Venturimeter

BAB I Latar Belakang
Ketika masih muda, Jakob Bernoulli belajar pada para ahli matematika di Universitas Basel, Swiss. Minat utamanya adalah soal kurva, deret tak terhingga , dan kalkulus. Sebuah kurva yaitu spiral logaritmik, sangat mempesona dirinya hinga dia meminta kurva itu dilukiskan pada nisannya. Johann Bernoulli, adik jakob juga menjadi ahli matematika, menyimpang dari keinginan sang ayah. Kedua bersaudara yang tertarik pada bidang yang sama itu kemudian malah saling bersaing. Kadang -kadang salah seorang dari mereka mengaku bahwa penemuan saudaranya adalah jerih payahnya. Saat berkunjung ke Prancis, Johann berjumpa dengan Marquis Guillaume de I'Hospital. Johan membuat kesepakatan dengan Marquis untuk memasoknya dengan penemuan penemuan matematikanya. Sebagai imbalan Johann menerima gaji dari Marquis. Belakangan, Marquis mengakui penemuan-penemuan Johann sebagai hasil karyanya. Daniel Bernoulli adalah anak Johann Bernoulli. Dia sendiri yang mengajari Daniel matematika, namun ketika Daniel meraih sukses Johann malah kurang begitu senang mendengarnya. Daniel juga mempelajari ilmu filsafat dan kedokteran dan sempat mempelajari anatomi dan botani di Basel. Dia berhasil menemukan penemuan penting dalam bidang kalkulus, probabilitas, vibrasi. Tetapi penemuannya yang amat terkenal justru mengenai tekanan zat cair yang mengalir, yang kita kenal sebagai "Hukum Bernoulli". Keluarga Bernoulli ini adalah Keluarga "Visioner" Dunia yang nyata telah memberikan jasa pada dunia, khususnya dunia ilmu dan pengetahuan.

Venturimeter digunakan sebagai pengukur volume fluida misalkan minyak yang mengalir tiap detik. 3) Sekarang juga digunakan untuk menghitung kecepatan darah dalam Arteri. misalnya menghitung laju aliran air atau minyak yang mengalir melalui pipa. maka akan terjadi perubahan kecepatan. Venturimeter digunakan sebagai pengukur volume fluida misalkan minyak yang mengalir tiap detik. Alat ini dipakai untuk mengukur laju aliran fluida. 3. 2.BAB II Pembahasan 1. dengan demikian. Jenis .jenis Venturimeter Venturimeter Tanpa Manometer Prinsip kerja venturimeter tanpa manometer ini berdasarkan pada Asas Bernoulli yang berbunyi “Pada pipa mendatar (Horizontal). 2) Digunakan untuk mengukur debit dalam pipa. yakni venturi meter tanpa manometer dan venturi meter yang menggunakan manometer yang berisi cairan lain. Fungsi dan Kegunaan 1) Venturimeter biasa digunakan untuk pengaturan aliran bensin dalam system pengapian pada kendaraan bemotor. tekanan fluida yang paling besar adalah pada  . 4) Menghitung laju alir suatu fluida dalam sebuah tabung. Pengertian Penerapan menarik dari efek venturi adalah Venturi Meter. Venturimeter adalah sebuah alat yang bernama pipa venturi. Terdapat 2 jenis venturi meter. Pipa venturi merupakan sebuah pipa yang memiliki penampang bagian tengahnya lebih sempit dan diletakkan mendatar dengan dilengkapi dengan pipa pengendali untuk mengetahui permukaan air yang ada sehingga besarnya tekanan dapat diperhitungkan. seperti air raksa. Zat cair dialirkan melalui pipa yang penampangnya lebih besar lalu akan mengalir melalui pipa yang memiliki penampang yang lebi sempit. Dalam pipa venturi ini luas penampang pipa bagian tepi memiliki penampang yang lebih luas daripada bagian tengahnya atau diameter pipa bagian tepi lebih besar daripada bagian tengahnya.

Perbedaan tekanan fluida di dua tempat tersebut diukur oleh manometer yang diisi dengan fluida dengan massa jenis ρ’ dan manometer menunjukkan bahwa perbed aan ketinggian permukaan fluida di kedua sisi adalah H.bagian kelajuan alirnya paling kecil. Kecepatan fluida mengalir pada pipa sebelah kanan. Berlaku persamaan Bernoulli sebagai berikut. Kita gunakan persamaan efek venturi yang telah diturunkan sebelumnya. dan tekanan paling kecil adalah pada bagian kelajuan alirnya paling besar”. Terjadi perbedaan ketinggian air (h) pada kedua pipa vertikal. maka tekanan pada pipa sebelah kiri lebih besar. Dalam hal ini berlaku h1 = h2 sehingga  g h1 =  g h2. P1 A1 v1 v2 P2 A2 Air dengan massa jenis  mengalir memasuki pipa berpenampang besar dengan kecepatan v1 menuju pipa berpenampang kecil dengan kecepatan v2 dimana v2  v1. p1 + ½  v12 +  g h1 = p2 + ½  v22 +  g h2 p1 + ½  v12 = p2 + ½  v22 p1  p2 = ½  v22  ½  v12 ∆p = ½  (v22  v12) gh = ½  (v22  v12) gh = ½ (v22  v12) untuk menentukan laju aliran zat cair pada pipa di atas. .

Kita gantikan v2 pada persamaan 1 dengan v2 pada persamaan 2. Kita lenyapkan  dari persamaan… . Jika perbedaan massa jenis fluida sangat kecil.Jika. hendak mencari laju aliran zat cair di penampang besar (v1). maka kita bisa menggunakan persamaan ini untuk menentukan perbedaan tekanan pada ketinggian yang berbeda. dengan demikian menjadi… Karena zat cair-nya sama maka massa jenisnya juga pasti sama.

Air dengan massa jenis  Raksa mengalir memasuki pipa r berpenampang besar dengan kecepatan v1 menuju pipa berpenampang kecil dengan kecepatan v2 dimana v2  v1. Venturimeter Dengan Manometer Venturimeter dengan manometer adalah  v2 aplikasi gabungan antara v1 venturimeter dan tabung P2 pitot. Fungsinya untuk P1 mengukur laju fluida. hampir sama sehingga diangap ketinggian alias h sama. Efek Venturi Selain teorema Torricelli. baik bagian pipa yang penampangnya besar maupun bagian pipa yang penampangnya kecil. Jika diterapkan pada kasus ini.v2 untuk mendapatkan hubungan antara v2 dan v1.v1 = A2. Pada gambar di atas tampak bahwa ketinggian pipa. Berlaku persamaan Bernoulli sebagai berikut. Kecepatan fluida mengalir pada pipa sebelah kanan. Untuk memahami penjelasan ini. maka tekanan pada pipa sebelah kiri lebih besar terjadi perbedaan ketinggian (h) raksa dengan massa jenis r pada kedua pipa manometer. maka persamaan Bernoulli berubah menjadi : . 4. amati gambar di bawah. p1 + ½  v12 +  g h1 = p2 + ½  v22 +  g h2 p1 + ½  v12 = p2 + ½  v22 p1  p2 = ½  v22  ½  v12 ∆P = ½  (v22  v12) (r  ) g h = ½  (v22  v12) Dengan menggunakan persamaan kontinuitas A1. maka v1 dapat dihitung. persamaan Bernoulli juga bisa diterapkan pada kasus khusus lain yakni ketika fluida mengalir dalam bagian pipa yang ketinggiannya hampir sama (perbedaan ketinggian kecil). Dalam hal ini berlaku h1 = h2 sehingga  g h1 =  g h2.

jika kelajuan fluida bertambah. maka tekanan fluida tersebut menjadi kecil. Demikian pula sebaliknya. Terdiri dari saluran dengan:  Lubang masuk konis.  Tekak ( NOZZLE ).Ketika fluida melewati bagian pipa yang penampangnya kecil (A2).  Saluran memancar ( DIFFUSER) . maka tekanan fluida menjadi kecil. Ini dikenal dengan julukan efek Venturi dan menujukkan secara kuantitatif bahwa jika laju aliran fluida tinggi. 5. maka laju fluida bertambah (ingat persamaan kontinuitas). jika laju aliran fluida rendah maka tekanan fluida menjadi besar. Aplikasi Rumus Venturimeter digunakan untuk mengukur debit dalam pipa. Menurut prinsip Bernoulli. Jadi tekanan fluida di bagian pipa yang sempit lebih kecil tetapi laju aliran fluida lebih besar.

http://translate.co. Jakarta : Erlangga.110mb.id/translate?hl=id&sl=en&u=http%3A%2F%2Fwww.google. Bandung : Kiblat Buku Utama. Venturi meter merupakan turunan dari hukum Bernouili.gurumuda. dapat disimpulkan bahwa : 1.id Kanginan. Wikipedia. FISIKA.org/wi ki/Pitot_tube http://www.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en. Ensiklopedia Tokoh Sains.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.co.wikipedia.com/HUKUM%20BERNOULLI.pdf&ei=f2eETMORFIj8vQP38s3iBw&sa=X&oi=t ranslate&ct=result&resnum=2&ved=0CCAQ7gEwAQ&prev=%2Fsearch%3Fq%3Dventurimet er%26hl%3Did%26prmd%3Dib http://translate. Venturi meter dibagi menjadi 2. Marthen.google.co.edu %2F%7Edwatkins%2Fce3600_labs%2Fventuri.org/wi ki/Venturi_effect .cee.htm http://translate.google. www.BAB III Penutup Kesimpulan : Dari penjelasan yang telah kami sampaikan di atas.com/penerapan-prinsip-dan-persamaan-bernoulli http://smkmuhi.mtu. 2007. 2. Wikipedia. 3.wikipedia.co. Venturi meter merupakan alat untuk menghitung laju aliran fluida. Daftar Pustaka Susanto. Ensiklopedia online. yaitu venturi meter dengan manometer dan venturimeter tanpa manometer.

3. 2. 4.VENTURIMETER KELOPOK 2 : 1. FEBI RAHMAYANI NOVANDRA EKO REDHO SYAHPUTRA RIZKIA TRIANA UTAMI DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL SMA PLUS NEGERI 7 BENGKULU 2011/2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful