P. 1
biofisik desa.docx

biofisik desa.docx

|Views: 58|Likes:
Published by Lutfi Rachmawati W
sosiologi pertanian
sosiologi pertanian

More info:

Published by: Lutfi Rachmawati W on Oct 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2014

pdf

text

original

Kualitas lingkungan sangatlah penting karena merupakan dasar dan pedoman untuk mencapai tujuan pengelolaan lingkungan.

Kualitas lingkungan dapat memberikan daya dukung secara optimal bagi kelangsungan hidup manusia di suatu wilayah. Potensi lingkungan menjadi sumberdaya bagi kelangsungan hidup manusia karena dari lingkungan manusia mendapatkan unsur-unsur yang diperlukannya untuk kehidupan sosial ekonomi dan lingkungan. Peningkatan jumlah penduduk akan berpengaruh terhadap ketersediaan akan lahan yang luas untuk tempat tinggalnya sehingga banyak lahan yang digunakan untuk pemukiman. Makin baik kebutuhan dasar (sandang, pangan, papan) kita dapat dipenuhi, makin baiklah kualitas hidup kita dan kualitas lingkungan pun makin baik juga. Kualitas lingkungan biofisik terbagi menjadi dua, yaitu lingkungan abiotik dan lingkungan biotik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dan metode survey. Penelitian tentang kualitas lingkungan biofisik di Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat ini membutuhkan data-data tanah (tekstur tanah, struktur tanah, kedalaman tanah, drainase, pH tanah, suhu tanah, dan warna tanah), iklim (cuaca dan curah hujan), geologi (jenis batuan, material batuan, dan porositas batuan), geomorfologi (kemiringan lereng, arah lereng, panjang lereng, bentuk lereng), air (penggunaan air, sumber air, kekeruhan air, suhu air, dan pH air), masyarakat (populasi, jumlah penduduk, pendidikan, mata pencaharian, status tinggal, kepemilikan lahan, penggunaan lahan, dan pendapatan), vegetasi (jenis tanaman, tinggi tanaman, kerapatan tanaman, dan fungsi tanaman), hewan (jenis hewan dan fungsi hewan), dan pemukiman (pencahayaan, bahan bangunan, saluran pembuangan limbah rumah tangga, jarak antar pemukiman, keadaan jalan, jenis jalan, dan lebar jalan). Selain itu diperlukan juga data-data sosial hasil wawancara yang berkaitan dengan kualitas lingkungan. Hasil penelitian dengan mengambil sampel di enam dusun yang ada di Desa Mekarwangi, yaitu Sukaresmi, PPR ITB, Pasirmuncang, Buniwangi 1, Buniwangi 2, dan Bunisari. Jumlah penduduk yang padat terlihat di dusun Sukaresmi, Buniwangi 2, dan Pasirmuncang. Kualitas lingkungan biofisik di Desa Mekarwangi memiliki kualitas yang berbeda-beda diantara enam dusun tersebut yang termasuk kualitas lingkungan biofisik baik adalah PPR ITB, kualitas lingkungan sedang Buniwangi 1, Buniwangi 2, dan Bunisari, dan Sukaresmi dan Pasir muncang. Penilaian kualitas lingkungan ini mengacu kepada Kriteria Kualitas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat. Salah satu kerentanan kualitas lingkungan biofisik sedang adalah ada beberapa titik terjadinya longsor. Namun komponen fisik lainnya masih memberikan daya dukung yang cukup optimal.

Desa Menurut prof.Drs.Bintato, desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografis, social, ekonomi, politik dan kulural yng terdapat di suatu daerah dalam hubungan dan pengaruhnya secara timbale balik dengan daerah lain. Pola keruangan desa bersifat agraris yang sebagian atau seluruhnya terisolasi dari kota. Tempat kediaman penduduk mencerminkan tingkat penyesuaian penduduk terhadap lingkungan alam, seperti iklim, tanah, topografi, tata air, sumber alam, dan lain-lain. Tingkat penyesuaian penduduk desa terjhadap lingkungan alam bergantung factor ekonomi, social, pendidikan dan kebudayaan.

dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar paraanggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values (KertajayaHermawan. berkaitan erat dengan lingkungan fisik desa dalam berbagai aspek. 3. Unsur unsur komunitas desaa. Jarak antara tempat bekerja tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. nelayan atau yang lainnya. Diantara warga desa mempunyai hubungan yang lebih mendalam dan erat bla dibandingkan dengan masyarakat lain di luar batas wilayahnya. 2. 4.Komunitas desa adalah komunitas kecil yang relatif masih bersahaja. pengertian komunitas desa Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yangseharusnya. Komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi sosial yang dibangun denganberbagai dimensi kebutuhan fungsional (Soenarno. Selanjutnyamenurut Undang undang Nomor 5 Tahun 1979 pengertian desa dibedakan menjadi "desa"dan "kalurahan".2.Melalui beberapa peraturan perundangan.Secara khusus berkaitan dengan lingkungan geografis dan ciri-cirinya seperti :.2) keberagaman suku bangsa di Indonesia.dllVariasi fisik diatas akan mennciptakan perbedaan dalam sistem pertanian yang diterapkan dan pola hidup dari masing-masing kelompok . perlu diperhitungkan pula faktor-faktor:1) tingkat teknologi dan kondisi geografis. desa mempunyai kedudukan sebagai kesatuansosial dan hukum (adat) yang masih diberi kebebasan tertentu dan desa sebagai kesatuanadministratif yaitu merupakan bagian integral dari Negara Republik Indonesia.Struktur Fisik desa.Desa merupakan lingkungan di mana warganya memiliki hubungan akrab dan bersifatinformal. Sumber: http://id.shvoong. yang masih jelasmemiliki ketergantungan terhadap tempat tinggal (lingkungan) mereka entah sebagaipetani. agama dan adat istiadat. System kehidupan umumnya bersifat kelompok dengan dasar ekelurgaan (paguyuban).curah hujan. 2002).3) perbedaan dalam dasar-dasar peradaban suatu kawasan.Cirri-ciri masyarakat desa antara lain sebagai berikut : 1.kettinggian tempat-tingkat kelembapan udara-topografi. Factor geografis sangat berpengaruh terhadapa corak kehidupan masyarakat.Iklim.com/social-sciences/1995187-pengertian-desa-dan-ciricirinya/#ixzz1a61ZlbFZ Daftar isiPendahuluanLatar belakangRumusan masalahTujuanPembahasan1. dan4) pengaruh kekuasaan luar desa. 6.struktur biofisik desaStruktur biofisik desa terdiri dari dua komponen yaitu struktur Fisik dan Biososial. Mata pencahariaan utama para penduduk biasanya bertani. 5.keadaaan atau jenis tanah . 2008). Mansyarakat bersifat homogeny seperti dalam hal mata pencahariaan.Untuk menandai ciri-ciri desa di Indonesia.

Pemukiman yang penduduknay berpencar dan berpisah satu sama lain.masyarakatnya. mereka masingmasing terpisah dan berjauhan satu sama lain. terdapat penduduk yang tinggal tersebar di luar pemukiman.2. dan masing masing berada di dalam ata di tengah lahan pertanian.b.2. beradadi luar dan terpisah dari lokasi pemukiman. The nebulous farm typePola pemukiman dimana penduduk atau petani tinggal bersama-sama di suatutempat.Struktur fisik lainnya adalah pola pemukiman ( TYPE OF SETTLEMENT ). di dalam stratifikasi sosial terdapat dua macam tipe stratifikasisosial.konsep struktur biososial yakni struktur sosial yang berkaitan denganfaktor faktor biologis.3.struktur sosial desa Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1994) Struktur = susunan = cara sesuatu disusun atau dibangun. pemukiman sangat berkaitan dengan hubungan-hubungan keruangan (spatial) antara pemukiman ( petani ) yang satu dengan yang laindan dengan lahan pertanian mereka. secara umum ada dua tipe umum pemukiman :1. The pure isolated farm typePola pemukiman yang penduduknya tinggal dalam lahan pertanian .4.Menurut Paul H Landis (1948).Struktur Biososial.Menurut Smith dan Zopf (1970). membedakan ada 4 pola pemukiman :1. seperti :Jenis kelaminUsiaPerkawinan Suku bangsaDllKeterkaitan antara faktor biologis dan struktur sosial vertikal dapat di tunjukan lewatmata pencaharian mmasyarakat yang bersangkutan . . contoh lain dari struktur sosial horizontaladalah banyaknya pengalaman seseorang akan pengetahuan dan keahliannya dalambidang nya masing-masing. The arranged isolated farm typePola pemukiman yang mana penduduk (petani) tinggal di sekitar jalan dan masing-masing berada di lahan pertanian kita. Pemukiman yang penduduknya bedekatan satu sama lain dengan lahan pertanian. berada di luar lokasipemukiman. pengelompokan masyarakat berdasarkan kelompokkelompok tertentu .Sedangkanstruktur sosial horizontal adalah. dalam hal kekuatan fisik kaumlaki-laki tergolong lebih kuat dari wanita. The farm village typePola pemukiman yang mana penduduk (petani) tinggal bersama-sama danberdekatan di suatu tempat dengan lahan pertanian . yaitu struktur sosial vertikal dan struktur sosial horizontal. Struktur sosial vertikaladalah penggambaran kelompok-kelompok sosial yang hierarkis atau berjenjang.

Karakter atau pola semua hubungan yang ada antara anggota dalam suatu kelompokmaupun antar kelompok . 1975) Struktur sosial = pola yang mapan dari organisasi internal setiap kelompok sosial = theestablished pattern of internal organization of any social group . Dictionary of Sociology and Related Sciences (Fairchild.Struktur sosial = konsep perumusan asas-asas hubungan antar individu dalam kehidupanmasyarakat yang merupakan pedoman bagi tingkah laku individu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->