Pengertian Dan Penjelasan Kompressing Menurut Para Ahli Kompresi Teks : Contoh kompresi sederhana pada teks yang

biasa kitalakukan misalnya adalah menyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memiliki konvensi umum. Misalnya: kata “yang” dikompres menjadi kata “yg” Pengertian Dan Penjelasan Kompressing Menurut Para Ahli Dalam ilmu komputer dan teori informasi , kompresi data atau sumber pengkodean adalah proses encoding informasi dengan menggunakan lebih sedikit bit (atau unit informasi-bantalan lainnya) dari sebuah unencoded representasi akan menggunakan, melalui penggunaan khusus pengkodean skema.

Dalam komputasi, deduplication data adalah teknik kompresi data khusus untuk menghilangkan data-grained berlebihan kasar, biasanya untuk meningkatkan utilisasi storage.

Seperti komunikasi apapun, dikompresi komunikasi data hanya bekerja jika kedua pengirim dan penerima informasi memahami skema pengkodean. Misalnya, teks ini masuk akal hanya jika penerima mengerti bahwa itu adalah dimaksudkan untuk ditafsirkan sebagai karakter yang mewakili bahasa InggrisDemikian pula, data terkompresi hanya dapat dipahami jika metode decoding diketahui oleh penerima.

Kompresi berguna karena membantu mengurangi konsumsi sumber daya mahal, seperti hard disk space atau transmisi bandwidth . Pada sisi negatifnya, data dikompresi harus didekompresi untuk digunakan, dan ini pengolahan tambahan mungkin merugikan beberapa aplikasi. Sebagai contoh, skema kompresi untuk video mungkin memerlukan perangkat keras mahal untuk video yang akan didekompresi cukup cepat untuk dilihat karena sedang decompressed (pilihan untuk dekompresi video secara penuh sebelum menonton mungkin nyaman, dan membutuhkan ruang penyimpanan untuk decompressed video). Rancangan skema kompresi data sehingga melibatkan trade-off antara berbagai faktor, termasuk tingkat kompresi, jumlah distorsi memperkenalkan (jika menggunakan skema kompresi lossy ), dan sumber daya komputasi yang dibutuhkan untuk kompres dan uncompress data.

Ada 2 kompresi data a. Lossy

perulangan karakter diinstal kembali . video dimana keakuratan data absolut tidak diperlukan.Lossy kompresi citra digunakan dalam kamera digital . audio yang berbeda dan kompresi standar pidato terdaftar di bawah codec audio . Suara kompresi akan digunakan dalam telepon Internet misalnya. · Digunakan pada kompresi objek audio. · Metode kompresi yang banyak digunakan adalah standar JPEG. Lossless Berikut ini cirri-ciri: · Data tidak berubah atau hilang pada proses kompresi atau dekompresi · Membuat satu replika dari objek asli · Menghilangkan perulangan karakter · Digunakan pada data teks dan image · Pada saat dilakukan dekompres. DVD menggunakan lossy MPEG-2 Video codec untuk kompresi video . · Contoh: bila video image dikompres dengan basis frame-by. video conferencing. sehingga " pidato kompresi "atau" suara coding "kadang-kadang dibedakan sebagai suatu disiplin yang terpisah dari" kompresi audio ". b. Demikian pula. Berikut ciri-ciri · Terdapat informasi yang hilang pada saat sampai pada telinga dan mata manusia. sementara kompresi audio yang digunakan untuk CD ripping dan diterjemahkan oleh pemain audio. dan multimedia messaging systems. · Aplikasi: medical screening systems. metode psychoacoustics digunakan untuk menghapus nonterdengar (atau kurang terdengar) komponen dari sinyal. image. Dalam lossy kompresi audio . Kompresi berbicara manusia sering dilakukan dengan teknik khusus bahkan lebih.frame hilangnya data pada satu frame tidak mempengaruhi penglihatan. untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dengan minimal penurunan kualitas gambar.

· Hanya untuk image hitam-putih. · Aplikasi utama digunakan pada faksimil dan pada awal document imaging. dan tidak digunakan pada baris yang mempunyai jumlah scanline banyak. · Byte lebih besar dari pada byte image asli. · Digunakan untuk kompresi image hitam-putih (binary). 2. PENGERTIAN KOMPRESI DATA Kompresi berarti memampatkan / mengecilkan ukuran Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau informationbearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu.Standart compressing lossless yaitu: 1. Packbits encoding (Run-length encoding) · Kompresi data paling sederhana dan digunakan pada awal penggunaan kompresi. scanline dilakukan pada pixel dari warna yang sama (hitam atau putih). · Menggunakan Huffman encoding untuk encoding pixel runlength pada CCIT Group 3 dan Group 4. Efek ini disebut reverse compression atau negative compression. · String karakter yang berulang menempati dua byte: · Byte pertama berisi jumlah dari banyaknya perulangan · Byte kedua berisi karakter itu sendiri · Dilakukan pada satu baris (atau scanline). bukan grayscale atau warna. CCIT Group 3 1D · Berdasarkan run-length encoding. .

M&T Books.blogspot.L.. Gailly. mempercepat pengiriman data. AAC. TIFF). RMA. H261.id/2012/04/22/teknik-kompresi-multimedia/ . Second Edition.com/2012/04/kompresi-data. The Data Compression Book. WMA).blog. audio (MP3. Misalnya: kata “yang” dikompres menjadi kata “yg” Pengiriman data hasil kompresi dapat dilakukan jika pihak pengirim/yang melakukan kompresi dan pihak penerima memiliki aturan yang sama dalam hal kompresi data Pihak pengirim harus menggunakan algoritma kompresi data yang sudah baku dan pihak penerima juga menggunakan teknik dekompresi data yang sama dengan pengirim sehingga data yang diterima dapat dibaca / di-dekode kembali dengan benar Kompresi data menjadi sangat penting karena memperkecil kebutuhan penyimpanan data. PNG. M. J. dan video (MPEG.ac. memperkecil kebutuhan bandwidth Teknik kompresi bisa dilakukan terhadap data teks/biner. gambar (JPEG.widyatama.html http://faliq. New York. H263) REFERENSI Nelson. 1996 http://obatiaa..Contoh kompresi sederhana yang biasa kita lakukan misalnya adalah menyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memiliki konvensi umum.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.