Penyebab Nyeri Bahu & Leher

           

Yang paling sering adalah cedera pada jaringan lunak di daerah bahu dan leher seperti otot, tendon, dan ligaments. Arthritis degenerative pada tulang punggung bagian leher yang dapat menyebabkan syaraf terjepit sehingga menyebabkan nyeri pada daerah sekitar bahu dan leher. Kondisi degenerative pada tulang leher yang disebut spondylosis cervical. Bursitis atau radang pada kantung sendi bila terjadi pada sendi di sepanjang tulang leher. Tendinitis, atau radang pada tendon di sekitar bahu dan leher Rotator cuff injuries atau injuries yang terjadi pada tendon yang menopang bahu, sehingga terjadi yang disebut frozen shoulder. Dapat terjadi pada aktivitas mengangkat atau gerakan melempar. Trauma karena terjatuh dapat menyebabkan kerusakan atau patah tulang leher sudah tentu menyebabkan nyeri. Trauma terjadi pada tendon yang mengikat antara tulang clavicula dan scapula. Whiplah injury, yaitu cedera pada tulang leher saat bergerak dalam kendaraan secara tiba-tiba atau berhenti tiba-tiba. Penyakit kantung empedu; dapat menyebabkan nyeri pada bahu dan leher sebelah kanan. Serangan jantung; dapat terjadi referred pain yang menjalar sampai ke bahu dan leher.

Saat ini, penyebab terbanyak adalah penyakit leher degenerasi karena proses penuaan dan aktivitas yang berlebihan. Di beberapa orang, adanya masalah tulang belakang bagian leher menimbulkan daerah · · · · · Infeksi lain. Syaraf Ligamental Ruas tulang rasa sakit nyeri – cedera belakang otot leher di punggung local pada kompresi – – tulang keseleo peradangan atas, leher bahu, dapat atau atau sendi – dan disebabkan iritasi pukulan kecil lengan. oleh: saraf cemeti (facet) retak Jika kita bagi kategori nyeri leher, nyeri dapat timbul baik secara lokal atau berasal dari Penyebab leher dan Kerangka

Bahkan ketika penyebab sakit leher adalah jinak, hal ini yang bisa sangat melumpuhkan. Oleh karena itu, kita tidak boleh meremehkan nyeri otot dari leher karena terkilirnya otot lokal yang dapat menyebar hingga bahu, lengan dan bahkan jari. Terkadang rasanya mirip seperti nyeri dada atau nyeri menusuk pada bahu.

 

Berikut macam-macam penyakit inflamasi di tulang belakang: • Rheumatoid Arthritis Rheumatoid arthritis dapat merusak sendi-sendi di leher dan mengakibatkan kekakuan, biasanya di daerah leher bagian atas.

Degenerasi

Diskus

Intervetebral

Cervical

(Spondylosis)

Degenerasi disk biasanya terjadi pada usia 40 tahun atau lebih. Disk dapat menonjol dan memberikan tekanan terhadap saraf tulang belakang ketika tepi dari disk melemah.

di antara skapula mereka dan menyebabkan lengan lemah. Sakit leher kronis dapat menyebabkan penurunan kondisi. leher dan punggung atas. dan kekakuan. rasa sakit itu bisa menjadi akut. pinggang bawah. jika dibiarkan tidak diobati untuk waktu yang lama. Jenis rasa sakit ini dapat dihilangkan dengan pijatan atau akupresur untuk periode waktu yang singkat. Pasien mungkin mengalami kekakuan sendi di tangan. yang dapat merusak saraf tulang belakang dan berpotensi mengakibatkan kelumpuhan. melibatkan tangan dan kaki atau nyeri leher. Bila gangguan sakit leher tidak hilang setelah enam minggu. pasien ini memiliki banyak titik picu lemah di atas bahu mereka. kontraktur (leher bengkok). bokong. Hal ini dapat disertai dengan rasa kebas di bahu ataupun tangan. Pada umumnya. otot kaku. kadang begitu kuat hingga membangunkan pasien dari tidur.  Hanya sedikit obat penghilang rasa sakit dapat mengurangi nyeri leher. Namun.  • Fibromyalgia—Nyeri otot yang secara umum melibatkan leher. dapat mengakibatkan cedera leher disertai fraktur atau dislokasi tulang leher. Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter. Rasa sakit kerap terasa tajam dengan masing-masing durasi berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam. kaki. Bergantung pada derajat tonjolan.  • Gejala nyeri miofasial—Sering kali.   Apa yang terjadi bila tidak diobati? Mengobati nyeri leher akut guna mencegahnya menjadi kronis. Ada sering keterlibatan kelelahan yang parah. nyeri perut. Akan ada penurunan gerakan leher. atau tekanan psikologis. Nyeri ini bisa menyebar ke bahu dan/atau lengan.   Gejala berkaitan dengan nyeri leher: • Tonjolan diskus serviks—Diskus yang terselip di daerah leher dapat menyebabkan nyeri leher berkepanjangan dengan kekakuan yang konstan di sekitar leher dan otot bahu. dapat mengakibatkan cedera di leher. bahkan mungkin membengkokkan tubuh. Lebih parahnya. cedera mengenai jaringan lunak. Tabrakan mobil dapat mengakibatkan hyperextension(gerakan leher ke belakang di luar batas normal) atau hyperflexion (gerakan leher maju melampaui batas normal). ruas tulang belakang dapat dipersempit ke berbagai tingkat—memberikan rasa kebas dan kelemahan pada tangan. bahu. .  • Sakit kepala cervicogenic—sakit kepala tertentu yang berhubungan dengan nyeri leher. Nyeri ini mungkin dipicu oleh stres. dan leher pada pagi hari  • Rheumatoid arthritis—Gangguan sistemik yang melibatkan kondisi inflamasi poly arthritis. Mereka muncul secara spontan. dan anggota gerak. • Cedera Kecelakaan kendaraan bermotor atau kecelakaan olahraga dan jatuh.

dan pengguna obat steroid dalam waktu lama. Nyeri pinggang akibat osteoporosis.   . Nyeri jenis ini menyebabkan tulang mudah patah atau gepeng. Pengobatannya cukup istirahat. otototot leher menegang dan leher memendek sehingga menyebabkan sendi leher tertekan. Biasanya menyerang wanita menopause. Diperlukan diagnosis dengan MRI untuk memastikan HNP atau bukan. terutama kaum wanita dan lansia. tumor prostat. Nyeri pinggang hernia nucleus pulposus (HNP). dan fisioterapi.Untuk mencegah. Gejala berupa nyeri mendadak jika seseorang melakukan kegiatan berat dalam waktu lama. Disarankan agar selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi nyeri pinggang akibat tumor. Hal ini terjadi karena pemeriksaan klinis seringkali tidak sesuai dengan gejala. orang yang malas berolahraga. Nyeri pinggang akibat tumor ganas. Nyeri pinggang psikogenik. Contohnya. Sakit pinggang akut atau jangka pendek umumnya berlangsung hanya beberapa hari sampai minggu. Umumnya disebabkan cedera otot dan ligamen. minum obat analgesik. Jenis ini merupakan yang paling berat dan biasanya berasal dari keganasan tumor di tempat lain. Dari seluruh kasus nyeri pinggang. angka kejadian nyeri pinggang nonspesifik berkisar 85 persen. Studi telah menunjukkan bahwa stres mengurangi pernapasan seseorang. kaum perokok. • Efek stres—Jika seseorang bergegas untuk memenuhi tenggat waktu. Pengobatan bisa dengan obat analgesik. dokter bisa memberi suntikan lokal. istirahat. Sakit pinggang disebut kronis bila berlangsung lebih dari 3 bulan. Biasanya sudah kronis dan berlangsung selama tiga bulan. tanpa sadar. serta kram. dianjurkan selalu memeriksa kepadatan tulang secara rutin. peminum alkohol. jika terpaksa. mengompres nyeri dengan air hangat. mengurangi oksigenasi untuk sejumlah otot tertentu   Jenis Menurut lamanya. Operasi bisa ditempuh bila salah satu atau kombinasi pengobatan gagal dan nyeri bertambah patah. Jenis Nyeri Pinggang Nyeri pinggang nonspesifik. sakit pinggang terdiri dari dua jenis. dan lainnya. tumor payudara. Dapat ditemukan pada penderita depresi dan kecemasan. Merupakan penyebab tersering untuk nyeri pinggang yang menjalar hingga ke tungkai kaki.

500. Hal lain yang dapat memperbesar risiko gangguan tulang belakang ialah genetik seperti serat kolagen yang lemah dan faktor psikologi. Berat badan yang berlebih. Sedangkan. membungkuk. bagian tengah belakang (thoracal). kasus pembedahan nyeri pinggang diperkirakan mencapai 3 kali lipatnya dalam setahun. rasa nyeri karena ligamen terutama prosesus transversus dengan os iliaca akan terasa sangat sakit terutama saat seseorang mengangkat beban.  Penderita masalah tulang belakang pada usia produktif biasanya berumur tidak lebih dari 45 tahun. Faktor risiko nyeri tulang belakang antara lain kegemukan. Penyebab nyeri pinggang paling banyak karena otot (strain) dan ligamen (sprain lumbal). Postur statik. Rasa sakit karena otot biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Sebagian besar sakit pinggang disebabkan oleh trauma punggung bawah atau gangguan seperti sciatica dan artritis.Penelitian tentang angka kejadian nyeri pinggang tahun 1993 di Inggris.   Faktor risiko lainnya ialah mengangkat beban berat berulang. terutama bagian perut.000 setahun warganya berakhir dengan pembedahan dengan prevalensi populasi 16. Trauma tersebut dapat disebabkan oleh   . Gangguan tulang belakang ditandai dengan nyeri di leher (neck pain) dan nyeri pada bagian pinggang bawah (low back pain). misalnya.000. dan menggunakan alat dengan getaran. Ketika tulang belakang terganggu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Tulang belakang manusia merupakan organ tubuh yang amat vital karena berfungsi menopang berat badan. Di Indonesia. dan bawah belakang (lumbal/pinggang). Gangguan pada tulang belakang mengakibatkan absensi yang tinggi. duduk terlalu lama juga merupakan faktor risiko utama. seringnya kunjungan ke dokter. dan penyebab disabilitas tertinggi sehingga memengaruhi produktivitas bekerja. Rasa nyeri hebat ini biasanya terjadi karena ruptur. gerak berlebihan. sebanyak 24. memaksa tubuh membentuk postur yang tidak sehat (memberikan tekanan berlebihan untuk tulang belakang) untuk mengatasi gravitasi.  Tulang belakang meliputi tulang leher (cervical).

kadang akan menyebabkan peradangan pada saraf dan timbul nyeri linu pada pinggang. atau tersentak tiba-tiba seperti kecelakaan mobil atau tekanan pada tulang belakang lainnya. Kadangkadang. pinggang bawah dan pantat. osteoarthritis dan penonjolan tulang. Osteoarthritis Osteoarthritis adalah bentuk umum dari arthritis yang terjadi karena penambahan usia. Terkadang juga dapat dapat menyebabkan nyeri pinggang. ligamen dan cakram berada di bawah tekanan yang terlalu kuat. seperti mengangkat mebel atau melakukan pekerjaan berat seperti mencangkul. kaku/keterbatasan rentang gerak. Penyebab lain yang paling umum adalah menggunakan otot-otot punggung Anda dalam kegiatan yang tidak biasa Anda lakukan. tulang rawan akan menjadi lebih tipis   . Tetapi hal ini biasanya normal terjadi dan merupakan bagian dari penuaan yang biasanya disebut dengan penggembungan cakram.cedera olahraga. meski sering dikenal dengan penyakit degeneratif cakram. Kondisi ini dikenal dengan sciatica yang akan terasa hingga kaki. Semakin tua. Nyeri sendi facet Sendi facet dipasok oleh dua saraf dan jika salah satu saraf mengalami peradangan atau terjepit akan terasa sangat menyakitkan. bekerja di rumah atau di kebun. Hal ini adalah penyebab paling umum dari nyeri pinggang karena otot-otot. Ini hanya merupakan istilah yang mengacu pada kondisi cakram yang kehilangan kadar air dan elastisitas terkait pertambahan usia. Tetapi kondisi ini bukanlah suatu penyakit. atau ketidakmampuan berdiri tegak. rasa sakit yang dirasakan di pinggang dapat menjalar sampai ke tempat lain dari tubuh.  Gejala sakit pinggang berkisar pada sakit otot yang menusuk atau nyeri. Spinal stenosis Hal ini terjadi ketika kanal tulang belakang menyempit yang paling sering disebabkan oleh radang sendi. Salah posisi ketika mengangkat barang Latihan intens atau mengangkat barang yang terlalu berat dalam posisi yang salah juga dapat menjadi penyebab rasa sakit pada pinggang. Saraf terjepit Jika cakram tulang belakang terdorong keluar dan menekan saraf. Penyebab Sakit Pinggang Nyeri cakram tulang belakang Rasa nyeri pada pinggang juga dapat disebabkan karena salah satu cakram tulang belakang terdorong sedikit keluar. sehingga membuat saraf terdesak dan menyebabkan rasa sakit.

Masalah kesehatan lainnya Sakit pada pinggang juga dapat menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius. Fibromyalgia Kondisi ini sebagian besar terjadi pada perempuan yang merupakan gangguan cara alami tubuh terhadap respon nyeri. Hal ini disebabkan oleh pengolahan mekanisme pada otak diamana bersifat hipersensitif terhadap masukan sensorik atau kurangnya mekanisme alami untuk menghambat rasa sakit. Jika Anda memiliki riwayat kanker. segeralah mencari pertolongan medis. Tumor dan kanker Nyeri tulang belakang dapat juga terkait dengan tumor walaupun relatif kecil. Kanker di bagian lain. seperti payudara dan usus. penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.dan tidak kompresibel sehingga jika terjadi gesekan antar tulang akan terjadi iritasi mekanis dan dapat menyebabkan rasa sakit.7 persen. kemudian menyebar ke tulang belakang . Sekarang diperkirakan 1.5 persen-2 persen seiring dengan pertambahan jumlah penderita kanker. atau jika sakit pinggang Anda berhubungan dengan demam. atau kehilangan kontrol kandung kemih atau usus. yakni 0.