TIPE-TIPE GUNUNG BERAPI

(Gunung Berapi Merapi Yogyakarta)

KANTON MARAMESI

GUMASEP

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. bukit atau pegunungan. matinya hewan ternak dan bahkan tebaran abu yang sangat tebal dan meluas dapat merusak kesehatan dan mengotori sarana yang ada. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang. Memang kita mengakui bahwa dampak dari gejala vulkanisme adalah Gempa Bumi yang dapat ditimbulkanya dapat merusak bangunan.) dapat menyebabkan kebakaran hutan. karena itu sudah gejala alam untuk menyeimbangankan energi bumi yang bersifat membangun bagi kehidupan dan bumi itu sendiri.Pendahuluan Mengapa terdapat relief alam berupa gunung. . vulkanisme. lereng dan lain sebagainya dikarenakan adanya tenaga endogen. Secara umum tenaga endogen dibagi dalam tiga jenis yaitu tektonisme. Awan panas dan lava pijar dari gunung berapi (Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas batuan dalam wujud cair atau lava yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi. Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung. dan seisme atau gempa bumi. Akibat gejala vulkanisme sehingga esensi dari sifat membangun tenaga endogen untuk kehidupan terus terjadi. termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus. bukit.

istilah gunung api ini juga dipakai untuk menamai fenomena pembentukan ice volcanoes atau gunung api es dan mud volcanoes atau gunung api lumpur. Jawa Tengah yang populer sebagai Bledug Kuwu. Gunung berapi yang aktif mungkin berubah menjadi separuh aktif. Gunung berapi terdapat di seluruh dunia. Busur Cincin Api Pasifik merupakan garis bergeseknya antara dua lempengan tektonik. Gunung berapi terdapat dalam beberapa bentuk sepanjang masa hidupnya. sebelum akhirnya menjadi tidak aktif atau mati. Tipe-tipe Gunung Berapi Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi. istirahat. . tetapi lokasi gunung berapi yang paling dikenali adalah gunung berapi yang berada di sepanjang busur Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire).PEMBAHASAN A. Lebih lanjut. sedangkan gunung api lumpur dapat kita lihat di daerah Kuwu. Grobogan. termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus. Gunung api es biasa terjadi di daerah yang mempunyai musim dingin bersalju. Bagaimanapun gunung berapi mampu istirahat dalam waktu 610 tahun sebelum berubah menjadi aktif kembali.

Gunung Merapi merupakan jenis ini. Jenis Gunung Berapi Berdasarkan Bentuknya a. Gelombang tsunami. dan susunannya terdiri dari batuan yang bersifat basaltik. sehingga tidak sempat membentuk suatu kerucut yang tinggi (curam). . Selain daripada aliran lava. Letusan gunung berapi. kehancuran oleh gunung berapi disebabkan melalui berbagai cara seperti berikut:         Aliran lava. 1. Abu. b. Kebakaran hutan. sulit untuk menentukan keadaan sebenarnya dari suatu gunung berapi itu. Stratovolcano Tersusun dari batuan hasil letusan dengan tipe letusan berubah-ubah sehingga dapat menghasilkan susunan yang berlapis-lapis dari beberapa jenis batuan. Contoh bentuk gunung berapi ini terdapat di kepulauan Hawai. karena letusan terjadi sudah beberapa ratus kali. kadang-kadang bentuknya tidak beraturan. bentuknya akan berlereng landai. Gas beracun. Perisai Tersusun dari batuan aliran lava yang pada saat diendapkan masih cair.Oleh itu. Aliran lumpur. sehingga membentuk suatu kerucut besar (raksasa). magma yang terkandung di dalam kamar magmar di bawah gunung berapi meletus keluar sebagai lahar atau lava. Gempa bumi. Apabila gunung berapi meletus. apakah gunung berapi itu berada dalam keadaan istirahat atau telah mati.

c. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. B. Gunung api Tipe A : tercatat pernah mengalami erupsi magmatik sekurangkurangnya satu kali sesudah tahun 1600. Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur. serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. . b. d. dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Jarang yang tingginya di atas 500 meter dari tanah di sekitarnya. Klasifikasi Gunung Berapi di Indonesia Kalangan vulkanologi Indonesia mengelompokkan gunung berapi ke dalam tiga tipe berdasarkan catatan sejarah letusan/erupsinya. Gunung Merapi Merapi (ketinggian puncak 2. 2. Kaldera Gunung berapi jenis ini terbentuk dari ledakan yang sangat kuat yang melempar ujung atas gunung sehingga membentuk cekungan. namun masih terdapat tanda-tanda kegiatan masa lampau berupa lapangan solfatara/fumarola pada tingkah lemah. Gunung api Tipe C : sejarah erupsinya tidak diketahui dalam catatan manusia.c. Gunung api Tipe B : sesudah tahun 1600 belum tercatat lagi mengadakan erupsi magmatik namun masih memperlihatkan gejala kegiatan vulkanik seperti kegiatan solfatara. Cinder Cone Merupakan gunung berapi yang abu dan pecahan kecil batuan vulkanik menyebar di sekeliling gunung. Daerah Istimewa Yogyakarta. a. yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat. per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.968 m dpl. Gunung Bromo merupakan jenis ini. Sebagian besar gunung jenis ini membentuk mangkuk di puncaknya. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman.

dan awan panas. seorang sarjana Prancis. Oleh karena tingkat kepentingannya ini. Proses pembentukan pada masa ini ditandai dengan aliran lava.Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat. yang tersusun dari lava andesit. Sisa-sisa tahap ini adalah Bukit Turgo dan Bukit Plawangan di bagian selatan. Gunung ini terbentuk karena aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang bergerak ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya aktivitas vulkanik di sepanjang bagian tengah Pulau Jawa. Tahap Merapi Tua terjadi ketika Merapi mulai terbentuk namun belum berbentuk kerucut (60.000 . gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Aktivitas Merapi telah bersifat letusan .2000 tahun lalu). Sejak tahun 1548. breksiasi lava. Proses pembentukan Gunung Merapi telah dipelajari dan dipublikasi sejak 1989 dan seterusnya. Puncak yang sekarang ini tidak ditumbuhi vegetasi karena aktivitas vulkanik tinggi. membagi perkembangan Merapi dalam empat tahap. ditandai dengan terbentuknya puncak-puncak tinggi.8000 tahun lalu). Tahap pertama adalah Pra-Merapi (sampai 400. Di lerengnya masih terdapat pemukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Puncak ini tumbuh di sisi barat daya puncak Gunung Batulawang yang lebih tua. 1. berjarak di bawah 30 km dari puncaknya. Selanjutnya adalah Merapi Pertengahan (8000 .000 tahun yang lalu). Berthomier. Geologi Gunung Merapi adalah gunung termuda dalam rangkaian gunung berapi yang mengarah ke selatan dari Gunung Ungaran. Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini (Decade Volcanoes). yaitu Gunung Bibi yang bagiannya masih dapat dilihat di sisi timur puncak Merapi. yang terbentuk dari lava basaltik. Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat. seperti Bukit Gajahmungkur dan Batulawang.

lebar 1-2 km dengan beberapa bukit di lereng barat. Kecamatan Pakem. Vegetasi Gunung Merapi di bagian puncak tidak pernah ditumbuhi vegetasi karena aktivitas yang tinggi. Agak ke bawah terdapat hutan bambu dan tetumbuhan pegunungan tropika.efusif (lelehan) dan eksplosif. dimulai dari Sawangan. Jawa Tengah. yaitu salak 'Pondoh' dan 'Nglumut'. Yogyakarta di sisi selatan. tepatnya di Desa Tlogolele.org/wiki/Gunung_Merapi http://en. dari arah Deles. Kabupaten Boyolali. Desa ini terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Puncak Anyar. seperti Rhododendron dan edeweis jawa. Rute Pendakian Gunung Merapi merupakan obyek pendakian yang populer. Jalur alternatif yang lain adalah melalui sisi barat laut. Jenis tumbuhan di bagian teratas bertipe alpina khas pegunungan Jawa. Sumber: http://id. Dalam perkembangannya.wikipedia.org/wiki/Gunung_berapi http://id. Jawa Tengah dan melalui sisi tenggara. Kabupaten Klaten. Kabupaten Magelang. 3.wikipedia. Puncak Merapi yang sekarang. Pendakian melalui Selo memakan waktu sekitar lima jam hingga ke puncak. Kecamatan Kemalang.000 m. karena gunung ini merupakan gunung yang sangat mempesona. Jalur pendakian yang paling umum dan dekat adalah melalui sisi utara dari Sèlo. baru mulai terbentuk sekitar 2000 tahun yang lalu. Diperkirakan juga terjadi letusan eksplosif dengan runtuhan material ke arah barat yang meninggalkan morfologi tapal kuda dengan panjang 7 km. Kawah Pasarbubar (atau Pasarbubrah) diperkirakan terbentuk pada masa ini. Lereng Merapi.wikipedia. Kabupaten Sleman. Jalur populer lain adalah melalui Kaliurang. diketahui terjadi beberapa kali letusan eksplosif dengan VEI 4 berdasarkan pengamatan lapisan tefra 2.org/wiki/Cinder_cone . Jawa Tengah. Jalur ini lebih terjal dan memakan waktu sekitar 6-7 jam hingga ke puncak. merupakan tempat asal dua kultivar salak unggul nasional. khususnya di bawah 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful