P. 1
Laporan Kunjungan Industri-susu Sapi Perah

Laporan Kunjungan Industri-susu Sapi Perah

|Views: 125|Likes:
Published by Hasan Basry
LAporan Praktikum
LAporan Praktikum

More info:

Categories:Topics, Food & Wine
Published by: Hasan Basry on Oct 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $9.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

03/09/2014

$9.99

USD

pdf

text

original

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI (OUT SOURCING) Peternakan Sapi Perah

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah TEKNOLOGI PASCA PANEN HEWANI Dosen Pembimbing: Ir. Dian Nurdiani. M.Si

Disusun Oleh: Ahmad Rois Nawawi Hasan Basri Zulkhan Sumi Martiani (D41 121 626) (D41 121 632) (D41 121 639)

TEKNOLOGI PANGAN DAN GIZI (TPG) DEPARTEMEN PENDIDIKAN DIPLOMA EMPAT (D4) PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) PERTANIAN/ VEDCA CIANJUR JOINT PROGRAM POLITEKNIK NEGERI JEMBER CIANJUR

2013

Pemilik dan pengelola Peternakan Sapi Perah Lembang. Untuk itu kami mohon kritik dan sarannya dan semoga laporan ini dapat memenuhi persyaratan akhir dari kegiatan kunjungan (Out Sourcing) dan menambah wawasan kita dalam hal Teknologi Pasca Panen Hewani yang lebih spesifiknya Pasca Panen Susu yang berada di wilayah Lembang-Bandung. Divisi Kerjasama Pendidikan Tinggi VEDCA Cianjur joint program POLIJE. Msi. Dan harap kami semoga laporan ini berguna bagi kami khusunya dan setiap orang yang membacanya.oktober 2013 Penyusun BAB I . 4. 1. Sebelum dan sesudahnya kami meminta maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan. Lily Mariana Salman. (2) Ir. 2. (1) Ir. karena berkat rahmat dan karunia-Nya proses penulisan laporan kunjungan industri (Out Sourcing) ini dapat diselesaikan dengan baik serta tepat waktu. Amin. Adapun sentra usaha yang dikunjungi adalah Peternakan Sapi Perah yang berada diwilayah Lembang-Bandung. Penulisan laporan ini di buat dengan maksud memberitahukan hasil dari kegiatan kunjungan industri (Out Sourcing) yang telah dilaksanakan pada tanggal 04 oktober 2013 yang tulis berdasarkan sentra usaha yang di kunjungi selama melakukan kegiatan kuliah lapangan. Dosen pembimbing. Laporan ini tentunya tidak luput dari dari kekurangan dan kesalahan.. Msi 3. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam membimbing selama kegiatan kuliah lapangan berlangsung. Jawa Barat.. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Dian Nurdiani. Karyawan dan karyawati Peternakan Sapi Perah Lembang. Jawa Barat. Cianjur..Kata Pengantar Puji dan syukur akan selalu terucap ke hadirat Allah SWT.

1 Latar Belakang Pada umumnya mahasiswa hanya mendapatkan penjelasan dan pemahaman hanya secara teori atau jika dilakukan praktikum hanya sebatas produksi sebagai sampel saja dan belum masuk ke tahap skala industri.2 Tujuan Beberapa tujuan yang hendak dicapai dari adanya kegiatan kunjungsn industri (Out Sourcing) ini ialah sebagai berikuta: a. 1. b.PENDAHULUAN 1. c. e. 04 oktober 2013 : Sentra Peternakan Sapi Perah Lembang (TSL) yang terletak di Jalan Kabupaten Bandung Barat Bandung. Mahasiswa/i dapat mengetahui tahapan proses panen susu sapi. Dengan adanya kegiatan kunjungan industri (Out Sourcing) ini. Jawa Barat. Mendapatkan kiat-kiat sukses dari pelaku sentra usaha. diharapkan mahasiswa/i dapat lebih terbuka wawasan dan pengetahuannya secara penuh dengan terjun langsung ke dunia industri yang dalam kesempatan kali ini ke Peternakan Sapi Perah Lembang yang berada diwilayah Bandung. Jawa Barat.3 Waktu dan Tempat Kegiatan kunjungan industri (Out Sourcing) ini dilaksanakan pada: Hari Tempat : Jum’at. 1. Mendapatkan tambahan ilmu untuk memulai suatu bisnis/usaha. Mahasiswa/i dapat mengetahui Teknologi Pasca Panen Susu Sapi. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya pembuatan laporan kegiatan kunjungan ini ialah untuk mendapatkan nilai dari dosen mata kuliah Teknologi Pasca Panen Hewani. . d.

15 Cara Pemasaran 2.11 Fasilitas Tahu Lembang 2. b. yaitu pada jam 5 pagi (subuh) dan jam 2 siang. Dengan menggunakan air hangat c. Apa guna vaseline? Jawab: agar saat memeras susu sapi tidak melukai puting sapi dan memudahkan dalam prosesnya. Kapan saja waktu pemerasan susu sapi dilakukan? Jawab: Pemerasan susu sapi dilakukan sebanyak 2 kali.1 Profil Perusahaan 2.5 Kapasitas Produksi 2. Manfaat pembersihan puting dan sekitar daerah susu sebelum pemerahan? Jawab: untuk meminimalisir adanya kotoran atau sampah.BAB II ISI LAPORAN HASIL KUNJUNGAN 2. Pembersihan kandang dan areal sekitar tempat pemerahan sapi ? meminimalisir terjadinya kontaminasi dari lingkungan sekitar akibat kebersihan lingkungan yang tidak terjaga dengan baik. e. tetapi darah pun ikut terbawa karena besarnya arus penyedot susu yang digunakan. Jadi penggunaan pemerasan secara manual dapat menurunkan kualitas dari susu yang dihasilkan. Pembersihan ini bertujuan untuk menghindari atau[pun a. d.4 Lokasi Usaha Tahu Susu Lembang (TSL) 2. Penggunaan pemerasan yang masih secara manual ini digunakan karena jika menggunakan peralatan yang modern (mesin pemeras susu) maka tidak hanya susu saja yang ikut terperas/tersedot. Sementara susu sapi diambil oleh pihak koperasi ke koperasi pada jam 4/5 sore dengan menggunakan bak . dan kemungkinan mikroorganisme patogen yang ada.16 Pertanyaan Jawab.12 Teknologi Yang Digunakan 2.

500. g. Berapa jumlah sapi per h yang ada dipeternakan ini? Jawab: jumlah sapi perah yang ada dipeternakan ini ialah 22 ekor sapi. Susu induk sapi yang baru melahirkan dalam waktu 1 minggu masih berbentuk seperti tahu. Proses pasca panen hanya dilakuklan dikoperaasi dimana susu diantarkan. tetapi dibiarkan terbuang terlebih dahulu. Berapa interval waktu kelahiran sapi? Jawab: Interval waktu kelahiran sapi dimulai ketika sapi mulai mengandung sampai melahirkan ialah 9 bulan. Setelah 1 minggu susu sapi yang berasal dari induk sapi baru bisa diperah. Ini dilakukan karena pada susu yang baru keluar tersebut dikhawatirkan mengandung mikroba yang patogen yang dapat membahayakan kesehatan bagi peminu i. namun rata2 sekitar 25 liter jika tidak sedang hamil.-00/ liter. f. Dipeternakan sapi perah ini hanya dilakukan proses pemerahan sapi tanpa adnya perlakuan pasca penen dari susu tersebut. j. Sedangkan susu yang berkualitas rendah tidak digunakan. bahkan ada susu yang sengaja tidak diambil (sapi hamil) karena untuk kebutuhan pemenuhan nutrisi dari anak sapi yang ada di dalam kandungan dan pasca kelahirannya untuk pertumbuhan dan perkembangannya terutama pada sapi yang sudah hamil tua. 3. h. Susu yang dihasilkan dari 1 ekor sapi? Jawab: terghantung sapinya. Bagaimana proses kelahiran sapi? Jawab: Proses kelahiran sapi dibantu oleh manusia dan dilakukan ditempat ini . Namun. Sebelum dijemput oleh pihak koperasi susu sapi tidak mendapatkan perlakuan tertentu dan hanya didiamkan dalam tampungan susu sapi yang dinamakan milker.penampung susu dan mobil pickup. Pemerahan susu untuk semprotan 1-3 tidak langsung dimasukkan ke dalam ember penampung. Susu yang dibawa ke PSBU/Koperasi langsung dibawa tanpa adanya perlakuan penanganan pasca panen. Sedangkan untuk sapi yang hamil tidak semua susu. Setelah susu diperas dijemput dan dibawa ke PSBU Lembang dengan harga Rp. susu yang dibawa hany susu yang berkualitas baik.

apalagi untuk pemula seperti kami. n. Apakah susu yang baru saja dipanen/diperas dapat langsung diminum? Jawab: Boleh saja. tetapi setelah meminumnya kita bisa saja menderita sakit perut. Kami juga mencoba melakukan proses pemanenan susu sapi. Bagaimana ciri2 susu sapi yang bagus? Jawab: mutu susu sapi yang bagus dapat ditandai dengan adnya busa ketika susu sapi baru mulai diperah yang ditampun di dalam ember. Namun itu bukanlah sebagai tolak ukur yang pasti karena waktu pemerahan sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. terutama jika susu sapi yang kita minum mengandung mikroorganisme patogen yang tentunya selain dapat menimbulkan penyakit juga dapat menyebabkan kandungan gizi dari susu sapi tersebut menjadi rusak ataupun berkurang.k. ketenangan sapi. m. kecekatan sipemerah. Interval Waktu pemerahan dari awal sampai selesai? Jawab: sekitar 8 menit. misalnya jumlah susu yanh dihasilkan. Sementara petugas yang sudah biasa melakukan proses pemerahan susu ini dapat dengan mudahnya. . Memang proses ini tidaklah mudah. prosesnya juga cepat. l.

o.1 Kesimpulan DAFTAR PUSTAKA . BAB III PENUTUP 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->