P. 1
3 Instrumen Uji Kompetensi Kepala Sekolah

3 Instrumen Uji Kompetensi Kepala Sekolah

|Views: 86|Likes:
Published by Igun Gunawan

More info:

Published by: Igun Gunawan on Nov 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2014

pdf

text

original

INSTRUMEN UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH

.emda.1 INDIKATOR Mampu merumuskan isi sekolah /madrasah CONTOH SOAL !uatu sekolah memiliki beberapa prestasi akademik di tingkat pro insi.Memimpin sekolah/Madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/ madrasah secara optimal 1.ada dua tahun terakhir muncul sekolah s(asta dengan layanan pendidikan yang bermutu di dekat lokasi sekolah. ." Mampu merumuskan misi sekolah/ madrasah 1.1.'%Mampu menyusun rencana ker&a sekolah !ekolah mengalami penurunan &umlah calon sis(a )peminat* dalam tiga tahun terakhir+ namun tetap memperoleh dana bantuan yang memadai dari .PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2012 DIMENSI MANAJERIAL KOMPETENSI 1.1 Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan 1.1. Rumusan isi yang rele an untuk sekolah tersebut adalah.$% Mampu menetapkan tu&uan sekolah/ madrasah 1..1. .1.". ". 1. Rumusan misi yang rele an untuk sekolah tersebut adalah #.rioritas kegiatan pengembangan sekolah yang harus dilakukan adalah% 1.1% Menganalisis kekuatan+ kelemahan+ peluang+ dan ancaman sekolah/ madrasah . !uatu sekolah yang berkualitas memiliki beberapa prestasi akademik baik di tingkat pro insi maupun tingkat nasional.

" Mendorong peningkatan kuali. bagi pembela&aran peserta didik 1.$.asilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi bela&ar 1.$% Melibatkan guru+ komite sekolah dalam pengambilan keputusan penting sekolah/madrasah 1.". 1.1% Mencipta1kan budaya pembela&aran secara interakti.$.1% Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman untuk meningkat kan moti asi ker&a pendidik dan tenaga kependidikan 1. !ekolah mengalami penurunan &umlah calon sis(a )peminat* dalam tiga tahun terakhir+ namun tetap memperoleh dana bantuan yang memadai dari .$% Mendorong terciptanya proses pembela&aranyang berpusat pada potensi+ perkembangan+ kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta lingkungannya 1.ada dua tahun terakhir muncul sekolah s(asta dengan layanan pendidikan yang bermutu di dekat lokasi sekolah.ikasi akademik pendidik dan tenaga kependidikan ke &en&ang yang lebih tinggi !eorang guru di !.ekti.DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR 1.rioritas kegiatan pengembangan sekolah yang harus dilakukan adalah% 1. .aatkan .'% Mengelola guru dan sta. . dan ino ati.'.asilitas laboratorium /imia yang ada di sekolah. !ekolah tersebut tidak memiliki tenaga laboran /imia+ namun ada seorang guru /imia yang ra&in dan kompeten dalam mengelola laboratorium.+ inspirati.ilihan berikut ini yang paling e.'% Mem."% Memberikan moti asi bagi timbulnya prakarsa+ kreati itas dan kemandirian sesuai dengan bakat+ minat dan perkembangan psikologis peserta didik 1."% Menempatkan !-M sesuai dengan kompetensi dan komitmen yang dimiliki CONTOH SOAL !eorang kepala sekolah !MA ingin mengembangkan layanan pembela&aran dengan meman.emda.".isien dan e. 0indakan yang seharusnya .$.'. 0indakan &angka pendek yang sebaiknya dilakukan oleh kepala sekolah adalah #. dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal .+ menyenangkan+ menantang+ memoti asi peserta didik untuk berpartisipasi akti.$. dalam upaya meningkatkan minat dan kompetensi sis(a dalam membaca adalah # 1.$% Menciptakan budaya dan iklim sekolah/ madrasah yang kondusi.sering tidak hadir (alaupun sudah sering ditegur+ sehingga proses pembela&aran men&adi terganggu. !ekolah berada di daerah terpencil dan &umlah guru di sekolah tersebut sangat terbatas.

6al yang paling utama dalam akuntabilitas tersebut mencakup..4 Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru+ dan penempatan+ dan pengembangan kapasitas peserta didik.5.DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR CONTOH SOAL dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi kondisi tersebut adalah #.ungsi 1.ekti.$ Melakukan analisis kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan /epala sekolah ingin melengkapi sarana dan sumber bela&ar yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembela&aran..2.. .. !alah satu progam pembiasaannya adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan akti itas sehingga sekolah menyediakan banyak keran air di tempat1tempat strategis.2..4.4 Menge aluasi pengelolaan sarpras agar tetap ber.aatkan oleh guru dalam proses bela&ar menga&ar adalah.isik dan peralatan dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan 1..-5 secara akuntabel.2% Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan 1..'.4.-5 1.ikasi kebutuhan tersebut agar sarana dan sumber bela&ar diyakini akan diman.2.." Mendeskripsi1kan sistem . 3ang seharusnya dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi permasalahan tersebut #.' Menerapkan sistem e aluasi kiner&a yang e. 1.+ transparan+ akuntabel+ dan tidak diskriminati. untuk melakukan perbaikan secara berkelan&utan 1. Langkah yang perlu dilakukan dalam mengidenti. 1.-5*+ sekolah menerapkan sistem . 1. .ada saat penerimaan peserta didik baru )..asilitas ..1 Menyusun petun&uk teknis .-5 secara obyekti.$ Mengatur pemeliharaan semua .1 Menyusun program pengelolaan sarana prasarana secara tertulis !uatu sekolah menerapkan kebiasaan hidup bersih.'. 1. Namun keran1keran tersebut sering sekali rusak+ bahkan sering terlihat air mengalir tanpa digunakan." Meningkatkan penggunaan sapras yang ada di lingkungan sekolah/ madrasah 1.

ekti itas mekanisme .4.asilitasi kompetensi ketatausahaan petugas layanan khusus !uatu sekolah mendapat &uara sekolah sehat tingkat pro insi+ memiliki halaman yang cukup luas.". Menge aluasi e. 9saha saudara selaku kepala sekolah di antaranya adalah #. 9ntuk memaksimalkan kompetensi petugas layanan kebersihan maka sekolah harus #.4.$ Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersi.# 1. 1. Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/ madrasah secara transparan dan akuntabel 1.$ Menge aluasi Rencana /egiatan dan Anggaran !ekolah )R/A!* -alam Juknis 57! disebutkan perlunya pengelolaan keuangan sekolah secara transparan dan akuntabel.DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR 1. 6al yang sebaiknya dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi sekolah dalam matematika adalah #. 0indakan yang sebaiknya dilakukan oleh kepala sekolah adalah #." Mem.1 Men&elaskan tu&uan pembuatan Rencana /egiatan dan Anggaran !ekolah )R/A!* 1.4.' Melaksanakan kegiatan ekstra dan ko 1kurikuler untuk peserta didik 1.1 Membuat da.ada akhir tahun pela&aran+ /epala !ekolah sudah melaksanakan R/A! sesuai dengan ketentuan yang berlaku+ semua kegiatan dapat terbiayai+ tetapi hasil dari kegiatan lomba tidak ada yang memperoleh prestasi sesuai dengan harapan.:..8.tar urut kepangkatan pega(ai 1.at akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan 1. 2.-5 1.. 1.:.4. Mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya CONTOH SOAL !eorang sis(a yang pintar matematika memperoleh prestasi sebagai &uara 7!N untuk matematika !M.8. .8 Mengelola keuangan sekolah/ madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel+ transparan+ dan e.8.isien.4.: Mengelola ketatausahaan sekolah/ madrasah dalam mendukung pencapaian tu&uan sekolah/ madrasah 1. .

Melakukan monitoring+ menge aluasi+ dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat+ serta merencanakan tindak lan&utnya.1.Menge aluasi keterlaksanaan tugas pokok dan .Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menu&u "..1.$...". Menganalisispelaporan hasil pemantauan super isi dan e aluasi 1.EN<EM5AN <AN !E/7LA6 ".Mengembangkan ". /emungkinan penyebab permasalahan adalah #. 1. .. ". 1. Melaksanakan rincian tugas pengembangan struktur organisasi "..' Merancang tindak lan&ut hasil pemantauan+ super isi+ dan e aluasi 9!A6A ... -iketahui bah(a nilai tes masuk calon sis(a cukup tinggi.1. Namun+ ada salah seorang guru yang secara diam1diam menerima ta(aran tersebut..".1.:. menggunakan hasil pemantauan super isi dan e aluasi untuk memperbaiki kiner&a kepala sekolah 1.ungsi sesuai dengan struktur organisasi !ebuah penerbit mena(arkan rabat $=> dari harga buku kepada sekolah yang Anda pimpin agar menggunakan buku yang diterbitkannya.Mengembangkan struktur organisasi sekolah/ madrasah organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan. ".. /epala sekolah melakukan analisis terhadap kiner&a guru+ potensi sis(a+ dan akti itas sis(a dalam bela&ar.... 9ntuk menangani guru tersebut+ Anda . !ebagai /epala sekolah+ Anda menolaknya.$ menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah 1.1 Menganalisis kiner&a pendidik dan tenaga kependidikan !arana dan prasarana di suatu sekolah cukup memadai dan guru menga&ar sesuai dengan program yang direncanakan+ tetapi sis(anya tidak berprestasi.".1.$.:.DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR CONTOH SOAL 1.".Mengembangkan perangkat yang menun&ang organisasi pembela&ar.1.' Menge aluasi pelayanan operasional standar ketatausahaan 1.

Men&elaskan bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan ".". ". "..'. ". bagi seluruh (arga sekolah/madrasah.Men&elaskan acuan dasar kegiatan pembela&aran .".".1.$.$.Menyusun /0!. ". berdasarkan sistimatika ".$.'.$.'.DIMENSI KOMPETENSI organisasi pembela&ar yang e.".'.2. ".Mengembangkan suasana bela&ar yang kondusi. ".Melakukan telaah dan re isi kurikulum secara priodik ".'.Merancang bahan a&ar yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide+ sumber bela&ar+ dan pembiayaan sekolah/ madrasah.$. ".Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah.Mere isi /0!. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembela&aran sesuai dengan arah dan tu&uan pendidikan nasional.Merumuskan prinsip1prinsip e aluasi pengembangan perangkat organisasi pembela&ar.$.".ekti.$.Menggali sumber dana yang berasal dari masyarakat/ stakeholder untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan.1. INDIKATOR CONTOH SOAL ".'.'. ".

2.8.aatkan kema&uan teknologi in.Meningkatkan peran (arga sekolah dalam pengelolaan !I! ".$Menyusun program unit layanan khusus sekolah "."Men&elaskan peman.ormasi dalam penyampaian in.Menge aluasi kualitas proses pembela&aran CONTOH SOAL ".$.aatan teknologi in.2.1 Men&elaskan peman. ".ormasi sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.4.8.'.ormasi bagi peningkatan pembela&aran dan mana&emen sekolah/madrasah ".Menge aluasi program unit layanan khusus sekolah ".2.Mengimplementasikan !I! untuk pengambilan keputusan ".".".DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR ".'.1.Meman.2.4. ".Menentukan tu&uan layanan khusus ". ".Men&elaskan peman.aatan teknologi in.8.Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembela&aran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.8. Mengelola sistem in.aatan teknologi in.ormasi dalam pengolahan data ".4.4.Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah ".4.ormasi sekolah.1.ormasi dalam pemecahan masalah .2.$.Menyusun program !I! ".

(arga sekolah. )?4 $.1 Memformulasikan strategi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan $. di sekolah agar hasil bela&ar sis(a dapat mencapai target optimal $.1.EM5ELAJA RAN 3. $.1Memilihstrategi yang &elas untuk mencapai isi+ misi+ tu&uan yang menekankan pada kegiatan pembela&aran bagi seluruh sis(a.1." Membangun kultur pembela&aran yang progresi. )?4* $. 5erdasarkan permasalahan tersebut langkah apa yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pendalaman materi tersebut # $. CONTOH SOAL kE. )?2* 9paya untuk meningkatkan rata1rata nilai 9&ian Nasional+ kepala sekolah memiliki strategi melaksanakan pendalaman materi setiap hari sabtu..".2 Menetapkan harapan1harapan yang tinggi bagi (arga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung &a(abnya. ". )?$* /epala sekolah telah menetapkan harapan yang tinggi tentang apa yang harus dicapai oleh (arga sekolah sesuai dengan tugas dan tanggung &a(abnya agar harapan yang tinggi tersebut dapat dicapai oleh seluruh guru+ maka kepala sekolah melakukan tindakan." Menciptakan ino asi dalam pelayanan pembela&aran sis(a..".DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR ".ormasi dalam pengambilan keputusan.$..IN AN . dan kondusi.1 Mengintegrasikan budaya mutu dalam proses pembela&aran di sekolah. )?4* $. di sekolah.' Menciptakan suasana kompetiti. Namun ternyata sis(a tidak mengikuti pendalaman materi secara serius. /epala sekolah sebagai pemimpin selayaknya memiliki perilaku1perilaku sebagai berikut.EMIM.1 Menyusun instrumen e aluasi." Membangun nilai1nilai kreati itas di sekolah. ".aatan in. )?4* $. )?4* /epemimpinan pembela&aran akan mendorong terbentuknya Learning School )!ekolah pembela&aran*. )?'* $.$ Meningkatkan partisipasi kolaborati.8.$ Menge aluasi strategi peningkatan prestasi akademik seluruh sis(a... ".'.Men&elaskan peman..3 Melakukan e aluasi secara berkala dan berkelan&utan $.1. )?4* . 3..

'.esionalisme pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah berdasarkan kebutuhan pembela&aran sis(a.esionalisme pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah.' Menciptakan lingkungan bela&ar sekolah yang mendukung ter(u&udnya komunitas pembela&ar di sekolah.DIMENSI KOMPETENSI sebagai dasar peningkatan mutu pembela&aran di sekolah.$ Menyimpulkan hasil pengolahan data e aluasi.2.' Menge aluasi hasil pengembangan pro.1 Mengaplikasikan pendekatan yang terbarukan untuk peningkatan pembela&aran sis(a. Maka usaha yang seharusnya dilakukan guru adalah# 3.d guru matematika melaksanakan ulangan harian dengan //M 48+ dan hasil rata1rata kelas 24.$. )?4* $." Membangun kompetensi (arga sekolah untuk bela&ar dari pengalaman terbaik. $." Menganalisis kebutuhan pengembangan pro.$. )?4* $. 6. )?$* $." Menggunakan instrumen e aluasi untuk pengumpulan data. -ari peserta didik $2 orang+ 48> memperoleh nilai kurang dari //M dan $$> A dari //M.'. )?4* $. )?'* $.2.'.er pengetahuan antar (arga sekolah secara cepat. INDIKATOR CONTOH SOAL $.$ Mem.$ Merumuskan strategi1strategi pengembangan pro.ekti. )?$* $.1.$.asilitasi trans.esionalisme pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. )?4* .'.. )?2* $. untuk meningkatkan hasil bela&ar sis(a secara optimal.' Menggunakan hasil e aluasi sebagai dasar melakukan tindak lan&ut.2.5 Mem.@achrudin+ M.2. )?$* 3. $.esionalisme pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelan&utan dalam rangka meningkatkan hasil bela&ar sis(a secara optimal. )?2* $. Menyusun strategi pelayanan pembela&aran yang e. )?$* -rs.asilitasi seluruh (arga sekolah agar men&adi komunitas pembela&ar.4 Melakukan pengembangan pro.

" Menerapkan pembela&aran yang ino ati.1.1 Menciptakan ino asi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah. )?4* $. )?'* kEBIRA9!A 6AAN '. )?$* $. 4. Men&elaskan konsep ker&a keras '. '." Melaksanakan .4.1 Men&elaskan konsep ino asi dan kreati. '. untuk meningkatkan hasil bela&ar (arga sekolah. 4.itas proses pembela&aran di sekolah '.1.esi untuk meningkatkan pro. 5eker&a keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah '.".2.1.".1 Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelan&utan.4. )?$* $.2 Memberi contoh cara melakukan ino asi di sekolah '.1.DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR CONTOH SOAL $.1.2 Menge aluasi pelaksanaan komunitas pembela&ar di sekolah.$ Merancang karya1karya ino ati.1. $. )?2* 3.' Menerapkan ino asi pendidikan karakter di sekolah '.' Memaksimalkan peran organisasi pro.".esionalisme (arga sekolah.enelitian 0indakan untuk perbaikan kompetensi pendidik.1.$ Merencanakan ino asi pendidikan karakter di sekolah '. Membangun budaya ker&a keras untuk meningkatkan kualitas .0/ di sekolah .6 Meningkatkan hasil bela&ar (arga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembela&aran secara berkelan&utan.

'.at pantang menyerah '.'.1 Menilai moti asi ./&asa di sekolah '.' .' Mengemukakan cara menumbuhkan moti asi yang kuat untuk sendiri '.0/ dalam melaksanakan tupoksinya CONTOH SOAL '.$ Menemukan solusi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah '.' Mengkategorikan tantangan dan kendala yang ter&adi di sekolah '.'." Merencanakan pengelolaan kegiatan produkti.ungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah '.$.2." Memerinci cara menumbuhkan si.$ Men&elaskan konsep/hakikat moti asi '.$.$.2.$. Memiliki naluri ke(irausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/&asa sekolah/madrasah sebagai sumber bela&ar peserta didik. '.antang menyerah danselalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah '. Men&elaskan konsep ke(irausahaan '.1 Men&elaskan konsep pantang menyerah '.1." Merancang cara menumbuhkan moti asi .".DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR '.".'.$ Melaksanakan kegiatan produkti./&asa di sekolah .' Memberi contoh ker&a keras dalam meningkatkan pengadaan sarpras lingkungan sekolah '.$ Memiliki moti asi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan .2.2.0/ dalam proses pembela&aran '.$ Menerapkan budaya ker&a keras untuk mencapai keberhasilan pengelolaan sekolah '.

)?$* 2." Menetapkan tahapan teknik super isi akademik." Melaksanakan super isi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik super isi yang tepat.1.1.2.4 Menyusun prosedur monitoring dan e aluasi super isi akademik )?4* 2.ekti.1. )?"* 2.iloso.1 Men&elaskan landasan .ERCI!I 2.".DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR '.1.1 Melaksanakan super isi akademik yang didasarkan pada kebutuhan dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru )?$* 2.is super isi akademik sebagai sebuah proses pendidikan./&asa di sekolah CONTOH SOAL !9. )?$*."." Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan super isi berdasarkan prinsip1prinsip super isi akademik.1 Merencanakan program super isi akademik dalam rangka peningkatan pro. 0ahap1 tahap kegiatan kun&ungan kelas dalam pelaksanaan super isi akademik adalah#.' Memecahkan masalah pengembangan pembela&aran super isi akademik. 2.1.".1.esionalisme guru. Merencanakan pengelolaan kegiatan produkti.".$ Memilih pendekatan super isi akademik yang tepat dan sesuai dengan tu&uan super isi akademik )?2* 2.an super isi akademik . 2.2 Meman. )?2* 2.ekti.2 Menetapkan pendekatan super isi akademik yang e.aatkan teknologi in.". -alam pelaksanaan kun&ungan kelas+ kepala sekolah harus melalui berbagai tahap kegiatan.'. 2.' Men&elaskan tu&uan super isi akademik pada masing1masing lingkup pelaksanaan dan e aluasi pembela&aran )?"* 2. )?$* !alah satu teknik super isi akademik secara indi idual adalah kun&ungan kelas. 2.ormasi untuk mendukung kee.: Merumuskan kriteria pencapaian tu&uan super isi akademik )output* 2.

$.4 Menentukan langkah1langkah super isi klinis CONTOH SOAL Jakarta.2 Mengembangkan program tindak lan&ut berdasarkan hasil e aluasi super isi akademik. 29 Mei 2012 .$.$.' Melakukan analisis hasil e aluasi untuk kepentingan tindak lan&ut 2.$ Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung )output* super isi akademik 2.1 Merumuskan kriteria pencapaian dampak super isi akademik )outcome* 2. INDIKATOR 2.$ Menindaklan&uti hasil super isi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan pro. 2.$.$.DIMENSI KOMPETENSI 2.esionalisme guru.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->