PENDIDIKAN KESEHATAN

KELOMPOK 3

Kelompok 3
ALFISAH FATRIANOOR ENDAH DWI ANGGRANINGRUM  FITRIA HIDAYAH  NURFITRI HANDAYANI  SELYNITA  SITI JULAIHA  YULLI YANTI

Merupakan bagian dari keseluruhan upaya kesehatan (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif) yang menitikberatkan pada upaya untuk meningkatkan perilaku hidup sehat.

PENGERTIAN PENDIDIKAN KESEHATAN

Secara konsep: penkes merupakan upaya mempengaruhi/mengajak orang lain (individu, keompok, masyarakat) agar berperilaku hidup sehat. Secara operasional: penkes adalah semua kegiatan untuk memberikan/ meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktek masyarakat dalam memelihara dan meingkatkan kesehatannya.

WHO 1954 dalam Notoatmodjo 1997 memperinci tujuan pendidikan kesehatan sbb:

A B C

• Menjadikan kesehatan sebagai sesuatu yang bernilai dimasyarakat • Menolong individu agar mampu secara mandiri atau berkelompok mengadakan kegiatan untuk mencapai tujuan hidup sehat • Mendorong pengembangan dan penggunaan secara tepat sarana pelayanan kesehatan yang ada

Sasaran


Individu Kelompok Masyarakat

Metode Pendidikan Kesehatan

Individual  bimbingan dan konseling  wawancara Kelompok  kelompok besar: kegiatan cermah dan seminar  kelompok kecil: diskusi kelompok, curah pendapat, simulasi, dsb Masyarakat  ceramah umum  pidato  media (elektronik, cetak dan out door)

Media Pendidikan Kesehatan
Media pendidikan adalah alat (saluran) yang digunakan untuk penyampaian pesan.  Elgar Dale, membagi media dalam 11 macam sesuai dengan tingkatan intensitasnya masing-masing.

Konsep Pendidikan kesehatan

Pendidikan kesehatan merupakan upaya yang ditekankan pada terjadinya perubahan perilaku, baik pada individu maupun masyarakat. Area Pendidikan Kesehatan adalah pada Knowledge (Pengetahuan), Attitude (Sikap) dan Practice (Perilaku), yang disingkat menjadi K.A.P.

H E
Attitude

Knowledge

Practice

healthy behaviour healthy life style

PERAN PENDIDIKAN KESEHATAN

Bentuk peran :
1.

2.

3.

perilaku masyarakat dalam menyikapi dan mengelola lingkungannya, perilaku masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya, perilaku masyarakat dan petugas kesehatan dalam menyikapi dan mengelola fasilitas atau pelayanan kesehatan, kesadaran, dan praktik hidup sehat dalam mewariskan status kesehatan kepada anak atau keturunannya.

TERIMA KASIH

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful