P. 1
Efek Foto Pecah

Efek Foto Pecah

5.0

|Views: 6,102|Likes:
Published by Rahmad Mukti Wijaya
Dalam tutorial ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat efek foto pecah.
Dalam tutorial ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat efek foto pecah.

More info:

Published by: Rahmad Mukti Wijaya on Jul 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/06/2013

pdf

text

original

Efek foto pecah Ef

Photoshop Tutorial

E-books from Rahmad Site http://www.rahmad.netne.net

rial by : Rahmad M. Tutor d

Tutorial kali ini membahas membuat efek foto pecah.Efek foto pecah disini merupakan sebuah efek memisahkan bagian-bagian foto seperti kaca yang pecah berkeping-keping.Jika anda perhatikan pada cover e-book ini,seperti itulah yang akan kita buat pada tutorial kali ini.Pada preview hasil efek foto pecah diatas saya rasa kurang begitu memuaskan,karena saya buat tidak terlalu abstrak.Pada praktek kali ini saya menggunakan foto salah seorang teman saya,anda dapat menggunakan foto anda,foto teman anda,atau bahkan foto pacar anda sebagai bahan praktek.Dalam praktek ini agar hasilnya memuaskan yang harus anda lakukan adalah ketenangan dan ketelatenan.Baiklah apakah semua sudah anda persiapkan?Jika sudah mari kita mulai membuat efek foto pecah ini. 1. Pertama jalankan aplikasi Adobe Photoshop CS di komputer anda.Jalankan hingga tampilan awal Adobe Photoshop sepeprti ini.

2. Kemudian silahkan buka foto yang ingin anda edit dengan mengakses menu File>Open.Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Setelah mengakses menu File>Open maka akan tampil jendela baru seperti berikut.

Pada jendela ini silahkan pilih foto yang ingin anda edit kemudian cick Open.Maka foto yang akan anda edit akan tampil pada lembar kerja anda.

3. Kemudian lakukan duplikat layer dengan menekan tombol CTRL+J pada keyboard anda sehingga akan tercipta Layer 1 pada Layer Pane.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

4. Langkah selanjutnya lihat pada Layer Pane,kemudian seleksi Layer Background dengan cara mengclick Layer Background sekali saja.Setelah terseleksi silahkan click tombol CTRL+Backspace(←) pada keyboard anda.Jika sudah maka Layer Background akan manjadi putih.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

5. Langkah selanjutnya silahkan gunakan tool Polygonal Lasso Tool ( ) atau dengan menekan tombol L pada keyboard anda.Kemudian silahkan seleksi foto dengan bentuk segitiga sembarang atau anda ingin membuat bentuk seleksi yang lain itu terserah dengan keinginan anda.Setelah Polygonal Lasso Tool ( seperti preview dibawah ini. ) aktif.Lakukan hingga

Untuk membentuk sebuah seleksi silahkan gunakan click kiri pada satu titik di daerah foto untuk membuat titik pertama,kemudian buat satu titik lagi dengan mengclick kiri sekali lagi untuk membuat titik kedua.Maka akan tercipta sebuah garis putus-putus yang menghubungkan antara titik 1 dan titik 2. 6. Setelah anda membuat seleksi pada step 5,silahkan tekan tombol CTRL+X(Cut) setelah itu tekan tombol CTRL+V(Paste).Lakukan seperti gambar dibawah ini.

Terlihat pada gambar diatas bagian yang kita seleksi terpisah dari foto.Ini dikarenakan kita melakukan Cut(CTRL+X) lalu bagian yang dicut itu di-Paste(CTRL+V). 7. Selanjutnya,geser gambar yang telah di-cut tadi menuju tempatnya semula.Letakkan kembali hingga tepat pada tempatnya semula.Sehingga tidak terlihat bahwa gambar tersebut telah kita Cut.Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

8. Langkah selanjutnya menuju Layer Pane,lalu click kanan pada Layer 2 lalu pilih Blending Option.Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Setelah itu akan muncul jendela baru sebagai berikut.

Pada jendela Layer Style centang pada bagian Stroke(lihat gambar diatas)kemudian lakukan setting sebagai berikut. ⇒ ⇒ ⇒ ⇒ ⇒ ⇒ Size Position Blend Mode Opacity Fill Type Color : 5 px : Outside : Normal : 100% : Color : Pilih warna putih

Kemudian click OK.Maka tampilannya sebagai berikut.

9. Langkah berikutnya gunakan Polygonal Lasso Tool( ) atau tekan tombol L pada keyboard anda.Kemudian buat sebuah seleksi seperti pada step 5.Silahkan buat bentuk seleksi sesuai dengan keinginan anda,misalnya berbentuk segitiga.Berikut ini tampilannya.

10. Setelah menyeleksi silahkan tekan tombol CTRL+X(Cut) lalu tekan tombol CTRL+V(Paste).Lakukan seperti pada step 6.Berikut ini adalah previewnya.

11. Langkah selanjutnya geser gambar yang telah di-Cut ke posisinya semula.Lakukan seperti yang telah dicontohkan pada step 7.Berikut ini adalah previewnya.

Setelah bagian gambar yang telah di-cut sudah anda kembalikan ke posisinya semula,silahkan anda kembali ke Layer Pane.Kemudian click kanan pada Layer 2 lalu pilih opsi Copy Layer Style. 12. Langkah berikutnya,menuju Layer Pane lagi.Kemudian click kanan di Layer 3 lalu pilih opsi Paste Layer Style.Lakukan seperti gambar dibawah ini.

Maka tampilan Layer 3 akan berubah menjadi seperti ini.Sehingga kita tidak perlu menyetting lagi Blending Optionnya seperti pada step 8.Cukup copy layer style sebelumnya lalu pastekan pada layer berikutnya.Berikut ini adalah tampilan setelah proses Paste Layer Style.

13. Ulangi step-step sebelumnya hingga hampir keseluruhan permukaan foto seperti berikut ini.

14. Langkah selanjutnya,silahkan aktifkan Move Tool ( ) atau tekan tombol V pada keyboard anda.Kemudian centang pada opsi Auto-Select dan Show Transform Controls.Lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.

15. Kemudian,click pada setiap bagian gambar yang telah anda Cut sebelumnya,kemudian putar-putar setiap gambar itu.Lakukan hinggan seperti ini.

16. Langkah selanjutnya simpan gambarnya dengan mengakses menu File>Save.

Dan berikut ini hasilnya setelah di-save…

Cukup menarik,bukan?Memang tutorial kali ini membutuhkan langkah-langkah yang lebih panjang daripada tutorial editing saya yang lain.Ini dikarenakan adanya step-step yang perlu diulangi beberapa kali dalam efek foto pecah ini.Namun,apabila anda sudah mengerti proses membuatnya justru akan lebih singkat.Ok!Nah,cukup sekian dulu tutorial editing foto saya kali ini,mohon maaf jika terjadi kesalahan.Saya ucapkan terima kasih untuk atas perhatian anda.Sampai jumpa!Wassalamualaikum Wr.Wb.

Special Thanks To Novita Elisa Fahmi As Photomodel.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->