P. 1
Kasus Pelanggaran Ham Internasional

Kasus Pelanggaran Ham Internasional

5.0

|Views: 50,482|Likes:
Published by aussie_chan

More info:

Published by: aussie_chan on Aug 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

KELOMPOK 8

• • • • • • RESTU PERTIWI FAJRI IBNU HUDA MUCHLISA ZULFA AUSSIE KOMALA RANI OKRISTIANA LISA REGI YUSUF FARDHAN

KASUS PELANGGARAN HAM INTERNASIONAL

PERANG IRAK DENGAN AS

Mengapa kelompok 8 mengangkat kasus ini sebagai kasus pelanggaran HAM (tidak mengambil kasus yang lain)? (Laras Lestari kel. 5) Tanggapan kami : Karena kasus perang Irak dengan Amerika ini telah terjadi kurang lebih selama empat tahun dan PBB pun belum mengambil keputusan yang paling tepat untuk menyelesaikan kasus ini sehingga telah banyak pelanggaran – pelanggaran HAM yang telah terjadi pada peristiwa ini. Mengapa kelompok 8 menuliskan pelanggaran HAM yang terjadi pada kasus ini lebih awal dari kronologi kasusnya? (Angga Triyuda kel.3) Tanggapan kami : Kami menulis pelanggaran HAM terlebih dahulu agar para siswa dapat membayangkan kasus pelanggaran HAM yang akan kami paparkan.

Kelompok 8 menuliskan bahwa salah satu pelanggaran HAM yang terkait adalah “Pelanggaran HAM untuk mendapatkan pekerjaan yang layak” apakah kaitannya dengan kasus sengketa tersebut? (Eka Puja kel. 5 dan Dwina R.K kel. 3) Tanggapan kami : Karena AS menahan para diplomat Iran untuk Irak sehingga mereka tidak bisa melakuakan pekerjaannya, selain itu kasus ini dapat memperparah konflik di Irak dan kelompok Syiah akan lebih agresif dengan adanya peristiwa ini. Apakah arti konvenan itu? (Diah Tri H. kel. 7) Tanggapan kami : Perjanjian atau persetujuan yang dibuat secara sah atau resmi. Mengapa melibatkan tiga negara Irak, Iran dan AS dapat dikatakan melanggar HAM? (Isnia Estu kel. 7) Tanggapan kami : Karena dengan melibatkan tiga negara akan merusak hubungan baik ketiga negara tersebut dan dengan buruknya hubungan tiga negara itu dapat menimbulkan berbagai macam pelanggaran HAM.

Darimana kelompok 8 bisa melihat bahwa kasus ini merupakan pelanggaran HAM berskala kecil? Memang seperti apa pelanggaran HAM yang berskala besar? (Eka Nurnafih kel. 7 dan Riri Rekasiwi kel. 2) Tanggapan kami : Karena tidak terjadi kejahatan yang sampai menghilangkan nyawa seseorang. Contoh pelanggaran HAM skala besar, yaitu suatu tindakan yang dapat menghilangkan nyawa seseorang dan pelanggaran hak – hak manusia yang besar jumlahnya. Apakah tindakan PBB dalam menanggapi masalah ini? (Anggi Esa Safitri kel. 6) Tanggapan kami : Kasus penculikan ini sendiri belum mendapat tanggapan dari pihak PBB itu dikarenakan kasus ini baru berlangsung selama dua minggu dan Iran juga belum meminta PBB untuk ikut campur dalam masalah ini, tetapi kasus perang Irak dengan AS yang telah terjadi besar - besar dan telah berlangsung kurang lebih empat tahun pihak PBB telah mengirimkan pasukan untuk menyelesaikan kasus ini.

Apa hubungan kasus yang kalian angkat dengan instrumen HAM tentang kerja sama internasional? Jelaskan! (Harish M.N. kel. 6) Tanggapan kami : Karena kasus ini telah merusak hubungan baik dua negara sehingga secara tidak langsung telah merusak hubungan kerja sama antara dua negara dalam segala bidang. Mengapa AS menyangka bahwa konsulat Iran yang mereka culik itu sedang mempersenjatai kelompok Syiah. Padahal hal. Itu belum tentu benar? (Agusnu M. kel. 5) Tanggapan kami : Karena alasan itu hanya berupa alasan bagi AS untuk melakukan penyerangan ke konsulat Irak untuk Irak. Padahal tuduhan tersebut tidak terbukti benar. Fakta apa yang menyatakan bahwa lima orang diplomat Iran itu sedang mempersenjatai kelompok militan Syiah? (Randi kel. 2) Tanggapan kami : Sebenarnya tuduhan tersebut tidak memiliki bukti dan alasan yang kuat. Ini hanyalah alasan agar AS dapat melakukan penyerangan ke konsulat Iran untuk Irak.

Apakah masih ada instrumen instrumen HAM internasional yang lainnya? (Lia Linda S. kel. 5) Tanggapan kami : Ada. Masih ada instrumen – instrumen internasional yang lain. Menurut kaliantindakan apa yang seharusnya diambil agar tidak memperparah keadaan di Irak? (Zahra kel. 3) Tanggapan kami : 1. Menarik pasukan tentara AS dari Irak, 2. Mengamankan negara Irak dari serangan yang mungkin berkelanjutan, 3. Mempertemukan kedua kepala negara untuk mengadakan perundingan perdamaian, 4. Menenangkan dan menolong warga Irak dari trauma perang. Dalam pasal 55 huruf c terdapat kalimat “Penghormatan universal…” apakah yang dimaksud dengan penghormatan universal? (Rizky M. kel. 4) Tanggapan kami : Menghormati dan menghargai kedaulatan setiap negara di dunia.

Apakah yang dimaksud dengan intervensi? (Sakti H. kel. 4) Tanggapan kami : Capur tangan dalam suatu masalah. Dalam kasus in tidak disebutkan penggunaan senjata api oleh AS. Mengapa prinsip dasar tentang “Penggunaan kekuatan dan senjata api” termasuk ke dalam instrumen HAM yang dilanggar dalam kasus ini? (Yusa kel. 4) Tanggapan kami : Karena AS menyerang Irak dan Iran dengan menggunakan senjata api dan AS juga memakai kekuasaannya untuk menculik konsulat Iran. Oleh karena itu, kasus ini melanggar instrumen HAM “Penggunaan kekuatan dan senjata api”. Dalam opini dijelaskan “mengakibatkan lebih banyak koraban dan kerusakan yang lebih parah tetapi di analisis pelanggaran HAM tidak ada? (Unknown) Tanggapan kami : Karena kemungkinan besar membuat kelompok militan Syiah di Irak menjadi agresif dalam konflik sekteriarisme di Irak sehingga lebih banyak aksi kekerasan dan korban jiwa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->