Perkembangan Psikososial Dewasa Awal

Free Powerpoint Templates

Page 1

J. sebagai berikut:  Memilih Teman Bergaul (Sebagai Calon Suami Atau Istri)  Belajar Hidup Bersama Dengan Suami Istri  Mulai Hidup Dalam Keluarga Atau Hidup Berkeluarga  Mengelolah Rumah Tangga  Mulai Bekerja Dalam Suatu Jabatan  Mulai Bertangungjawab Sebagai Warga Negara Secara Layak  Memperoleh kelompok sosial yang seirama dengan nilai-nilai pahamnya Free Powerpoint Templates Page 2 .Tugas-tugas Perkembangan Tugas-tugas perkembangan dewasa awal menurut R. Havighurst (1953).

dipercaya. disebut cinta yang bergairah. 2. Free Powerpoint Templates Page 3 . kedekatan. ataupun yang telah dibina sebelumnya. di mana seseorang merasakan perasaan emosional seperti kehangatan. adalah tipe cinta yang terjadi ketika hasrat individu dekat dengan orang lain dan melibatkan perasaan yang mendalam. Ada beberapa macam cinta. Romantic love. dimana individu mulai mengkristalisasikan hubungan dengan seorang individu yang paling dicintai.  Cinta. dan perasaan berbagi terhadap pasangannya.  Keintiman.Daya Tarik dan Cinta  Ketertarikan. Puncak pengalaman psikososial ini tercapai pada masa dewasa awal. yaitu:1. Affection love.

Free Powerpoint Templates Page 4 . Isolasi yakni kecenderungan menghindari hubungan hubungan karena orang tidak mau melibatkan diri dalam keintiman. Keintiman dapat diartikansebagai suatu kemampuan memperhatikan orang lain dan membagi pengalaman dengan mereka.Perkembangan Intimacy VS Isolasi Intimacy atau keintiman adalah kemampuan untuk menyatukan identitas diri dengan identitas orang lain tanpa ada ketakutan kehilangan identitas diri sendiri.

Keluarga dengan anak remaja 5.Pernikahan dan Keluarga  Siklus Kehidupan Keluarga 1. Keluarga pada kehidupan usia tengah baya 6. Keluarga pada kehidupan usia lanjut  Kecenderungan Dalam Pernikahan  Harapan dan Mitos Pernikahan Free Powerpoint Templates Page 5 . Penggabungan keluarga melalui pernikahan 3. Menjadi orang tua dan keluarga dengan anak 4. Meninggalkan rumah dan menjadi orang dewasa 2.

Sekian dan Syukron Katsir ^^ Oleh Kelompok 4 Sulfi Alam (08410168) Amar Ma’ruf (11410060) Siti Maryam (11410061) Ahmad Jauhar Sad (11410062) Kariba Husnayayyin AZ (11410065) Dwi Chandra Pranata (11410150) Wassalamu’alaikum wr.wb Free Powerpoint Templates Page 6 .