P. 1
Bendera adalah salah satu alat kelengkapan Negara konstitusional.docx

Bendera adalah salah satu alat kelengkapan Negara konstitusional.docx

|Views: 1|Likes:
kelengkapan negara
kelengkapan negara

More info:

Published by: Tatit Fitri Pusparani on Nov 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2014

pdf

text

original

Bendera adalah salah satu alat kelengkapan Negara konstitusional.

Bendera Republik Indonesia adalh sang saka merah putih , dugunakan sebagai lambing Negara. Asal muasal penggunaan bendera dengan warna merah dan putih merujuk pada umbul” kerajaan majapahit yang dahulu dipakai oleh armada angkatan laut untuk melakukan pelayaran dan penaklukan kerajaan kerajaan lain. Kerajaan majapahit adalah kerajaan terbesar yang berhasil menyatukan nusantara. Merah putih juga digunakan oleh oleh pangeran diponegoro dan para pejuang aceh, sebagai bendera kebesaran pada saat perang melawan penjajah. Sehingga warna bendera merah putih telah dikeal diseluruh bumi pertiwi, dan rakyat mengakuinya sebagai bendera Indonesia. Sang saka merah putih resmi dikibarkan pada tanggal 17 agustus 1945 tepat pada pukul 10.00 wib pada saat proklamasi kemerdekaan republic Indonesia sebagai bendera Negara kesatuan republic Indonesia. Pengibaran bendera merah putih ini diiringi oleh lagu Indonesia raya ciptaan wr supratman. Sang saka merah putih ini di jahit oleh ibu fatmawati, warna putih pada saat itu berasal dari kain mukenah dan warnah merah berasal dari kain jarit ibu fatmawati sendiri. Desain resmi bendera Negara Indonesia adalah bewarna dasar merah pada bagian atas, dan putih pada bagian bawah dengan perbandigan skala 2:3. Warna merah dipilih karena memberikan makna gagah berani, dan tangguh. Sedangkan warna putih melambangkan kesucian, ketulusan dan ikhlas. Beberapa Negara di dunia memiliki warna bendera hamper sama dengan sang saka merah putih, antara lain Negara singapura, manako da polandia. Namun yang paling mirip adalah bendera manako. Namun terdapat perbedaan yaitu pada skala ukuran bendera. Pada bendera manako memiliki ukuran dengan skala 4:5.

Lagu kebangsaa Indonesiaadalah lagu Indonesia raya, diciptakan oleh wage Rudolf soepratman. Dinyanyikan pertaman kali pada saat kongres pemuda II, tanggal 28 oktober 1928 tepat pada saat deklarasi sumpah pemuda. Kelahiran lagu Indonesia raya ini menandakaln kelahiran pergerakan nasionalisme diseluruh nusantara. Pada tahun 1945 lagu ini dinyanyikan kembali mengiringi pengibaran bendera sang merah putih. Kemudian pada tahun 1950 lagu Indonesia raya ini di aransemen oleh jos cleber guna penyempurnaan dengan usulan dan masukan oleh presiden ir.soekarno.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->