelasan. F. 2. Dalam penjelajahan akal manusia di dunia elektromagnet dikenal persamaan Maxwell untuk mendeskripsikan kelakuan medan elektromagnet. ada prinsip larangan Pauli. Mekanika kuantum melayani persoalan mekanika untuk semua massa yang kecepatannya kurang dari kecepatan cahaya. Namun. teori kinetik materi. Mekanika Newton (disebut juga mekanika klasik) menjelaskan fenomena benda yang relatif besar. Itulah sebabnya ruang alam semesta yang pernah diamati manusia berdimensi 15-20 miliar tahun cahaya. Melalui sebuah kerangka besar gagasan yang menghubungkan berbagai fenomena (teori relativitas umum. Sedangkan bintang yang tidak meledak adalah matahari. Dunia fisika membahas konsep energi. medan-gravitasi menyebabkan gaya gravitasi. Massa maha padat ini dapat dianggap suatu atom maha padat dengan ukuran maha kecil yang kemudian mengalami reaksi radioaktif dan akhirnya mneghasilkan ledakan maha dahsyat. dan interaksi elektromagnet. maka kepingan-kepingan itu bergerak mengelilingi bintang tersebut dan berubah menjadi planet-planet. teori kinetik dan termodinamik.2 Pembentukan Alam Semesta Dalam Perspektif Sains Pemahaman manusia tentang alam semesta mempergunakan seluruh pengetahuan di bumi. dan konsep medan. kepercayaan umum dalam sains (seperti ketidakpastian Heisenberg tentang pengukuran simultan dimensi ruang dan waktu). Teori Ledakan Maha Dahsyat (Big Bang) Pada awal abad ke-21 muncul teori ledakan maha dahsyat Big Bang. Medan menyebabkan gaya. Pengetahuan tentang luas alam semesta dibatasi oleh keberadaan objek berdaya besar. Jagat raya tercipta dari suatu ketaidaan sebagai hasil dari ledakan satu titik tunggal. banyak benda langit yang . Demikianlah. medan-listrik menyebabkan gaya listrik dan sebagainya. interaksi gravitasi. selain itu juga dibatasi oleh kecepatan cahaya dan usia alam semesta (15 miliar tahun). membentuk keseluruhan alam semesta sekitar 15 milyar tahun yang lalu. Dalam pembahasan interaksi partikel. berbagai prinsip-prinsip. hukum konservasi. juga teori tentang hubungan cahaya dan elektromagnet. dengan kecepatan relatif rendah. seperti Quasar atau inti galaksi. Pada awalnya alam semesta ini berupa satu massa maha padat.bintang kedua. serta berbagai aturan untuk keperluan praktis. Mekanika statistik (kuantum klasik) adalah suatu teknik statistik untuk interaksi benda dalam jumlah besar untuk menjelaskan fenomena yang besar. konsep gerak gelombang. metode sains mencoba dengan lebih cermat menerangkan realitas alam semesta yang berisi banyak sekali benda langit (dan lebih banyak lagi yang belum ditemukan).

yang akan dilalui melalui hukum-hukum alam ciptaan-Nya. Beberapa fakta yang baru dapat diungkap dengan teknologi pada abad ke-21. Ukuran kolektor cahaya juga akan membatasi skala terang objek yang bisa diamati. yang telah difirmankan Allah SWT. Menurunkan Al-Quran kepada manusia 14 abad yang lalu. 2. sekitar 90% objek di alam semesta belum atau tak akan terdeteksi secara langsung. berarti pengamatan kita juga merupakan pengamatan masa silam galaksi tersebut. dan manusia berupaya menangkapnya untuk mengetahui prosesnya hingga takdir di masa depan yang sangat jauh. Cahaya merupakan fosil informasi pembentukan alam semesta yang berguna.3 Pembentukan Alam Semesta Dalam Perspektif Al-Qur’an Allah SWT. ataukah baru sebagian kecil. Pengetahuan kita tentang hal tersebut sangat bergantung pada pengetahuan kita tentang hukum alam ciptaan-Nya. Menurut hukum cahaya. dan apabila dilihat pada jarak 5 meter tampak 25 kali lebih redup. terang lampu akan melemah sebanding dengan jarak kuadrat. Dalam Al-Quran surat Fush-shilat (41:11) Artinya: “Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap. Keberadaannya objek gelap ini diyakini karena secara dinamika mengganggu orbit objek-objek yang teramati. jadi sebuah lampu pada jarak 1 meter tampak 4 kali lebih terang dibandingkan pada jarak 2 meter. Teleskop yang besar pun mempunyai keterbatasan dalam mengamati obyek langit yang lemah. Berbicara tentang daya objek. Jika kita lihat. sedangkan Matahari berdaya 1026 watt dan berjarak satu sa* dari Bumi. . karena kesesuaian ini menegaskan bahwa Al-Quran adalah Firma Allah SWT. protoplanet misalnya. Didalam Al-Quran terdapat banyak bukti yang memberikan informasi dasar mengenai beberapa hal seperti penciptaan alam semesta. Kata asap dalam tersebut menurut para ahli tafsir adalh merupakan kumpulan dari gas-gas dan pertikelpartikel halus baik dalam bentuk padat maupun cair pada temperatur yang tinggi maupun rendah dalam suatu campuran yang lebih atau kurang stabil. menghangatinya. keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati". Maka. walaupun berhasil mendeteksi obyek langit yang berjuta atau bermiliar kali lebih lemah dari bintang terlemah yang bisa dideteksi manusia. didalam Al-Quran 14 abad yang lalu. Untuk pengamatan objek langit yang lebih lemah dipergunakan kolektor atau teleskop yang lebih besar.tak memancarkan cahaya dan tak bisa dideteksi keberadaannya. kemampuan mata manusia mengamati bintang lemah terbatas. Menurut taksiran. Kenyataan bahwa didalam Al-Quran tersebut telah sesuai dengan penemuan terbaru ilmu pengetahuan modern adalah hal terpenting. lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Makin jauh jarak galaksi. 75 watt dan sebagainya. lampu-lampu kota dengan daya lebih besarlah yang tampak terang. sehingga mungkin bisa membentuk ekstrapolasi persepsi yang salah. sudah lengkap dan sudah sempurnakah. lewat gravitasi. dalam kehidupan sehari-hari ada lampu penerangan berdaya 10 watt.

Sesungguhnya kamilah yang akan melaksanakannya”. maka terlontarlah bingkahan-bingkahan yang akhirnya menjadi bumi dan beberapa benda angkasa lainnya dari bingkahan matahari itu. perintah Allah Berlaku padanya. Masingmasing bingkah beredar menurut garis tengah lingkaran matahari. Ayat ini mengisyaratkan bahwa ruang angkasa terdiri dari 7 lapis. Kami bangun dan Kami akan memuaikannya selebarlebarnya”. Dalam peroses perputarannya denagn kecepatan tinggi itu. Kemudian dalam surat Adz-Dzaariyaat (51:47) Artinya: “Dan langit. Berdasarkan terjemahan dan tafsir Bachtiar Surin (1978:692) ditafsirkannya bahwa matahari adalah benda angkasa yang menyala-nyala yang telah berputar mengeliligi sumbunya sejak berjuta-juta tahun. tidak ada bagi kamu selain dari padanya seorang . kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy[1188].lembaran kertas.Salah satu teori mengenai terciptanya alam semesta (teori Big bang) disebutkan bahwa alam semesta tercipta dari suatu ledakan kosmis sekitar 10-20 milyar tahun yang lalu mengakibatkan adanya ekspansi (pengembangan) alam semesta. kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Didalam Al-Quran dijelaskan tentang terbentuknya alam ini (QS Al-Anbiya : 30) Artinya: “Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu (sebingkah penuh). denag kekuasaan Kami. Isyarat ini sudah dijelaskan dalam surat Al-Anbiya’ (21:104) Artinya: “(yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran . Dan seterusnya akan tetap beredar dengan teratur sampai batas waktu yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Dalam surat Ath-Tholaq (65:12) ªArtinya: “Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Sebelum terjadinya ledakan kosmis tersebut. agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. semakin lama semakin bertambah jauh. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati. seluruh ruang materi dan energi terkumpul dalam bentuk titik. dan Sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu”. hingga masing-masing menempati garis edarnya. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman”. Didalam surat As-Sajada (32:4) Artinya: “Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa. Teori ledakan maha dahsyat juga mengatakan adanya pemuaian alam semesta secara terus-menerus denagn kecepatan maha dahsyat yang diumpamakan mengembangnya permukaan balon yang sedang ditiup yang mengisyaratkan bahwa galaksi akan hancur kembali. sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama Begitulah Kami akan mengulanginya.

