BAB I PENDAHULUAN

A. Latar belakang Kebutuhan dasar pada manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun psikologis. Hal ini tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Kebutuhan dasar pada manusia menurut Abraham Maslow, yaitu teori Hierarki kebutuhan yang menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar, salah satu diantaranya adalah kebutuhan fisiologis, merupakan kebutuhan paling dasar pada manusia antara lain pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), intake dan output (nutrisi/makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, serta seksual. Dalam makalah ini akan dibahas secara khusus tentang intake dan output dan eliminasi pada manusia. B. Rumusan masalah 1. Apa pengertian intake cairan ? 2. Berapa kebutuhan intake cairan berdasarkan umur dan berat badan ? 3. Apa pengertian output cairan ? 4. Bagaimana proses output cairan pada tubuh ? 5. Apa pengertian eliminasi ? 6. Apa tujuan daripada eliminasi 7. Apa macam-macam eliminasi ? C. Tujuan penulisan 1. Tujuan umum Agar mahasiswi Universitas Cokroaminoto Makassar dapat mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai “Intake, Output, dan Eliminasi” . 2. Tujuan khusus Agar mahasiswi mampu: a. Mengetahui pengertian intake cairan.

1

Mengetahui berapa kebutuhan intake cairan berdasarkan umur dan berat badan. Mengetahui pengertian eliminasi. Mengetahui proses output cairan pada tubuh. d. f. Mengetahui macam-macam eliminasi. g. 2 . Mengetahui tujuan daripada eliminasi. c. Mengetahui pengertian output cairan. e.b.

Umur 3 hari 1 tahun 2 tahun 6 tahun 10 tahun 14 tahun 18 tahun BB (Kg) 3 9. yaitu: 1.7 45 54 Kebutuhan cairan 250-300 1150-1300 1350-1500 1800-2000 2000-2500 2200-2700 2200-2700 Pengaturan utama intake cairan adalah melalui mekanisme haus.8 20 28. 4. sedangkan kebutuhan cairan tubuh kira-kira 2500 ml per hari sehingga kekurangan sekitar 1000 ml per hari diperoleh dari makanan. B. sekresi angiotensin II sebagai respon dari penurunan tekanan darah. 5. Output cairan Output cairan yaitu jumlah atau volume kehilangan cairan pada tubuh manusia per hari. dan oksidasi selama proses metabolisme. Dalam kondisi normal 3 . perdarahan yang mengakibatkan penurunan volume darah.BAB II PEMBAHASAN A. Sensasi haus akan segera hilang setelah minum sebelum proses absorbsi oleh gastrointestinal. Kebutuhan intake cairan berdasarkan umur dan berat badan No 1.5 11. Selama aktivitas dan temperatur yang sedang seorang dewasa minum kira-kira 1500 ml per hari. Cairan tubuh melalui empat rute (proses). Intake cairan Intake cairan yaitu jumlah atau volume kebutuhan tubuh manusia akan cairan per hari. Pusat haus dikendalikan berada di otak sedangkan rangsangan haus berasal dari kondisi dehidrasi intraseluler. 6. Urine Proses pembentukan urine oleh ginjal dan ekskresi melalui traktus urinarius merupakan proses output cairan tubuh yang utama. Perasaan kering di mulut biasanya terjadi bersama dengan sensasi haus walaupun kadang terjadi sendiri. 2. Tabel. 7. 3.

Air dari makanan : 750 ml 3. 4. Keringat: 100 ml 4. IWL a. Feaces Pengeluaran air melalui feaces berkisar antara 100-200 ml per hari. yang diatur melalui mekanisme reabsorbsi di dalam mukosa usus besar (kolon). IWL (Insesible Water Loss) IWL terjadi melalui paru-paru dan kulit. tetapi bila proses respirasi atau suhu tubuh meningkat maka IWL dapat meningkat. Urine : 1400-1500 ml 2. Hal-hal yang perlu diperhatikan: Rata-rata cairan per hari 1. Pada orang dewasa normal kehilangan cairan tubuh melalui proses ini adalah berkisar 300-400 ml per hari. sedangkan impulsnya ditransfer melalui sumsum tulang belakang yang dirangsang oleh susunan saraf simpatis pada kulit. respon ini berasal dari anterior hypotalamus. Air minum : 1500-2500 ml 2. Feaces: 100-200 ml 4 . Paru: 350-400 ml b. 2. Keringat Berkeringat terjadi sebagai respon terhadap kondisi tubuh yang panas. Air dari hasil oksidasi atau metabolisme : 200 ml Rata-rata pengeluaran cairan per hari 1. bila aktifitas kelenjar keringat meningkat maka produksi urine akan menurun sebagai upaya untuk mempertahankan keseimbangan dalam tubuh. Kulit: 350-400 ml 3.output urine sekitar 1400-1500 ml per 24 jam. 3. Melalui kulit dengan mekanisme difusi. atau sekitar 30-50 ml per jam pada orang dewasa. Pada orang yang sehat kemungkinan produksi urine bervariasi dalam setiap harinya.

Eliminasi ialah proses pengeluaran sisa-sisa pembakaran melalui paruparu. Macam-macam eliminasi tubuh seperti tersebut di bawah ini: 1. pembersihan. kulit. Eliminasi Eliminasi berasal dari kata Elimination (bahasa Inggris). Ampas pertukaran zat-zat yang terdapat dalam jaringan-jaringan atau darah ada yang dikeluarkan melalui ginjal berupa kencing (urine). penyisihan. pelepasan) 2. dan pengeluaran ampas-ampas makanan melalui anus. dubur. ginjal. 3.C. Ampas pertukaran zat-zat yang dikeluarkan melalui kulit berupa keringat (sudor) 4. Eliminasi bertujuan agar tubuh tidak terganggu atau keracunan oleh zatzat dan ampas makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh lagi. yang artinya pengeluaran. Ampas makanan yang dikeluarkan melalui anus (rectum. 5 . Ampas pertukaran zat-zat yang dikeluarkan melalui pernapasan berupa zat asam arang (CO2).

Eliminasi ialah proses pengeluaran sisa-sisa pembakaran melalui paruparu.BAB III PENUTUP A. kulit. Cairan tubuh melalui empat rute (proses). yaitu: urine. ginjal. Kesimpulan Intake cairan yaitu jumlah atau volume kebutuhan tubuh manusia akan cairan per hari. B. dan feaces. keringat. Output cairan yaitu jumlah atau volume kehilangan cairan pada tubuh manusia per hari. 6 . IWL. Saran Adapun saran yang kami angkat dari hasil makalah kami yakni selalu memperhatikan kebutuhan tubuh agar jumlah atau volume cairan tubuh kita tetap seimbang. dan pengeluaran ampas-ampas makanan melalui anus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful