P. 1
OBLIGASI

OBLIGASI

|Views: 11|Likes:

More info:

Published by: Laurensius Rulf Revan on Nov 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2014

pdf

text

original

Kelompok 3 : 1.

Pengertian 
Utang jangka panjang yang akan dibayar kembali pada saat jatuh tempo dengan bunga tetap jika ada.

Obligasi vs Saham Obligasi Bukti pengakuan hutang Memperole h bunga Jangka waktu terbatas Tidak memiliki hak suara dalam RUPS  SAHAM Bukti Kepemilikan perusahaan Memperoleh dividen Jangka waktu tidak terbatas Memiliki hak suara dalam RUPS .

KODE OBLIGASI  sebagai cara untuk membedakan obligasi satu dan lainnya . untuk kepentingan pencarian serta untuk menunjukkan karateristik obligasi. .

AAAA : Singkatan nama dari perusahaan BBB : Kode untuk nomor obligasi yang diterbitkan CC : Suku bunga (jika mempunyai beberapa suku bunga) dan opsi-opsi turunan. revenue sharing . yaitu B  Bonds C  Convertible bonds W Bonds with warrants T  Medium term notes Y  Money market M  Miscellanous E : Tipe dari suku bunga yaitu F  Fixed rate Z  Zero rate V  Floating rate. fix and floating rate FG : Kode dari scriptless . D : Tipe dari obligasi .

Obligasi Astra Graphia I dengan kode obligasi : ASGR01XXBFTW ASTRA GRAPHI A1 Obligasi pertama bond  Kode dari scriptles s Bung a tetap Kode tidak di gunakan .

Obligasi seri (term bond) Suatu kelompok obligasi yang obligasiobligasinya akan jatuh tempo berurutan yaitu satu atau lebih obligasi akan jatuh tempo peroide berikutnya setelah satu atau lebih obligasi lainnya jatuh tempo.OBLIGASI SERI DAN TERMIN  1. Obligasi termin (Bond term) Obligasi-obligasi yang jatuh tempo bersamaan waktunya. . 2.

Namun. berdasarkan suatu acuan (benchmark) tertentu seperti average time deposit (ATD) yaitu rata-rata tertimbang tingkat suku bunga deposito dari bank pemerintah . obligasi dengan tingkat kupon bunga yang ditentukan sebelum jangka waktu tersebut. atau badan usaha swasta. obligasi dengan kupon yang dapat diuangkan secara periodik sesuai dengan ketentuan penerbitnya. Fixed coupon bonds Floating coupon bonds obligasi dengan tingkat kupon bunga yang telah ditetapkan sebelum masa penawaran di pasar perdana dan akan dibayarkan secara periodik.Macam-macam obligasi Jenis Penerbit Corporate bonds Government bonds Keterangan obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan. obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah pusat  Municipal bond obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah untut membiayai proyek-proyek yang berkaitan dengan kepentingan publik (public utility) Sistem pembayar an bunga Zero coupon bonds Coupon bonds obligasi yang tidak melakukan pembayaran bunga secara periodik. bunga dan pokok dibayarkan sekaligus pada saat jatuh tempo. baik yang berbentuk badan usaha milik negara (BUMN).

Hak penukaran/opsi Convertible Bonds obligasi yang memberikan hak kepada pemegang obligasi untuk mengkonversikan obligasi tersebut ke dalam sejumlah saham milik penerbitnya obligasi yang memberikan hak kepada pemegang obligasi untuk menukar saham perusahaan ke dalam sejumlah saham perusahaan afiliasi milik penerbitnya. Exchangeable Bonds Callable Bonds Putable Bonds  Guaranteed Bonds Mortgage Bonds Collateral Trust Bonds obligasi yang memberikan hak kepada emiten untuk membeli kembali obligasi pada harga tertentu sepanjang umur obligasi tersebut obligasi yang memberikan hak kepada investor yang mengharuskan emiten untuk membeli kembali obligasi pada harga tertentu sepanjang umur obligasi tersebut obligasi yang dijamin dengan kekayaan tertentu dari penerbitnya atau dengan jaminan lain dari pihak ketiga Obligasi yang pelunasan bunga dan pokoknya dijamin denan penangguangan dari pihak ketiga Jaminan atau kolateralnya Secured Bonds obligasi yang pelunasan bunga dan pokoknya dijamin dengan agunan hipotik atas properti atau asset tetap obligasi yang dijamin dengan efek yang dimiliki penerbit dalam portofolionya. misalnya sahamsaham anak perusahaan yang dimilikinya Unsecured Bonds obligasi yang tidak dijaminkan dengan kekayaan tertentu tetapi dijamin dengan kekayaan penerbitnya secara umum .

Syariah Bonds Mudharabah Ijarah obligasi yang perhitungan imbal hasil dengan menggunakan perhitungan bagi hasil. dan bisa diketahui/diperhitungkan sejak awal obligasi diterbitkan . baik corporate bonds maupun government bonds Perhitungan imbas hasil Konvensional Bonds obligasi yang diperhitungan dengan menggunakan sistem kupon bunga. Rp 1 miliar per satu lot Retails bonds  obligasi yang diperjual belikan dalam satuan nilai nominal yang kecil. Dalam perhitungan ini dikenal dua macam obligasi syariah obligasi syariah yang menggunakan akad bagi hasil sedemikian sehingga pendapatan yang diperoleh investor atas obligasi tersebut diperoleh setelah mengetahui pendapatan emiten obligasi syariah yang menggunakan akad sewa sedemikian sehingga kupon (fee ijarah) bersifat tetap.Nilai nominal Konvensional bonds obligasi yang lazim diperjualbelikan dalam satu nominal.

Pasar obligasi   Dulunya di Indonesia. .  Sejak BEJ dan BES bergabung menjadi BEI maka obligasi diperdagangkan di BEI. obligasi diperdagangkan di Bursa Efek Surabaya (BES).

yaitu tingkat suku bunga kupon dikalikan dengan nilai par obligasi NJTn = nilai jatuh tempo obligasi .Nilai obligasi   Nilai Maturiti obligasi : nilai yang dijanjikan akan dibayar pada saat obligasi jatuh tempo  Nlai Pasar Obligasi : nilai jual obligasi yang terdaftar dipasar modal disaat tertentu  Nilai Intrinsik Obligasi  𝑁𝑂 ∗= 𝐾₁ 𝐼+𝑖 1 + 𝐾₂ (𝐼+𝑖)² +…+ 𝐾𝜂 𝑁𝐽𝑇𝑛 + (𝐼+𝑖)ᴺ (𝐼+𝑖)ᴺ Dimana : NO* = Nilai intrinsik dari obligasi I = suku bunga diskonto yang digunakan Kt = nilai kupon ke-t dari t=1 sampai dengan n.

Likuiditas Obligasi   Likuiditas obligasi menunjukkan seberapa cepat investor dapat menjual obligasinya tanpa harus mengorbankan harga obligasinya  Ada rentang permintaan-penawaran (bid-ask spread) yang menunjukkan perbedaan antara nilai permintaan tertinggi investor mau menjual dan penawaran terendah dealer mau membeli .

Hasil Obligasi   Ada beberapa cara pengukuran obligasi antara lain :  Current yield (hasil sekarang)  Yield to maturity (hasil sampai maturiti)  Yield to call (hasil sampai ditarik) .

Current Yield   Rumus perhitungan current yield :  Current yield biasanya akan dilaporkan secara harian di media massa .

 Rumus perhitungan YTM :  YTM = yield to maturity  NO = nilai pasar sekarang dari obligasi  Kt = nilai kupon obligasi ke-t dengan t=1 sampai dengan n  NJTn = nilai jatuh tempo obligasi (nilai par) .Yield to Maturity   YTM adalah tingkat return dari obligasi yang dibeli dengan harga pasar sekarang dan disimpan sampai jatuh tempo.

... maka :      YTM t NO K NJTn = yield to maturity = periode waktu ke t dari t=1 sampai dengan n = nilai pasar obligasi saat ini = nilai kupon obligasi = nilai jatuh tempo obligasi (nilai par) ..=Kn).Cont’d   Rumus perhitungan YTM dengan nilai bunga yang konstan (K1=K2=.

YTM juga dapat dihitung menggunakan rumus :  Untuk pure-discount bond (obligasi tanpa membayar kupon) : .Cont’d   Selain itu.

Yield to Call   Yield to call (hasil sampai ditarik) adalah return dari obligasi dari sekarang sampai dengan tanggal obligasi ditarik kembali. sedangkan YTM dihitung dari sekarang hingga jatuh tempo .  Perhitungan YTC dengan YTM dapat menggunakan rumus yang sama  Perbedaannya adalah YTC dihitung dari sekarang hingga ditarik.

Hak obligasi semacam ini disebut dengan hak tarik atau provisi tarik (call provision) . Beberapa keuntungan yang didapatkan oleh penerbit obligasi adalah:  Utang perusahaan dapat dikurangi sewaktu-waktu jika aliran kas perusahaan tersisa  Obligasi dengan kupon yang tinggi dapat dihentikan dan diganti dengan obligasi lainnya yang memberikan kupon lebih rendah jika bunga menurun  Menyediakan sinyal baik bagi perusahaan yang menunjukkan bahwa perusahaan menguntungkan sehingga tersedia banyak aliran kas tersedia dan perusahaan beranggapan bahwa obligasi adalah murah untuk ditarik kembali  Menyediakan opsi tarik (call option) kepada perusahaan dengan gratis .HAK TARIK  Penerbit obligasi akan lebih menyukai jika mempunyai pilihan untuk sewaktuwaktu sebelum jatuh tempo.

HAK TARIK   Kebalikannya untuk investor. obligasi yang mempunyai call provision merugikan investor sehingga harga obligasi ini akan lebih rendah dibandingkan dengan obligasi sejenis yang tidak memiliki hak tarik. Dengan demikian harga dari obligasi dengan call provision adalah nilai obligasi yang tanpa call provision dikurangi dengan nilai call option. .

. Premium risiko (risk premium) adalah perbedaan antara YTM diharapkan dengan YTM suatu obligasi bebas gagal yang mempunyai nilai kupon dan waktu marturiti yang sama. Premium gagal (default premium) adalah perbedaan hasil dari YTM dijanjikan dengan YTM diharapkan.RENTANG HASIL  Adalah perbedaan antara yeld to marturity yang dijanjikan dengan YTM suatu obligasi bebas gagal (default free) yang mempunyai nilai kupon dan waktu marturiti yang sama.

RENTANG HASIL   YTM diinginkan (Y) dapat dihitung dengan rumus: Y= Keterangan :     Y = YTM dijanjikan Y’ = YTM diharapkan Pd = Probabilitas obligasi akan gagal £ = Nilai obligasi yang tidak terbayar relatip terhadap harga pasar sekarang .

Peringkat obligasi dapat digunakan sebagai proksi dari risiko obligasi. Dua buah agen peringkat obligasi terkenal di dunia adalah Standard & Poor’s (S&P) Corp. dan Moody’s Investor Service Inc.RISIKO OBLIGASI  Risiko dari obligasi adalah kemungkinan obligasi tidak terbayar (default). Sedangkan di Indonesia ada PT PEFINDO dan PT KASNIC. Peringkat obligasi adalah simbolsimbol karakter yang diberikan oleh agen peringkat untuk menunjukkan risiko dari obligasi. .

TEOREMA PENILAIAN OBLIGASI  Teorema penilaian obligasi ini menjelaskan mengenai bagaimana hubungan antara harga obligasi akibat perubahan – perubahan suku bunga. Harga obligasi akan berubah dengan berubahnya suku bunga dan lamanya maturiti. Hasil pasar atau market yield menunjukkan hubungan antara perubahan suku bunga dengan harga obligasi. maturiti dan nilai kupon. Hasil pasar atau market yield adalah hubungan antara perubahan suku bunga terhadap harga obligasi. .

Perubahan harga yang terjadi akibat hubungan antara maturiti obligasi dan volatilitas harganya akan semakin besar dengan tingkat menurun sejalan dengan meningkatnya maturiti.TEOREMA PENILAIAN OBLIGASI  Malkiel memperkenalkan lima teoremaa tentang hubungan antara harga – harga obligasi dengan hasil – hasilnya (yield). 3. Dengan maturiti konstan. . Persentasi perubahan harga obligasi akibat dari perubahan suku bunga akan lebih kecil jika tingkat kupon lebih tinggi. Harga dari obligasi akan bergerak berlawanan dengan hasil pasar. 4. penurunan suku bunga akan menaikkanharga obligasi dengan basis persentasi lebih besar dibandingkan dengan peningkatan suku bunga yang sama besarnya yang akan menurunkan harga obligasi. Untuk suatu perubahan suku bunga yang tertentu. 1. yaitu semakin lama maturitinya. besarnya perubahan harga obligasi akan berhubungan positif dengan waktu maturiti. Teorema ini disebut Malkiel’s bond theorems. 2. 5. semakin besar perubahan harga obligasinya.

berbasis pada nilai sekarang. Obligasi dengan durasi yang sama kemungkinan akan bereaksi dengan cara yang sama akibat perubahan dari suku – suku bunga dibandingkan dengan obligasi yang mempunyai lama maturiti yang sama tetapi berbeda durasinya Durasi adalah pengukur dari umur hifup ekonomis dari suatu obligasi dengan mempertimbangkan semua bentuk dan besarnya aliran kas keseluruhan dari obligasi sampai jatuh temponya. dari waktu untuk menutup nilai – nilai kupon dan prisipal dari suatu obligasi. Durasi dihitung dengan rata – rata tertimbang. .DURASI OBLIGASI  Untuk mengukur umur hidup ekonomis suatu obligasi diperlukan suatu pengukuran yaitu durasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->