P. 1
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

4.5

|Views: 15,103|Likes:
Published by alpukatkiller

More info:

Published by: alpukatkiller on Aug 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2013

pdf

text

original

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT / PUBLIC SERVICE ADVERTISING

Iklan Layanan Masyarakat [ILM] adalah jenis periklanan yang dilakukan oleh suatu organisasi komersial/non komersial (sering juga dilakukan oleh pemerintah) guna mencapai tujuan sosial terutama untuk kesejahteraan atau kebaikan masyarakat. Ada juga yang mengatakan, bahwa ILM adalah sarana ‘penebus dosa’ periklanan atas beberapa kritikan yang dialamatkan kepadanya karena beberapa tuduhan, misalnya pembohong, penghasut dan sebagainya. Oleh karena itu, pihak periklanan melaksanakan tugas sosialnya, yaitu membuat ILM untuk membentuk masyarakat melakukan penyadaran sosial atas situasi serta kondisi sekitarnya.

Ciri-ciri khusus Iklan Layanan Masyarakat adalah sebagai berikut : 1. Ukuran ILM umumnya besar ( ¼ atau ½ halaman surat kabar ). Untuk majalah bahkan kadang full page atau double page. 2. Pesan berupa himbauan, ajakan atau peringatan yang ditujukan kepada masyarakat untuk kepentingan umum. 3. ILM adalah iklan profit/non-profit. 4. ILM mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan godwill dan menumbuhkan imej yang bagus. 5. Selalu mencantumkan sponsor yang jelas.

Pesan-Pesan Simbolis Dalam Iklan Layanan Masyarakat

1. Kata-kata yang dipilih harus ampuh, tepat sasaran dan segera masuk ke hati. Artinya, memilih kata yang tepat untuk headline, subheadline serta bodycopy. 2. Pesan yang terdapat pada ILM adalah pesan yang disampaikan kepada khalayak dalam bentuk tanda yang dilihat dari dua aspek, yaitu aspek verbal, dapat dilihat dari ragam bahasanya, gaya penulisannya, tema dan pengertian yang didapatkan. Sedangkan aspek visual, dapat dilihat dari cara menggambarkannya, apakah secara iconis, indeksical atau simbolis.

Contoh-contoh :

Contoh-contoh diatas, semoga menjadi inspirasi Anda dalam mencari ide-ide kreatif.

TUGAS

TU GAS 1 : BU TLAHPRIN -ADIKLANLA AN M ARAKA [ILM Y G D A T Y AN ASY T ] AN ILAKU KAN O LEHLEM BAGAKO ERSIAL/PRO U ILMY G D GKA SESU M D K. AN IAN T AIKAN D GANPRO U Y EN D KN A. Contohnya : - SARIW ANGI ‘Hangatnya Kebersam aan’......................... dapat m engangkat ILM tentang kerukunan beragam kerukunan antar budaya dll. a, - PHILIPHS ‘Menjadikan Segalanya Lebih Baik’ ............... dapat m engangkat ILM tentang dunia pendidikan dasar yang harus diperbaiki dalamhal fisik sekolah. - VIVA COSMETICS ‘Pesona AlamTropis’ ....................... dapat m engangkat ILM tentang isu peduli lingkungan hijau/ozon.

LAN GKAH -LAN GKAH/ PRO SES KERJA: 1. Buat daftar/list beberapa nam produk/jasa yang akanAnda angkat. a 2. Am kondisi sosial Anda, kira-kira apa yang sedang terjadi. ati 3. Buat daftar/list tentang beberapa isu, kem udianAnda konsultasikan dengan dosen. 4. Cari hubungan antara produk/jasa dengan isu sosialnya. CARI kata kunci/keyw ord/ tagline produk/jasa untuk MEMPERMUDAH m encari HUBUNGAN keduanya. 5. BUATLAH tahapan-tahapan yaitu, konsep verbal, konsep visual hingga pem buatan t u b a t h t esam fin l d sa . h m n il, ig t issu pai a e in 6. CARILAH IDE-IDE ‘LIAR’ dan KREATIF.

KETEN ANKAR A: TU Y 1. Tugas ILM ini dibuat di atas kertas ukuranA3 ( 30cmX 42cm). 2. Sifat tugas, MANDIRI ( bukan kelom ). pok 3. ILM dalambentuk PRINT OUT. 4. ILM ditem dalamim pel praboard ukuran 40cmx 52cmw arna HITAM. 5. DIHARAMKAN m engam gam dari INTERNET/MAJ ALAH. Gam boleh bil bar bar m engam dari internet/m bil ajalah bila m ang SUSAH m em encari sum ber/obyeknya, m isalnya Beruang Kutub yang sudah punah, nggak m ungkinlahh, Anda ke Kutub... 6. Gam bar/Foto yang diam dari internet/m bil ajalah, HARUS dicantum sum kan ber gam bar/fotonya di karya (pojok baw dengan ukuran font yang kecil. ah) 7. Produk yang DILARANG KERAS untuk diangkat adalah, Minum Keras, Rokok, dan an KONDOM. 8. Identitas nam Anda diletakkan dibagian belakang karya, yang terdiri: NAMA, NPM, a J udul Tugas dan Nam Dosen. a 9. Buku konsep singkat dibuat/dikerjakan pada kertas A4, yang berisi: - Latar belakang pem ilihan tem a - Tujuan - Target sasaran ILM yangAnda buat - Dam yang diinginkan pak - Konsep Kreatif : - Data Verbal - Data Visual - Pesan Pokok ILM - Visualisasi ILM (m eliputi: tipografi, ilustrasi dsb) - Thum bnail (m al 6 alternatif) inim - Tighttissue (m al 3 alternatif) inim - FINAL DESAIN

d u p l: ik m u

ra u t n g l 2 fe ru ri 2 0 - p k l 1 .0 w b , a g a 5 b a 0 9 u u 3 0 ib
CATATAN : TID AD TO AK A LERAN BAGI KAR AY G D M L TERLAM T!!! SI Y AN IKU PU BA

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->