P. 1
PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAH KOMPLIKASI.ppt

PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAH KOMPLIKASI.ppt

|Views: 332|Likes:
Published by Roy Yusuf Anwar

More info:

Published by: Roy Yusuf Anwar on Oct 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2015

pdf

text

original

PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAH KOMPLIKASI

PENYULUHAN PUSKESMAS WAJAK 2013

Kondisi kesehatan ibu dan anak di Indonesia saat ini masih sangat penting untuk ditingkatkan serta mendapat perhatian khusus  Menurut data terakhir Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007 diperkirakan sekitar 1 orang ibu meninggal setiap jam akibat kehamilan, bersalin dan nifas serta setiap hari 401 bayi meninggal

persalinan lama dan keguguran. infeksi.  .  Kematian bayi sebagian besar disebabkan karena Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR). eklamsia.Penyebab kematian ibu terbesar secara berurutan disebabkan terjadinya pendarahan. kesulitan bernafas saat lahir dan infeksi.

Sedangkan kematian bayi usia 1 – 12 bulan sebagian besar disebabkan karena Diare dan pneumonia. Lebih dari separuh (56 %) kematian bayi terjadi pada masa bayi baru lahir (0 – 28 hari). .

PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAH KOMPLIKASI APA ITU???? .

suami dan keluarga  .Program yang ditujukan untuk menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi  Penerapan program P4K ini merupakan tindak lanjut yang lebih kongkret yang melibtakan masyarakat  pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil.

suami dan keluarganya untuk melakukan perencanaan persalinan . Semua kehamilan berisiko atau membahayakan Bahaya kehamilan dan persalinan   Ajakan kepada ibu hamil.

Tempat persalinan  Penolong persalinan  Persiapan transportasi  Persiapan keuangan  Calon donor darah  Persiapan baju bayi dan ibu  Pemilihan KB setelah melahirkan  .

TANPA PERENCANAAN??? APA JADINYA???? .

lesu. dan kaki bengkak Keluar darah dari jalan lahir Keluar air ketuban ( air kawah )sebelum ada tanda. letih.dengan tanda-tanda:kadar Hb < 10 gr%.5 cm Tekanan darah lebih dari 140/90 MmHG Sakit Kepala yang berlebihan Anemia [ kurang darah ]. lemah. tangan.tanda persalinan . pandangan berkunang-kunang.BAHAYA KEHAMILAN DAN PERSALINAN                Usia kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun Jarak persalinan terakhir kurang dari 2 tahun jumlah kehamilan lebih dari 5 Riwayat persalinan operasi kurang 2 tahun tinggi badan ibu kurang dari 145 cm Usia kehamilan lebih dari 42 minggu Taksiran berat bayi lebih dari 4kg Lingkar Lengan Atas [LLA]kurang dari 23.dll Muntah berlebihan Kulit sekeliling mata.

bahkan terjadi sejak sebelum hamil. Masih banyaknya persalinan berlangsung di rumah. antara lain 50 persen ibu hamil menderita anemia. "Tiga terlambat" yaitu: Terlambat dalam mengenali tanda bahaya dan mengambil keputusan di tingkat keluarga untuk mencari pertolongan yang berkualitas. sehingga apabila terjadi komplikasi yang perlu dirujuk maka tidak cukup waktu untuk melakukan rujukan. sekitar 65 persen ibu hamil dalam keadaan "empat terlalu". Terlambat dalam mencapai fasilitas kesehatan dan terlambat dalam mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat di fasilitas pelayanan.FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI KEMATIAN IBU HAMIL ? 1. Masih banyak persalinan ditolong oleh selain petugas medis 2. terlalu sering dan terlalu banyak. . Derajat kesehatan ibu yang rendah pada saat hamil. terlalu tua. 4. yaitu terlalu muda. 3. sekitar 30 persen berisiko karena kekurangan energi kronis.

UPAYA APA YANG BISA DILAKUKAN UNTUK MEMBUAT IBU DAN BAYI SELAMAT?  Upaya yang dilakukan agar ibu dan bayi selamat adalah membawa semua ibu hamil bersalin ke fasilitas kesehatan yang memadai .

kader. sesuai peran masing-masing Adanya dukungan sukarela dari keluarga dan masyarakat dalam perencanaan persiapan persalinan ibu hamil dalam hal biaya. donor darah untuk proses persalinan termasuk menghadapi kegawatdaruratan ibu hamil.TUJUAN P4K       paham tentang bahaya persalinan rencana persalinan aman yang disepakati antara ibu hamil. ibu bersalin dan bayi baru lahir Memantapkan kerjasama antara bidan. dengan bidan Adanya dukungan dari tokoh masyarakat. transportasi. dll dalam perencanaan persalinan dan KB setelah melahirkan. dukun bayi dan kader . suami dan keluarga.suami dan keluarga. tokoh agama. dengan bidan Adanya rencana alat kontrasepsi setelah melahirkan yang disepakati antara ibu hamil. dukun bayi.

ibu bersalin.MANFAAT P4K  Meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil. Ibu nifas dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan dan bayi baru lahir bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat .

.

.

YES!!! .

YESS!!! .

.

NO!!!! .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->