BERBAGAI BENTUK PARUH DAN KAKI UNGGAS SERTA FUNGSINYA

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan agar tetap hidup. Begitu juga dengan burung atau jenis unggas, mereka juga membutuhkan makanan agar tetap hidup. Setiap jenis hewan dalam hal ini jenis unggas atau burung memiliki cara tersendiri dalam memperoleh makanan. Setiap jenis unggas atau burung makanannya berbeda-beda. Ada yang berupa cairan madu (nektar), biji-bijian, atau daging. Oleh karena itu, bentuk paruh setiap jenis burung juga berbeda-beda. Perbedaan makanan ini

1) Burung pipit mempunyai paruh pendek dan kuat. Bentuk paruh ini sesuai untuk memakan jenis biji - bijian. Paruh ini berfungsi menghancurkan biji tersebut.

2) Burung elang mempunyai paruh kuat, tajam, dan melengkung bagian ujungnya. Paruh seperti ini sesuai untuk mencabik mangsanya.

3) Bebek mempunyai paruh yang berbentuk seperti sudu. 4) Burung pelatuk mempunyai paruh yang panjang. Paruh demikian memudahkannya untuk menangkap ikan dalam air. 6) Burung pelikan mempunyai paruh berkantong. atau di air. dalam lubang pohon. dan runcing. 5) Burung kolibri mempunyai paruh berbentuk panjang dan runcing. kuat. atau pada batang pohon yang lapuk. Bentuk paruh seperti ini sesuai untuk mencari makanan di tempat becek. . Bentuk paruh seperti itu memudahkan burung kolibri mengisap nektar. berlumpur. Paruh burung pelatuk untuk mencari serangga yang bersembunyi di kulit pohon.

Berbagai bentuk kaki burung merupakan salah satu bentuk penyesuaian terhadap cara memperoleh makanan. Kaki burung kakatua untuk memanjat. . kaki pada berbagai burung juga mempunyai bentuk bermacammacam.Berdasarkan penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa ada kesesuaian antara bentuk paruh burung dan jenis makanannya. Selain itu. Berbagai macam bentuk kaki burung a. Selain bentuk paruh. Kaki ayam untuk mengais tanah saat mencari makanan. juga untuk memegang makanan. b.

c. e. Diposkan oleh Rahmah di 03:09 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Reaksi: . Burung pipit mempunyai kaki langsing untuk bertengger. Burung elang mempunyai kaki kuat dengan kuku tajam. d. terdapat hubungan antara bentuk kaki burung dengan cara memperoleh makanannya. f. Kaki itik dan pelikan berselaput sehingga cocok untuk berenang di air. Burung pelatuk pandai memanjat karena bentuk kakinya sesuai untuk memanjat. Kaki ini untuk mencengkeram mangsanya. Berdasarkan gambar di depan.

Selain daripada itu yang tidak kalah penting yaitu cara makhluk hidup tersebut mempertahankan diri dari musuh atau mangsanya. dan runcing. Paruh seperti pada gambar disamping ini digunakan untuk mencabik mangsanya. seperti ada yang memakan bijibijian. Burung atau sejenis unggas adalah makhluk hidup yang tinggal di Bumi dan memiliki banyak jenis. Paruh pada burung pelatuk digunakan untuk mencari serangga yang biasa bersembunyi pada kulit pohon. daging dan lain-lain Dibawah ini dijelaskan Macam-Macam Bentuk Gambar Paruh Burung serta fungsinya : 1. Sebagai makhluk hidup. Burung elang memiliki paruh yang kuat. dan melengkung pada bagian ujung paruhnya. tajam. ikan. 2. burung atau unggas harus mencari makanan untuk berlangsungnya kehidupan. atau pada batang pohon yang sudah lapuk. inilah peranan pentingnya paruh dan kaki burung. 3.Jenis Jenis Paruh dan Kaki Burung.Macam-Macam Bentuk Paruh Dan Kaki Burung . kuat. tanpa makanan burung atau makhluk hidup lainnya pasti akan mati. Paruh tersebut akan memudahkannya untuk menangkap ikan yang berada di dalam air. tidak terkecuali burung. Burung pelikan memiliki paruh yang mempunyai kantong. madu. Agar burung tetap bisa bertahan hidup maka burung tersebut harus bisa mencari makannannya sendiri. dalam lubang-lubang pohon. . Burung pelatuk memiliki paruh yang panjang. Jenis paruh dan kaki burung juga dapat membedakan jenis makanan yang dimakan oleh burung tersebut.

4. Bentuk paruh yang dimilikinya tersebut agar memudahkan burung kolibri pada saat menghisap nektar. Macam-Macam Bentuk Kaki Burung : . Selain Paruh pada burung. Dalam uraian dan gambar paruh burung diatas telah dijelaskan bahwa jenis paruh burung sesuai dengan jenis makanan yang dimakannya. lembab atau di air. ada lagi yaitu setiap burung tentuya mempunyai kaki burung yang berbedabeda. Bebek memiliki paruh yang berbentuk seperti sudu. 6.bijian. Bentuk paruh yang dimiliki ini sesuai untuk memakan jenis biji . Bentuk kaki burung ini sesuai dengan cara memperoleh makanannya. Burung kolibri memiliki paruh yang mempunyai bentuk panjang dan juga runcing. Burung pipit memiliki paruh pendek juga kuat. 5. Paruh tersebut berfungsi agar memudahkan pada saat menghancurkan biji-bijian tersebut. Bentuk paruh yang dimilikinya tersebut sesuai untuk mencari makanan di tempat yang berlumpur.

3.1. Kaki itik dan pelikan berselaput sehingga sudah diketahui bahwa mereka cocok untuk berenang di air. juga kaki burung ini digunakan untuk memegang makanan. Kaki ini berfungsi agar dia mudah saat mencengkeram mangsanya. Kaki ayam untuk mencakar tanah pada saat ayam mencari 2. . Kaki burung kakatua berfungsi agar dia mudah memanjat. 5. Burung elang memiliki kaki yang kuat dan kuku yang tajam. makanannya. Selain itu. Burung pipit mempunyai kaki yang kecil untuk bertengger. 4.

biri-biri. Berikut ini adalah contoh cara beberapa hewan dalam betahan hidup dari serangan musuh : 1. Adaptasi Tingkah Laku Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian mahkluk hidup pada tingkah laku / perilaku terhadap lingkungannya seperti pada binatang bunglon yang dapat berubah warna kulit sesuai dengan warna yang ada di lingkungan sekitarnya dengan tujuan untuk menyembunyikan diri. Terimakasih telah berkunjung di artikel macam-macam bentuk paruh dan kaki burung semoga bermanfaat dan selamat belajar. Sedangkan pada gigi sapi. macan. Ada 3 macam adaptasi yaitu : 1. antara bentuk kaki pada burung ada hubungannya satu sama lain. kerbau. 4. harimau. 3. Misalnya seperti gigi singa. baca juga artikel sebelumnya : atau pada kategori : CARA . Contoh adapatasi fisiologis adalah seperti pada binatang / hewan onta yang punya kantung air di punuknya untuk menyimpan air agar tahan tidak minum di padang pasir dalam jangka waktu yang lama serta pada anjing laut yang memiliki lapisan lemak yang tebal untuk bertahan di daerah dingin. Adaptasi morfologi adalah penyesuaian pada organ tubuh yang disesuaikan dengan kebutuhan organisme hidup. Bunglon mengubah warna tubuhnya atau dinamakan juga memikri. domba dan lain sebagainya tidak runcing dan tajam karena giginya lebih banyak dipakai untuk memotong rumput atau daun dan mengunyah makanan. Ular menggunakan bisanya yang sangat berbahaya untuk membunuh mangsanya dan menakuti lawannya. 2. dan sebagainya yang runcing dan tajam untuk makan daging. Cicak memutuskan ekornya atau autotomi untuk menipu musuhnya. citah. Dari ketiga macam adaptasi di atas memiliki fungsi yang sama yaitu untuk bertahan hidup dalam mencari atau mendapatkan makanan dan bertahan hidup dari serangan musuh.6. 5. Warna tubuh bunglon akan sesuai dengan warna disekitarnya yang bertujuan untuk menipu musuh. Kura-kura menyembunyikan kepala dan kakinya dalam tempurung tubuhnya yang sangat keras. Berdasarkan pada gambar yang berada diatas. 3. 2. kambing. 6. Kalajengking menggunakan sengatnya yang mematikan untuk melawan musuh.CARA ADAPTASI HEWAN UNTUK BERTAHAN HIDUP Salah satu ciri makhluk hidup adalah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya yang disebut adaptasi. Cumi-cumi dan gurita menyemburkan cairan tinta berwarna hitam dari kantong tinta yang dimilikinya dari dalam tubuhnya. Adaptasi Fisiologi Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang menyebabkan adanya penyesuaian pada alat-alat tubuh untuk mempertahankan hidup dengan baik. Burung pelatuk pandai untuk memanjat karena bentuk kakinya sesuai ketika digunakan memanjat. yaitu jenis kaki pada burung menentukan apa makanan yang dimakannya. .

d. Namun.5 me mi liki alat pe nye ngat. warna tubuhnya akan seperti warna tanah. Jika bunglonber ada di tanah. Bisa merupakan zat racun yang dapat mematikan. Belalang sangit akan mengeluarkan bau yang menyengat bila akan ditangkap atau menghadapi suatu bahaya. hewan perlu beradaptasi untuk melindungi diri dari bahaya yang mengancamnya. Kupu-Kupu . Bila dalam keadaan terancam. cecak atau kadal akan segera menjauhi pemangsanya.html Adaptasi Hewan untuk Melindungi Diri Untuk mempertahankan hidupnya. Cecak dan Kadal Pernahkah kamu melihat cecak atau kadal yang memutuskan sebagian ujung ekornya? Hal itu dilakukan untuk mengelabui pe mangsanya. Bisa itu digunakan untuk melindungi diri dari musuhnya. Kamuflase adalah suatu kemampuan hewan untuk menyamarkan diri sehingga kehadiran hewan tersebut di lingkungan tidak jelas. tetapi tidak memiliki bisa. a. kalajengking seperti terlihat pada Gambar 3. Ekor cecak dan kadal akan tumbuh seperti semula dalam beberapa bulan. Misalnya.7.blogspot. 10. Ular Banyak ular yang memiliki bisa. c. akan cepat-cepat menggulungkan tubuhnya mebenbentuk seperti bola. Belalang kayu yang mirip dengan lingkungannya. Contoh ular berbisa adalah ular kobra dan ular derik. Buaya dengan mulutnya yang penuh dengan gigi tajam dan ekornya yang kuat. Kalajengking jika diganggu. 11. warna tubuhnya akan seperti warna daun. Hewan-hewan tersebut menge luarkan racun atau bisa untuk melindungi diri dari musuhnya.com/2012/04/adaptasi-hewan-untuk-bertahan-hidup. Warna kupu-kupu biasanya sesuai dengan warna bunga-bunga disekitarnya http://asagenerasiku. sesuai dengan warna lingkungan yang ditempatinya. b. Selain kalajengking dan kelabang. Jika bunglon di atas daun. 9. Tubuh trenggiling terbalut oleh sisik yang tebal dan keras. ada pula ular yang memiliki gigi taring . Contoh ular yang tidak berbisa adalah ular sanca. Bunglon melindungi diri dengan cara mengubah warna tubuhnya. 8. Jika ada pemangsa yang menyerang dan menangkap ekor cecak atau kadal. Hal ini akan mengalihkan perhatian pemangsanya. berikut cara beberapa hewan lainnya melindungi diri dari musuhnya. Bunglon Pernahkah kamu melihat bunglon? Bunglon adalah hewan yang hidup di pohon. Bagian ekor yang putus akan bergerak-gerak untuk beberapa menit. Perubahan warna bunglon ini disebut mimikri. keduanya akan segera memutuskan ekornya. ekornya akan melengkung ke atas dan ekor tersebut akan langsung menyengat musuhnya. Mimikri merupakan salah satu cara bagi makhluk hidup untuk berkamuflase. Pada saat itu.

Tiap jenis makhluk hidup memiliki cara-cara adaptasi yang berbeda terhadap lingkungannya. Adaptasi terbagi menjadi dua yaitu: adaptasi fisiologi (bagian luar tubuh) dan tingkah laku. Hal tersebut dapat mem buat pemangsa menjauhi kupu-kupu. Peristiwa tersebut disebut mimikri. Pada hewan misalnya bisa berupa penyesuaian bentuk tubuh.45 wib Adaptasi Hewan Salah satu ciri makhluk hidup adalah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adaptasi ini bertujuan untuk mempertahankan hidupnya.com/2012/04/adaptasi-hewan-untuk-melindungi-diri. Kadang-kadang ada kupu-kupu. akan sangat sulit membedakannya dengan warna daun. Belalang Daun Hewan lain yang memiliki kemampuan kamuflase adalah belalang daun. suatu hewan memerlukan adanya model-model yang ditiru. yang memiliki sayap sewarna dengan tempat yang dihinggapinya. pola. kaki.bukupr.html 2 desember pukul 14. dan paruh.Sayap kupu-kupu memiliki bentuk. model yang ditiru kupu-kupu adalah bentuk mata burung hantu. Cumi-Cumi Apakah kamu pernah memakan cumi-cumi? Jika Ibumu membersihkan cumi-cumi biasanya terdapat tinta hitam yang harus dibuang. ber sayap lebar dan tubuhnya berwarna hijau. e. Dalam hal ini. Jika belalang daun hinggap di pohon atau daun. Penyesuaian Bentuk Tubuh terhadap Lingkungan Banyak makhluk hidup yang menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan cara menyesuaikan bentuk tubuhnya terhadap lingkungan atau . Tahukah kamu apakah fungsi tinta tersebut? Tinta hitam itu akan dikeluarkan cumi-cumi ketika dirinya terancam bahaya. Hal itu dilakukan untuk melindungi diri dari hewan pemangsanya. Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut adaptasi. seperti burung. dan warna yang dapat berfungsi untuk mengalihkan perhatian pemangsanya. Cumi-cumi dengan segera akan mengeluarkan tinta untuk mengaburkan pandangan musuhnya. corak sayapnya yang menyerupai bola mata burung hantu. http://www. Belalang daun memiliki bentuk tubuh yang pipih. 1. f. Untuk melakukan mimikri. Misalnya.

Kupu-kupu menggunakan mulut pengisap untuk mengisap madu dari bunga. Bentuk paruh burung juga beraneka ragam. Penyesuaian bentuk tubuh ini bertujuan untuk memperoleh makanan maupun untuk melindungi diri dari musuhnya. b. Berikut ini contoh beberapa hewan yang menyesuaikan bentuk tubuhnya terhadap lingkungannya. Contoh serangga yang memiliki mulut penusuk dan penghisap adalah nyamuk. serangga memiliki cara tersendiri.menyesuaikan dengan fungsinya. 2) Mulut penusuk dan penghisap Mulut penusuk dan penghisap pada serangga memiliki ciri bentuk yang tajam dan panjang. 1) Mulut pengisap Mulut pengisap pada serangga bentuknya seperti belalai yang dapat digulung dan dijulurkan. jenis mulut serangga dibedakan menjadi empat. dan mulut penyerap. Nyamuk menggunakan mulutnya untuk . Salah satu bentuk penyesuaian dirinya adalah bentuk mulut yang bebeda-beda sesuai dengan jenis makanannya. a. yaitu mulut pengisap. mulut penusuk. Keanekaragaman bentuk paruh burung sesuai dengan jenis makanannya. Burung Burung memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda disesuaikan dengan tempat hidupnya dan jenis mangsa yang dimakannya. Serangga Untuk memperoleh makanannya. Bedasarkan jenis makanan yang dimakannya. Berdasarkan lingkungan dan jenis makanan yang dimakannya. mulut penjilat. Contoh serangga yang memiliki mulut pengisap adalah kupu-kupu.

Penyesuaian Tingkah Laku terhadap Lingkungan Beberapa jenis hewan ada yang menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara mengubah tingkah laku. 4) Mulut penyerap Mulut penyerap pada serangga memiliki ciri terdapatnya alat penyerap yang mirip spons (gabus). selain mulutnya berfungsi sebagai penusuk juga berfungsi sebagai pengisap. Contoh serangga yang memiliki mulut penyerap adalah lalat. Bentuk penyesuaian diri unta adalah adanya tempat penyimpanan air di dalam tubuhnya dan memiliki punuk sebagai penyimpan lemak.menusuk kulit manusia kemudian menghisap darah. Unta hidup di daerah padang pasir yang kering dan gersang. 2. 3) Mulut penjilat Mulut penjilat pada serangga memiliki ciri terdapatnya lidah yang panjang dan berguna untuk menjilat makanan berupa nektar dari bunga. Jadi. Oleh karena itu bentuk tubuhnya disesuaikan dengan keadaan lingkungan padang pasir. Hal inilah yang menyebabkan unta dapat bertahan hidup tanpa minum air dalam waktu yang lama.Hewan yang melakukan adaptasi tingkah laku ini adalah: a. Ketika berada di pohon yang berwarna coklat maka tubuh . Cara ini selain untuk mendapatkan makanan juga untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa. Alat ini digunakan untuk menyerap makanan terutama yang berbentuk cair. contoh serangga yang memiliki mulut penjilat adalah lebah. Bunglon Bunglon dapat merubah warna kulitnya sesuai dengan warna tempat ia berada.

Selain siput.. Sengatnya ini mengandung racun yang dapat membunuh musuhnya. Begitu juga ketika berada di pohon yang berwarna hijau maka tubuhnya akan berwarna hijau. seperti tinta ke dalam air...php?id=1041 .bunglon akan berrwarna coklat. hewan lain yang menggunakan zat racun untuk melindungi dirinya dari serangan musuh adalah. Cecak Untuk melindungi diri dari serangan musuh.. kura-kura.kidevo. Hal ini menyebabkan musuh yang menyerangnya tidak dapat melihatnya dan ia dapat berenang dengan cepat untuk menghindari musuhnya tersebut. d. cecak memutuskan ekornya.. | Dibaca sebanyak : 568 kali http://new. lebah.. b. dan ular. Bagian ekor yang putus ini dapat bergerak-gerak sehingga mengalihkan perhatian musuhnya.. Selain kelajengking. c.. e. Saat itulah ia pergi melarikan diri. dan penyu juga memiliki cangkang yang digunakan untuk melindungi diri dari musuhnya. kelabang.. Kalajengking Kalajengking melindungi dirinya dari musuh dengan menggunakan sengatnya. Hewan jenis ini melindungi diri dari musuhnya dengan cara memasukkan tubuhnya kedalam cangkang.. Perubahan warna tubuh pada bunglon merupakan bentuk penyesuaian diri agar ia terlindung dari musuhnya.com/materi-lengkap. Siput Siput memiliki pelindung tubuh yang keras dan kuat yang disebut cangkang. . Cumi-Cumi Cumi-cumi melindungi diri dari musuhnya dengan cara menyemburkan cairan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful