3.

Demand, Supply, and Market Equilibrium
The Circular Flow (pasar input & output)

Permintaan Pasar

CHAPTE R3

Penawaran Pasar

Keseimbangan Pasar

Perusahaan : Organisasi yang mengubah sumber daya (input) menjadi produk hasil (output). Entrepreneur/wiraswasta : orang yang mengorganisasikan, mengelola, dan mengasumsikan resiko dalam sebuah perusahaan, mencari ide baru kemudian mengubahnya menjadi bisnis yang sukses. Rumah tangga : unit konsumen dalam ekonomi.

Pasar produk/output : pasar dimana barang dan jasa dipertukarkan. Pasar faktor/input : pasar dimana sumber daya digunakan untuk memproduksi, dipertukarkan.

Faktor produksi : macam input yang dibutuhkan untuk proses produksi berupa tanah.Pasar tenaga kerja : pasar faktor/input dimana rumah tangga menawarkan tenaga terja untuk mendapat gaji/upah kepada perusahaan yang membutuhkannya. Pasar modal : pasar faktor/input dimana rumah tangga menawarkan simpanan/tabungan mereka untuk mendapatkan bunga atau keuntungan di masa depan kepada perusahaan yang membutuhkan uang untuk membeli barang-barang modal. tenaga kerja. . dan modal.

Pembiayaan (biasanya uang) berputar sebaliknya/berlawanan arah jarum jam : pembayang barang dan jasa mengalir dari rumah tangga menuju perusahaan dan pembayaran untuk tenaga kerja mengalir dari perusahaan kepada rumah tangga.Diagram ini menunjukan alur melingkar dari sebuah aktivitas ekonomi (circular flow diagram). atau faktor-faktor lain yang berpengaruh (selain harga barang itu sendiri). begitu pula bila harga turun. ketika harga naik. Tenaga kerja ditawarkan oleh rumah tangga kepada perusahaan dan barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan mengalir menuju rumah tangga. Disini barang dan jasa mengalir searah jarum jam. Kurva permintaan : kurva yang menunjukan jumlah barang yang bersedia dibeli oleh rumah tangga/konsumen pada berbagai tingkat harga. jumlah yang diminta naik. Shifting/pergeseran kurva permintaan : perubahan yang terjadi pada permintaan (menghasilkan kurva permintaan baru) karena perubahan pendapatan. harga barang lain. . Hukum permintaan : relasi negatif antara harga dan jumlah barang/jasa yang diminta. preferensi. jumlah yang diminta turun.

Harga produk 2. Akumulasi jumlah kesehatan . Rumah tangga menentukan berapa output yang diminta dan akan dibelinya berdasarkan: 1.Movement/pergerakan di sepanjang kurva permintaan : perubahan jumlah yang diminta karena perubahan harga. Jumlah pendapatan 3.

saat harga suatu barang naik. Dugaan/ekspektasi akan pendapatan. maka permintaan akan barang komplementernya ikut bertambah. Kurva penawaran : kurva yang menunjukkan jumlah produk yang akan dijual perusahaan pada berbagai tingkat harga. jumlah permintaan barang tersebut turun dan mengakibatkan permintaan akan barang substitusinya akan bertambah. makan di restoran. begitu pula bila harga turun. Harga barang lain yang tersedia 5. dan harga di masa depan Barang normal : barang yang permintaannya akan meningkat/berkurang seiring dengan bertambahnya/berkurangnya pendapatan. saat harga barang tertentu turun sehingga jumlah permintaan barang tersebut bertambah. Profit/keuntungan : selisih antara penerimaan dan biaya yang dikeluarkan.4. Barang inferior : barang yang permintaannya makin berkurang saat pendapatan bertambah. Contohnya pakaian. orang akan memilih meningkatkannya kenyamanannya dengan memilih alat transportasi yang lebih berkualitas seperti kendaraan pribadi). kesehatan. . dll. Pilihan dan preferensi 6. jumlah yang ditawarkan turun. Barang komplementer : barang yang digunakan bersamaan dengan barang lainnya. pemakaian telepon. ketika harga naik. jumlah yang ditawarkan naik. Hukum penawaran : relasi positif antara harga dan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Contohnya transportasi dengan kendaraan umum (saat pendapatan bertambah. Barang substitusi : barang yang dapat digunakan sebagai pengganti barang yang lain.

yang dipengaruhi oleh harga input (tanah. perusahaan menentukan jumlah barang yang ditawarkan dengan mempertimbangkan : 1. .Untuk memaksimalkan profit. Harga barang lain yang berhubungan Movement/pergerakan di sepanjang kurva penawaran : perubahan jumlah yang ditawarkan karena perubahan harga. 3. Biaya produksi produk tersebut. tenaga kerja. Harga barang dan jasa tersebut 2. dan modal) serta teknologi yang digunakan dalam proses produksi.

Ekuilibrium/keseimbangan : kondisi yang muncul ketika jumlah barang/jasa yang diminta sama dengan barang/jasa yang ditawarkan (tidak ada kecenderungan untuk mengubah harga) Kelebihan permintaan/shortage : kondisi saat jumlah yang diminta melebihi jumlah yang ditawarkan pada harga yang berlaku saat itu. Penawaran pasar merupakan penjumlahan semua penawaran individu (produsen) yang ada di pasar. . Penawaran pasar : jumlah penawaran (satu) produk pada periode waktu tertentu yang diproduksi oleh semua produsen yang ada di pasar.Shifting/pergeseran kurva penawaran : perubahan yang terjadi pada penawaran (menghasilkan kurva penawaran baru) karena perubahan biaya. harga input. harga barang dan jasa yang berhubungan. Kelebihan penawaran/surplus : kondisi saat jumlah yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta pada harga yang berlaku saat itu. atau faktor-faktor lain yang berpengaruh (selain harga barang itu sendiri). teknologi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful