PERILAKU YANG MENCERMINKAN PANCASILA

1. Perilaku Yang Mencerminkan Pancasila Sila Ketuhanan Yang Maha Esa a) Pembagian Zakat Mulai Dilakukan di Masjid-masjid Manado

Umat Muslim di Sulawesi Utara khusus di Kota Manado semakin larut dalam kesucian bulan Ramadhan, apalagi di minggu terakhir ibadah puasa umat Muslim di tantang untuk terus mewujudkan amal ibadahyangsempurna.

Badan Amal

Zakat

Nasional (BAZNAS) Sulut sudah mulai

menyalurkan zakat di beberapa Masjid di Kota Manado. Zakat yang dibagikan berupa beras, gula, susu, ikan kaleng dan minyak goring yang nilainya sekitar 300 ribu rupiah per orang.

Zakat yang dibagikan di minggu terakhir bulan puasa ini memang terus di monitor pemerintah kota. Pembagian zakat yang dilakukan di hampir semua Masjid di kota manado akan terus disalurkan hingga mendekati puncak Idul Fitri. Diharapkan pembagian zakat ini dapat membantu mempersiapkan datangnya hari besar Idul Fitri dimana hati semakin yang fitrah akan siap menjalani hari yang akan dating sesuai petunjuk yang Maha Kuasa. Selamat menyambut Hari Kemenangan Umat Muslim di Kota Manado. (Filss Tumbel). Pembahasan : Pancasila adalah ideologi negara indonesia dan merupakan dasar bangsa indonesia dalam bertindak, beripikir dan berprilaku.Pancasila dijadikan pedoman dalam bertindak dan bersikap.Dengan adanya pancasila dapat membentuk kepribadian bangsa Indonesia yang berbudi pekerti baik sesuai dengan nilai-nilai pancasila.Salah satu sila pancasila adalah Ketuhanan Yang

bukannya hal itu pasti memiliki maksud lain di belakangnya. dll.Tetapi jika pemberian zakat hanya melonjak pada hari-hari tertentu.Salah satu bukti ketakwaan dan kepercayaan kepada Tuhan adalah dengan mendirikan zakat. selebriti tanah air.Maha Esa.Dia memberikan zakat kepada orang-orang yang kurang mampu menjelang bulan ramadhan dengan tujuan untuk sedikit membantu orang-orang yang kurang mampu dalam memasuki bulan yang suci dan dinanti oleh umat beragama islam.Salah satu ajaran islam adalah menunaikan zakat. baik dalam hubungan manusia dengan Tuhannya. sebagian pendapatan yang kita peroleh merupakan hak bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan.Menjelang bulan ramadhan biasanya akan banyak orang-orang yang akan menunaikan zakat terutama untuk orang-orang tidak mampu yang ada di pinggir jalan dan anak yatim.Contoh kasus di atas mengenai agama islam.Kita semua adalah bersaudara.Perbuatan mereka dalam memberikan zakat adalah perbuatan terpuji yang mencerminkan nilai-nilai pancasila. manusia dengan sesama manusia.Kebanyakan yang memberikan zakat berasal dari keluarga berada dan berkecukupan seperti pejabat negara. tetapi mungkin masih ada orang yang benar-benar tulisan . menunjukkan masih adanya bangsa indonesia yang berprilaku sesuai dengan butir-butir pancasila tentang kepercayaan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan salah satu butir dari sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Dari berita tersebut dilihat masih ada bangsa indonesia yang memiliki sikap dan sifat pancasilais sesuai dengan sila Katuhanan Yang Maha Esa.Setiap sila pancasila memiliki butir-butir atau isi yang mencakup seputar sila masing-masing pancasila.Kita ketahui bahwa agama islam adalah agama yang dibawakan oleh ajaran Nabi Muhammad yang membawa ajaran kebaikan. dan manusia dengan dirinya sendiri.Dari contoh perilaku di atas dapat dilihat masih adanya kepedulian dalam sesama umat beragama. Berdasarkan kasus berita yang dikutip dari salah satu media cetak di atas.

Dugaan kedua yang menguatkan saya adalah mengapa setiap tindakan kebaikan mereka harus diliput oleh wartawan kemudian disiarkan di setiap acara-acara infotainment?Tentu dengan alasan agar mereka semakin terkenal dan dipandang baik oleh warga indonesia. .Dugaan ini saya perkuat dengan observasi mengapa mereka hanya gencar memberikan zakat di bulan suci ramadhan saja?Kenapa tidak di hari yang lain atau hari di luar bulan suci ramadhan. Contohnya konflik agama yang kerap terjadi di Indonesia. bukan karena maksud lain. namun mereka melakukan hal itu semua bukan murni karena karakter mereka yang benarbenar pancasilain tapi untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri.Padahal zakat dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus menunggu bulan suci ramadhan karena orang-orang yang tidak mampu tidak hanya ada di bulan suci ramadhan tetapi setiap saat. Namun tampaknya tidak dengan masjid dan gereja di Solo ini.Namun bagaimana pun juga masih ada bangsa Indonesia yang memang benar-benar tulus tanpa niat yang lain dalam berzakat karena ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bom di gereja. upacara keagamaan dilarang. Kita dapat melihat dalam serangkaian berita dan infotainment yang menceritakan tentang kehidupan selebriti tanah air yang gencar-gencarnya saling berlomba beramal di bulan suci ramadhan dengan mengunjungi panti asuhan dan memberikan zakat kepada mereka yang membutuhkan. adalah beberapa contoh betapa kerukunan hidup beragama di Indonesia masih sangat kurang.dalam memberikan zakat karena ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. masjid dirusak.Sebagian besar dari selebriti tanah air melakukan perbuatan-perbuatan tersebut guna mendongkrak popularitasnya dan seolah-olah ingin menunjukkan kepada publik bahwa mereka memiliki sifat dan perilaku pancasilais. b) Masjid dan Gereja Berdampingan di Solo Keragaman yang begitu kaya di Indonesia terkadang menjadi salah satu pemicu konflik.

atau batas pagar halaman yang tinggi. bisa hidup bersama meski dengan keyakinan berbeda. jemaah biasanya saling membantu dengan bersama membersihkan halaman atau bersama memperbaiki . salah satu jamaah masjid. toleransi beragama memang sangat kental di sana. para jemaah gereja tidak mempermasalahkan bila masjid Al-Hikmah mengadakan takbiran dan salat Ied. bila Natal akan datang. biasanya gereja akan berhias diri dan mereka tidak mempermasalahkan hal ini.Begitu juga jemaah masjid. Ketika hari raya masing-masing tiba.Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan dan Masjid Al-Hikmah terletak di Jalan Gatot Subroto no 222. tidak pernah ada perselisihan.Bayangkan saja dua tempat ibadah ini dibangun berdampingan." ujar Sajadi. GKJ Joyodiningratan didirikan tahun 1939. Pada saat hari raya masing-masing datang. sementara musala Al Hikmah yang saat ini sudah berubah menjadi masjid didirikan tahun 1947. yang merupakan simbol perdamaian kerukunan umat beragama.Tidak ada sekat tembok yang kokoh." ucap Sajadi lagi. Satu-satunya penanda atau pemisah bangunan tersebut hanyalah sebuah tugu lilin tua. Bila hari raya Idul Fitri menjelang. Masing-masing jemaah melaksanakan ibadahnya dengan khusyuk tanpa saling mengganggu satu sama lainnya. Sebagai tanda kerukunan. Selama itu. "Kita merasa bangga. kami mendirikan sebuah tugu lilin di antara bangunan gereja dan masjid. Satu halaman. Gereja dan masjid ini sudah berdiri sejak dulu dan tidak pernah ada konflik sedikitpun. Solo. mereka saling menghormati. bahkan satu tembok. "Selama puluhan tahun kami tak pernah ada konflik.

Malaysia. Italia. Betapa indahnya bila semua makhluk beragama dapat saling menghargai dan hidup rukun seperti di Solo ini. Memeluk satu agama adalah hak setiap manusia.Inilah bukti bahwa indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman.bangunan bila ada yang perlu direnovasi ringan. Jepang. Belanda. Spanyol.Ada provinsi tertentu memiliki sebagian besar warga yang memeluk agama mayoritas.Ada empat agama yang diakui di Indonesia adalah agama islam. suku bangsan.Indonesia mengaharuskan warga negaranya memiliki atau menganut agama yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Inggris.Memeluk agama adalah hak setiap warga negara. . dan warna kulit. agama.Karena harmonisasi yang baik ini.Pancasila sila pertama mengharapkan bangsa indonesia dapat hidup rukun satu sama lain walaupun Indonesia kaya akan keberagaman. Jerman. POL Pembahasan : Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Ada yang datang dari Singapura.Adanya keragaman agama di Indonesia sering kali menimbulkan konflik yang berujung dengan perang antar pemeluk agama berbeda. kristen.Biasanya perselisihan antar pemeluk agama yang berbeda dipicu oleh adanya kesalahpahaman dan biasanya dipicu karena ada kelompok agama tertentu yang merasa ibadahnya diganggu oleh pemeluk agama lain.Ada provinsi tertentu yang memiliki warna kulit mayoritas putih dan ada juga provinsi tertentu yang memiliki warganya memiliki warna kulit hitam. juga dari Filipina.Setiap warga negara berhak memilih agamanya masing-masing tanpa ada paksaan. Vietnam. saling menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama lain. budha dan hindu.Termasuk saling rukun antar umat beragama.Hingga konflik yang sifatnya pribadi pun kemudian menjadi konflik yang besar karena melibatkan kelompok agama.Indonesia teridiri dari kepulauan yang mana tiap provinsi memiliki budaya dan adat isiadat yang berbeda. tak jarang dua rumah ibadah tersebut menjadi rujukan pemuka agama seluruh dunia.

konflik yang menjatuhkan banyak korban jiwa karena adanya konflik antar agama.Dapat dilihat dari berita di atas adanya masjid dan gereja yang dibangun berdampingan tanpa pembatas tembok di Solo.Saat ini banyak kasus yang diberitakan di media elektronik ataupun media cetak yang memberitakan tentang perselisihan antar umat beragama contohnya kasus di poso dan kasus di madura. seharusnya pemerintah merencanakan pendidikan-pendidikan khusus untuk meningkatkan kesadaran bangsa indonesia akan bersikap sesuai dengan nilai-nilai pancasila.Betapa nyaman dan tentramnya Indonesia jika semua warganya dapat hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati serta mengharagai satu sama lain.Mungkin dapat dilakukan dengan penambahan mata pelajaran pancasila di setiap jenjang pendidikan dan bahkan untuk semua warga indonesia baik yang tidak mengenyam pendidikan dan yang mengenyam pendidikan. namun tidak menimbulkan pertikaian dan tidak ada pemeluk agama masing-masing yang merasa ibadahnya terganggu oleh karena adanya sarana ibadah agama lain yang didirikan bersebelahan.Bahkan mereka sering membersihkan halaman masjid dan gereja secara bersama-sama karena mereka memiliki sikap dan sifat pancasilais sehingga berusaha sedemikian mungkin untuk saling menghormati dan menjaga hubungan persaudaraan sesama bangsa indonesia walaupun berbeda agama. sarana ibadah yang berjauhan saja dapat menimbulkan pertikaian antar umat agama.Selama ini jangankan sarana ibadah yang berdekatan.Jadi. Dari berita yang dikutip dari salah satu media cetak tanah air indonesia ini saya cukup kagum dengan adanya sarana ibadah yang dibangung berdampingan. Indonesia tidak akan pernah terjadi konflik atau pertikaian antar pemeluk agama lain jika semua bangsa indonesia menanamkan pancasila dalam hati mereka dan mengaplikasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Namun akan .Ini karena mereka masing-masing pemeluk agama saling menghargai. menghormati satu sama lain.Ini justru sarana ibadah beda agama ini dibangung berdampingan.

karena justru para pemimpinlah yang harusnye terlebih dahulu bersikap dan berifat pancasilais sebelum warga negaranya karena mereka lah yang akan memimpin. Sehingga dapat menarik minat masyarakat lain untuk datang dan memeriksakan giginya.Perilaku Yang Mencerminkan Pancasila Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab a) Pemeriksaan Gigi Gratis di Bandung INILAH.percuma jika warga indonesia saja yang diberi pelajaran pancasila sedangkan pemimpin dan wakil rakyat tidak. memberi perubahan dan mereka yang seharusnya menjadi contoh untuk warga indonesia. mulai Senin (21/10/2013) hingga Rabu (23/10/2013). . Kota Bandung. Dalam kegiatan tersebut diadakan pemeriksaan gigi dan gratis bagi masyarakat seluruh usia.COM saat ditemui di RSGM Unpad Jalan Sekeloa Selatan. Senin (21/10/13).Dengan digelarnya kegiatan ini. 2. Bandung . kata Eky." tutur Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad Eky Soeria Soemantri kepada INILAH.Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2013 di Bandung. Bertempat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad gelaran BKGN ini untuk keempat kalinya dilangsungkan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perawatan gigi. "Kegiatan kali ini adalah pemeriksaan gigi gratis. BKGN 2013 adalah kegiatan yang diselenggarakan PDGI Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (Afdokgi) dan Unilever.COM. diharapkan ada efek gelombang yang dihasilkan.

Pembahasan : Berdasarkan contoh berita di atas yang dikutip dari salah satu sumber media di internet tentang kegiatan bakti sosial pemeriksaan gigi gratis yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Padjajaran menunjukkan sebuah contoh bahwa mahasiswa fakultas kedokteran gigi Universitas Padjajaran masih ada yang mencerminkan nilai-nilai pancasila.000 orang bisa hadir ke sini dan memeriksakan giginya secara gratis. gemar melakukan kegiatan kemanusiaan” Bakti sosial merupakan kegiatan kemanusiaan yang mencerminkan pengamalan pancasila terhadap sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Oleh karena itu baik mulai di bangku sekolah dasar hingga di perguruan tinggi masih ditemukan adanya pelajaran yang membahas tentang pancasila guna mengingatkan dan mengajarkan anak bangsa untuk bersikap dan berkarakter sesuai nilai-nilai pancasila.namun masih banyak pula mahasiswa yang memiliki karakter pancasila.Namun tidak semua mahasiswa saat ini mengerti dan memahami tentang pancasila jika kita melihat masih banyaknya mahasiswa yang menjadi provokator terjadinya demo yang tidak bertanggung jawab.Seharusnya setiap mahasiswa harus menanamkan nilai-nilai pancasila dalam dirinya sehingga dapat membawa perubahan untuk indonesia. Kegiatan ini akan digelar hingga 23 Oktober mendatang jadi masih ada waktu untuk periksa.Mahasiswa adalah generasi muda yang bertugas untuk mengembangkan dan memajukan indonesia menjadi negara yang disegani. Perilaku Yang Mencerminkan Pancasila Sila Persatuan Indonesia a) Tewas dalam tugas."Diharapkan sebanyak 1.Contoh bakti sosial di atas merupakan salah satu cerminan pancasila sila kemanusiaan yang adil dan beradab butir “menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. polisi layak disebut pahlawan ." jelasnya. 3.

