P. 1
TUHAN YANG MAHA ESA

TUHAN YANG MAHA ESA

|Views: 369|Likes:
Published by Irman Zyah
MAKUL AGAMA
MAKUL AGAMA

More info:

Published by: Irman Zyah on Nov 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

06/04/2014

$4.99

USD

pdf

text

original

TUHAN YANG MAHA ESA

Sasaran Pembelajaran
Setelah pertemuan ini mahasiswa mampu menjelaskan tentang:
1.Pandangan

agama-agama non Kristen tentang Tuhan 2.Pandangan atheisme tentang keberadaan tuhan 3.Keberadaan dan fungsi Tuhan menurut persfektif agama Kristen 4.Tuhan yang esa dan trinitaris dalam iman Kristen 5.Sikap iman dan bentuk perwujudan yang tepat menurut iman Kristen

atau dikecap suaranya seperti bunyi. dicium. tetapi keberadaan dan kuasanya dapat dialami oleh orangorang yang percaya kepadaNya.Pendahuluan Hampir semua orang yang mempercayai Tuhan atau Allah itu ada.  Gaib artinya tidak dapat dilihat dan diraba.  . mempercayai keberadaanya adalah gaib.

yang dipercai berfirman. menyelamatkan.P e n d a h u l u a n Bentuk2 Penyembahan Kepada Tuhan/Allah/Gaib 1. dan memberkati umatnya. Prakteknya dalam agama Yahudi. Kristen. memelihara. membimbing. mengajar. mencipta. Islam dan Hindu Weda . menghukum. Bentuk Theisme:    Penyembahan kepada Tuhan/Gaib sebagai suatu keberadaan yang berpribadi.

ilahi/gaib itu tidak berfirman.   Bentuk Monisme/Pantheisme/Panentheisme Bentuk penyembahan kepada ilahi/gaib sebagai keberadaan yang tidak berpribadi. membimbing atau menyelamatkan. namun dipercaya berkuasa dan berpengaruh kepada manusia. kebatinan dan mistik   . ajaran Tao. dll.P e n d a h u l u a n Bentuk2 Penyembahan Kepada Tuhan/Allah/Gaib 2. Esensi yang gaib itu terdapat pada /identik dengan alam Terdapat pada Hindu Upanisad.

Bentuk Non Theisme      bentuk penyembahan kepada yang gaib sebagai kekosongan. . Yang kekal dan mutlak adalah kekosongan.P e n d a h u l u a n Bentuk2 Penyembahan Kepada Tuhan/Allah/Gaib 3. Apa yang dapat dilihat dan diraba hanyalah sesuatu yang semu atau maya. Bagi Non Theisme sebenarnya tidak ada Tuhan/ilahi yang berpribadi atau yg melekat pada alam Yang mereka sembah/agungkan hanya kekosongan.

Bagi Non Theisme sebenarnya tidak ada Tuhan/ilahi yang berpribadi atau yg melekat pada alam Yang mereka sembah/agungkan hanya kekosongan. Apa yang dapat dilihat dan diraba hanyalah sesuatu yang semu atau maya. Yang kekal dan mutlak adalah kekosongan. . Bentuk Non Demonisme      bentuk penyembahan kepada yang gaib sebagai kekosongan.P e n d a h u l u a n Bentuk2 Penyembahan Kepada Tuhan/Allah/Gaib 4.

yang mempercayai bahwa alam semesta penuh dengan daya-daya gaib yg disamakan dgn ilah-ilah keberadaan yg illahi itu ada dimana-mana. melainkan/rnempgrpayai dan menyembah banyal ilah . pada lembah. pada kuburan atau pada tempat-tempat lain. melekat pada alam. pada pohon. Agama primitif tidak menyembah Tuhan Yang Maha Esa. Di satu pihak ilah-ilah dalam alam itu ditakuti. tetapi di pihak lain dapat dipergunakan untuk kepentingan manusia. Keberadaan ilah-ilah itu harus dihormati.KEBERADAAN ALLAH MENURUT AGAMA2 NON KRISTEN 1.  Menurut Agama Primitif      Mengikuti paham Pantheisme dan Panentheisme . pada sungai. agar tidak mengganggu kehidupan manusia.

KEBERADAAN ALLAH MENURUT AGAMA2 NON KRISTEN 2. Menurut Agama Hindu .

Menurut Agama Budha .KEBERADAAN ALLAH MENURUT AGAMA2 NON KRISTEN 3.

KEBERADAAN ALLAH MENURUT AGAMA2 NON KRISTEN 4. Menurut Agama Islam .

Pandangan Atheisme tentang Ketidakberadaan Tuhan atau Allah 1. Pengertian Atheisme .

Pandangan Teoritis Atheisme ttg Keberadaan Tuhan/Allah .Pandangan Atheisme tentang Ketidakberadaan Tuhan atau Allah 2.

Bukti Ontologis Bukti Kausalitas Bukti Teologis Bukti Moral Bukti KRISTUS ( Yoh. 3. 2.Bukti-bukti adanya Allah : 1.10 : 30 ) . 4. 5.

Keberadaan Tuhan Allah .Keberadaan TYME Menurut Iman Kristen 1.

Keberadaan TYME Menurut Iman Kristen 2. Fungsi Tuhan Allah .

Mengenal Allah di dalam Yesus Kristus .Keberadaan TYME Menurut Iman Kristen 3.

yang memiliki pengetahuan .1:4).4:24). Allah itu Roh ( Yoh. Yeremia 29:11.1:5).SIAPAKAH ALLAH Alkitab menegaskan azas pengajaran tentang Allah. Allah adalah kasih ( I Yoh.4:8) . Allah adalah terang ( I Yoh. 15:18 ) .WUJUD ALLAH : Allah itu hidup ( Yoh. .ALLAH ADALAH PRIBADI.perasaan dan kehendak ( Amsal 15:3. meliputi . Kis.

Markus 12 : 29 ). 6:4.40:28). Matius 3:16. Ia telah ada sebelum segala sesuatu ada dan akan tetap ada selama-lamanya ( Kej.  . Yes.1:26.21:33. 6:8.SIAPAKAH ALLAH ALLAH ITU ESA ( Ul. 11 :7 .dll.4:35. Allah yang esa adalah TRITUNGGAL ( Kej. 16:9.17.10 . I Timotius 2:5 . 28:19 )  ALLAH ITU KEKAL .

Sifat-sifat ALLAH       Mahatahu ( I Yoh. Keluaran 9:2327) .18:14 .Kis. Yohanes 17 :11) Mahakasih ( 1 Yohanes 4:7-8 ) Benar.17:24-28) Mahasuci ( Yesaya 6:3 .Ayub 37:16 ) Mahakuasa ( Kej. Matius 19 :26) Mahahadir ( Mazmur 139:7-10. adil ( Mazmur 11:4-7. 3:20.

Yesus adalah penggenapan nubuat PL Yesus Kristus tidak berdosa dan mengajarkan etika yang terttinggi dan terlengkap.1:14) Yesus Kristus memberikan kepastian keselamatan bagi orang-orang yang percaya kepada-NYA. Yesus memberi pengampunan dosa dengan darah-Nya sendiri.YESUS JURU SELAMAT - - Yesus adalah ALLAH sendiri ( Yoh. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->