ELEKTROSKOP

Fungsi: Mendeteksi adanya muatan listrik pada suatu benda. Cara kerja: 1. Siapkan benda untuk percobaan. 2. Gosoklah benda tersebut. 3. Bawalah benda bermuatan tersebut mendekati (tetapi tidak menyentuh) bola foil bagian atas (kepala) elektroskop. 4. Amati keping foil. Jika keping foil mengayun ke luar (mekar) berarti benda tersebut memiliki muatan listrik dan sebaliknya, jika keping foil menguncup berarti benda tersebut tidak memiliki muatan listrik.

Kelompok 7 Kelas 9 – E ♠ ♠ ♠ ♠ ♠

MEMBUAT ELEKTROSKOP
Fungsi: Membuat elektroskop yang dapat mendektesi adanya muatan listrik pada suatu benda. Langkah kerja:
1. Dengan menggunakan sebuah paku, buatlah sebuah lubang kecil melalui pusat

gabus dari atas ke bawah. Dorong kawat listrik ringan dengan panjang 15 cm melalui lubang dan sisakan kira-kira 2,5 cm muncul di atas gabus.
2. Tekuk kawat dari bawah gabus membentuk cantelan jas. Potong selembar foil

alumunium membentuk keping tipis dengan panjang 2,5 cm dan lebar 0,6 cm. Tekuk keping foil ini tepat di bagian tengahnya, dan gantungkan pada centelan datar kawat. Letakkan cantelan dan keping foil ke dalam botol itu dengan gabus. Yakinkan bahwa keping foil dan cantelan kawat tidak menyentuh sisi atau dasar botol. Remas- remaslah foil alumunium lainnya hingga terbentuk bola pejal (rapat) dengan diameter kira- kira 2,5 cm. Bola foil ini ditancapkan pada ujung kawat listrik sehingga bola foil mengitari kawat yang lurus muncul di bagian atas gabus dengan ujung kawat sebagai pusatnya. Yakinkan bahwa bola foil adalah licin dan dipadatkan dengan sangat rapat. 3. Kamu baru saja selesai membuat sebuah elektroskop sederhana yang dapat mendeteksi muatan listrik.

Kelompok 7 Kelas 9 – E ♠ ♠ ♠ ♠ ♠

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful