P. 1
Psikologi an Anak Usia Sekolah

Psikologi an Anak Usia Sekolah

|Views: 3,422|Likes:
Published by Wahyudin

More info:

Published by: Wahyudin on Jul 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2013

pdf

text

original

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH Oleh : TINI PURNAMATIN : P17324108416

PENGKAJIAN KASUS PADA ANAK USIA SD

       

Identitas Anak
Nama Jenis kelamin Tempat tgl lahir : : : DZ Perempuan Bandung, 27 Oktober 2002 Pertama : Tidak ada SD Satu semester 2 Bandung

Anak ke : Jml sdr. kandung Sekolah : Kelas : Alamat :

Identitas Ayah dan Ibu
   

Nama Ayah/ibu Usia Ayah/Ibu Pekerjaan ortu Alamat

: K/E : 40/32 : PNS/swasta : SDA

Riwayat Kelahiran
 Anak

lahir pada kehamilan cukup bulan (Aterm), tunggal.lahir normal tanpa tindakan di tolong oleh Bidan. Kondisi Lahir baik, langsung menangis kuat dan tidak ada kelainan. BBL : 3250gr PBL: 51cm.

Riwayat Kesehatan
 

Imunisasi Dasar : Lengkap Asi :Sampai usia 2 tahun dan di bantu Formula Pernah di rawat di RS :1 kali karena penyakit thypoid Tidak pernah mengalami alergi obat atau makanan tertentu Pertambahan TB dan BB normal

Riwayat Perkembangan

Bayi : Perkenbangan sesuai dan tidak ada yang terlewatkan dan tahapannya sesuai. Prasekolah : Normal tidak ada penyimpangan. Mulai bisa membaca dan menulis sejak usia 5 th, dan di TK sudah bisa baca Qur’an.

Riwayat Prestasi
Di TK : Mendapat piala 2 yaitu juara kelas dan juara lomba senam.

Perkembangan Fisik
   

BB sekarang : 20 kg TB sekarang : 120 cm Bentuk Tubuh : Ektomorfik Perbandingan Tubuh : Kepala agak lebih besar dari badan, badan memanjang dan langsing, perut tidak buncit, lengan dan tungkai memanjang (kelihatan kurus), tangan dan kaki lambat tumbuh membesar.

Kesederhanaan : Orang tua mengatakan bahwa anak kurang memperhatikan penampilan dan cenderung berpakaian seperti temannya dan tidak perduli pantas tidaknya. Perbandingan Otot & Lemak :Tidak terdapat jaringan yang melebihi jaringan lainnya sehingga cenderung tampak kurus.

    

Gigi susu : 18 ( atas bawah) Gigi mulai tanggal : Di usia 6 tahun Jumlah gigi tanggal : 4 Imunisasi Boster : Campak Keterampilan Awal : Mengoperasikan komputer, menggambar di komputer, mengetik nama atau beberapa kalimat, mengirim sms menggunakan Hp, membuat keterampilan dari kertas lipat, menggunting gambar dengan cukup rapih, main lompat tali, lempar bola dan menulis aksara sambung. Pilihan penggunaan Tangan: Tangan kanan yang lebih dominan.

Keterampilan Fisik

Menolong diri sendiri : Anak makan sendiri tapi kadangg meminta di suapi oleh orang tuanya, berpakaian, mandi, mennnyisir rambut atau dandan sendiri tapi belum secepat orang dewasa dan kadang–kadang masih dibantu oleh orang tua. Menolong orang lain : Anak bisa di suruh ke warung dan buang sampah. Anak sering ingin membantu ketika ibunya masak contohnya mengocok telur dan menumpahkan ke penggorengan, mengiris sayuran. Suka menyapu, membantu menyiram tanaman dan membantu menjemur pakaian, Keterampilan sekolah : Disekolah anak seminggu sekali mengikuti ekskul tari dan senam. Anak dapat menggambar rumah dengan bagian-bagiannya, suasana malam dan siang hari, juga mewarnai dengan krayon. Membuat kubus dengan puzle. Keterampilan bermain : Menangkap bola, melempar bola, naik sepeda, berenang dengan pelampung. Membentuk lilin malam, surat menyurat dengan teman (isinya singkat 3 atau 4 kalimat).

Kemajuan Berbicara

Pengucapan : Kesalahan dalam pengucapan kata-kata lebih sedikit lebih Jelas dalam pengucapan dan bisa mengikuti nyanyian di tivi/radio. Pembentukan kalimat : Menguasai hampir semua jenis struktur kalimat. Kemajuan dalam pengertian : Mengerti jalan cerita film yang ditontonnya, atau baca buku cerita, mengerjakan PR sekolah dengan baik, menyampaikan tugas atau pembicaraan (pengumuman) dari guru di sekolah.

Kosa Kata Khusus:

Kosa Kata Etiket : Mengucapkan terima kasih bila diberi sesuatu atau dibantu, meminta maaf bila melakukan kesalahan. Mengucapkan salam ketika masuk rumah. Kosa Kata Warna: Anak dapat menyebutkan warna pelangi, warna di sekitar lingkungan. Dan mengatakan menyukai warna orange dan ungu. Kosa Kata Uang : Anak dapat menyebutkan nilai uang logam dan kertas. Bisa jajan sendiri dan bisa menghitung kembaliannya yang gampang contoh uang yang diberikan Rp. 5000 jajan Rp. 2000 kembalian Rp. 3000 .

Kosa Kata Waktu : Anak dapat menyebutkan waktuwaktu sholat sesuai kondisi sebenarnya, mengetahui jam walau kadang kurang tepat (belum mengerti menit dan detik ) Kata-kata populer dan makian : Mengikuti gaya bicara salah seorang artis, suka menggunakan katakata yang sedang populer dan kata-kata orang dewasa seperti kreatifitas, imajinasi, dll. Bila mengucapkan kata makian mengejanya. Kosa kata Rahasia : Tidak mmiliki kosa kata rahasia untuk komunikasi dengan sahabatnya. Hanya dengan berbisik bila punya rahasia dengan teman. Isi Pembicaraan : Berbicara banyak hal mengenai tontonan di televisi, menceritakan jalan cerita film, tentang aat bermain dengan teman, saat perjalanan, berbicara tentang keinginan, mengomentari teman atau orang yang ada di acara televisi, dsb.

Pola Emosi yang Umum

Setiap pulang sekolah anak selalu menceritakan kejadiankejadian yang menyenangkan ataupun menjengkelkan yang terjadi di sekolah, bila sedang kesal membuat tulisan dikertas binder Bila marah kadang melempar barang-barang disekitar.

Pola Emosi yang Umum

Marah biasanya mereda kalau yang bersangkutan meminta maaf kapada anak tsb. Anak akan kesal diantara bila barang miliknya di pinjam/diambil tanpa seijinnya atau mainannya dibereskan tanpa senpengetahuannya. Anak takut di ruang gelap dan sendirian

Pola Emosi yang Umum
 

Tidur harus dengan lampu menyala Pulang bermain suka mengerutu dan cemberut kalau ada masalah dengan teman dan tertawa terbahak-bahak kalau ada yang lucu Periode Meningginya Emosi : Anak ketika kelelahan mudah marah, ketika sakit rewel dan tidak mau ditinggal orang tua walau sebentar

Pengelompokan Sosial dan Perilaku Sosial

Anak mengatakan bangga punya teman banyak. Memiliki kebiasaan menulis nama-nama teman sekolah satu kelas di buku bindernya. Menyebutkan dengan bangga mempunyai teman yang tidak sekelas atau kelas yang lebih tinggi. Kata guru wali kelasnya anak tsb selalu mengalah kepada teman, sholat dan bermain selalu bersama-sama dengan kelompok yang sama. Anak kadang ada masalah dengan teman memilih diam dari pada melawan katanya ”kalau melawan temannya akan tambah galak lebih baik di baikin nanti juga malu dan mau minta maaf ”. Senang melucu pada teman.

Pengelompokan Sosial dan Perilaku Sosial

Anak kalau hari libur suka bawa teman banyak ke rumah (anak tetangga), dan diajak main komputer, nonton tivi, main boneka dan mainan lainnya. Dilingkungan baru anak mudah dekat dengan anak sebaya misalnya ketika dibawa ke lingkungan kerja ibunya atau di acara lain, anak tsb bermain dengan anak di sekitar lingkungan tsb.

Minat dan kegiatan bermain

Bermain Figur: Main sekolahsekolahan ada yang jadi guru dan murid, main dagang-dagangan . Bermain berpetualang: Anak sangat menyukai permainan di kegiatan outbound seperti naik Flyng Fox,dll. Anak senang jalan ke pantai dan naik perahu dengan duduk di bagian depan. Mengumpulkan : Anak senang mengumpulkan uanguangan,kertas, binder,

Permainan dan olah raga : Anak menyukai permainan kejar kejaran seperti kucingkucingan. Anak senang melakukan gerakan senam dan tarian sesuai musik yang ada. Bila di lingkungan rumah ada kegiatan gerak jalan (acara diRW) selalu ikut bersama keluarga. Ikut perlombaan dan pentas diacara agustusan. Hiburan : Jenis hiburan anak yang digemari yaitu baca buku cerita, dengar musik, nonton di televise (film kartun, acara kuis, nyanyian) main game di computer dan main boneka di kamar.

Peningkatan Pengertian

Konsep yang umum : Anak bisa membedakan benda mati dan hidup.. Mengetahui fungsi-fungsi tubuh. Mengerti kematian dan kehidupan. Anak mengerti nilai uang logam dan kertas. Bisa membuat teka-teki tentang hewan, buahbuahan, dan benda. Sikap dan Perilaku Moral : Di sekolah guru mengatakan bahwa anak tsb tidak pernah menjaili teman, cenderung mengalah pada teman, tugas dari guru selalu dikerjakan, suka cium tangan pada guru, berbicara sopan. Di rumah kalau ada tamu anak tsb tidak mengganggu orangtua, idak pernah berbohong. Bila merasa bersalah meminta maaf.

Pelanggaran yang pernah dilakukan
       

Dirumah: malas melakukan kegiatan rutin malas membereskan mainan buang sampah kadang sembarangan mainan berserakan merusak mainan Di sekolah: Berbisik-bisik atau bercanda dengan teman di saat guru menerangkan

Perubahan-perubahan dalam hubungan keluarga dan perubahan kepribadian:

Ketika anak masuk ke usia sekolah perubahan yang terjadi anak lebih ceria, selalu terus terang kepada orang tua, bila dinasehati oleh orang tua anak cenderung melawan dengan mengungkapkan argumennya sendiri dan menghubungkan dengan nasehat dari guru sekolahnya (kata Bu Guru....). Lebih berani menggungkapkan pendapat. Hubungan anak dan orang tua dekat.

Minat-minat yang umum

Penampilan : lebih menyukai poni di sisir ke samping,rambut ingin panjang tidak mau di potong, Pakaian : Menyukai pakaian tertentu (baju seperti putri), pakaian warna orange. Nama dan julukan : Anak lebih senang dipanggil dengan nama panggilan (R...) dari pada nama depannya. Agama : Mengaji dan sholat masih di suruh dan suka malas-malasan, banyak bertanya tentang Tuhan, anak suka minta ingin di doakan oleh orangtua ketika sakit, mau ulangan, atau mau ikut lomba.

Kesehatan : Setelah pernah sakit di rawat anak tsb saat jajan menjadi berkurang dan memilah-milah makanan jajanannya. Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan selalu dilakukan, karena katanya takut sakit perut. Seks : Anak cenderung ingin tahu bagaimana melahirkan, perempuan mengalami ”haid” (mengetahuinya karena ibunya tidak sholat ketika haid, saat melihat ada pembalut di lemari). Sekolah : Anak menyukai pelajaran komputer, matematika. Lebih semangat ke sekolah pada hari Jumat karena ada ekskul tari dan senam. Pekerjaan masa depan :Saat di tanya mengenai cita-cita mengatakan ingin amenjadi pelukis.

SEKIAN
TERIMA KASIHT

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->