PENGERTIAN OZON

Ozon merupakan gas yang secara alami terdapat didalm atmosfer. Lapisan ozon mulai dikenal oleh seorang ilmuwan dari Jerman, Christian Friedrich Schonbein pada tahun 1839. Ozon adalah hasil reaksi antara oksigen dengan sinar ultraviolet dari matahari. Ozon di udara berfungsi menahan radiasi sinar ultraviolet dari matahari pada tingkat yang aman untuk kesehatan kita semua. Ozon juga diproduksi manusia untuk dipergunakan sebagai bahan pemurni air, pemutih, dan salah satu unsur pembentuk plastik. Setiap molekul ozon mengandung 3 atom oksigen dengan rumus kimia O3. Ozon ditemukan terutama di lapisan atmosfer bagian bawah. Kira – kira 10% ozon atmospheric terdapat di Troposfir, suatu lapisan Tamosfir yang paling dekat dengan bumi (mulai dari permukaan bumi hingga 10-16 Km). Ozon troposfir terbentuk dari reaksi kimia yang disebabkan adanya gas pencemar hasil aktivitas manusia, sehingga berbahaya terhadap system kehidupan. Sisanya sebanyak 90% terdapat di Stratosfir, terutama antara bagian puncak lapisan trofosfir hingga ketinggian 50 Km. Ozon di stratosfir ini terbentuk secara alami, dikenal dengan lapisan ozon (ozone layer) dan sangat berguna bagi system kehidupan. Istilah 'ozon' atau lebih tepat lagi 'lapisan ozon' mulai mendapat perhatian sekitar tahun 1980an ketika para ilmuwan menemukan adanya 'lubang' di lapisan ozon di Antartika. Lubang tersebut merupakan hasil dari tenaga matahari yang mengeluarkan radiasi ultra yang tinggi. Radiasi itu berpecah menjadi molekul oksigen sekaligus melepaskan atom bebas di mana setengahnya diikat dengan molekul oksigen yang lain untuk membentuk ozon.

Proses kerusakan lapisan ozon : d. Energy uv memecah atm klorin dari molekul cfc c. Radiasi UV dengan jarak gelombang adalah di antara 280 hingga 315 nanometer yang dikenali UV-B dan ia merusak hampir semua kehidupan. sinar UVB memasuki ozon b. lapisan ozon melindungi bumi dari efek radiasi yang merusak kehidupan. 1. Klorin ladikal memecah molekul ozon Membentuk klorin monoksida dan dua atom oksigen . Paparan UV-B terhadap manusia dapat mengakibatkan penyakit kanker kulit. katarak dan mengurangi system kekebalan tubuh. a. sebagian diserap oleh lapisan ozon. Lapisan ozon sangat penting karena ia menyerap radiasi ultra violet (UV) dari matahari untuk melindungi radiasi yang tinggi sampai ke permukaan bumi. Radiasi dalam bentuk UV spektrum mempunyai jarak gelombang yang lebih pendek daripada cahaya. UV-B yang mempunyai panjang gelombang 280-315 nm. Sedangkan UV-A (dengan panjang gelombang 315-400 nm) tidak diserap oleh lapisan ozon. organisme bersel satu dan ekosistem perairan. Radiasi UV-A dari sinar matahari sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di permukaan bumi. Paparan UV-B juga dapat merusak kehidupan tanaman. dengan demikian jumlah UV-B yang mencapai bumi jumlahnya sangat sedikit.Lapisan ozon melindungi bumi dari paparan sinar Ultra Violet B (UV-B) yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup di muka bumi. Dengan menyerap radiasi UV-B sebelum ia sampai ke permukaan bumi.

pendingin pada ac kulkas dll Ancaman yang diketahui terhadap keseimbangan ozon adalah kloroflorokarbon (CFC) yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon.bahan pelarut terutama bagi kilang-kilang elektronik GAS PENYEBAB RUSAKNYA OZON 1. CFC pada rengharum ruangan.f. penyemprot rambut atau parfum pembuatan busa. diantaranya kaleng semprot untuk pengharum ruangan. h. CFC digunakan oleh masyarakat modern dengan cara yang tidak terkira banyaknya. CFC digunakan oleh masyarakat modern . Berdasarkan laporan dari NASA bahwa lubang ozon di Antartika telah mencapai 29 juta Km². Oksigen terlepas ke atmosfir Atom oksigen di atmosfir memecah molekul klorin monoksida Menghasilkan oksegen dan klorin radikal bebas Lalu reaksi siklus memulai lagi Kerusakan lapisan ozon adalah istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan berkurangnya atau hilangnya lapisan ozon yang terdapat pada lapisan atmosfir. g. e.Kulkas. Konsentrasi rata – rata lapisan ozon kurang dari 200 DU dikategorikan sebagai lubang ozon (Ozone Hole). baik dalam menggunakan atau memproduksi barang mengandung BPO. misalnya dengan : AC. Ancaman yang diketahui terhadap keseimbangan ozon adalah kloroflorokarbon (CFC) yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. Penyebab rusaknya atau menipisnya lapisan ozon yaitu oleh Bahan Perusak Ozon (BPO) yang diemisikan dari berbagai kegiatan.bahan dorong dalam penyembur (aerosol).

bahan dorong dalam penyembur (aerosol). Sehingga apa lagi yang harus diandalkan untuk menyerap gas2 tersebut untuk membantu mengurangi kerusakan ozon dan tentunya menghasilkan oksigen bagi makhluk hidup? . Molekul CFC terurai setelah bercampur dengan sinar UV. Karbon monoksida yang dihasilkan oleh kendaraan dapat merusak lapisan ozon. misalnya dengan : AC. Penggundulan hutan secara besar2an sangat berakibat buruk pada kualitas udara yang ada di bumi. Atom klorin ini berupaya memusnahkan ozon dan menghasilkan LUBANG OZON. volume kendaraan semakin banyak. diantaranya kaleng semprot untuk pengharum ruangan. Gas2 karbon yang merusak lapisan ozon tidak lagi diserap oleh tumbuhan. dan membebaskan atom KLORIN. semakin banyak pula gas karbon monokida yang di keluarkan. Penipisan lapisan ozon akan menyebabkan lebih banyak sinar UV memasuki bumi 2.Kulkas.dengan cara yang tidak terkira banyaknya. Dalam waktu kira-kira 5 tahun.bahan pelarut terutama bagi kilang-kilang elektronik Satu buah molekul CFC memiliki masa hidup 50 hingga 100 tahun dalam atmosfer sebelum dihapuskan. penyemprot rambut atau parfum pembuatan busa. Semakin lama. bisa dibayangkan keadaan lapisan ozon beberapa tahun kedepan bila volume kendaraan semakin hari semakin bertambah 3. Banyaknya volume kendaraan yang ada di bumi sangan berakibat negatif pada lapisan ozon. CFC bergerak naik dengan perlahan ke dalam stratosfer (10 – 50 km).

4. Pada hewan. penerimaan sinar ultra violet pada tanaman dapat memusnahkan hasil tanaman utama dunia. Kerusakan lapisan ozon juga memiliki pengaruh langsung pada pemanasan bumi yang sering disebut sebagai "efek rumah kaca". Usaha-usaha untuk mencegah penipisan ozon menjadi mulai dilakukan bersama oleh semua negara di dunia. Usaha itu pun telah di galakkan secara serius melalui UNEP (United Nation Environment Programme) salah satu organisasi PBB yang bergerak dibidang program perlindungan lingkungan dan alam. bahkan akan cenderung kerdil. 6. Radiasi penuh ini juga dapat mematikan anak-anak ikan. kepiting dan udang di lautan. 5. Gas yang dikeluarkan dapat merusak lapisan ozon. Asap yang dihasilkan oleh pabrik juga amat sangat berpengaruh dalam memperparah kerusakan lapisan ozon. serta mengurangi jumlah plankton yang menjadi salah satu sumber makanan kebanyakan hewan-hewan laut. Tanaman diperkirakan akan mengalami kelambatan pertumbuhan. Hasil kajian menunjukkan hasil tanaman seperti 'barli' dan 'oat' menunjukkan penurunan karena penerimaan sinar radiasi yang semakin tinggi. Sama hal nya seperti asap kendaraan. sehingga merusak hasil panen dan hutan-hutan yang ada. . Pada bidang pertanian.amat mencemari udara. dapat merusak lingkungan. belum lagi limbah cair dan limbah padat yang dihasilkan pabrik.

Pembentukan ‘lubang’ tersebut terjadi setiap bulan September dan pulih ke keadaan normal pada lewat musin semi atau awal musim panas. kita semua harus memandang serius masalah ini dan berupaya untuk mencegah atau meminimalkan penipisan lapisan ozon di alam ini dengan cara meminimalkan penggunaan bahan-bahan yang dapat mempertipis ozon agar generasi yang akan datang dapat mewarisi alam sekitar yang masih baik. dan meningkatnya karbondioksida (lihat pemanasan global) akibat berkurangnya tanaman dan plankton. merusak tanaman pangan tertentu. 1990 dan 1991. permukaan terendah atmosfer ozon yang pernah dicatat telah terjadi di seluruh Antartika .AKIBAT KERUSAKAN LAPOSAN OZON 1. Dalam bulan Oktober 1987. mempengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut. 2. PENCAIRAN GUNUNG ES Lubang ozon di Antartika disebabkan oleh penipisan lapisan ozon antara ketinggian tertentu seluruh Antartika pada musim semi. terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap. Oleh karena itu. Sebaliknya. lubang ozon yang luas telah dilacak di seluruh Antartika dengan kenaikan 60% pengurangan ozon berbanding dengan permukaan lubang pra-ozon. yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia. 1989. Pada bulan Oktober 1991.

penggunaan CFC . disamping kita harus menghemat energi. Bila dilepas ke atmosfer. Sebaliknya. Ozon adalah gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan dapat merusak paru-paru.CARA MENGURANGI KERUSAKAN LAPISAN OZON Beberapa kegiatan ramah ozon (ozone friendly) harus digalakkan dan disosialisasikan untuk mengubah secara bertahap perilaku manusianya. tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil. memberikan ancaman terhadap lapisan ini.000 molekul ozon. Sesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan sehingga lebih efektif. AYO KURANGI KERUSAKAN LAPISAN OZON UNTUK KITA DAN GENERASI MENDATANG!!!! Sekian informasi dari saya. replace/replant). Setiap satu molekul CFC mampu menghancurkan hingga 100.48 km (12 . zat yang mengandung klorin ini akan dipecah oleh sinar Matahari yang menyebabkan klorin dapat bereaksi dan menghancurkan molekul-molekul ozon. semoga bermanfaat buat teman2 yang ingin tau atau mengumpulkan informasi untuki tugas sekolah seperti saya :D kalau ada masukan. Oleh karena itu. minimalkan jumlah Air Conditioner yang digunakan. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. reuse. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu. Oleh karena itu. lapisan ozon di atmosfer melindungi kehidupan di Bumi karena ia melindunginya dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker. Upaya ini harus selalu menerapkan prinsip 4R (melakukan : reduce. recycle. bahkan sering dijumpai jumlahnya lebih dari satu? Atau perlukah setiap kamar tidur dipasang AC hanya karena kita punya uang dan mampu membelinya? Pemborosan yang tidak perlu. silahkan komentar :D Lapisan ozon Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ensiklopedia bebas Lapisan Ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 . para ilmuwan sangat khawatir ketika mereka menemukan bahwa bahan kimia kloro fluoro karbon (CFC) yang biasa digunakan sebagai media pendingin dan gas pendorong spray aerosol. Solusinya antara lain : diperlukan desain arsitektur yang lebih baik sehingga udara segar dapat masuk dengan leluasa ke dalam ruangan kantor atau kamar tidur sehingga keperluan AC bisa dikurangi. Di rumah dan perkantoran.30 mil) di atas permukaan Bumi yang medung molekul-molekul ozon. Kurangi pemakaian barang-barang yang memiliki bahan . Perlukah semua ruangan kantor memiliki ada AC.

Keadaan yang dinamakan lubang ozon (suatu area ozon tipis pada lapisan ozon) ini. Mekanisme penipisan lapisan ozon oleh CFC . Hidrofluorokarbon atau HCFC. ditandatangani Protokol Montreal. Satelit dengan berat 7 ton ini mengorbit pada ketinggian 600 km (372 mil) untuk mengukur variasi ozon pada berbagai ketinggian dan menyediakan gambaran jelas pertama tentang kimiawi atmosfer di atas. Pelarangan total terhadap penggunaan CFC sejak 1990 diusulkan oleh Komunitas Eropa (sekarang Uni Eropa) pada tahun 1989. yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner. CFC tidak diproduksi lagi di negara maju pada akhir tahun 1995 dan dihentikan secara bertahap di negara berkembang hingga tahun 2010. Bahan-bahan kimia lain seperti bromin halokarbon. pada tahun 1991. memengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut. yang juga disetujui oleh Presiden AS George Bush. [1] Lubang Ozon[sunting | sunting sumber] Pada awal tahun 1980-an. digunakan sementara sebagai pengganti CFC. para peneliti yang bekerja di Antartika mendeteksi hilangnya ozon secara periodik di atas benua tersebut. Studi-studi yang dilakukan dengan balon pada ketinggian tinggi dan satelit-satelit cuaca menunjukkan bahwa persentase ozon secara keseluruhan di Antartika sebenarnya terus menurun. lebih dari 100 negara setuju untuk secara bertahap menghentikan produksi pestisida metil bromida di negara-negara maju. dan meningkatnya karbondioksida (lihat pemanasan global) akibat berkurangnya tanaman dan plankton. yang lebih sedikit menyebabkan kerusakan lapisan ozon bila dibandingkan CFC. Pada Desember 1995. merusak tanaman pangan tertentu. terbentuk saat musim semi di Antartika dan berlanjut selama beberapa bulan sebelum menebal kembali. dan juga nitrogen oksida dari pupuk. Regulasi[sunting | sunting sumber] Pada tahun 1987. hingga 2020 pada negara maju dan 2016 di negara berkembang.dalam aerosol dilarang di Amerika Serikat dan negara-negara lain di dunia. Penerbangan-penerbangan yang dilakukan untuk meneliti hal ini juga memberikan hasil yang sama. Untuk memonitor berkurangnya ozon secara global. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia. juga dapat menyerang lapisan ozon. suatu perjanjian untuk perlindungan terhadap lapisan ozon. terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap. Protokol ini kemudian diratifikasi oleh 36 negara termasuk Amerika Serikat. Sebaliknya. Bahan ini diperkirakan dapat menyebabkan pengurangan lapisan ozon hingga 15 persen pada tahun 2000. National Aeronautics and Space Administration (NASA) meluncurkan Satelit Peneliti Atmosfer.

pembuatan busa. Semakin lama. penyemprot rambut atau parfum . Bila dilepas ke atmosfer. misalnya dengan : AC. lapisan ozon di atmosfer melindungi kehidupan di Bumi karena ia melindunginya dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker.Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 . 2. Banyaknya volume kendaraan yang ada di bumi sangan berakibat negatif pada lapisan ozon. Penipisan lapisan ozon akan menyebabkan lebih banyak sinar UV memasuki bumi. Penggundulan hutan secara besar2an sangat berakibat buruk pada kualitas udara yang ada di bumi. Oleh karena itu.bahan dorong dalam penyembur (aerosol). yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalahkardiopulmoner. memengaruhi plankton yang akan berakibat padarantai makanan di laut. memberikan ancaman terhadap lapisan ini. bisa dibayangkan keadaan lapisan ozon beberapa tahun kedepan bila volume kendaraan semakin hari semakin bertambah 3. zat yang mengandung klorin ini akan dipecah oleh sinar Matahari yang menyebabkan klorin dapat bereaksi dan menghancurkan molekul-molekul ozon.30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. merusak tanaman pangan tertentu. CFC bergerak naik dengan perlahan ke dalam stratosfer (10 – 50 km). dan meningkatnya karbondioksida (lihat pemanasan global) akibat berkurangnya tanaman dan plankton. Setiap satu molekul CFC mampu menghancurkan hingga 100. Sehingga apa lagi yang harus diandalkan untuk menyerap gas2 tersebut untuk membantu mengurangi kerusakan ozon dan tentunya menghasilkan oksigen bagi makhluk hidup? . penggunaan CFC dalam aerosol dilarang di Amerika Serikat dan negara-negara lain di dunia. dan membebaskan atom KLORIN. Ozon adalah gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan dapat merusak paru-paru. pendingin pada ac kulkas dll Ancaman yang diketahui terhadap keseimbangan ozon adalah kloroflorokarbon (CFC) yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. Molekul CFC terurai setelah bercampur dengan sinar UV.000 molekul ozon. CFC digunakan oleh masyarakat modern dengan cara yang tidak terkira banyaknya.bahan pelarut terutama bagi kilang-kilang elektronik Satu buah molekul CFC memiliki masa hidup 50 hingga 100 tahun dalam atmosfer sebelum dihapuskan. Bahan-bahan kimia lain seperti bromin halokarbon. volume kendaraan semakin banyak. para ilmuwan sangat khawatir ketika mereka menemukan bahwa bahan kimia kloro fluoro karbon (CFC) yang biasa digunakan sebagai media pendingin dan gas pendorong spray aerosol. juga dapat menyerang lapisan ozon.48 km (12 . Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinarultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. dan juga nitrogen oksida dari pupuk. tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil. Penyebab rusaknya ozon 1.Kulkas. Karbon monoksida yang dihasilkan oleh kendaraan dapat merusak lapisan ozon. terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap. Sebaliknya. Gas2 karbon yang merusak lapisan ozon tidak lagi diserap oleh tumbuhan. CFC pada rengharum ruangan. Oleh karena itu. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu. Sebaliknya. Dalam waktu kira-kira 5 tahun. semakin banyak pula gas karbon monokida yang di keluarkan. diantaranya kaleng semprot untuk pengharum ruangan. Atom klorin ini berupaya memusnahkan ozon dan menghasilkan LUBANG OZON. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia.

Ozon adalah molekul dalam bentuk gas yang terjadi secara alami yang ditemukan pada atmosfer bumi.4.amat mencemari udara. kepiting dan udang di lautan. bahkan akan cenderung kerdil. Proses Terjadinya Perusakan Lapisan Ozon Lapisan Ozon di stratosfer menyerap radiasi ultra-violet yang berbahaya dari matahari. belum lagi limbah cair dan limbah padat yang dihasilkan pabrik. Dengan terjadinya reaksi ini akan mengurangi konsentrasi ozon di stratosfer. Hasil kajian menunjukkan hasil tanaman seperti 'barli' dan 'oat' menunjukkan penurunan karena penerimaan sinar radiasi yang semakin tinggi. Pengaruh Penipisan Lapisan Ozon . akan ikut merusak molekul ozon pada lapisan ini. Radikal-radikal khlorin dan bromin kemudian melalui reaksi berantai memecahkan ikatan gas-gas lain di atmosfer. 5. termasuk ozon. Gas yang dikeluarkan dapat merusak lapisan ozon. Semakin banyak senyawa yang mengandung Khlor dan Brom perusakan lapisan ozon semakin parah. dapat merusak lingkungan. penerimaan sinar ultra violet pada tanaman dapat memusnahkan hasil tanaman utama dunia. Dengan bertambahnya bahan kimia buatan manusia yang mengandung senyawa khlorin dan bromin. Radiasi penuh ini juga dapat mematikan anak-anak ikan. Pada bidang pertanian. Molekul ini dapat menyerap panjang gelombang tertentu dari radiasi ultraviolet matahari sebelum mencapai permukaan bumi. 6. Pada lapisan Stratosfer radiasi matahari memecah molekul gas yang mengandung khlorin atau bromin dan menghasilkan radikal Khlor dan Brom. Sama hal nya seperti asap kendaraan. sehingga merusak hasil panen dan hutan-hutan yang ada. Asap yang dihasilkan oleh pabrik juga amat sangat berpengaruh dalam memperparah kerusakan lapisan ozon. Usaha itu pun telah di galakkan secara serius melalui UNEP (United Nation Environment Programme) salah satu organisasi PBB yang bergerak dibidang program perlindungan lingkungan dan alam. Teori pertama yang mendukung CFC sebagai perusak lapisan ozon di stratosfer dikemukakan pada tahun 1974 oleh Sherwood Rowland dan rekannya Mario Molina dari Universitas California. Usaha-usaha untuk mencegah penipisan ozon menjadi mulai dilakukan bersama oleh semua negara di dunia. serta mengurangi jumlah plankton yang menjadi salah satu sumber makanan kebanyakan hewan-hewan laut. Pada hewan. Kerusakan lapisan ozon juga memiliki pengaruh langsung pada pemanasan bumi yang sering disebut sebagai "efek rumah kaca". Tanaman diperkirakan akan mengalami kelambatan pertumbuhan. Molekul-molekul ozon terpecah menjadi oksigen dan radikal oksigen.

tetapi lebih rapat pada jarak antara 20 dan 30 km di atas tanah. Reaksi CFC dengan ozon (O3) CFC adalah singkatan dari Chloroflourocarbon yang terbentuk dari atom chlor. Akan tetapi. Dengan lebih banyak radiasi gelombang pendek UV-B maka akan memicu reaksi kimiawi di atmosfer bawah. radiasi ultraungu yang terlalu banyak dapat memberikan pengaruh yang berbahaya bagi tumbuhan dan hewan. Schonbein pada kira-kira pertengahan abad ke-19. Radiasi ultraviolet menimbulkan dampak pada manusia. Reaksi kimia di antara atom-atom inilah yang akan menghasilkan molekul-molekul baru. Satu buah molekul CFC memiliki masa hidup 50 hingga 100 tahun dalam atmosfer sebelum hilang dari atmosfer. Lapisan ini menyerap sebagian besar dari radiasi ultraungu dari matahari yang mencapai bumi. Radiasi UV(ultra violet) akan menurunkan kemampuan sejumlah organisme dalam menyerap karbon dioksida yang merupakan salah satu gas rumah kaca. Radiasi ini memberikan warna kulit yang alami pada manusia. hewan. Saat CFC telah menyebar ke lapisan ozon dan sangat mudah dipecah dan kemudian bereaksi dengan ozon yang terbentuk dari tiga atom O (oksigen) yang juga akan terpecah bila ada daya tarik yang lebih kuat dari atom lain di luarnya. terjadinya hujan asam dan berakibat naiknya gangguan saluran pernapasan. dan carbon. fungsinya sebagai filter radiasi matahari akan hilang. mulai dari O2. Di laut radiasi dengan intensitas tinggi akan merusak atau membunuh anak ikan.Penipisan lapisan ozon menimbulkan banyak ancaman terhadap kesehatan manusia dan kehidupan di bumi. CO2. Radiasi UV-B dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Penipisan lapisan ozon menyebabkan banyak tanaman lambat pertumbuhannya dan sebagian mungkin akan menjadi kerdil. kepiting dan udang. Dua CFC yang umum adalah CFC-11 (Trichloromonofluoromethane atau freon 11) dan CFC-12 (Dichlorodifluoromethane). CO. F. Sinar ultraungu yang mencapai permukaan bumi mempunyai pengaruh yang penting. sehingga menyebabkan pengaruh berantai untuk seluruh jaringan makanan hewan laut. meluasnya penyakit infeksi serta pertambahan kasus kanker kulit. Dampak ini akan semakin buruk bila kerusakan lapisan ozon terus berlangsung. Ozon adalah suatu molekul yang terdiri dari tiga atom oksigen yang terjadi secara alami dan ditemukan pada atmosfer bumi. yang dapat mengakibatkan penambahan jumlah reaksi fotokimia yang menghasilkan asap beracun. termasuk juga manusia. Lapisan ozon terjadi di seluruh bagian stratosfer. Jika 03sudah terpecah. . Demikian juga vaksinasi terhadap sejumlah penyakit akan menjadi kurang berhasilguna. permukaan bumi akan lebih terbuka terhadap radiasi UV-B yang mempunyai gelombang pendek sehingga akan merusak kehidupan. Populasi plankton yang menjadi dasar dari jaringan makanan hewan laut dapat mengalami dampak buruk. CFC merupakan zat-zat yang tidak mudah terbakar dan tidak terlalu toksik. tanaman dan bahan-bahan bangunan. dan lain-lain. Ketiga atom ini termasuk atom yang memiliki jumlah elektron valensi yang relatif kurang stabil atau mudah terikat oleh atom lainnya. O. Bila lapisan ozon menjadi tipis. Semakin menipisnya lapisan ozon stratosfer akan meningkatkan bahaya akibat radiasi ultraviolet yang mencapai permukaan bumi. hasil sejumlah tanaman budidaya akan menurun dan hutan-hutan akan menjadi rusak. Untuk tiap 10 persen penipisan lapisan ozon akan terjadi kenaikkan radiasi UV sebesar 20 persen. sehingga konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer akan meningkat yang menyebabkan pemanasan global. flour. Ozon pertama kali ditemukan oleh C. Penamaan ozon diambil dari bahasa Yunani yakni “ozein” yang berarti bau atau smell.

Reaksi OH dapat terbentuk oleh perusakan uap H2O. gas buangan dari pesawat supersonik. maka atom C akan menarik satu atom O dari ozon. NO. CFC mengurai ozon menjadi oksigen dan sebuah oksigen bebas radikal yang menimbulkan suatu lapisan oksigen sehingga lapisan ozon menjadi semakin tipis yang mudah tertembus sinar ultraviolet dari matahari. yang akan mengakibatkan timbulnya karbon . Ketika freon (CFC) terlepas ke atmosfer. dapat menimbulkan bencana.+ O3 –> ClO + O2 O2 + uv energi –> 2O ClO + 2O –> O2 + ClCl + O3 à –> ClO + O2 Masuknya CFC ke atmosfer menimbulkan proses reduksi-oksidasi (redoks) antara ozon dengan unsur-unsur halogen dari senyawa CFC dan yang sejenisnya. Ketika atom C dari pecahan freon bertemu dengan molekul O3. kemudian mengikat sebuah atom oksigen dari molekul ozon (O3) sehingga mengubah ozon tersebut menjadi molekul oksigen (O2). AC. Halon digunakan untuk pemadaman kebakaran. serta penurunan sistem kekebalan tubuh. Karena manusia akan bermandikan sinar ultraviolet dengan intensitas tinggi yang dapat mengundang penyakit kanker kulit. OH. pemadam kebakaran. sebagai metal dereaser. Sifat stabil dari CFC yang sangat bermanfaat di bumi ini memberikan peluang baginya untuk merusak lapisan ozon. Radikal NO dapat berasal dari tanah (soil) dan air dari sisa buangan pupuk. Reaksi perubahan ozon menjadi molekul oksigen adalah sebagai berikut: CFCl3 + uv –> CFCl2 + ClCl. dalam produksi busa (foam).Secara permanen ozon terbentuk dan rusak kembali di dalam daerah stratosfer dan sebagian kecil terbentuk pada daerah troposfer. katarak.I I dan CF2Cl atau CFC-12 ) yang banyak digunakan pada pendingin (refrigerator) dan bahan bakar (propelan). Sedangkan senyawa halon (berasal dari unsur halogen) mampu merusak 10 kali lebih efektif dibandingkan dengan CFC. Setiap molekul CFC mampu merusak 100 ribu molekul ozon. sebagai pelarut dalam produksi karet dan zat warna sintesis. maka molekul CFC akan terurai menjadi atom C sendiri yang sangat reaktif terhadap atom O (rumus molekul ozon adalah O3). seperti atom Cl. CFCs dapat dagunakan sebagai gas freon yang dipakai dalam lemari es. Dekomposisi oleh sinar ultra violet terbentuk Cl dan ClO. Melalui fotodekomposisi dapat terbentuk NO. Radikal Cl dapat berasal dari chloroflurocarbon (CFCl atau CFC. dan juga untuk fumigasi biji-bijian. CFC yang terdifusi ke stratosfer akan mengalami pemutusan ikatan kimianya oleh radiasi UV-C menghasilkan khlor-khlor bebas yang bersifat sangat reaktif. dan untuk sterilisasi. Carbon tetra chlorida digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan CFC-11 dan CFC-12.bahkan sampai berlubang. aerosol.dry-cleaning agent. Semakin menipisnya lapisan ozon di atmosfer. Reaksi destruksi/perusakan ozon dan terbentuknya O2 dapat berlangsung melalui dua jalan : O + O 2 → 2O2 O 3 + O 3 → 3O2 Reaksi ini dihasilkan melalui reaksi yang kompleks dengan katalis gas dan radikal. untuk pembuatan beberapa jenis pestisida.

terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap. Akibat kerusakan lapisan ozon 1. permukaan terendah atmosfer ozon yang pernah dicatat telah terjadi di seluruh Antartika. 1989. yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner. sementara CO2 memiliki efek rumah kaca yang dapat menahan panas di bumi. Dengan demikian bumi akan menjadi semakin panas.monoksida (CO) dan ozon menjadi oksigen biasa (O2) karena kehilangan satu atom O-nya. ditambah lagi. merusak tanaman pangan tertentu. ketika CO terbentuk.Oleh karena itu. dan meningkatnya karbondioksida (lihat pemanasan global) akibat berkurangnya tanaman dan plankton. lubang ozon yang luas telah dilacak di seluruh Antartika dengan kenaikan 60% pengurangan ozon berbanding dengan permukaan lubang pra-ozon. oleh karena itu ozon sebagai pelindung bumi dari sinar ultraviolet menjadi rusak. kita semua harus memandang serius masalah ini dan berupaya untuk mencegah atau meminimalkan penipisan lapisan ozon di alam ini dengan cara meminimalkan penggunaan bahan-bahan yang dapat mempertipis ozon agar generasi yang akan datang dapat mewarisi alam sekitar yang masih baik. Nama :Rizqiyah Akbar Mauliddah . Sebaliknya. Pembentukan „lubang‟ tersebut terjadi setiap bulan September dan pulih ke keadaan normal pada lewat musin semi atau awal musim panas. 1990 dan 1991. 2. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia. maka mereka akan menarik lagi satu atom O dari ozonozon (O3) lain sehingga menciptakan CO2. mempengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut. Dalam bulan Oktober 1987. PENCAIRAN GUNUNG ES Lubang ozon di Antartika disebabkan oleh penipisan lapisan ozon antara ketinggian tertentu seluruh Antartika pada musim semi. Pada bulan Oktober 1991.