Diabetes Mellitus Nama “Diabetes Mellitus” diberikan oleh Aretaeu yang artinya diabetes = mengalir terus dan mellitus

= manis atau penyakit dari saluran yang keluar terus menerus seperti air pompa yang memiliki rasa manis karena adanya kelainan yang menyangkut zat insulin. Pankreas yang didalamnya terdapat sel-sel beta mengalami kekurangan dalam memproduksi insulin sehingga timbul gejala-gejala mudah lelah kemudian kadar glukosa yang berlebihan tersebut dikeluarkan melalui ginjal bersama urin. Penyebab Diabetes Penyebab diabetes mellitus adalah kurangnya produksi dan ketersediaan insulin dalam tubuh atau terjadinya gangguan !ungsi insulin yang sebenarnya terjadi gangguan !ungsi insulin disebabkan jumlahnya "ukup. #aktor-!aktor yang menyebabkan diabetes mellitus yaitu $ %. #aktor keturunan &. 'irus dan bakteri (. )ahan bera"un *. Nutrisi Tipe-tipe diabetes mellitus %. Diabetes Mellitus +ipe % )anyak orang menyebutnya baby diabetes mellitus karena menjangkit diabetes di masa anak-anak serta usia kurang dari (, tahun. Dalam diabetes mellitus tipe % ini pan"reas benar-benar tidak dapat menghasilkan insulin karena rusaknya sel-sel beta yang ada dalam pan"reas oleh -irus atau autoimunitas. &. Diabetes Mellitus +ipe & Ada dua bentuk diabetes mellitus tipe & yakni mengalami sekali kekurangan insulin dan yang kedua resistensi insulin. .ntuk yang pertama berat badan "enderung normal sedangkan untuk yang kedua diabetis memiliki berat badan besar atau gemuk. Diabetes mellitus tipe & ini disebut sebagai penyakit yang gejalanya tidak mendadak seperti tipe % tipe & "enderung lambat dalam mengeluarkan gejala hingga banyak orang yang baru mengetahui dirinya terdiagnosa berusia lebih dari */ tahun. (. 0estational Diabetes Mellitus 10DM2 Diabetes mellitus tipe ini menjangkin 3anita yang tengah hamil. 4ebih sering menjangkit di bulan ke enam masa kehamilan. 5esiko neonatal yang terjadi keanehan sejak lahir seperti berhubungan dengan jantung system ner-es yang pusat dan menjadi sebab bentuk "a"at otot atau jika 0DM tidak bisa dikendalikan bayi yang lahir tidak normal yakni besar atau disebutnya makrosomia yaitu berat badan bayi diatas * kg. Gejala-gejala diabetes mellitus +iga hal yang tidak bisa di pisahkan dari gejala klasik diabetes mellitus adalah polyuria 1banyak ken"ing2 polydipsia 1banyak minum2 dan polyphagia 1banyak makan2. 6elain gejala-gejala diatas adapula gejala lain yang dirasakan seperti $ %. 6ering mengantuk &. 0atal-gatal terutama didaerah kemaluan (. Pandangan mata kabur *. )erat badan berlebih untuk diabetes tipe & ,. Mati rasa atau rasa sakit pada bagian tubuh bagian ba3ah

/ mg@dl. 8n!eksi kulit terasa disayat gatal-gatal khususnya pada kaki. ?omplikasi ini dapat diartikan sebagai keadaan tubuh tanpa penimbunan .7. 80+ (impaired glucose tolerance)adalah toleransi glukosa terganggu yakni apabila ++0=. gram glukosa gula darah berada antara %*/ mg@dl sampai kurang dari &// mg@dl.Aipoglikemia relati-e jika gejala hipoglikemia terjadi (-. 9. ". 6angat lemah atau "epat lelah %/. Mual-mual dan muntah-muntah %%. b.epat naik darah <.5eaksi hipoglikemia akibat menurunnya kadar glukosa darah se"ara mendadak. ?oma Aiperosmoler Non ?etotik 1?AN?2 0ejala ?AN? adalah adanya dehidrasi yang berat hipotensi dan menimbulkan sho"k. :. . +unggu selama & jam kemudian pengambilan darah yang ke &. • ++0= kadar gula darah & jam sesudah minum 9. Komplikasi Akibat Diabetes Mellitus ?omplikasi akibat diabetes mellitus dapat bersi!at akut dan kronis %. jam setelah makan. Aipoglikemia Aipoglikemia adalah suatu keadaan seseorang dengan kadar glukosa darah di ba3ah nilai normal. +erdapat gula pada air seni %&. Peningkatan kadar gula dalam darah Diagnosis Diabetes Mellitus • ++0= • 8#0 • 80+ . ?omplikai akut diabetes mellitus a. ?etosidosis Diabetik-?oma Diabetik ?omplikasi ini dapat diartikan sebagai suatu keadaan tubuh yang sangat kekurangan insulin dan si!atnya mendadak. Penurunan berat badan se"ara drasti" untuk diabetes mellitus tipe &.Aipoglikemia murni jika kadar glukosa darah kurang dari . 6ementara hasilnya dapat berupa $ • ?adar gula darah sesudah puasa selama :-%/ jam lebih dari %&7 mg@dl. & jam sesudah minum 9.?oma hipoglikemia akibat kadar glukosa darah yang sangat rendah . gram dengan syarat tidak diperbolehkan makan atau minum apa-apa. Puasa %/ jam misalnya dari &%. Pagi hari pengambilan darah (. . .// sampai /7. Ada empat ma"am keadaan hipoglikemia. >ang dilakukan dengan "ara $ %. . 6ementara gula darah yang tinggi tidak selamanya terdiagnosa diabetes mellitus lihat di ba3ah ini $ 8#0 1impaired fasing glucose) adalah kadar gula puasa yang terganggu yakni gula darah setelah puasa :-%/ jam antara %// mg @ dl sampai kurang dari %&7 mg@dl.// &. *. gram glukosalebih dari &// mg@dl. Minum larutan glukosa 9.ntuk mengetahui seseorang menderita penyakit diabetes mellitus atau tidak dapat melakukan tes ++0= yakni tes toleransi glukosa oral.

b. Dua puluh lima kali lebih mudah mengalami kebutaan. Penyakit yang termasuk komplikasi tak spesi!ik dalam diabetes mellitus sebagai berikut $ %2 ?elainan pembuluh darah besar atau makroangiopati diabetika 1Ma. ?oma 4akto Asidosis ?omplikasi ini diartikan sebagai suatu kadaan tubuh dengan asam laknat tidak dapat diubah menjadi bikarbonat. (2 Neuropati diabetika 1Neu. *2 Diabetik !oot 1D#2 dan kelainan kulit seperti tidak ber!ungsinya kulit 1dermatopati diabeti"2 adanya gelembung berisi "airan di bagian kulit 1bulla" diabeti"2 dan kulit mudah terin!eksi. %2 )agian mata kelainan lensa mata 1katarak lentis2 kelainan retina 1retinopati2 dan gangguan sara! mata 1neuropati2 &2 )agian mulut kelainan gusi berupa radang (gingivitis2 dan kelainan jaringan ikut penyangga gigi berupa radang 1periodentitis2. &2 Ne!ropati diabetika 1ND2 gejalanya ada protein dalam air ken"ing terjadi pembengkakan hipertensi dan kegagalan !ungsi ginjal yang menahun. %2 5etinopati diabetika 15D2 gejalanya penglihatan mendadak buram seperti berkabut. ". ". Dua kali tubuh mudah mendapatkan PB? 1penyakit jantung koroner2. 6elain itu komplikasi kronis juga dapat dikelompokkan berdasarkan bagian tubuh yang mengalami kelainan. Dua kali lebih mengalami trombosit otak 1pembekuan darah dibagian otak2.DM2 dan kelainan metabolism dalam jaringan. 4ima kali lebih mudah mengalami gangren. &. Akibatnya harus sering mengganti ka"amata. d. b. +ujuah belas kali lebih mudah mengalami 00? 1gagal ginjal akut2 d. e. ?omplikasi kronis diabetes mellitus dapat dikelompokkan menjadi dua bagian sebagai berikut $ a. ?omplikasi kronis diabetes mellitus ?omplikasi kronis diabetes mellitus telah "enderung mengakibatkan penderitanya mengalami hal-hal sebagai berikut $ a.2 paru.DM2. Benis-jenis komplikasi spesi!ik sebagai berikut. ?omplikasi tak 6pesi!ik ?elainan ini sama dengan non-diabetes mellitus tetapi terjadinya lebih a3al atau lebih mudah. ?omplikasi spesi!ik ?omplikasi sepsi!ik adalah komplikasi akibat kelainan pembuluh darah ke"il atau mikroangiopati diabetika 1Mi. 6elain itu otot lengan atas menjadi lemah penglihatan kembar impotensi sementara mengeluarkan banyak keringat dan rasa berdebar 3aktu istirahat. &2 ?ekeruhan pada lensa mata 1katarak lentis2 (2 Adanya in!eksi seperti in!eksi saluran ken"ing dan tuber"ulosis 1+).lemak sehingga penderita tidak menunjukkan pernapasan yang "epat dan dalam 1kussmaul2. (2 )agian jantung berupa gangguan sara! autonom jantung 1autonomic neuropati diabetic) .D2 gejalanya perasaan terhadap getaran berkurang rasa panas seperti terbakar dibagian ujung tubuh rasa nyeri rasa kesemutan serta rasa terhadap dingin dan panas berkurang.

+ekanan darah tidak normal !. Bika olahraga yang dilakukan ringan mungkin tidak perlu menyesuaikan dosis insulin maupun asupan karbohidrat namun perlu dilakukan monitoring terhadap kadar gula darah se"ara "ermat. Memperbaiki gejala-gejala musuloskeletal yang dimaksud dengan gejala-gejala tersebut adalah kesemutan gatal-gatal linu diujung jari-jari tangan atau persendian lainnya. Meningkatkan kadar kolestrol baik AD4 olahraga teratur dapat menurunkan kadar kolestrol 4D4 yang dapat menyumbat arteri koroner sedangkan A4D mengumpulkan kolestrol C kolestrol untuk dikirimnya ke hati selanjutnya di buang. Men"egah terjadinya diabetes mellitus bagi mereka yang mempunyai ri3ayat keluarga berpenyakit diabetes mellitus.*2 )agian . ". Mata kabur g. d. Memperbaiki kualitas hidup selain meningkatkan kesegaran jasmani karena terkontrolnya system kardio-askuler respirasi gula darah. e. Penentuan 3aktu dosis insulin dan asupan karbohidrat d. .2 )agian sara! berupa gangguan sa!ar peri!er autonom dan sentral. Mengontrol gula darah untuk diabetes mellitus tipe & olah raga yang teratur dapat menurunkan resistensi insulin meningkatkan sensiti-itas insulin di otot-otot dan jaringan lain sehingga kadar gula darah mengalami perbaikan. b. .edera berat d. Menurunkan berat badan untuk diabetis yang memiliki kelebihan berat badan dengan berolahraga dapat memperbaiki resisten insulin mengontrol gula darah dan menghindari resiko penyakit jantung koroner. Nyeri dada bahu dan rahang h. Posisi tempat suntikan Anjuran =lahraga bagi diabetis tipe % $ a. 0ejala hipoglikemi $ 4emas berdebar keringat dingin lapar ingin pingsan. =lahraga Diabetes Man!aat dari olahraga berikut ini penjelasannya $ a. 6esak na!as ". !. 6i!at dosis insulin ". +ingkat "ontrol glisemia b. . 6akit b. Diabetes tidak dianjurkan jika kondisi tubuh dalam keadaan $ a. Benis olahraga e. 72 )agian kulit berupa radang kulit 1dermatitis2 ganguan sara! kulit dan gangren.rogenital berupa impotensi pada pria tidak ber!ungsinya sara! kandung kemih 1diabeti" neurogeneni" -erti"al dis!un"tion2 dan penyakit ginjal 1nefropati diabetic2. (. =lahraga tipe % $ +erdapat !aktor-!aktor yang harus diperhatikan bagi diabetes tipe % sebelum melakukan olehraga yaitu $ a. Pusing e.

0erakan : $ 4angkahkan kaki ke kanan dan ke kiri & langkah tangan mengepal di sisi badan bahu diangkat bergantian ke kanan dan ke kiri 0erakan < $ 4angkahkan kaki ke depan % langkah kepalkan tangan dan simpan di dada tarik ke atas dan ke ba3ah 0erakan %/ $ 4angkahkan kaki ke samping kanan dan kiri sebanyak & langkah tangan direntangkan kedepan dan ke kanan atau kiri gerakan kepala ke kanan dan ke kiri se"ara bergantian 0erakan %% $ Angkat tangan ke depan 6uatu kaki melangkah ke depan dan kaki yang lain mundur lakukan se"ara bergantian. ?arena resiko hipoglikemia beberapa olahraga yang berbahaya tidak dianjurkan terutama jika dilakukan sendirian. !. )erikut ini tujuan pemanasan $ • Adaptasi jantung terhadap seluruh kegiatan senam • Memperbaiki jaringan pembuluh darah dan otot yang telah berubah posisinya • Melan"arkan peredaran darah • Memperbaiki sistem sara! dalam tubuh terutama bagian tulang punggung yang merupakan kumpulan jutaan sara! • Melemaskan otot-otot tubuh agar bisa relaksasi. ". *. e. 0erakan & $ ?aki berjinjit satu dan kedua tangan disimpan dipinggang. 5en"anakan ke depan jika olah raga dilakukan se"ara akti!@atau lama. 0erakan %& $ 4angkahkan kaki ke kanan dan ke kiri bergantian kedua tangan membentuk sudut </D. Bika kadar gula darah tinggi setelah olahraga jangan abaikan makanan dan sna"k yang biasanya diabetis makan pada 3aktu-3aktu yang teratur. d. Bika olahraga itu tidak diren"anakan lebih akti! atau dilakukan selama 3aktu yang relati! singkat mungkin diabetis perlu memakan sna"k yang mengandung karbohidrat selama dan sesudah melakukan olahraga. 4atihan pemanasan 6ebelum masuk ke dalam gerakan inti sebaiknya lakukan pemanasan. 0erakan % $ )adan tegap dengan sikap sempurna. 0erakan 7 $ ?epala dimiringkan ke kanan dan ke kiri kedua tangan disimpan dipinggang jalan ditempat 0erakan 9 $ 4angkahkan kaki ke kanan dan ke kiri % langkah tangan mengepal disisi badan bahu diangkat dan diputar ke belakang. 0erakan 6enam Diabetis a. .b. ?urangi dosis insulin praolahraga sesuai dengan anjuran klinik dan lakukan mentoring kadar gula darah sebelum selama dan sesudah latihan dan "atat hasil-hasilnya. $ 6atu tangan direntangkan sementara tangan yang lain disimpan di dada kepala menoleh bergantian ke kanan dan ke kiri. Bangan sekali-kali mengabaikan dosis insulin. 0erakan ( $ 6alah satu kaki tarik ke belakang ?epalkan kedua tangan simpan diatas dada dan pinggang 4akukan gerakan jalan ditempat dengan ayunan tangan 0erakan * $ 6impan tangna yang terlentang diatas dada tundukan kepala 0erakan .

$ ?aki dibuka lebar satu kaki melangkah ke depan tekuk lutut kiri ke arah kanan silangkan kedua tangan diatas kanan dan kiri. $ Posisi a3al kedua siku di tekuk dan telapak tangan mengepal di sisi pinggang dorong kaki kanan dan kedua lengan kebelakang kemudian dilanjutkan dengan kaki kiri. $ ?aki kanan terbuka tangan kanan tertumpu dipaha kanan tangan kiri lurus keatas. $ 6ikap sempurna. $ 4engkahkan kaki kesamping kanan dan kiri bergantian kedua tangan disimpan di depan lakukan gerakan membuka dan menutup bergantian. $ ?aki kanan atau kiri menekuk ke depan samping kanan atau kiri lurus kebelakang kedua tangan bertumbu dipaha $ ?aki kanan diluruskan tangan kanan menyentuh ujung kaki kanan lakukan bergantian. $ )adan menghadap kanan atau kiri tangan direntangkan ke atas salah satu kaki ditarik kebelakang. dan &: $ ?aki kiri melangkah kedepan kedua tangan diluruskan kedepan ditarik kebelakang dan ditahan di depan dada disamping telinga lakukan bergantian.0erakan %( 0erakan %* 0erakan %. $ ?edua kaki terbuka kedua tangan disamping kepal sejajar dengan bahu putar sisi tubuh kearah kanan dan kiri bergantian $ Ayunkan lengan ke samping kiri dan kanan bergantian kaki kiri dan kanan ditekuk kebelakang. 4atihan inti • +angan kanan lurus kedepan • +angan kiri lurus kedepan • +angan kanan lipat ke bahu kiri • +angan kiri lipat ke bahu kanan • +elapak tangan kanan buka di samping telinga • +elapak kiri di buka disamping telinga kiri. $ Ayunkan kedua lengan bersamaan tangan kanan lurus disisi bahu kanan sejajar dengan bahu dan tangan kiri lurus sejajar dengan bahu kaki kanan diangkat kemudian seterusnya. $ ?edua tangan diangkat keatas kaki kanan serong ke kanan depan se"ara bergantian. $ +ubuh kanan di"ondongkan kearah kanan tangan kanan seperti menyentuh tumit kaki kanan begitupun dengan sebelah kiri $ ?aki dibuka lutut sedikit ditekuk ayunkan tangan kanan serong kea rah kiri. 0erakan %7 0erakan %9 0erakan %: 0erakan %< 0erakan &/ 0erakan &% 0erakan && 0erakan &( 0erakan &* 0erakan &. $ +ubuh menghadap ke kanan atau kiri tangan lurus ke kanan atau kiri sejajar dengan bahu dan ditarik statis. . 0erakan &7 0erakan &9 0erakan &< 0erakan (/ b. $ ?aki kiri melangkah kedepan kedua tangan tertumpu dikedua paha lutut kanan ditekuk.

$ 6ikap sempurna $ 4angkahkan kaki kiri ke samping lutut kiri ditekuk kedua lengan direntangkan kepala ditundukkan. $ ?aki kiri melangkah ke samping ?edua tangan direntangkan sejajar dengan perut. Pendinginan Pendinginan % $ )adan tegak langkahkan kaki kanan ke depan % langkah kepalkan tangan angkat ke atas dengan hitungan angkat dan tarik tangan sejajar dengan bahu $ ?aki melangkah kedepan tangan mengepal dari perut diangkat ke atas kepala lakukan seterusnya $ +angan kanan mengepal badan serong ke kanan kaki kiri membuka ke samping kiri. $ ?aki kiri di depan tangan kiri dibentangkan ke belakang tangan kanan menjadi penyangga. $ ?edua tangan mengayin ke atas kaki langkahkan ke kanan dan kiri. . $ )uka kaki kiri ke samping kiri kedua tangna sejajar dengan dada rentangkan tangan keba3ah lakukan bergantian dengan kaki kanan. Pendinginan ( $ ?aki kanan melangkah kedepan tangan dibentangkan. $ ?edua tangan direntangkan sejajar bahu dengan kedua tangan di kepal di dada kaki langkahkan ke kanan dan kiri. Pendinginan * $ ?aki kiri maju kedepan lutut ditekuk kedua lengan direntangkan kedepan telapak tangan menghadap ke dalam. Pendinginan & $ ?aki kanan di buka lengan di depan dada tubuh ditarik ke arah kanan dan ditahan beberapa detik. Pendinginan . $ +angan di depan dada rentangkan bersamaan melangkah ke samping kanan dan kiri. 5elaksasi %7 ". $ )uka kaki langkahkan ke depan kaki kanan dan kaki kiri mundur ke belakang angkat kedua tangan keatas.8nti % 8nti & 8nti ( 8nti * dan . Pendinginan 7 $ ?aki kiri maju kedepan kaki kanan ke belakang kedua tangan bertumpu dipaha. 8nti 7 8nti 9 8nti : 8nti < 8nti %/ 8nti %% 8nti %& 5elaksasi %( 5elaksasi %* 5elaksasi %. $ )uka kaki langkahkan ke depan kaki kanan dan kaki kiri mundur ke belakang telapak tangan dibuka tangan kiri bentangkan dan kanan simpan di dada ayunkan ke kanan ke kiri. $ Angkat kaki kiri kebelakang kedua tangan bentangkan ke depan lakukan bergantian dengan kaki kanan. $ 4angkahkan ke depan kaki kiri tangan kiri direntangkan tangan kanan simpan di dada kedua tangan mengayun ke kanan ke kiri. $ ?edua tangan mengepal kemudian tarik ke belakang kaki kanan melangkah kedepan lakukan se"ara bergantian dengan kaki kiri. $ Melangkah maju % langkah tangan mendorong ke depan mundur % langkah tangan dorong ke depan kemudian rentangkan keatas.

?urniali &/%(. $ Menghadap ke kanan rentangkan tangan kanan seperti menyentuh ujung kaki kiri kaki kiri ditekukkan kaki kanan lurus sejajar dengan tangan. $ Menghadap ke kanan kaki kiri jinjit kaki kanan lurus dan kedua lengan ke atas $ ?aki kiri tarik kebelakang kaki kanan tekuk kedua tangan bertumpuk di kaki kanan. $ ?aki kanan melangkah kesamping kedua lengan direntangkan ke samping kedua lutut ditekuk sedikit. $ 6ikap sempurna. Bakarta $ 0ramedia .Pendinginan 9 Pendinginan : Pendinginan < Pendinginan %/ Pendinginan %% Pendinginan %& Pendinginan %( $ ?aki dibuka ke samping tangan kanan menarik sikut kiri kearah belakang. Aidup )ersama Diabetes. $ Menghadap ke kanan kaki kanan tekuk dan kaki kiri lurus kedua tangan lurus menghadap kanan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful