MEKANISME PASAR

TEORI PERMINTAAN

1

PERMINTAAN Adalah : keinginan konsumen membeli suatu barang pada tingkat harga selama periode waktu tertentu 2 .

Perkiraan harga dimasa mendatang Distribusi pendapatan Usaha produksen meningkatkan penjalan 3 ..

makin tinggi tingkat pendapatan. Begitu juga sebaliknya. sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat. daya beli makin kuat. maka jumlah barang itu yang diminta akan berkurang dan sebaliknya” • Harga Barang lain yang terkait : Harga Barang lain juga dapat mempengaruhi permintaan suatu barang.• Harga Barang itu sendiri : Jika harga suatu barang semakin murah. 4 . hal ini membewa kita ke hukum permintaan yang menyatakan “ Bila Harga suatu barang naik. tetapi kedua macam barang tersebut mempunyai keterkaitan. maka permintaan terhadap barang itu bertambah. • Tingkat Pendapatan : Tingkat pendapatan per kapita dapat mencerminkan daya beli.

sehingga mendororng orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang 5 .• Selera atau kebiasaan : Selera atau kebiasaan juga dapat mempengaruhi permintaan suatu barang. • Perkiraan harga di masa mendatang : Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik maka lebih baik membeli barang itu sekarang. • Jumlah penduduk : Makin Banyak jumlah penduduk maka semakin banyak permintaan suatu barang.

berarti daya beli secara umum melemah. Artinya sebagian kecil kelompok masyarakat menguasai begitu besar “kue” perekonomian. Jika distribusi pendapatan buruk. • Usaha-usaha Produsen miningkatkan penjualan Dalam Ekonomi moderen bujuk rayu para penjual untuk membeli barang besar sekali perannya dalam mempengaruhi masyarakat. sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.• Distribusi Pendapatan Tingkat pendapatan per kapita bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapat buruk. 6 .

000 6.000 100 80 60 40 20 0 7 .000 8. contoh : Skedul Permintaan beras Harga Beras Per Kilogram (Rp) Permintaan Beras Per Bulan (ribu ton) 0 2.000 10.Skedul dan Kurva Permintaan Adalah : Daftar hubungan antara harga suatu barang dengan tingkat permintaan barang tersebut.000 4.

Rubu 10 8 6 4 2 0 Qd = 100 – 10P 20 40 60 80 100 Kualitas Beras (Ribu ton) 8 .Kurva Permintaan Beras Harga (Rp.

00 perkilogram permintaan beras kembali naik menjadi 80.00 per kilogram. selera. Seandainya harga beras turun menjadi Rp. misalnya pendapatan. dan sebagainya. 4000. Perubahan harga menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta. permintaan beras 60. Jika harga naik menjadi Rp. 2000.000 ton perbulan. yaitu : perubahan harga dan perubahan faktor ceteris paribus.000 ton perbulan. 6000.00 per kilogram. permintaan turun menjadi 40. Ini yang disebut pergerakan permintaan sepanjang kurva permintaan. tetapi perubahan hanya terjadi dalam satu kurva yang sama.000 ton per bulan.Perubahan Jumlah yang diminta dan Perubahan Permintaan Perubahan permintaan terjadi karena dua sebab utama. Contoh : Pada harga beras Rp. 9 .

Jika yang berubah adalah faktor ceteris paribus. yaitu pendapatan. Jika pendapatan menurun. Pergerakan sepanjang kurva permintaan beras Harga 10 8 6 4 2 0 20 40 60 Qd = 100 – 10P 80 100 Kuantitas beras 10 . kurva permintaan bergeser sejajar ke kiri. kurva permintaan bergeser sejajar ke kanan. Jika pendapatan meningkat. maka akan terjadi pergeseran kurva permintaan.

Pergesaran Kurva Permintaan Beras Harga Pendapatan Naik D1 Pendapatan Turun D2 D0 Kualitas Beras 11 .

Barang-barang itu dapat menyebabkan orang akan menambah pembeliannya pada saat harga naik. Kalau barang tersebut naik harganya boleh jadi menyebabkan permintaan terhadap barang iyu meningkat. Dengan demikian diharapkan mempereoleh keuntungan. dan tanah (dikota). mereka mengharapkan harga akan naik lagi pada saat harga barang itu naik. Lukisan. karena ada unsur spekulasi.Kasus Pengecualian  Barang yang Memiliki Unsur Spekulasi Misalnya saja Emas. Misal Mobil Mewah. dan barang-barang antik.  Barang Prestise Barang-barang yang dapat menambah prestise seseorang yang memilikinya umumnya berharga mahal sekali. saham. karena bagi orang yang membeli berarti gengsinya naik. 12 .

maka pendapatan nyata konsumen bertambah. Hhal ini disebakan efek pendapatan yang negatif dari barang Giffen lebih besar daripada naiknya jumlah barang yang diminta karena berlakunya efek substitusi yang selalu positif. untuk barang Giffen kenaikan pendapatan nyata konsumen justru mengakibatkan permintaan terhadap barang tersebut menjadi berkurang. Apabila suatu barang harganya turun. 13 . Barang Giffen Untuk barang Giffen (Giffen good) apabila harganya turun menyebabkan jumlah barang yang diminta akan berkurang. ceteris paribus.

artinya sudah memperhitungkan faktor kenaikan atau penurunan harga. Pendapatan yang belum memperhatikan faktor perubahan harga dinamakan pendapatan nominal atau money income.Pendapatan nyata adalah : pendapatan yang berdasarkan daya beli. 14 .