P. 1
KAK-DED jembatan dan irigasi warudoyong IRIGASI.doc

KAK-DED jembatan dan irigasi warudoyong IRIGASI.doc

|Views: 121|Likes:
9
9

More info:

Published by: saputrafrandy_958992 on Oct 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2014

pdf

text

original

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) JASA KONSULTANSI PEKERJAAN PENYUSUNAN DETAIL ENGINEERING DESIGN ( DED ) PERENCANAAN JEMBATAN DAN

IRIGASI WARU DOYONG KECAMATAN RENGASDENGKLOK KABUPATEN KARAWANG

1. LATAR BELAKANG Masalah utama yang muncul selama ini terjadi di wilayah pantai utara, khususnya wilayah Kabupaten Karawang adalah ancaman kekeringan yang setiap tahun melanda khususnya pada musim kemarau. Dampak kekeringan tersebut dapat berpengaruh terhadap program pengadaan pangan nasional. Berubahnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mengakibatkan terjadinya fluktuasi debit yang sangat tinggi antara musim penghujan dan musim kemarau. Pada musim penghujan debit air dapat mencukupi kebutuhan air baku maupun air irigasi, bahkan berlimpah dan dapat menyebabkan banjir. Namun pada musim kemarau debit tersebut dapat menurun drastic yang dapat menyebabkan berkurangnya luas areal pelayanan daerah irigasi hingga mencapai 26% walaupun masyarakat telah berupaya dengan memanfaatkan sistem pompanisasi. Untuk mengantisipasi hal tersebut diatas, diperlukan adanya usaha pemanfaatan sumber-sumber air yang ada. Pontensi saluran pembuang yang pada musim penghujan airnya cukup berlimpah, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kekurangan air pada saat musim kemarau. Pengelolaan dan pengembangan potensi saluran pembuang yang ada secara efektif dan efisien diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air untuk keperluan air irigasi pada saat musim kemarau, perlu dipikirkan kemungkinan pengembangan daerah genangan menjadi daerah yang bermanfaat sebagai cadangan bagi pemenuhan kebutuhan air baku untuk keperluan sehari-hari masyarakat di sekitar wilayah tersebut serta meningkatkan pertumbuhan dan pendapatan ekonomi khususnya petani yang berada di wilayah Kabupaten Karawang.

Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok

1

terutama untuk memenuhi kebutuhan air irigasi dan keperluan air baku lainnya. Adapun tujuan diadakannya perencanaan teknis adalah diperolehnya hasil perencanaan yang optimal sesuai dengan kaidah-kaidah perencanaan bangunan air dan sesuai dengan kondisi lapangan. Normalisasi saluran pembuang. Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 2 .Saluran pembuang yang akan dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian dengan jalan membuat waduk lapangan (Long Storage). Memenuhi kebutuhan air untuk keperluan irigasi pada saat musim kemarau. dimana pada musim penghujan dapat mengakibatkan terjadinya luapan air di bagian hulu dari posisi bendung. diharapkan setelah selesai pembangunan fisiknya. Meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi para petani. 2. memerlukan konstruksi bendung yang akan menampung dan menaikan muka air. Pengelolaan dan pemanfaatan saluran pembuang yang ada secara efektif dan efisien diharapkan dapat : 1. sehingga dapat dijadikan pedoman untuk mempersiapkan dan melaksanakan langkah-langkah pada saat pembangunan fisik. normalisasi saluran pembuang. Memenuhi kebutuhan air baku untuk keperluan masyarakat sehari-hari. 2 . perbaikan syphon dan perkuatan tanggul sungai. maka potensi saluran pembuang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kekeringan pada saat musim kemarau. perbaikan prasarana irigasi seperti syphon dan perkuatan tanggul merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan air baku untuk pertanian dan perikanan yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat. pembangunan syphon. khususnya yang berada diwilayah pengembangan proyek tersebut. Berdasarkan situasi tersebut perlu dilakukan penelaahan mengenai jenis/tipe bendung yang akan dipergunakan. Disamping itu dengan perencanaan waduk lapangan (Long Storage) dan Normalisasi saluran pembuang. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dan tujuan pekerjaan penyusunan DED Jembatan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok ini dimaksudkan untuk merencanakan waduk lapangan (Long Storage) pada saluran pembuang beserta konstruksi bendungnya.

Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 3 .3.000 (Seratus Lima Puluh Juta Rupiah) termasuk PPN dibiayai APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang tahun anggaran 2013. Menginventarisasi data luas areal yang ada Mendata tinggi muka air banjir pada saluran Pengukuran situasi Pengukuran memanjang dan melintang saluran Pendataan dan pengukuran bangunan air / bangunan pelengkap yang ada b) Pekerjaan Survai Pendukung : Survai Mekanika Tanah (Hand Bor Method) Survai mekanika tanah dimaksudkan untuk memperoleh identifikasi tanah serta sifat-sifat mekanisnya sebagai data awal perhitungan teknis. Pengumpulan Data Hidrologi dan Hidrometri Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh data-data debit air pada saluran pembuang. 4. SUMBER PENDANAAN Untuk pelaksanaan kegiatan ini diperlukan biaya kurang lebih Rp 150. Dinas Bina Marga Kabupaten Karawang. 5. 4. 3. 2. RUANG LINGKUP PEKERJAAN a) Pengukuran Penampang Saluran Pembuang : 1.000. 5. NAMA DAN ORGANISASI PENGGUNA JASA Pengguna jasa dalam hal ini adalah.

Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 4 . 7. Untuk itu diperlukan suatu tampungan lapangan ( Long Storage) yang dibuat di aliran sungai (saluran pembuang) yang berfungsi sebagai penampung air pada akhir musim hujan yang dapat dipergunakan pada saat awal musim kemarau. adalah bagaimana membuat tampungan tersebut dapat berfungsi sebagai penampung air disatu sisi dan disisi lain tidak boleh mengganggu fungsi sungai sebagai sarana drainase.c) Detail Engineering Design (DED) Data-data yang telah dikumpulkan dari pengukuran penampang saluran pembuang dan pekerjaan survai pendukung. terutama pada musim hujan. METODOLOGI Dari uraian diatas diketahui bahwa salah satu usaha untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan potensi saluran pembuang yang tersebar pada daerah tersebut. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN Jangka waktu pelaksanaan kegiatan Penyusunan DED Jembatan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok ini adalah 90 (sembilan puluh) hari kalender. Untuk pekerjaan normalisasi saluran pembuang perencanaan penampang basah diperhitungkan berdasarkan debit banjir maksimum yang ada. Pembangunan dan perbaikan siphon juga didesain berdasarkan kondisi elevasi saluran yang ada sehingga tekanan air yang terjadi cukup untuk menghanyutkan lumpur yang terbawa arus air. dianalisis sesuai dengan kepentingannya masing-masing yang bertujuan untuk perencanaan detail design sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pekerjaan. 6. terhitung sejak penandatanganan Kontrak Kerja. Jadi permasalahan utamanya.

Tugas dan tanggung jawab ahli geodesi adalah:  Melakukan pekerjaan survey pendahuluan Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 5 . b. Melakukan analisis data terutama kondisi eksisting. TENAGA AHLI Tenaga Ahli yang diperlukan untuk melaksananan kegiatan Penyusunan DED Jembatan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok adalah : a. teknik pengumpulan data. kuantitas dan kontinuitas sumber air baku. Berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan di bidang irigasi dengan pengalaman sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun. analisis kualitas. Ahli Geodesi Ahli geodesi disyaratkan seorang Sarjana strata Satu (S-1) Jurusan Geodesi lulusan Universitas Negeri atau swasta yang telah disamakan. analisis yang dilakukan selama penyusunan perencanaan  Memimpin Tim Konsultan selama proses pengumpulan data baik data primer maupun data sekunder.8. Team Leader Ketua Tim disyaratkan seorang Sarjana Teknik Strata Satu (S-1) Jurusan Teknik Sipil lulusan Universitas Negeri atau swasta yang telah disamakan. analisis kebutuhan sarana dan prasarana irigasi.   Melakukan identifikasi permasalahan dan kebutuhan pengembangan. Berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan di bidang irigasi dengan pengalaman sekurang-kurangnya 12 (dua belas) tahun. serta pengembangan dan pemilihan alternatif sistem.  Memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama 3 (tiga) bulan penuh sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai. atau seorang sarjana teknik strata dua (S-2) dengan pengalaman minimal 8 (delapan) tahun Tugas dan tanggung jawab Ketua Tim (Team Leader) adalah:  Menyusun desain survey yang berisikan kebutuhan data.

Mengkoordinasi surveyor. memeriksa hasil peta situasi. Ahli Hidraulika Ahli hidrologi dan hidraulika disyaratkan seorang sarjana strata Satu (S-1) Jurusan Teknik Sipil lulusan Universitas Negeri atau swasta yang telah disamakan. potongan-potongan (baik bangunan eksisting maupun rencana) c.  Menyusun metodologi pengumpulan data dan analisis data dalam perencanaan penyediaan air irigasi terutama dalam sistem distribusi  Melakukan analisis terhadap data yang didapat dari hasil identifikasi kondisi eksisting sektor penyediaan air irigasi. Tugas dan tanggung jawab ahli hidrologi dan hidraulika adalah:     Melakukan pengumpulan data hidrologi Mengindentifikasi potensi dan permasalahan di lapangan Melakukan analisis terhadap curah hujan rencana dan hidrograf banjir Mengidentifikasi komponen-komponen yang mempengaruhi perencanaan penyediaan air irigasi. Memeriksa hasil penggambaran peta situasi.     Penanggung jawab dan pelaksanaan dalam bidang survey topografi. Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 6 . mengetahui dengan jelas keadaan dan kondisi lapangan.  Melakukan pemilihan alternatif teknologi dalam penerapan sistem irigasi di setiap lokasi. Melakukan perhitungan koreksi atas hasil survey topografi. Melakukan survey lapangan. Berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan di bidang irigasi dengan pengalaman sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun.

JABATAN KEAHLIAN Team Leader Teknik Sipil Staff Ahli Geodesi Staff Ahli Hidrologi Ass. Team Teknik Sipil Leader Surveyor Survey Administrasi Sekre/ Ek/ Drafter / CAD Sipil/ Ars/ Operator Grafis/ dll JML 1 1 1 1 1 1 2 9. Menyusun petunjuk teknis pelaksanaan operasional dan perawatan sarana irigasi c. Tenaga Pendukung Tenaga pendukung yang disyaratkan adalah yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. KELUARAN Keluaran yang diharapkan adalah berupa Rencana Irigasi kota yang berlaku untuk 20 tahun kedepan yang direncanakan dalam peta dengan skala 1 : 1000. 2. Struktur tenaga ahli dan tenaga pendukung di jelaskan pada tabel di bawah ini : BIDANG PENDID IKAN S1 S1 S1 S1 D3/ SMA D3/ SMA Plan/ D3/ SMA PENGAL AMAN > 8 tahun > 5 tahun > 5 tahun > 5 tahun - NO 1. d. 9.b. Tenaga Ahli Ass. 7. 3. 10. Team Leader Tenaga ahli yang disyaratkan adalah Sarjana Teknik sipil Strata satu (S1) lulusan universitas/ perguruan tinggi negeri atau yang disamakan yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang Tata Lingkungan subbidang Perencanaan Urban sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. 8. Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 7 .

Executive Summary. berisi Berisikan tentang pemahaman masukan untuk konsultan tentang kerangka acuan yang metodologi pendekatan yang diberikan. rencana. Lapangan ini merupakan acuan dan pengendali kegiatan secara keseluruhan. Selain itu. kajian (sintesa) terhadap potensi kawasan-kawasan pengembangan dan permasalahan serta konsep Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Kawasan Kota. Laporan Akhir. jadwal rencana kegiatan maupun jadwal diskusi / pembahasan dan koordinasi dengan masyarakat dan pemerintah daerah serta tugas serta tanggung jawab tenaga ahli yang terlibat dalam kegiatan. Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 8 . digunakan. merupakan Bahan pembahasan rancangan final yang berisi desain dan detail. merupakan: hasil perbaikan buku Laporan Sementara berdasarkan hasil pembahasan e. indikator kecenderungan perkembangan kawasan. merupakan rincian penting dari substansi Laporan Akhir dengan judul buku Executive Summary. Laporan Antara/ Interim. d.pembangunan. Laporan Akhir Sementara. LAPORAN Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah : a. c.10. pada tahap ini diharapkan konsultan telah merumuskan informasi / data yang perlu diinventarisir guna menyusun rencana kegiatan selanjutnya. berisi Pada tahap ini diharapkan Tim Konsultan telah memahami kondisi wilayah studi melalui pengkajian terhadap berbagai kebijaksanaan nasional dan daerah mengenai peran dan fungsi kawasan. produk akhir kegiatan. Tanggapan terhadap Kerangka Acuan Pekerjaan juga berisi penyempurnaannya. ruang lingkup. Buku Laporan Pendahuluan. b.

f. BAHAN LAPORAN Laporan Pendahuluan Laporan Antara Bahan Diskusi Laporan Akhir Sementara Bahan Diskusi Laporan Akhir Executive Summary Album Gambar Spesifikasi Teknik RAB BOQ Back Up Data Digital FORMAT : : : : : : : : : : : A4 A4 A4 A4 A4 A3 A4 A4 A4 CD VOLUME 5 5 5 10 10 10 10 10 10 2 Buku Buku Buku Buku Buku Buku Buku Buku Buku Buah Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 9 . berupa soft copy dalam CD yang memuat seluruh laporan gambar. Peta Rencana dalam berbagai tema dengan skala minimal 1 : 1000. 5. 11. 6. seperti distrukturkan pada tabel di bawah ini : NO 1. Detail Street Furniture. 10. DED Landscape. 9. Album Gambar. 2. dengan kertas ukuran A3 yang mencakup : Peta Blok Peruntukan Peta System Signage/ Penandaan Desain Landscape (hardscape dan softscape). Back Up data digital. 4. 7. 8. dll g. Signage. 12. dan presentasi interaktif yang memuat gambar perspektif (3D). 3.

Karawang. September 2013 Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Karawang _________________ Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Penyusunan DED Jembatan dan Irigasi Waru Doyong Kecamatan Rengasdengklok 10 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->