polisi yang tewas saat menjalankan tugas layak disebut pahlawan. Aksi ini tidak hanya menimbulkan kecemasan. petugas polisi yang bertugas di lapangan untuk selalu waspada. Sebab. saat ini mereka menjadi sasaran penembakan oleh sekelompok orang yang membenci polisi. Namun. menyusul berhasilnya polisi membongkar jaringan teroris. seperti kenaikan pangkat.Sindonews. diduga kelompok ini masih satu jaringan dengan terorisme. Hal itu menyusul tewasnya dua anggota polisi dalam penembakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel)." ujar Oegroseno. Hal ini penting sebagai bentuk penghormatan atas pengabdian mereka.com . Dugaan itu. dia mengimbau. tetapi juga ketakutan. dia belum bisa membeberkan. mereka adalah pahlawan." pungkasnya. kepada wartawan. anggota polisi itu juga layak mendapatkan penghargaan. Lebih lanjut. Seperti diberitakan. b) Ratusan Polisi Disiagakan Jaga Shalat Idul Fitri Polda Metro Jaya menyiagakan ratusan personil untuk menjaga pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriah di beberapa masjid utama di wilayah . terjadi secara berturut-turut. "Bagi kami. penembakan terhadap anggota polisi di Kota Tangerang Selatan. Pangkat mereka harus naik. "Mereka meninggal saat menjalankan tugas. Karena ada sekelompok orang yang memusuhi dan ingin membunuh polisi. Ditanya kelompok mana yang dimaksud.Wakapolri Komjen Pol Oegroseno mengatakan." sambungnya. di Polsek Pondok Aren.Selain berhak menyandang gelar pahlawan. Sabtu (17/8/2013). "Kewaspadaan harus ditingkatkan.

dan estimasijumlah jamaah. Selain itu ada 116 masjid pendukung yang juga memilikijamaah cukup banyak.Dikatakan Rikwanto. tapi kalau 116 masjid lain hanya 2-3 personil. Masjid-masjid utama tersebut diantaranya. Seperti di Masjid Istiqlal kita siagakan 293 personil. Senin (5/8). Masjid Istiqlal.Tugas mereka yang mulia dalam memelihara ketertiban negara patut di puji karena mereka bahkan rela berkorban untuk kepentingan bersama. Masjid At Tin di Jakarta Timur dan Masjid Ibnu Sina dan Islamic Center di Jakarta Utara. antara 60 sampai 300 personil untuk utama. Masjid Al Azhar di Jakarta Selatan." ujar Kombes Rikwanto.Mereka bertugas untuk mengamankan negara dan menciptakan serta membuat warga negara menjadi tentram. "Per masjid itu berbeda jumlah personil. setiap masjid akan ditempatkan jumlah personil yang berbeda.Saat ini telah diberitakan banyak polisi yang meninggal dalam memelihara keamanan negara. Saat ini jika kita menonton acara televisi atau membaca berita di surat kabar akan banyak membahas tentang kewajiban polisi dalam memelihara ketertiban dan keamanan. aman dan jauh dari ancaman-ancaman baik dari dalam maupun dari luar. "Dari data yang kita inventarisir. di Jakarta ada 9 masjid utama. Lalu. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan dan kekhusyukan umat muslim menunaikan Shalat IdulFitri.Mereka tewas dalam bentrokan yang umumnya terjadi dengan mahasiswa atau dengan warga masyarakat yang ." katanya. Pembahasan : Polisi adalah orang-orang yang bertugas untuk menjaga ketertiban dan keamanan negara indonesia.Jakarta. Tergantung dari wilayah.Bahkan beberapa dari mereka banyak yang tewas dalam menjalankan tugasnya. Kabid Humas Polda Metro Jaya. Masjid Al Bina dan masjid Sunda Kelapa di Jakarta Pusat.

memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. mengapa mereka diterima sebagai satuan polisi?Padahal dalam tes tertulis masuk menjaga satuan polisi ada tes tentang pancasila. mungkin disebabkan karena mereka kurang paham dengan pancasila.Mereka tidak shalat Ied dan mereka harus rela berkorban tidak berkumpul dengan keluarganya di hari raya demi menjaga ketertiban dan keamanan negara.Masih ada polisi yang bahkan melakukan tindak kecurangan seperti korupsi dan menyalah gunakan profesinya untuk kepentingan pribadinya.Namun jika memang kurang paham dengan pancasila.Perilaku polisi berdasarkan 2 contoh berita di atas merupakn cerminan pancasila sila persatuan indonesia dalam butir-butirnya yang berbunyi “Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan. Sekolah. 4.Musyawarah sangat penting dan dibutuhkan dalam lingkupan dan cakupan yang luas baik dalam keluarga maupun dalam setiap mencari keputusan demi kepentingan .berselisih. Namun tidak semua polisi memiliki sifat dan perilaku pancasilais seperti berita di atas.Apa karena sebagian polisi hanya mengetahui pancasila sebatas teori saja dan tidak berusaha menamkan dalam dirinya dengan nilai-nilai pancasila.Mereka meninggal demi memelihara kemanan dan ketentraman negara. Perilaku Yang Mencerminkan Pancasila Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyarawatan Perwakilan a) Musyawarah dalam Keluarga. pasti kita akan melihat banyak polisi yang sedang sibuk berjaga dan bersiaga diantara orang-orang yang menunaikan ibadah shalat Ied. kita sering melihat setiap kali dilaksanakannya shalat Ied.Contohnya.Bahkan seorang polisi harus selalu siap jika dibutuhkan oleh negara. perdamaian abadi dan keadilan sosial”.Mereka selalu berkorban untuk kepentingan orang banyak dan mengenyampingkan kebutuhan dan kepentingan pribadi mereka karena rasa cinta mereka terhadap bangsa dan negara. dan Lingkungan Tempat Tinggal Musyawarah adalah berkumpul saling bertukar pikiran atau bertukar pendapat demi mendapatkan jalan keluar atau penyelesaian masalah.

dan juga petugas kebersihan kelas.Hal ini teradi karena setiap orang memiliki cara berpikir dan cara yang berbeda dalam memberi solusi pemecahan masalah sehingga dalam pemecahan masalah kita membutuhkan banyak kepala untuk berpikir lebih efektif dan mencapai keputusan yang terbaik untuk kepentingan banyak orang. namun untuk membesarkan seorang anak pun bagi mereka tidak semudah itu.Selain itu.Contoh musyawarah yang saya dapatkan dari seorang warga seperti musyawarah antara suami dan istri dalam hal momongan atau keturunan. khusunya saya menggali informasi dari beberapa orang teman dan beberapa masyarakat tentang musyawarah dalam keluarga.Bagi mereka anak adalah hadiah Tuhan yang paling indah. Contoh musyawarah yang ada di sekolah yaitu seperti rapat di mana dihadari oleh setiap perwakilan kelas guna membahas tentang bagaimana cara meningkatkan kebersihan dan mendorong siswa-siswi untuk berperilaku sehat sehingga menciptakan lingkungan yang sehat pula.Hingga kita di perguruan tinggi pun musyawarah semakin kerap kali kita temui. Setelah saya melakukan observasi atau pengamatan di masyarakat.Mereka juga memusyawarahkan tentang kemungkinan-kemungkinan terburuk jika mereka punya anak banyak dengan penghasilan kepala keluarga yang pas-pasan. .Musyawarah sering kita lihat dilakukan oleh para pejabat pemerintahan dalam forum-forum rapat resmi misalnya rapat anggota DPR atau DPRD dalam menyelesaikan masalah negara. masa sekolah dulu musyawarah sangat sering kita jumpai misalnya dalam pemelihan ketua kelas. tentunya akan memberi dampak buruk juga kepada si anak karena bisa saja anak jadi putus sekolah karena tidak adanya biaya melanjutkan pendidikan sehingga akan menimbulkan kecemburuan sosial dan ekonomi yang pada akhirnya anak akan keluar dari nilai-nilai pancasila.Sebagian masyarakat dan teman mengatakan bahwa di keluarga mereka musyawarah sudah menjadi tradisi dalam keluarga mereka dalam hal memecahkan dan mencari jalan keluar dari masalah.Jadi.bersama. mereka membutuhkan musyawarah dalam hal jumlah momongan dalam keluarga mereka.

Seorang teman menceritakan kepada saya tentang keinginan ayahnya memasukkan dia di sekolah militer.Contoh lain musyawarah dalam keluarga adalah orang tua yang tidak memaksakan kehendak terhadap anaknya. namun saat ini mulai dilakukan pembangunan sarana pendidikan dan kesehatan di daerah pedesaan atau daerah terpencil untuk menutupi kebutuhan masyarakat akan pendidikan dan kesehatan. tetapi ayahnya mungkin memiliki nilai-nilai pancasila dalam dirinya sehingga tidak memaksakan kehendak itu kepada anaknya.Selain itu. pengawasan dan arahan dari orang tua. 5. namun tetap tidak lepas dari kontrol. Kehidupan Bermasyarakat. . dan Bernegara Adil berarti seimbang.Dalam pancasila juga diajarkan tentang bersikap dan berperilaku adil.Umumnya memang di daerah pedesaan atau daerah terpencil kerap kali mengalami ketinggalan dalam hal pendidikan dan kesehatan.Beliau menyerahkan semu keputusan di tangan anaknya selama keputusan itu masih benar.Seharusnya setiap orang tua memang harus memahami pancasila dan mengaplikasikannya dalam kehidupan berkeluarga.Orang tua memberikan semua keputusan di tangan anaknya mengenai masa depan dan cita-cita yang ingin digapai anaknya. saat ini banyak tenaga medis atau tenaga kesehatan dan tenaga pengajar kompeten yang dikirim oleh pemerintah ke daerahdaerah pedesaan untuk memperbaiki kesehatan dan pendidikan masyarakat desa sehingga bisa memiliki kualitas kehidupan dalam hal kesehatan. Perilaku Yang Mencerminkan Pancasila Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia a) Keadilan dalam Keluarga.Jika dilihat dari segi pembangunan negara. saat ini pemerintah sedang berusaha melakukan pembangunan yang merata dalam hal sarana pendidikan dan kesehatan di daerah perkotaan dan daerah pedesaan untuk menghindari adanya kecemburuan sosial ekonomi diantara masyarakat. berbangsa dan bernegara. pendidikan dan cara berpikir seperti masyarakat kota. tidak sumbang atau tidak berat sebelah.

setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mengenyam pendidikan selama sembilan tahun.Ibu selalu memberikan kami uang jajan yang sama nominal jumlahnya tanpa membedakan kebutuhan kami.Contoh kasusnya saya memiliki seorang kakak laki-laki yang usianya hanya beda setahun dari saya.Jadi.Dan kami sebagai anak tentu tidak akan protes dan tidak menimbulkan rasa cemburu jika orang tua berlaku adil kepada kami. kami dulunya selalu bersekolah di sekolah yang sama. . Contoh lain dalam kehidupan bermasyarakat yaitu pemerintah mewajibkan warga negara indonesia mengenyam pendidikan sembilan tahun hingga ke bangku sekolah menengah pertama dengan biaya pendidikan gratis ditanggung pemerintah yang telah dicanangkan dalam program wajib belajar sembilan tahun dengan biaya operasional sekolah dari pemerintah.Contoh perilaku adil dalam keluarga adalah perilaku seorang ayah atau ibu yang tidak pilih kasih pada anak-anaknya.