MAKALAH MANAJEMEN RANTAI PASOK Mengendalikan Ketidakpastian dalam Rantai Pasok: Persediaan Pengaman

Disusun Oleh: Nama : Nyimas Eki Nevita Putri Nindya Nur Fajriyah Priska Yovita Agustran Nagara R. Agung Wiyogo Sigit Prayitno Ade Ramadhan Kelompok :2 105100701111011 105100701111036 105100701111027 105100704111001 105100701111022 105100713111002 105100705111001

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

Persediaan pengaman dilakukan karena permintaan tidak pasti dan kekurangan produk dapat terjadi jika permintaan aktual melebihi perkiraan permintaan. pasokan pakaian jadi rantai dengan persediaan sedikit akan sangat responsif. tergantung pada bagaimana persediaan sedikit ada dalam rantai pasokan. Persediaan juga memiliki dampak yang signifikan pada waktu aliran material dalam rantai pasokan. Untuk rantai pasokan. Inventarisasi tersebar di seluruh rantai pasokan dari bahan baku untuk bekerja dalam proses untuk barang jadi mereka pemasok. produsen. lokasi dan jumlah persediaan dapat memindahkan rantai pasokan dari satu ujung spektrum yang lain. Persediaan adalah sumber utama biaya dalam rantai pasokan dan memiliki dampak besar pada responsif. Bidang lain yang penting di mana persediaan memiliki dampak signifikan adalah throughput. throughput adalah tingkat di mana penjualan . Bahan waktu alir adalah batas waktu untuk antara titik-titik di mana bahan memasuki rantai pasokan ke titik di mana ia ada.Peran persediaan dalam rantai pasokan Persediaan pengaman adalah persediaan dilakukan untuk memenuhi permintaan yang melebihi jumlah yang diperkirakan untuk suatu periode tertentu. dan pengecer terus. Jika kita berpikir dari spektrum respon. distributor. Seorang pelanggan yang ingin kemeja harus memesannya dan menunggu beberapa minggu atau bahkan bulan untuk itu harus dibuat. Sebaliknya. pasokan pakaian jadi rantai dengan tingkat persediaan tinggi pada tahap ritel memiliki tingkat tinggi respon karena pelanggan bisa berjalan ke toko dan berjalan keluar dengan baju yang mereka cari. Sebagai contoh.

Jika kita mampu mengurangi persediaan untuk 300 unit sambil memegang konstan throughput. tingkat yang diperlukan oleh persediaan pengaman akan meningkat. Jika persediaan dengan waktu aliran dengan T. karena mengurangi waktu aliran dapat menjadi keuntungan signifikan dalam rantai pasokan. persediaan dan throughput harus memiliki unit konsisten. manajer harus menggunakan tindakan yang menurunkan jumlah persediaan yang dibutuhkan tanpa meningkatkan biaya atau mengurangi respon. Pada tingkat yang diinginkan dari peningkatan ketersediaan produk. tingkat persediaan pengaman yang diperlukan juga meningkat. Menentukan Tingkat Yang Tepat Dari Persediaan Pengaman Tingkat yang tepat dari persediaan pengaman ditentukan oleh dua faktor berikut : • • Ketidakpastian dari kedua permintaan dan penawaran Tingkat diinginkan ketersediaan produk Seperti ketidakpastian pertumbuhan pasokan atau permintaan. dapat diperolah hubungan menggunakan hukum Little sebagai berikut: I = DT Misalnya. jika waktu aliran proses perakitan mobil adalah sepuluh jam dan throughput adalah 60 unit per jam.terjadi. kita akan mengurangi waktu aliran sampai lima jam (300/60). Hubungan ini. Hukum Little mengatakan bahwa persediaan adalah 60 x 10 = 600 unit. Kesimpulan logis di sini adalah bahwa persediaan dan waktu aliran adalah sama dalam rantai pasokan. . dan throughput dengan D.

Hasil stockout jika ada pesanan dari pelanggan tiba ketika produk tidak tersedia. Total permintaan selama periode L terdistribusi normal dengan rata-rata P dan standar deviasi dari Ω. bukan hanya satu periode. Kalau B&M mampu untuk memenuhi semua permintaan dari persediaan yang bergantung pada permintaan untuk Palms alami selama lead time dan ketika persediaan B&M memiliki perintah pengisian yang sudah ditempatkan. Produk fill rate (fr). dengan rumus dibawah ini: DL = LD σL = √LσD cv = σ/μ Permintaan dengan rata-rata deviasi μ dan standar σ. ditulis dengan rumus dibawah ini: L K P = DL = ∑ Di i=l Ω = √ ∑ σ2i + 2 ∑ ρij σi σj i=l i>j Total permintaan selama periode L biasanya didistribusikan dengan rata-rata DL dan standar deviasi σL. Dengan demikian. Fill rate harus diukur selama ditentukan . kita memiliki: Mengukur ketersediaan produk Ketersediaan produk mencerminkan kemampuan perusahaan untuk mengisi pesanan pelanggan dari persediaan yang tersedia.Mengukur Ketidakpastian Permintaan Komponen acak biasanya diperkirakan sebagai standar deviasi kesalahan perkiraan. Ada beberapa cara untuk mengukur ketersediaan produk. Beberapa langkah yang penting adalah sebagai lised berikutnya. B&M harus memperkirakan ketidakpastian permintaan selama lead time. 1. Apakah sebagian kecil dari permintaan produk yang dari produk dalam persediaan. Diasumsikan masukan untuk permintaan sebagai berikut: D = Rata-rata permintaan per periode σD = Standar deviasi dari permintaan (perkiraan kesalahan) per periode Waktu Timbal adalah kesenjangan antara saat pesanan ditempatkan dan ketika diterima Pada contoh penjualan Palms B&M. B&M terkena ketidakpastian permintaan selama lead time.

Dalam kasus B & M. dengan demikian. sebagian besar permintaan . Asumsikan bahwa B & M menyediakan sawit sampai 90 persen pelanggan dari persediaan. Memesan fill rate. Fill rate sama dengan probabilitas bahwa permintaan produk dipasok dari persediaan yang tersedia. toko mencapai CSL dari 60 persen. CSL harus diukur atas sejumlah tertentu dari siklus pengisian. adalah lebih tepat untuk mengukur fill rate atas setiap juta unit permintaan dari pada setiap bulan. Orde tarif mengisi cenderung loower dari produk mengisi harga karena semua produk harus dalam stok untuk pesanan untuk diisi. CSL adalah sama dengan probabilitas tidak memiliki stockout siklus pengisian. Jika B & M pengisian agar hilang dari 600 Palms. 2. Dalam hal ini B & M mencapai tingkat mengisi 90 persen. Siklus tingkat layanan (CSL). dengan 10 persen sisanya kalah dari pesaing yang berdekatan karena kurangnya persediaan yang tersedia. Dalam 40 persen dari siklus yang kehabisan persediaan tidak terjadi. Perintah dipenuhi dari persediaan hanya jika kedua telapak tangan dan kalkulator yang tersedia melalui toko. Orde fill rate juga harus diukur selama beberapa ditentukan ketertiban daripada waktu. interval antara kedatangan dua pengisian berturut-turut hilang adalah siklus pengisian. semua permintaan pelanggan puas dari persediaan yang tersedia. 3. pelanggan mungkin memesan kelapa bersama dengan kalkulator. Amati bahwa CSL dari 60 persen biasanya akan menghasilkan fill rate jauh lebih tinggi. Apakah fraksi agar dipenuhi dari persediaan yang tersedia. Sebuah siklus pengisian ulang adalah interval antara dua persalinan pengisian berturut-turut. order dipenuhi dari persediaan hanya jika semua produk agar dapat dipasok dari persediaan yang tersedia. Jika manajer di B & M mengelola persediaan toko seperti itu tidak kehabisan persediaan di 6 dari 10 siklus pengisian ulang. Dalam 60 persen dari siklus dalam penyihir B & M tidak kehabisan persediaan.atas jumlah tertentu dari permintaan dari pada waktu. Adalah bagian dari siklus replishment yang berakhir dengan semua permintaan pelanggan terpenuhi. Dalam skenario multiproduct.

situasi out-of-saham satu hasil produk dalam urutan yang tidak diisi dari saham. Kami membatasi perhatian pada dua jenis: 1. 2. Dalam hal ini. Misalnya.pelanggan puas dari persediaan. Perusahaan dalam hal ini mungkin memiliki tingkat rangka mengisi miskin meskipun memiliki tingkat produk mengisi baik. Pengisian kebijakan. Keputusan ini menentukan siklus persediaan dan keamanan bersama dengan fr dan CSL. Akibatnya. Kebijakan pengisian dapat mengambil salah satu beberapa bentuk. Hanya sebagian kecil menjelang akhir dari siklus yang tiba setelah B & M adalah dari persediaan hilang. Sebagai contoh. Telaah kontinyu: persediaan terus dilacak dan perintah untuk ukuran lot Q ditempatkan saat persediaan menurun ke reorder ponit (ROP). Waktu antara pesanan dapat berfluktuasi diberikan permintaan variabel. Perbedaan antara produk fill rate dan ketertiban fill rate biasanya tidak signifikan dalam situasi tunggal produk. jika urutan yang paling mencakup 10 atau lebih produk yang berbeda yang akan dikirim. Selanjutnya kita menggambarkan kebijakan penambahan dua yang sering digunakan dalam praktek. namun perbedaan ini mungkin menjadi signifikan. tingkat pengisian jauh lebih tinggi dari 60 persen. Untuk Pelacakan mengisi tarif di penting ketika pelanggan menempatkan nilai tinggi pada seluruh pesanan yang diisi secara bersamaan. Periodict ulasan: status persediaan yang chacked secara berkala teratur dan pesanan ditempatkan untuk meningkatkan tingkat . Ketika perusahaan menjual beberapa produk. ukuran agar tidak berubah dari satu urutan ke yang berikutnya. Sebuah kebijakan repelnishment terdiri dari keputusan mengenai kapan harus menyusun ulang dan berapa banyak untuk menyusun ulang. perhatikan manajer toko di B & M yang terus melacak persediaan telapak tangan. Dia memesan 600 telapak tangan saat persediaan turun di bawah 400.

.000 units of the transmission part when the inventory on hand drops to 6000. The purchasing manager currentlyorders 10. mempertimbangkan pembelian film di B & M. a Turkish automotive market leader. menggunakan Persamaan : Diperkirakan permintaan selama lead time = DL Keselamatan persediaan. Assume that weekly demand for a particular multipurpose transmission part is normally distributed.DL Ini karena. The manufacturers takes two weeks to fill an order placed by KOC. Kebijakan-kebijakan persediaan tidak komprehensif tapi cukup untuk menggambarkan masalah-masalah manajerial yang terpusat pada persediaan pengaman. Persediaan rata-rata banyak saat pengisian ulang tiba dengan demikian akan menjadi : ROP – DL Contoh: KOC. bagaimanapun. Evaluate the safety inventory carried by KOC and the average inventory carried by KOC. Mengevaluasi Persediaan Pengaman dapat Memberi Kebijakan Pergantian Untuk mengingat waktu utama minggu L dan permintaan rata-rata mingguan D.persediaan untuk ambang batas yang ditetapkan. Sebagai contoh. DL akan menjual pada periode antara saat pesanan ditempatkan dan banyak saat tiba. ss = ROP . dapat berfluktuasi permintaan variabel yang disediakan. follows different inventory policies to ensure the avalability of a wide range of automotive parts in the aftersale service market. rata-rata. karyawan memeriksa Film ang persediaan urutan manajer cukup sehingga persediaan yang tersedia dan ukuran setiap pesanan. Setiap Sabtu. Also evaluate the average time spent by a transmission part at KOC. with a mean of 2. Para manajer toko tidak melacak persediaan film yang terus menerus.500 and standard deviation of 500.

σD = 500 Average lead time for replenishment. ROP = 6000 Average lot size. Q = 10. dan pengecer lainnya cycle inventory+safety inventory = . we have Average demand per week. Next we discuss how to evaluate the CSL given a replenishment policy. persediaan pengaman yang diperlukan menurunkan upaya yang signifikan dari pemasok.4 weeks at KOC facilities.000 We thus have Average inventory = 5.000/2 = 5. Mengurangi L (supplier lead time) Jika lead time berkurang dengan faktor dari √k. L = 2 weeks Reorder point. Tujuan dari setiap manajer rantai pasok adalah untuk mengurangi tingkat persediaan keamanan yang diperlukan sedemikian rupa sehingga tidak mempengaruhi ketersediaan produk. Wal-Mart.000 transmission parts in inventory. Seven-Eleven Jepang. From Chapter 10.000/2500 = 2. antara lain : 1. ss = ROP-DL = 6000-5000 = 1000 KOC thus carries a safety inventory of 1.000 transmission parts. D = 2500 Standard deviation of weekly demand.4 weeks Each unit of transmission part thus spends an average of 2. Using Little’s law (Equation 3.1). recall that Cycle inventory = Q/2 = 10. we have Average flow time = average inventory/throughput = 6.000+1.000 = 6.Analysis: Under this replacement policy.000 KOC thus carries an average of 6.000 we thus have Safety inventory. sedangkan penurunan persediaan keselamatan terjadi pada pengecer.

Mengurangi ketidakpastian yang mendasari permintaan (diwakili oleh σD) Jika σD dikurangi dengan faktor k.menerapkan tekanan yang besar terhadap para pemasok mereka untuk mengurangi lead time pengisian 2. keterlambatan ini dalam membawa nikel ke pasar mengakibatkan kekurangan signifikan dan meningkatkan prosedur nikel sekitar 20 persen pada 31/2 minggu pertama Januari 2007. . Dampak ketidakpastian pasokan pada persediaan yang aman Dalam diskusi kita ke titik ini. dell jelas harus mengambil ketidakpastian permintaan ke rekening. Ketika merencanakan tingkat persediaan komponen. Dalam rantai pasok. dan dengan demikian mengurangi ketidakpastian persediaan keselamatan dalam rantai pasok. ketidakpastian pasokan juga memainkan peran penting. Baik Dell dan SevenEleven Japan berbagi kebutuhan informasi ini dengan para pemasok mereka. texas. bagaimanapun. Dell juga harus menjelaskan ini uncertanty pasokan ketika merencanakan persediaan keamanannya. Dampak dari ketidakpastian pasokan digambarkan dengan sangat baik oleh dampak dari landasan dari MSC Napoli di pantai selatan Inggris pada bulan januari 2007. Penurunan σD dapat dicapai dengan kecerdasan pasar yang lebih baik dan penggunaan metode peramalan yang lebih canggih. Dell merakit komputer untuk pesanan pelanggan. kita telah berfokus pada situasi dengan ketidakpastian permintaan dalam bentuk kesalahan perkiraan. kunci mengurangi ketidakpastian ramalan adalah menghubungkan semua ramalan seluruh rantai pasok untuk data permintaan pelanggan. karena berbagai alasan. Pertimbangkan kasus pabrik perakitan dell di austin. Dalam situasi praktis. Contohnya saja Seven-Eleven Jepang menyediakan data yang rinci tentang permintaan sebelum faktor lain yang dapat mempengaruhi permintaan. Pemasok. Kapal kontainer itu membawa lebih dari 1000 ton nikel kemudian disimpan di gudang secara global. persediaan pengamanan yang diperlukan juga menurun dengan faktor dari k. tidak mungkin dapat memberikan komponen yang diperlukan tepat waktu.

yaitu.Dalam diskusi kami sebelumnya kami menganggap lead time pengisian diperbaiki. selama lead time terdistribusi normal dengan rata-rata DL dan deviasi standar -. Pada bagian ini kita mempertimbangkan kasus dimana lead time tidak pasti dan mengidentifikasi dampak ketidakpastian lead time pada persediaan keselamatan. permintaan. Kami memberikan masukan sebagai berikut: D σD L SL : Rata-rata permintaan per periode : standar deviasi dari permintaan per periode : memimpin rata-rata waktu untuk pengisian : standar deviasi dari lead time Kami mempertimbangkan persyaratan keselamatan persediaan mengingat bahwa dell mengikuti kebijakan meninjau secara terus menerus untuk mengelola persediaan komponen. Asumsikan bahwa permintaan pelanggan per periode untuk komputer dell dan memimpin waktu pengisian dari pemasok komponen yang terdistribusi normal. Dell dapat memperoleh persediaan pengaman yang . Mengingat bahwa kedua lead time dan permintaan periodik tidak yakin. Dell mengalami kehabisan persediaan komponen jika permintaan selama lead time melebihi ROP. di mana : DL = DL σL = √Lσ2D + D2s2L Dapat dituliskan sebagai berikut : D σD L s : Rata-rata permintaan tiap periode : Standar deviasi dari permintaan per periode : Rata-rata Lead time : Standar deviasi dari lead time L Mengingat distribusi permintaan selama lead time dalam persamaan dan CSL yang diinginkan. Jadi kita perlu mengidentifikasi distribusi permintaan pelanggan selama lead time. jumlah di tangan saat dell menempatkan perintah pengisian.

550 L ss = Fs -1 (CSL) X σL = NORMSINV (CSL) x σL = NORMSINV (0. dell harus membawa persediaan pengaman dari 22. Mengevaluasi persediaan keselamatan hard drive yang dell harus membawa jika deviasi standar dari lead time adalah tujuh hari.550 = 22. Dampak ketidakpastian lead time pada persediaan pengaman Permintaan harian untuk compoters laptop di lokasi pabrik di Irlandia dell terdistribusi normal.diperlukan menggunakan persamaan jika ketersediaan produk ditentukan sebagai fill rate. dell dapat memperoleh persediaan pengaman yang diperlukan menggunakan prosedur yang diuraikan dalam contoh sebelumnya. dengan rata-rata 2. kita menggambarkan dampak ketidakpastian lead time pada tingkat rwquired persediaan keselamatan di Dell.500 = 500 = 7 hari = 7 hari • • • DL = DL σL = √Lσ2D + D2s2L → 2..491 hard drives Jika standar deviasi dari lead time adalah tujuh hari. Dalam contoh sebelumnya. Evaluasi penurunan persediaan keselamatan yang dell dapat mengharapkan sebagai hasil dari inisiatif ini. Dell uireland.500 x 7 = 17. Dalam tabel 11-2 kami menyediakan persediaan pengaman yang diperlukan . Perhatikan bahwa ini setara dengan sekitar sembilan hari dari permintaan untuk hard drive. yang meliputi bagian besar dari permintaan di Eropa. telah menargetkan CSL dari 90 persen (menyediakan dekat fill rate sampai 100 persen) untuk persediaan hard drive. Dell woring dengan pemasok untuk mengurangi standar deviasi nol. D σD L s = 2.90) x 17. 491 drive. Memimpin pengisian waktu untuk hard drive (komponen kunci dalam perakitan laptop) adalah 7 hari rata-rata.500 kotak dan standar deviasi 500.500 → √7 x 5002 + 25002 x 72 = 17.

Ketidaktentuan dapat diperhitungkan dalam praktik dengan menaikkan persediaan keselamatan yang disarankan oleh model dengan setengah ukuran rata-rata pesanan . Ini menyakitkan ketersediaan produk. Dari tabel. rata-rata. Bagaimanapun. Jumlah nyata bahwa pasokan rantai permintaan adalah tidak tentu. Dalam prakteknya. Ketidaktentuan permintaan bukan masalah yang signifikan ketika menggunakan kebijakan berkala. jumlah persediaan pengaman daclines dari sekitar sembilan hari permintaan menjadi kurang dari satu hari dari permintaan. Seringkali.sebagai karya dell dengan pemasok untuk mengurangi standar deviasi lead time turun ke nol. produsen atau distributor tidak memesan satu unit pada suatu waktu tetapi seringnya memesan dalam jumlah besar. Mengestimasi dan mengatur safety inventory dalam praktek 1. Sebagai standar deviasi dari penurunan lead time dari hari sevevn ke nol. perhitungan persediaan pengaman dalam praktek tidak mencakup ukuran ketidakpastian pasokan. permintaan diamati oleh berbagai tahap rantai pasok yang cenderung tidak tentu. Contoh sebelumnya menekankan dampak variabilitas lead time pada kebutuhan persediaan keselamatan (dan dengan demikian waktu aliran material) dan potensi manfaat besar dari mengurangi variabilitas lead time atau meningkatkan pengiriman tepat waktu. diamati bahwa pengurangan ketidakpastian lead time memungkinkan dell untuk mengurangi persediaan keamanan dari hard drive dengan jumlah yang signifikan. persediaan akan turun di bawah ROP sampai setengah ukuran rata-rata pemesanan. Ketidaktentuan menambah variabilitas tuntutan. menghasilkan kadar yang mungkin lebih rendah dari yang dibutuhkan. Dengan demikian. ketidaktentuan dapat menyebabkan persediaan akan turun jauh di bawah ROP sebelum perintah pengisian ditempatkan.

berlaku termasuk dengan ketidakpastian Kebijakan persediaan menggunakan model yang didiskusikan dan kemudian dapat diuji dan disesuaikan jika diperlukan untuk mencapai servis level yang diinginkan. permintaan terkadang tergantung musim dengan ratarata dan standar deviasi dari permintaan yang berubah-ubah. Penyesuaian reorder point. Penyesuaian kebijakan persediaan jika permintaan musiman Dalam prakteknya. Pengenalan masalah dalam . Kedua rata-rata dan standar deviasi permintaan harus disesuaikan dengan waktu dalam setiap tahun untuk menggambarkan perubahan permintaan. Reorder point mungkin terjadi dalam 10 hari permintaan ketika musim permintaan rendah dan hanya 2 hari pada musim permintaan puncak. Simulasi sebaiknya menggunakan pola permintaan yang menggambarkan seperti permintaan musiman.2. Gunakan simulasi untuk menguji kebijakan persediaan Permintaan kebanyakan tidak terdistribusi normal dan musiman adalah ide yang baik untuk menguji dan menyesuaikan kebijakan persediaan dengan simulasi computer sebelum digunakan. Jika waktu tunggu (lead time) 1 minggu. tingkat pesanan dan safety inventory harus dibuat lebih dari setahun dengan melakukan penyesuaian dalam mengubah rata-rata permintaan yang melebihi setahun umumnya lebih signifikan daripada penyesuaian dengan mengubah keberagaman. Simulasi yang bermacam-macam dapat dibangun dengan Excel. tidak diperbolehkan untuk memilih rata-rata permintaan dan standar deviasi sampai melebihi setahun untuk mengevaluiasi reorder point yang tetap. Dalam keadaan musiman. actual yang sebenarnya. maka mungkin terjadi kehabisan persediaan pada saat musim puncak. 3.

Pemantauan dibutuhkan bukan saja untuk mengendalikan level persediaan tapi juga mengendalikan kehabisan stok yang mungkin dihasilkan. banyak masalah (baik dalam kebijakan inventory sendiri dan dalam proses aplikasi kebijakan) yang dapat diselesaikan. 5. sebagian karena kehabisan stok sulit dikendaliakan dan sebagian karena ada persepsi bahwa kehabisan stok berakibat pelanggan bukan hanya perusahaan. Pemantauan sangat krusial karena mengikuti sebuah rantai pasok untuk kebijakan yang tidak bekerja dengan baik dan membuat penyesuaian sebelum performa rantai pasok terpengaruhi secara signifikan. Dengan memulai menggunakan petunjuk. Perusahaan tidak berusaha mengendalikan kehabisan stok. Pengujian dengan petunjuk Bagaimanapun sebuah simulasi tidak dapat mengidentifikasi semua masalah yang mungkin meningkat ketika menggunakan kebijakan inventory. Memantau servis level Sebuah kebijakan inventory yang telah diterapkan untuk performan yang terkendali dan terpantau. Solusi masalah yang didapatkan sebelum kebijakan dilaksanakan pada semua produk dapat menghemat banyak waktu dan uang. dimana pelanggan tidak hanya membeli produk ketika .simulasi dapat menghemat banyak waktu dan biaya dibandingkan dengan menghadapi masalah saat kebijakan inventory digunakan. kehabisan stok yang sulit untuk dihitung seperti pada supermarket. seringkali adalah sebuah ide yang baik untuk memulai mengimplementasi dengan program petunjuk dari produk yang digambarkan dalam sebuah set produk dalam persediaan. Sebuah kebijakan persediaan yang dipilih dan diuji menggunakan simulasi. 4.

Bagaimanapun. . dimana banyaknya klik dalam produk uang kehabisan stok dapat dihitung. cara mudah unyuk mengestimasi kehabisan stok di supermarket. Kemampuan menurunkan persediaan pengaman tanpa merusak ketersediaan produk dapat menaikkan keuntungan secara signifikan. Memberi fraksi dalam klik dapat menunjukkan pesanan dan rata-rata sebuah pesanan.tidak terdapat di dalam rak. permintaan selama kehabisan stok dapat diestimasi. Ini adalah bagian penting pada industry berteknologi tinggi. Fokus dalam mengurangi safety inventory (persediaan pengaman) Persediaan pengaman seringnya pada fraksi yang besar dari total persediaan di rantai pasok. faktanya lebih mudah diestimasi dengan online. Manajer rantai pasok harus focus dan berkelanjutan dalam menggunakan ini untuk menurunkan safety inventory. 6. Kehabisan stok. ada fraksi waktu dimana sebuah rak tidak terdapat sebuah produk yang mungkin dihunakan untuk mengestimasi rentang pengisian. dimana produk life cycle yang singkat.

AGAK GENDUT DAN ADA . NYIMAS EKI NEVITA.FOTO ANGGOTA KELOMPOK SIGIT PRAYITNO. NINDYA NUR FAJRIYAH AGUSTRAN NAGARA PRISKA YOVITA AGUNG WIYOGO ADHE RAMADHAN JENGGOTNYA BU  YANG PUTIH.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful