BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Kearifan lokal merupakan khasanah tata nilai kehidupan yang menyatu dalam bentuk kepercayaan, budaya dan adat istiadat. Dalam perkembangannya masyarakat melakukan adaptasi terhadap lingkungan dengan mengembangkan suatu kearifan yang berwujud pengetahuan atau ide, peralatan, dipadu dengan norma adat, nilai budaya, aktivitas mengelola lingkungan guna mencukupi kebutuhan hidup tanpa merusak alam. Kearifan lokal adalah semua bentuk pengetahuan, keyakinan, pemahaman atau wawasan serta adat kebiasaan atau etika yang menuntun perilaku manusia dalam kehidupan di dalam komunitas ekologis. Semua bentuk kearifan lokal ini dihayati, dipraktekkan, diajarkan dan diwariskan dari generasi ke generasi sekaligus membentuk pola perilaku manusia terhadap sesama manusia, alam maupun gaib (Keraf, 2002). Kebuadayaan adalah keseluruhan pengetahuan yang dipunyai manusia sebagai makhluk sosial. Isinya berupa perangkat model pengetahuan yang secara selektif dapat digunakan untuk memahami dan menginterpretasi lingkungan yang dihadapi, mendorong dan menciptakan tindakan yang diperlukan. Kebudayaan dipakai manusia untuk beradaptasi dan menghadapi lingkungan tertentu, agar manusia dapat melaksanakan hidupnya dan memenuhi kebutuhannya, serta hidup lebih baik1. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan masuknya era globalisasi diikuti masuknya budaya asing, kearifan masyarakat yang awalnya berselaras dengan alam mulai tergerus oleh teknologi dan kesenjangan diberbagai bidang kehidupan, hal ini mulai menimbulkan berbagai dampak ketidak seimbangan alam yang menyebabkan bencana. Maka dari itu kearifan lokal harus dapat disenergikan dalam setiap perkembangan jaman. Dengan demikian akan tetap menjaga kelestarian adat
1

Rudito, bambang. 2013, BEBETEI UMA KEBANGKITA ORANG MENTAWAI: Sebuah Etnografi. Yogyakarta; GADING dan Sustainable Devlopment, hlm; 1.

1

istiadat peninggalan nenek moyang yang juga merupakan budaya bangsa Indonesia. Kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan dapat ditumbuhkan secara efektif melalui pendekatan kebudayaan. 1. penguatan modal sosial.2. seperti pranata sosialbudaya. maka hal itu akan menjadi kekuatan yang sangat besar dalam pengelolaan lingkungan.3. Dalam pendekatan kebudayaan ini. Jika kesadaran tersebut dapat ditingkatkan.Rumusan Masalah         Bagaimana konsep awal alam semesta menurut Orang Mentawai ? Bagaimana konsep ruang menurut Orang Mentawai ? Bagaimana konsep waktu menurut Orang Mentawai ? Bagaimana konsep dinamika kosmos menurut Orang Mentawai ? 1. kearifan lokal. Setelah menguraikan pentingnya kearifan lokal dalam kehidupan suatu masyarakat. lalu makalah ini akan membahas atau mencoba untuk mengkaji kosmologi dai kearifan lokal masyarakat Mentawai sebagai dasar bagi pemerintah untuk mengmbil suatu keputusan. Agar Keanekaragaman pola-pola adaptasi terhadap lingkungan hidup yang ada dalam masyarakat Indonesia yang diwariskan secara turun temurun menjadi pedoman dalam memanfaatkan sumberdaya alam. dan norma-norma yang terkait dengan pelestarian lingkungan hidup penting menjadi basis yang utama.Tujuan Penyusunan Makalah Mengetahui konsep awal alam semesta menurut Orang Mentawai Mengetahui konsep ruang menurut Orang Mentawai Mengetahui konsep waktu menurut Orang Mentawai Mengetahui konsep dinamika kosmos menurut Orang Mentawai 2 .

Yogyakarta. 2005. kosmos yang berarti dunia. PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA.4 Dalam sejarah filsafat. Hamersma. Pintu Masuk ke Dunia Filsafat. alasan pokok bagi atau suatu pertimbangan2.BAB II PEMBAHASAN 2. Analisis kosmologi mencoba mencari apa yang berlaku bagi dunia ini dan analisis ontologis berusaha mencari hubungan-hubungan dan pembedaan-pembedaan yang kiranya berlaku dalam dunia mana pun juga. 22. Setelah data dan kepastian observasi tekumpul. hlm. 1981. Kosmologi Kosmologi secara terminologi berasal dari bahasa Yunani. Tugas kosmologi dapat dibedakan dari tugas ontologi oleh suatu perbedaan tingkat. PENERBIT KANISIUS. hlm. kosmologi dianggap sebagai cabang metafisika yang bergumal dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai asal-usul dan susunan alam raya. Yogyakarta. 499. PENERBIT KANISIUS. hlm. 1981. 3 . lorens. Sebagaian data ini dikumpulkan oleh para filsuf kuno yang mengemukakan bahwa dibalik gerakan-gerakan pelanet yang kacau. Konsep geosentris ini kemudian digantikan oleh konsepsi sistem heleosentris sebagai bentuk reaksi atas geosentrisme yang diterima oleh gereja dan skolatisisme5. alam semesta dan logos yang berarti ilmu tentang. penciptaan dan kekekalannya. ide-ide kosmologi yang naif tampak di masa lampau sebagai suatu hasil dari beberapa upaya manusia untuk menemukan tempatnya dalam alam semesta. harry. Secara etimelogi kosmologi bermakna ilmu tentang alam semesta sebagai suatu sistem yang rasional dan teratur. 499. lahirlah konsep geosentris. 4 Hamersma. berarti sekaligus dunia. vitalisme atau mekanisme. 500. kodrat hukum. Kata Yunani “kosmos” lawannya dari ”chaos”. 2 3 Bagus.1. Hlm. 5 Ibid. Pintu Masuk ke Dunia Filsafat. aturan dan keseluruhan keteraturan3. harry. pasti terdapat suatu pola nyata yang sesuai dengan hukum. Kamus Filsafat. waktu. ruang dan kausalitas. Secara tradisional. Jakarta. Kosmologi juga dapat disebut dengan Filsafat Alam yang berbicara tentang dunia.

2. pisitron dan proton8. Kattsoff menjelaskan bahwa kosmologi adalah penyelidikan tantang jagad raya fisik. Kesulitan-kesulitan ini dipecahkan oleh teori kosmologi moderen yang didasarkan pada teori relativitas6. Oreintasi Kosmologi. Yogyakarta. neutron. 231-232. seperti ruang. bidang ini dinamakan filsafat fisika atau filsafat ilmu-ilmu alam. Kosmogoni adalah penjelasan atau keterangan tentang asal usul alam semesta menurut mitos. Terdapat dua istilah lagi yang sering disebut dalam studi ilmu kosmologi yaitu istilan makrokosmos dan mikrokosmos. dikenal juga kata yang maknanya agak mirip yaitu kosmogoni. dengannya orang dapat mengukur diameter bumi dan jarak bumu dengan planetplanet lainnya. Yogyakarta. Peranggapan-peranggapan yang terdapat dalam fisika sebagai ilmu tentang jagad raya. hlm. 1. 6 7 Ibid. Hal ini menimbulkan kesulitan-kesulitan serius yang dikenal dengan paradoks-paradoks kosmologi yang diakibatkan olah perluasan hukumhukum fisika yang ditetapkan bagi suatu bagian tertantu dari alam semesta kepada alam semesta seluruhnya. Kadang-kadang sekedar untuk membedakan masalah-masalah tersebut dari masalah-masalah ontologi. 2. Penyelidikan kefilsafatan mengenai istilah-istilah pokok yang terdapat dalam fisika. waktu dan sebagainya.Mikrokosmos adalah dunia sub-atonok seperti elektron. Makrokosmos adalah alam semesta dengan bintang dan planet-planetnya. 2004. masalah kosmologi dapat diperlakukan sebagai masalah fisik tentang sistem masalah gravitasi. 4 . 500 Kattsoff. hlm. 8 Siswanto. untuk memahaminya diperlukan ukuran-ukuran. Disamping istilah kosmologi. Juga dalam arti tertentu kosmologi membicarakan masalah-masalah mengenai metafisika dan bukannya masalah di dalam fisika7.Setelah hukum gravitasi universal ditemukan olah Sir Isac Newton. louis o. Hlm. 2005. TIARA WACANA. Terdiri dari dua bagian. lazimnya digunakan adalah ukuran kecepatan cahaya. joko. Pengantar Filsafat. Gdajah Mada University Press.

Sintesa hasilhasil ilmu merupakan konsekuensi dari posisi filsafat dan tugas filsafat alam yakni sintesa hasil ilmu. Caranya dengan menyelidiki konsistensi intrinsik pada teori-teori tersebut dan kesesuaiannya dengan ilmu-ilmu khusus juga dengan pengalaman hidup seharihari. Metode fenomenologi berbentuk refleksi langsung atas gejala-gejala hidup sehari-hari sejauh disadari oleh subjek dan Metode transendental bertitik-tolak dari fenomena manusiawi yang paling sentral. Hal tersebut berdasarkan pemilihan macam-macam kosmologi oleh Christian Wolff pada abad 17 M. yaitu dari fakta kegiatannya (berpikir. Yogyakarta. 5 . berbicara dan mamilih)10. Refleksi filosofi tentang ilmu alam berusaha untuk menemukan filsafat tesembunyi seraya mempertimbangkan keterangan-keterangan filsafat. Metode kritis adalah metode yang membicarakan bermacam-macam teori ilmiah filosofis. hal ini sebagai mana yang akan dibahas oleh makalah ini yaitu untuk menemukan filsafat tersembunyi dari masyarakat Mentawai tentang kosmos. 117. kedua refleksi filosofis tentang ilmu. Para filsuf yang menerima ide bahwa filsafat harus dan dapat secara original 9 10 Surajiyo. joko. Pertama sebagai sintesi hasil ilmu-ilmu. Jakarta. 6-7. BUMI AKSARA. Profesor Joko Siswanto membagi beberapa metode dalam kosmologi yaitu metode kritis. hlm.dan theologia –yang lebih dikenal dengan teodice atau teologi naturalis9. 2009. Analisis metodemetode ilmu berangkat dari keyakinan bahwa tugas filsafat alam bukan refleksi atas hasil-hasil ilmu. 2005.Metaphysica generalist meliputi ontologi dan metaphysica spesialist meliputi cosmologia. Waolff membagi metafisika menjadi dua bagian besar yaitu metaphisica generalis dan metaphisica specialist. melainkan kepada metode-metode ilmu.Dalam struktur skema Ilmu Filsafat kosmologi masuk kedalam bagian metafisika khusus. baik berupa analisis filosofis maupun analisis logis dan terakhir pendekatan kefilsafatan terhadap alam. Gdajah Mada University Press. Kosmologi juga memiliki beberapa kemungkinan. metode fenomenologi dan metode trasendental. Oreintasi Kosmologi. ketiga analisis metodemetode ilmu dan keempat pendekatan kefilsafatan terhadap alam. Siswanto. hlm. psikologia -yang lebih dikenal dengan antropologi metafisik atau antropologi naturalis. ILMU FILSAFAT: Suatu Pengantar. seraya menggunakan teknik-teknik kritis.

mempunyai penduduk yang seolah-olah terhindar dari pengaruh kebudayaan megalithik serta metode bercocok tanam padi. Pertama kosmologi spekulatif. yang telah mempengaruhi hampir seluruk kepulauan Indonesia sejak zaman pra-histori14. hlm. 2004. hlm. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Pagai Utara dan Pagai Selatan. joko. Mentawai Koentjaraningrat mengelompokan kepulauan Mentawai ke dalam penduduk kepulauan sebelah barat Sumatra yang dimulai dari sebelah utara selatan pulau Simalur. bukan tentang manusia. terlahir akibat penemuan metode induksi-eksperimentasi. Jakarta. berubah menjadi ilmiah atas dasar berbagai percobaan-percobaan. keberadaannya seperti pemikiran Albert Einstein “si anak alam” dengan teori relativitasnya.2. Semua keempat pulau tersebut masih tertutupi oleh hutan rimba tropik dan banyak diantaranya masih bersifat rimba primer. Terakhir kosmologi baru yang juga disebut pasca-kosmologi Einstein yaitu kosmologi sintesis. penelitian tentang alam semesta berkembang pesat. Kedua kosmologi ilmia. pemikiran yang mencoba menggabungkan prinsip-prinsip pemikiran ilmiah dengan kaidah-kaidah pemikiran filosofis yang bercorak kritis-spekulatif12. Oreintasi Kosmologi. 1439. 37. hlm. muncul karena kekaguman para filsuf pada saat itu tentang keteraturan alam. Mentawai dan Enggano13. DJAMBATAN. yang sebelumnya alam semesta hanya dipikirkan dengan kemampuan analisis spekulatif semata. Ketiga kosmologi kritik. Kepulauan Mentawai yang lebih khusus terdiri dari pulau-pulau Siberut. Banyak. Gdajah Mada University Press. 13 Koentjaraningrat. Yogyakarta. 14 Ibid. 2. Keempat kosmologi matematik. Sipora. 38. 10-11. Batu. Nias.melakukan pendekatan kepada fenomena 11 alam secara langsung dapat diketegorikan ke dalam kelompok ini . Dari deretan pegunungan yang membujur di tengah pulau 11 12 Ibid. yang sudah lama atau belum pernah ditebang oleh manusia. 2005. pemikiran kefilsafatan tentang alam yang diawali dari Yunani pertama-tama. sebuah ilmu pengetahuan yang meneliti metodenya sendiri menggunakan sistem pengetahuan a priori. hlm. Siswanto. 6 . Dalam studi kosmologi juga terdapat beberapa bentuk pemikiran.

17 Ibid. karena hanya pantai-pantai kosong dan deret-deret pohon kelapa dengan latar hutan rimba tropis15. Pagu Utara dan Selatan.097 km). hlm. Migrassi orang ketika pulau lainnya dipicu oleh beberapa hal. 35. Jawa. rotan dan gahura yang kini langka16. Orang asli Mentawai berasal dari Pulau Siberut. pulau-pulau Mentawai akan tampak seolah-olah tidak berpenduduk. Kepualauan Mentawai secara administratif merupakan bagian dari wilayah Propinsi Sumatera Barat. kehidupan sosial budaya masyarakat Mentawai didominasi oleh kebudayaan Minangkabau. Namun secara kesukubangsaan masuk dalam wilayah kebudayaan sukubangsa Mentawai. Minangkabau. Tionghoa dan suku bangsa lainnya. Yogyakarta. Dipandang dari laut. GADING dan Sustainable Devlopment. yaitu Siberut (4. Masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai termasuk dalam wilayah kebudayaan orang Mentawai yang mendiami pulau-pulau Siberut.870 km) dan Pulau Sipora (840 km). Sukubangsa lain datang ke pulau ini sebagai migran. Pagi Utara dan Selatan (1. Masyarakat mentawai terdiri dari Orang Mentawai. Sipora. BEBETEI UMA KEBANGKITA ORANG MENTAWAI: Sebuah Etnografi. hlm. bambang. keruing. Berdasarkan peta wilayah kesukubangsaan. Sebagai bagian dari masyarakat Propinsi Sumatera Barat. meranti putih. Termasuk 15 16 Ibid. 2013. diantaranya bencana alam seperti banjir. Karena memang kepulauan Mentawai merupakan kawasan hutan tropis basah yang kaya dengan vegetsi seperti sagu.mengalirlah dengan derasnya berpuluh-puluh sungai kecil. Batak. Ada sekitar 40 pulau di kepualuan ini. 7 . Namun hanya empat pulau yang berpenghuni. Segala aktivitas kehidupan sosial budaya masyarakat akan mengacu pada kebudayaan Minangkabau. 55 Rudito. sebagian besar wilayah Propinsi Sumatera Barat bagian daratan Sumatera masuk dalam wilayah kebudayaan sukubangsa Minagkabau. Orang Mentawai adalah sebuah sukubangsa yang mempunyai wilayah kebudayaan di Propinsi Sumatera Barat. hlm 35. wabah penyakit dan konflik antar klan dalam suku ini17. Aktivitas kehidupan sosial yang ada. Nias. Melayu.

Spora dan Pagai. lahan hutan dan hubungan sosial diantara mereka. Kepercayaan ini dipakai Orang Mentawai untuk memahami lingkungannya. Ada juga yang mengatakan bahwa istilah Mentawai datang dari kata simatalu yang berarti yang mencipta atau tuhan. Pertama dialek simalegi yang berlokasi di utara dan tengah Siberut. guna mencapai kesejahteraan. Bahasa tutur Orang Mentawai terabagai dalam dua dialek. Sebagaimana bagaian lain dari Indonesia yang memiliki kebudayaan dan ciri khasnya sendiri. Kebudayaan Mentawai mengacu pada kepercayaan asli Orang Mentawai. Kesejahteraan bagi Orang Mentawai berarti adanya keselarasan hidup dengan lingkungan. Terutama di daerah timur laut Siberut. Ada sebuah dusun di Mentawai yang bernama Simatalu. karena logat atau aksen penduduk. nama mentawai diambil dari kata simateu yang berarti pemuda dalam bahasa Mentawai. yaitu arat sabulungan. Kedua dialek sikalangan digunakan di selatan Siberut. Kosmologi Mentawai Kosmologi Mentawai adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut pemahaman Orang Mentawai terhadap fenomena kosmos alam semesta. Pemahaman berdasarkan arat sbulungan adalah acuan Orang Mentawai untuk menentukan wilayah hunian. Dusun ini dianggap sebagai daerah muasal penduduk asli Mentawai. Mentawai pun demikian. 8 . Setelah membuka ladang amatalu kembali ke Nias untuk menjemput istri dan anaknya yang bernama tawe. Mulai saat itu daerah tersebut dikenal dengan daerah amatawe dan berkembang melalui pergeseran waktu menjadi mentawe atau mentawai. Kata ini sering diucapkan oleh penduduk hingga sekarang. Sedang yang tinggal di daerah Sipora dan Pagi termasuk dalam ras Detero Melayu. 2. Amatawe datang dari Nias ke Siberut dan memperoleh daerah berladang di Simatalu.Menurut cerita orang mentawai. Menurut orang Nias kata mentawai brasal dari kata amatawe yang berarti ayah si Tawe dalam bahasa Nias. untuk menunjukan diri sebagai Orang Mentawai atau pemuda Mentawai. Mentawai masuk ke dalam ras Proto-Melayu. Simateu atau simatalu lama-kelamaan berubah menjadi kata mentawai.3.

Ruang. Saat Awal Alam Semesta Sejak dahulu para filsuf telah melakukan perdebatan yang sangat panjang dan berbelit-belit yaitu disekitar persoalan masalah saat awal dan akhir kosmos.1. Pada jaman dahulu. Oreintasi Kosmologi. Aristoteles dengan tegas menyatakan bahwa kosmos tidaklah memiliki awal. 2. Yogyakarta. maka mereka menunjukan bahwa mereka 18 Siswanto.3. Parmanides sebagai tokoh awal yang meletakkan bahwa alam samesta tidak memiliki awal dan akhir. 2005. Gdajah Mada University Press. Immanuel Kant sebagai pemikir “rasaksa” berpendapat bahwa tidak dapat dibuktikan apakah kosmos itu memiliki awal. maka roh-roh langit melemparkannya ke bawah dari langit. orang harus bertindak dan bertingkahlaku selaras dengan lingkungan. jadi kekal adanya. 9 . Begitulah terjadinya sumatera dan pulau-pulau di sekitarnya. tanpa gerak. 4547. juga tidak ada bukti bahwa kosmos itu berakhir. Lalu roh-roh langit membuat juga binatang-binatang dan pohon-pohon dan akhirnya seorang lakilaki dan seorang wanita. Pemahaman Orang Mentawai Terhadap konsep Saat Awal Alam Semesta dapat dikaji melalui cerita kabarajat’ polak nene samba sirimanua siboiki (asal-usul dunia dan dua orang pertama). joko. Waktu dan Dinamika Kosmos. Sebagaimana telah dibuktikan dalam antinomi ruang dan waktunya18. hlm. Baik alam maupun lingkungan sosial budaya. Makalah ini akan berusaha untuk mengungkap bagaimana konsep Orang Mentawai dalam memahami Saat Awal Alam Semesta. tetapi roh-roh langit merasa jengkel karena kedua orang itu tidak kawin. Dari sekian banyak jawaban para filsuf orang mentawai memiliki konsepnya sendiri dalam memahami saat awal kosmos. karena yang tetap adalah yang ada.Pandangan kosmos tersebut akan mendasari sikap Orang Mentawai dalam menyikapi alam sekitar mereka. waktu dunia ini belum ada. ruang dan waktu adalah ilusi. tanpa perubahan. Orang Mentawai menganggap untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan hidup.

Mereka tidak boleh memakai barang-barang yang ditenun atau dari besi. PN BALAI PUSTAKA. Sesudah itu banyak orang sumatera berlayar ke pulau Siberut. 1981. Maka. Kelestarian alam nyata harus sesuai dengan kemauan penghuni alam supranatural. 253254. Ruang Menurut Orang Mentawai Orang Mentawai percaya ada alam nyata dan alam supranatural. yang suka terbang ke Siberut dari Pagai. kalau tidak mereka tidak akan berjumpa dengan teman-temannya di Sumatera. 10 . Tidak lama kemudian roh-roh langit menampakkan diri kepada mereka yang mendiami pulau Siberut dan berkata bahwa mereka harus memakai sabuk pinggang terbuat dari kulit pohon. maka dari buayalah mereka belajar membuat perahu. hlm. bambang. Burung itu sudah memakan banyak orang di Siberut19. sehingga banyak manusia yang dilahirkan. Jakarta. karena kondisi ala supranatural merupakan cerminan kehidupan alam nyata. Yaitu burung elang (mayang). Pada suatu hari mereka memperhatikan bahwa buaya dapat menggerakan diri dengan leluasa di air. 20 Rudito. 2013.harus memperhatikan anjing-anjing. Lama kelamaan sebagaian dari mereka berlayar ke pulau Pagai dan menetap di sana. Yogyakarta. GADING dan Sustainable Devlopment. Juga mereka tidak boleh berusaha mengetahui bagaimana sesuatu itu dibuat. Manusia menirunya. Mitos dan Legenda Suku Mentawai. hlm. sedangkan sebagian lagi ke Sumatera. BEBETEI UMA KEBANGKITA ORANG MENTAWAI: Sebuah Etnografi. pengelolahan terhadap lingkungan alam seperti hutan. Pada waktu itu ada burung raksasa yang jahat. Sebagian mereka menetap di Siberut. 2. bruno.2. 111. 19 Spina. Kedua alam harus berjalan selaras. harus mendapat izin rohroh penghuni alam semesta20. sungai dan lahan.3.

Begitu juga ketika akan berburu. tumbuh-tumbuhan. Yogyakarta. Orang Mentawai percaya adanya hubungan antara alam nyata dan alam supranatural. Arat sabulungan meyakini adanya dua kehidupan. Keterkaitan ini yang menata proses kehidupan manusia dan alam semesta. Orang Mentawai saat berburu akan memohon kepada roh hutan dan hewan buruan agar mendekat dan memberi hasil buruan bagus21. binatang. BEBETEI UMA KEBANGKITAN ORANG MENTAWAI: Sebuah Etnografi. Dalam upacara tersebut bertujuan untuk meminta izin kepada roh-roh penguasa lahan. hlm.Keyakinan ini membuat Orang Mentawai selalu melakukan sebuah upacara saat akan membuka sawah. Sedangkan dunia sanitu adalah dunia jiwa yang menjadi bayang-bayang benda buatan manusia. Jadi. Dunia ketsat dihuni olah para roh yang mengatur alam semesta. mereka akan melakukan upacara kepada roh-roh penguasa hutan. arat sabulungan adalah seperangkat dedaunan. Di dunia sanitu semua berupa jiwa yang menempati bentuk nyata di dialam nyata. benda-benda langit dan roh orang yang meninggal tidak wajar. alam nyata dan alam supranatural. Seperti di Siberut dan Pagai. Bagi Orang Mentawaipertumbuhan tanaman sangat bergantung pada kebaikan makhluk supranatural. Jika orang tersebut Katolik. bambang. Sistem keyakinan Orang Mentawai ini disebut arat sabulungan yang berarti arat sama dengan adat. 2013. maka ia akan melakukan kebaktian di lahan sawah. 111. Alam supranatural terbagi menjadi dunia ketsat atau roh dan dunia sanitu atau jiwa. bulungan atau bulu yang berarti daun dan awalan sa berarti seperangkat. sehingga dalam segala kegiatan harus dimulai dan diakhiri dengan upacara sebagai bentuk hubungan dengan dunia supranatural. 11 . GADING dan Sustainable Devlopment. Begitu pula saat akan menebang pohon. manusia. Orang Mentawai akan meminta izin kepada roh penghuni pohon agar si penebang diberi keselamatan. Hubungan antara alam nyata dan dunia ketsat harus 21 Rudito.

Jiwa yang menghuni manusia disebut magre. Rudito. bambang.terus diperkuat. 22 23 Ibid. 2. pada saat ini anak-anak kecil sudah bermimpi dan jiwa mereka sedang pergi mengunjungi tempat-tempat yang mereka datangi pada siang hari. Roh dalam dunia sanitu disebut jiwa. sakit atau pingsan23. 2013.00. Ada juga yang menyebutnya takinining atau mulai ada bunyi-bunyian binatang malam. GADING dan Sustainable Devlopment.00. waktu disaat manusia mulai beristirahat. Alam supranatural dan alam nyata dianggap saling bertentangan.3. saat para roh dan makhluk supranatural mulai beraktifitas. 12 .  Inep amainepman atau keadaan sudah remang-remang. 24 Ibid. waktu datangya malam. BEBETEI UMA KEBANGKITA ORANG MENTAWAI: Sebuah Etnografi. 119-120.  Amerep ma tasule atau anak-anak sudah pergi tidur. yaitu sekitar 18. Pembagian waktu Orang Mentawai ditandai dengan gejala alam yang berhubungan dengan kondisi fisik dalam keegiatan mereka sehari-hari. yaitu sekitar pukul 20. Malam di alam nyata adalan siang di alam supranatural. hlm. karena dunia ketsat sangat berpengaruh terhadap makhluk alam nyata22. 123-124.00. Waktu Menurut Orang Mentawai Waktu menurut Orang Mentawai adalah sesuatu yang dapat dibagi.  Hari dimulai saat senja.3. ditandai dengan keluarnya bintang malam. jiwanya akan keluar berupa mimpi. Pembagian itu adalah24.  Inem nia atau malam sekitar pukul 19. Demikian juga saat melamun. Jika seseorang sedang tidur. 122-123. Benda-benda yang tidak lengkap di alam nyata menjadi lengkap di alam supranatural. hlm. menunjukan adanya gelap pada suasana lingkungan.30. hlm. Magre berada di ubun-ubun kepala. Yogyakarta. dan disebut anamsoibo atau hari diantara siang dan malam. sekitar pukul 18. Waktu dimulai pada pergantian antara siang hari dan malam.

 Aipengan aku atau saya sudah terlelap. sekitar pukul 01. Semua orang pergi tidur.30. sekitar pukul 04. tetapi belum ada cahaya yang keluar. Cahaya matahari mulai masuk di celah-celah batang pohon dan memberi bentuk pada bendabenda sekitar. yaitu sekitar pukul 23. sekitar pukul 22.  Toki gougou siboiki atau ayam mulai bangun. Sekitar pukul 02.  Toki gougou patoknia atau ayam mulai berkokok. tetapi masih malas turun dari dahan-dahan. Ama kagepgepman atau sudah mulai mengantuk. Suasana ini sekitar pukul 04. Tidak ingat apa-apa lagi. pertanda perpindahan suasana dari malam ke jelang dini hari.  Simasegge atau pagi hari ditandai dengan munculnya matahari secara penuh dan alam semesta sudah tampak bentuknya.00. babi-babi mulai gelisah di kandangnya karena ingin bermain lumpur.00-09.00.00-03. Waktu ini berkisar antara pukul 07. yaitu sekitar pukul 21.00.  Aipatautawat kamanua atau matahari mulai keluar (fajar) ayam-ayam sudah turun dari dahan-dahan. binatang dan batu.00.  Maipuru piele atau keadaan remang-remang.  Gepgep atau saat mengantuk bagi orang dewasa yang terlambat tidur. orang dewasa saat ini sudah mulai tidur.00. saat ini siamang mulai berteriak. pada pukul 05. sekitar pukul 24.00. Menunjukan ayam mulai gusar menghirup udara pagi.  Uneng tasule anak kecil sudah nyenyak tidurnya.30.00. Waktu ini diterangai sekitar pukuk 05.  Loisi bilou atau terdengar teriakan bilou semacam siamang. 13 . pada waktu ini keadaan benar-benar sunyi dan tidak ada lampu sama-sekali. saat mulai nampak bentukbentuk sekitar seperti pohon.00.  Karaektat manua atau tengah mala.00.00.  Amasara bagnan atau matahari mulai menampakkan dan benda-benda sudah jelas terlihat sekitar pukul 06.

00.00.00.25 Larangan atau tabu sebetulnya adalah hukum yang mengatur tingkahlaku manusia.30.  Pasikut sagu atau memasak sagu. 125-126. Ayam betina terlihat gelisah.00. pantangan dan larangan yang harus dipatuhi. Ketidaktaatan manusia pada tabutak hanya membentuk pelanggaran. Orang Mentawaimpercaya bahwa hidup diatur oleh makhluk alam supranatural. Pengaturan ini amat terlihat pada kehidupan dalam keluarga luas saturumah komunal uma. sekitar pukul 17. 2013. Dinamika Kosmos Menurut Orang Mentawai Orang Mentawai mempercayai bahwa seluruh isi alam termasuk roh dan jiwa dilindungi oleh Taikamanua.00-11.3. sekitar pukul 09. Karena kegiatan sehari-hari Orang Mentawai penuh dengan pantangan dan larangan. Ditandai dengan kegiatan maum ibu yang sedang memasak sagu untuk makan malam. hlm.  Pasiroigenan gougou ka uma atau ayam sudah kembali ke uma. Ditandai dengan berkoteknya ayan betina secara bersahutan.00.00.4. bambang. sekitar pukul 12. Yogyakarta. orang 25 Rudito. berlarian hendak bertelur. GADING dan Sustainable Devlopment. sekitar pukul 13. Posisi matahari sudah mengarah ke barat cakrawala. sekitar pukul 14.  Atu reureuwat sulu atau matahari mulai bergerak. Ayamayam sudah naik ke ranting dan dahan pohon di sapou. 2. tetapi juga pencemaran dan penghianatan.  Pasiroigenan gougou kasereo atau ayam sedang bermain dan menuju dahan/ranting pada pukul 15. Namanya mirip roh penjaga langit walau kekuasaannya berbeda. Pauteluat gougou atau ayam beretelur. BEBETEI UMA KEBANGKITA ORANG MENTAWAI: Sebuah Etnografi. 14 .  Diot sulu atau matahari berdiri tepat diatas kepala. Pengaturan ini berupa etika. sekitar pukul 17. Ditandai dengan hilangnya bayang-bayang.  Gilik sulu atau matahari condong. sang pencipta segala alam semesta.

joko. 55. 2005. Oreintasi Kosmologi. dipenuhi hal ghaib dan harus ditanggapi secara hati-hati. Segala sesuatu mulai dan terus ada hanya dengan keputusan.luhur menganggap Orang Mentawai itu primitif. Konsep Taikamanua dalam keyakinan Orang Mentawai. Gdajah Mada University Press. Yogyakarta. Kreasionisme berpandangan bahwa alam semesta dan bentuk-bentuk kehidupannya diproduksi dan sedang diproduksi oleh suatu pelaku adikodrati. rencana dan kegiatan sang adi kodrati26 26 Siswanto. 15 . hlm. membuat konsep tersebut menjadi agak mirip atau mendekati konsep kreasionisme yang meyakini bahwa kosmos tidak berkembang atau berevolusi dengan dayanya yang natural. tetapi membutuhkan pengaruh ekstrinsik.

BAB III KESIMPULAN Kosmologi Mentawai merupakan suatu kearifan lokal yang sarat makna. berburu. angin disebut kisei. seperti berketurunan. Misalnya Jiwa pada binatang (kina). Konsep waktu menurut orang Mentawai adalah ditandainya dengan gejala alam yang berhubungan dengan kondisi fisik dalam kegiatan mereka sehari-hari. Pembagian waktu itu sendiri adalah menjadi duapuluh tiga bagian. bendabenda langit dan roh orang yang meninggal tidak wajar. seperti : Roh Langit (Taikamanua). Dunia Jiwa (sanitu) adalah dunia yang menjadi banyang-banyang benda buatan manusia. tanah. mega. yakni yang tertuang dalam kepercayaan terhadap mitos-mitos yang berkembang dan konsep uma (rumah) dan adat Arat Sabulungan (Adat Seperangkat Dedaunan). pisau disebut bojou. Roh Penjaga Laut dan Sungai (Tai ka Bagat Koa). Jiwa pada benda-benda buatan manusia seperti : peralatan makan. Waktu dimulai pada pergantian antara siang hari dan malam hari. yang kemudian kedua manusia tersebut meniru aspek kehidupan terhadap lingkungan sekitarnya. Kemudian seluruh alam termasuk roh dan jiwa dilindungi oleh Taikamanua yang dianggap sebagai Pencipta segala alam semesta. binatang. jiwa pada tumbuhan disebut kina. manusia. Roh Penjaga Hutan (Taikaleleu). aat para roh dan makhluk dunia supranatural mulai beraktivitas. Roh Penjaga Bumi dan Tanah (Taikapolak). yaitu alam jiwa (sanitu) dan alam roh (ketsat). Seperti mitos tentang penciptaan dunia dan dua orang manusia pertama yang dalam mitos yang dipercayai oleh orang Mentawai bahwa dunia ini diciptakan oleh Roh langit dari ketiadaan lalu dunia beserta isinya diciptakan. tumbuhan. termasuk dua manusia pertama. air. Dunia roh dihuni oleh para roh yang mengatur alam semesta. beraktivitas bertahan hidup. Jiwa dari jasad makhluk yang tadinya bernyawa disebut pitok. Alam supranatural dibagi menjadi dua. jiwa benda-benda alam seperti batu. Namanya 16 . yaitu alam nyata dan alam supranatural. Konsep ruang menurut Arat Sabulungan adalah adanya dua alam.

17 . Pengaturan ini berupa etika. dan larangan yang harus dipatuhi untuk menciptakan kehidupan yang harmonis dan selaras dengan lingkungan alam serta sosial. Pengaturan ini amat terlihat pada kehidupan dalam keluatga luas datu rumah komunal (uma). pantangan. Orang Mentawai percaya bahwa hidup diatur oleh kekuatan supranatural.mirip roh penjaga langit. tetapi kekuasaan dan kedudukannya berbeda.

Oreintasi Kosmologi. 2005. 2005. PENERBIT KANISIUS. Yogyakarta. bruno. 2009. BUMI AKSARA. bambang. Yogyakarta. Jakarta. Kattsoff. Gdajah Mada University Press. 2004. Kamus Filsafat. DJAMBATAN. louis o. 2013. 1981. Pintu Masuk ke Dunia Filsafat. Jakarta. harry. joko. TIARA WACANA. BEBETEI UMA KEBANGKITA ORANG MENTAWAI: Sebuah Etnografi. PN BALAI PUSTAKA 18 . Jakarta. Jakarta. 1981. 2004. Mitos dan Legenda Suku Mentawai. Bagus.DAFTAR PUSTAKA Rudito. Surajiyo. Koentjaraningrat. PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA. Siswanto. Yogyakarta. Hamersma. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Pengantar Filsafat. lorens. ILMU FILSAFAT: Suatu Pengantar. Spina. GADING dan Sustainable Devlopment. Yogyakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.