P. 1
Pengenalan Microsoft Word

Pengenalan Microsoft Word

|Views: 4,357|Likes:

More info:

Published by: Farizal Akbar Rofiussan on Aug 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/15/2013

pdf

text

original

Pengenalan Microsoft Word

Pada bagian Baris Judul, dapat kita lihat nama file yang sedang kita buka, jika kita belum menyimpan Istilah Menu yang digunakan dalam Ms-Word mempunyai pengertian yang hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam menu ini, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada Baris Menu.
Contoh:

dan memberi nama pada file yang kita buka, biasanya Ms-Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1,2,3 dst.

memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut. II. Memulai Mengoperasikan Ms-Word

A. Membuka Ms-Word

Untuk membuka Ms-Word, ada beberapa langkah yang harus dilakukan , yaitu: 1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar 2. Pilih menu Program 3. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Ms-Word. Tunggu sampai jendela program Ms-Word ditampilkan, seperti gambar di bawah ini:

B. Membuat Dokumen baru

Jika kita baru memulai mengoperasikan Ms-Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulis. Namun jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen

baru: 1. Pilih Menu File, klik tombol New kemudian pilih Blank Document. Jendela siap untuk digunakan untuk mengetik. 2. Atau bisa dengan cara mengklik tombol New Document yang ada pada baris menu. 3. Selain kedua alternatif diatas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka akan tampil dokumen baru pada layar.

C. Membuka File yang sudah tersimpan

1. Klik menu file dan klik tombol open, akan tampil kotak dialog open. 2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. 3. Klik nama file yang akan dibuka 4. Klik tombol open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Ms-Word. Alternatif lain: 1. Klik tombol Open File pada baris menu. 2. Atau tekan Ctrl+O Dari kedua cara diatas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilih File yang ingin dibuka dengan menentukan FolderToolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara
Toolbar Standar Toolbar Format

nya terlebih dahulu. Klik tombol Open, maka file yang dipilih akan
Kotak Dialog “Open”

D. Menyimpan Dokumen

1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen. 2. Pada jendela Ms-word, pilih File, klik tombol Save. 3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik

Save. 4. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan kehilangan hasil ketikan jika terjadi komputer padam secara mendadak. Alternatif lain dalam penyimpanan File: 1. Klik tombol Save pada baris menu. 2. Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard. Dari cara keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save.

E. Menutup File Dokumen

1. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file pada jendela Ms-Word, pilih menu File, klik tombol Close, maka Ms-Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif. 2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol Close pada baris menu.

F. Menutup Jendela Microsoft Word

1. Pada jendela Ms-Word, pilih menu File, klik Exit, maka jendela Ms-Word akan tertutup. 2. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar. 3. Selain dengan menu file, menutup jendela Ms-Word juga dapat dilakukan dengan mengklik tombol Close yang terletak dipojok kanan atas dari jendela Ms-Word. dibuka oleh Ms-Word. Tampilannya seperti di bawah ini:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->