P. 1
Membuat Garis Vertikal

Membuat Garis Vertikal

|Views: 3|Likes:
Published by Ega Septian

More info:

Published by: Ega Septian on Oct 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

Saat ini saya di minta untuk membuat garis vertikal, horizontal dan diagonal dengan OpenGL.

Sebenarnya saya belum tahu apa itu OpenGL dan bagai mana cara menggunakannya. Kemudian saya diberi tahu apa itu OpenGL. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas dari matakuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra. Berikut ini penjelasan singkat menegenai OpenGL dan aplikasi-aplikasi apa saya yang di perlukan untuk mendukung OpenGL. Serta cara penginstallan dan cara pembuatan garis-garis yang diminta menggunakan OpenGL. Pengertian OpenGL OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafik standart yang digunakan untuk keperluan- keperluan pemrograman grafik. OpenGL bersifat opensource, multiplatform dan multilanguage. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGl, Linux, freeBSD. Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows, library ini terdiri dari 3 file yaitu: Glut.h, Glut32.lib, Glut32.dll Cara menginstall DEVCPP dan GLUT 1. Pertama-tama kita akan menginstal software DEVCPP dan GLUT seperti gambar ini:

2. Instalasi DVCPP, dimana Installer language kita pilih English, kemudian klik OK.

3. Pada licence Agreement kita klik I gree untuk menyetujuai semua peraturan di dalamnya dan untuk melanjutkan instalasi seperti gambar di bawah ini.

4. Pada Choose Components kita klik next seperti ini.

5. Selanjutnya kita pada Choose Install Location kita pilih C:\Program File\Dev-Cpp selanjutnya klik Instal seperti gambar di bawah ini.

6. Kita akan menunggu Installing hingga selesai kemudian jika sudah selesai kemudian klik Next. seperti gambar di bawah ini.

7. Selanjutnya kita akan di minta apa bila kita ingin menginstall pada semua user atau tidak, jika iya klik Yes jika tidak klik No seperti gambar di bawah ini.

Setelah mengetahui sedikitnya tentang OpenGL, kemudian kita sudah menginstall Dev C++ kita akan memulainya namun kita harus menginstall terlebih dahulu Dev C++ dan Open GL. Cara menginstall (Dev C++ dan OpenGL) 1.Masukkan kedalam Dev C++ 2.Klik menu tool > Pilih Package manager seperti gambar di bawah ini:

3. Klik Install seperti gambar dibawah ini:

4. Ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip) terbaca. 5. Klik Open, lalu ikuti langkah-langkah sampai selesai terinstal. Lalu setelah selesai menginstal Dev C++ dan header OpenGL, selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana kita, cara membuat file baru adalah : 1. Klik menu File > Pilih New > Project 2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana sebagai tugas mata kuliah ini yaitu membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal. Membuat garis Vertikal Untuk membuat garis vertikal , lihat pada project. begitu kita selesai membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :

atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini : /*Untuk membuat garis Vertikal*/ glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA] glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam] glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar] glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik] glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik] glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ] glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ] glVertex3f(0,0,0.0); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ] glEnd (); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ] glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar] SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar] Sleep (1); Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :

Membuat garis Horizontal Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :

atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini : /*Untuk membuat garis Horizontal*/ glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA] glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam] glPushMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar] glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik] glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik] glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ] glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ] glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); [ untuk menentukan titik yang digunakan ] glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ] glEnd(); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar] SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar] Sleep (1); Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output:

Membuat garis Diagonal Untuk membuat garis diagonal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :

atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini : /*Untuk membuat garis Diagonal*/

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA] glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam] glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar] glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik] glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik] glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ] glVertex3f(0,0,-0.8); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ] glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ] glEnd (); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ] glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar] SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar] Sleep (1); Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->