Tahap pertama penciptaan bumi 2 rangakain waktu Tahap kedua penyempurnaan bumi 2 rangkaian waktu Tahap ketiga penciptaan angkasa raya dan planet-planetnya 2 rangkaian waktu Jadi terbentuknya alam raya ini terjadi dalam 6 rangkaian waktu atau 6 masa. Maka Apakah kamu tidak memperhatikan”. sesuai dengan kebesaran Allah dsan kesucian-Nya. namun dari yang telah kami sampaikan dalam ringkasan ini terlihat bahwa secara umum proses terciptanya alam raya ini berlangsung dalam 6 masa. dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. terdapat dalam surat FushShilat ayat 9. ŸArtinya: “Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Artinya: “Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Demikianlah ketentuan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui”. Selain surat-surat tersebut diatas masih banyak lagi yang menjelaskan tentang terbentuknya alam raya ini. Penciptaan Alam Semesta Menurut al-Quran Rabu. syafa'at yang tidak diterima di sisi Allah adalah syafa'at bagi orang-orang kafir. [1188] Bersemayam di atas 'Arsy ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani. Uraian penciptaan langit dan bumi dan apa-apa yang ada diantara keduanya. 2. Disebutkan juga bahwa terciptanya alam raya ini terjadi melalui proses pemisahan massa yang tadinya satu. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at[1189]. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. dimana tahapan-tahapan dalam proses tersebut saling berkaitan. Dengan perincian penafsirannya sebagai berikut : 1. 2013 September 18 15:44 24667 Views . 3. 10 dan 12 Artinya: “Katakanlah: "Sesungguhnya Patutkah kamu kafir kepada yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagiNya? (yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam". [1189] Syafa'at: usaha perantaraan dalam memberikan sesuatu manfaat bagi orang lain atau mengelakkan sesuatu mudharat bagi orang lain. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa”.

"Semua yang ada adalah air dan Arsh Tuhan berada di atasnya. kemudian Tuhan menciptakan sebuah ledakan di air dan setelah itu. kita menyaksikan bahwa para ilmuwan kuno menganggap air. Abdul Ghani Khatib dalam sebuah bukunya menulis. bulan. ia memadamkan bara dan lidahnya dan kemudian muncul asap yang menjadi materi terbentuknya langit.Font Size Print SHARE Tweet it Digg it Google Para ilmuwan sejak dulu senantiasa ingin mengetahui jenis partikel yang membentuk matahari.. api dan tanah sebagai unsur pertama terbentuknya alam semesta dan beberapa yang lain berbicara tentang keberadaan sebuah unsur yang penuh teka-teki dan mereka menyebutnya sebagai rahasia penciptaan alam. Di ayat-ayat itu. pada akhirnya dapat diketahui sebuah partikel yang menjadi unsur pertama pembentuk sesuatu tersebut." (Tafsir Nur al-Tsaqalain. Unsur yang penuh teka-teki itu sekarang dikenal sebagai atom dan kemudian para ilmuwan menyingkapnya melalui eksperimen di laboratorium-laboratorium riset. tebal dan pekat. Kemudian Tuhan mengubah asap itu menjadi padat dan menjadikannya bentuk yang berbeda. jil 4. Kemudian ia hembuskan suhu yang sangat panas sehingga keluar uap darinya. dapat ditemukan secara acak di berbagai ayat al-Quran. Proses penciptaan alam semesta dan dunia serta tahapantahapannya. Imam Muhammad al-Baqir as mengatakan.. menyinggung fenomena-fenomena yang menyita pikiran dan menakjubkan seperti penciptaan. uap itu seperti asap. Kitab suci al-Quran dalam sejumlah ayatnya. Metode alamiah yang terlintas di pikiran mereka adalah berusaha untuk menyingkap bagian-bagian materi yang membentuk alam semesta. kadang asap (Dukhan) atau air disebutkan sebagai partikel dasar terbentuknya langit dan bumi. hal 540) . Atom tersusun dari inti atom dan itu dikenal sebagai partikel pertama penciptaan. Oleh karena itu." Berkenaan dengan penciptaan alam semesta. udara. "Tuhan pertama kali menciptakan air dan bersamanya ia ciptakan unsur-unsur lain. bintang-bintang dan bumi. Mereka percaya bahwa dengan memisahkan unsur-unsur pembentuk sesuatu.

" Menurut lahiriyah ayat-ayat al-Quran dapat disimpulkan bahwa langit dan bumi muncul setelah sebuah fase yang disebut asap oleh al-Quran. Ia memancarkan daripadanya mata airnya. lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa"." (Tafsir Nemune. kebanyakan bintang juga dalam bentuk tumpukan gas dan asap yang padat. "Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap. Ayatullah Makarim Shirazi ketika menafsirkan ayat 11 surat Fussilat. Sekarang. dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. jil 20. Seorang mufassir besar Islam. dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita. "Sebuah argumentasi astronomi mengantarkan kita pada realita ini bahwa bintang-bintang langit yang tak terhitung jumlahnya memiliki awal dan semua mereka muncul dari asap yang sangat panas. Tapi. Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya. Tahapan tersebut sesuai dengan penegasan sains modern. bintang-bintang dan planet-planet. dan menjadikan siangnya terang benderang. meyakini bahwa langit diciptakan sebelum bumi dan setelah itu barulah muncul air. menyinggung masalah penciptaan langit dari asap dan berfirman. beberapa yang lain menganggapnya sebagai benda cair dan panas. "Apakah kamu lebih sulit penciptaannya ataukah langit? Allah telah membinanya.Al-Quran dalam surat Fussilat ayat 11. hal 228) Beberapa mufassir dengan memperhatikan ayat 27-32 surat an-Nazi'at. tumbuh-tumbuhan dan gunung-gunung. Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya." Dalam surat an-Nazi'at ayat 27-32 disebutkan. ada sebuah fase lain di mana air terkadang memainkan peran penting di dalamnya. Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh. "Kalimat (langit itu masih merupakan asap) menunjukkan bahwa penciptaan langit dimulai dari tumpukan dan gumpalan asap yang sangat besar dan ini sepenuhnya sesuai dengan riset terbaru tentang dimulainya penciptaan. Beberapa pakar tafsir menerjemahkan kata "Ma'" terkait penciptaan alam dengan air. di mana berbagai jenis gas yang panas dan pekat keluar dari benda itu. menulis. Kemudian gas tersebut menjadi padat dan beku dan begitulah munculnya bumi. ." Seorang fisikawan Rusia. Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati". Dan sebelum asap. George Gamow juga menganggap asap sebagai partikel pertama terbentuknya bintang-bintang dan mengatakan.

Teori ini menyatakan adanya "awal atau permulaan" pada alam semesta. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dua tahap untuk penciptaan langit. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. awalnya dalam keadaan sangat panas dan padat. Jika alam semesta tidak memiliki awal. Berdasarkan pengukuran terbaik tahun 2009. al-Quran memaparkan secara global tentang enam tahapan dari tahaptahap penciptaan alam semesta. keadaan awal alam semesta bermula sekitar 13. Namun. ayat-ayat tersebut tidak menyinggung proses detail dan waktu yang dibutuhkan untuk setiap tahap. Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap. Berdasarkan pemodelan ledakan ini. Pada ayat 9-12 surat Fussilat. Akan tetapi. dua tahap untuk penciptaan bumi dan dua tahap untuk penciptaan apa yang ada di antara langit dan bumi. mengembang secara terus menerus hingga hari ini. tidak hanya menyinggung partikel-partikel yang membentuk kehidupan dan penciptaan. Ini bukti yang ditemukan dari penelitian yang panjang. Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. yang kemudian selalu menjadi rujukan sebagai waktu terjadinya Big Bang tersebut. tapi juga menjelaskan bagaimana alam semesta itu terbentuk dan masanya. alam semesta. yang disebabkan oleh Big Bang. lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". seharusnya Hidrogen telah menghilang dari alam semesta ini diakibatkan perubahan atom Hidrogen menjadi atom Helium. maka hipotesa-hipotesa tersebut tidak bisa disandarkan pada al-Quran. Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati". Salah satu bukti yang menunjukkan alam semesta berasal dari sebuah ledakan besar adalah terdapatnya kandungan Hidrogen dan Helium yang tersebar di seluruh jagat raya. apa yang harus kita lalukan? Apa yang terjadi sebelum Big Bang? Kekuatan apa yang telah menciptakan itu semua? Al-Quran dalam berbagai ayatnya. para ilmuwan di dunia mengakui kebenaran bahwa alam semesta lahir dari sebuah ledakan besar yang tentu saja diciptakan keberadaannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang . Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Namun.Ulasan ini paling tidak sejalan dengan Teori Ledakan Besar (Bing Bang Theory).7 miliar tahun lalu. jika kita ingin melihat jauh sebelum Big Bang. Ayat-ayat tersebut berbunyi. Teori Ledakan Besar mengungkapkan bahwa alam semesta termasuk bumi dan isinya itu terbentuk dari sebuah ledakan besar. Akhirnya. "Katakanlah: "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam". mengingat ada beragam teori tentang penciptaan alam semesta dan sampai sekarang belum satu pun terbukti dengan pasti.

tumbuh-tumbuhan dan pepohonan mulai tumbuh di bumi. jil 6." (Tafsir Nemune. bumi mulai dingin dan siap menyambut kehidupan. hewan dan manusia mulai tampak di bumi. Pada tahap kelima." Mengenai enam tahapan penciptaan tersebut. Pada tahap ketiga. 0 . mulai terbentuk dan pada tahap keempat. hal 202)(IRIB Indonesia) http://indonesian.ir/c/journal/view_article_content?groupId=10330&articleId=5518229&version=1.irib. tata surya termasuk matahari dan bumi.yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Tahap kedua adalah fase di mana tumpukan-tumpukan besar dari gumpalan asap tersebut mulai terpisah dan berputar pada poros inti gumpalan. "Tahap pertama adalah tahap di mana alam semesta berbentuk gumpalan asap. Dan pada tahap keenam. Ayatullah Makarim Shirazi menjelaskan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful