P. 1
Pengembangan diri itu

Pengembangan diri itu

|Views: 475|Likes:
Published by ari nabawi

More info:

Published by: ari nabawi on Aug 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2010

pdf

text

original

Pengembangan diri itu … penting !!!!

Mungkin sobat saung bingung kenapa kita sebagai siswa Yuppentek harus mengikuti pengembangn diri minimal 1? Itu semua bukan kehendak atau wewenang dari sekolah tapi … ada tapinya loch!!! Ini semua sesuai dengan KTSP atau kurikulum tingkat kesatuan pendidikan. Jadi pengembangan diri masuk ke dalam program pembinaan BP atau kesiswaan. Ada nilainya berupa nilai kualitatif seperti A, B, C dan D Tidak semua siswa mengikuti pengembangan diri. Yakin deh …! Kalau pun ikut pasti ikut-ikutan doang. Padaha ini wajib !!! terus bagaimana kalau berhenti di tengh jalan ??? mungkin berhenti karena malas. Pasti dia tidak akan mendapat nilai. Dan … itu akan dipertanyakan oleh BP dan wali kelas dripada ditanya-tanya mendingan kita ikut saja pengembangan diri. Gak ada ruginya kok. Malahan kita dapat ilmu, teman dan dunia baru. Mau mencoba…? Tidak hanya dari sekolah, pengembangan diri itu, bisa dari luar sekolah contohnya ada yang les musik, kursus piano, ikut klub olah raga di luar. Itu semua tidakjadi masalah, karena semua itu akan tetap dilaporkan ke sekolah. Jadi … kalian bisa menikuti berbagai macam pengembangan diri baik di sekolah atau di luar sekolah. Ingat ….. sesuai hobi, hati dan kesukaan akan menjadi lebih baik di bandingkan dengan paksaan atau ikutikutan teman. Pengembangan diri sudah termasuk ke dalam kurikulum. Pengembangan diri = pembinaan BP. Pengembangan diri beda dengan ekskul. Ekskul itu tidaklah wajib lagi pula ekskul adalah nama dulu dari pengembangan diri. Di Yuppentek ini kalau bisa memilih berbagai macam bentuk pengembangan diri bisa lebih dari 1, minmal 1! Ada 20 macam pengembangan diri yang diketik oleh pembina/guru Harapannya untuk ini semua adalah sebuah prestasi. Prestasi sesuai dengan visi dan misi sekolah. Jika kalian berprestasi di salah satu bidang kalian akan dibimbing terus. Target sekolah contohnya setelah menang Taekwondo tingkat kota, di harapkan menang tingkat propinsi.

Untuk itu sekolah dengan senang hati menyediakan sarana prasarana, pembinaan bagi pelatih, penyediaan dana / anggaran dan tentu saja dukungan dari dewan guru dan orang tua. Intinya setiap siswa wajib ikut pengembangan diri atau sering disebut “life skill” yaitu keterampilan hidup Jadi sobat saung mulai soal ini kalian harus ikut pengembangan diri dengan senang hati. Dan jadilah siswa yang berprestasi. Amin … ! Rahma dan Sewie

YUPPENTEK Sebagai Rintisan SKM / SSN Halo … sobat saung yang baik hati, sekolah kita tercinta ini yaitu SMA Yuppentek 1 baru saja menjadi rintisan SKM / SSN. Grade atau tingkatan yang baru. Tapi, sejauh ini apa sobat saung tau kapan, apa, mengapa, dan bagaimana Yuppentek bisa menjadi SKM ??? Nah… di sinilah tempatnya sobat saung untuk mengetahuinya SKM yaitu singkat dari Sekolah Kategori Mandiri / SSN yaitu singkatan dari Sekolah Standar Nasional. Artinya sekolah yang memenuhi 8 standar pendidikan nasional : 1. Standar isi dan SKL 2. Standar proses 3. Standar penilaian 4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan 5. Standar sarana dan prasarana 6. Standar pengelolaan 7. Standar pembiayaan dan 8. Standar kebijakan dan pembinaan pengembangan SM Dalam hal ini Yuppentek sudah termasuk atau memenuhi semua standar tersebut tanpa terkecuali. Tidak gampang alias susah untuk menjadi SKM karena syaratnya cukup banyak. Tapi Yuppentek berhasil menjadi rintisan SKM/SSN tepatnya di tahun pelajaran 2008/2009. Walaupun baru namun Yuppentek dengan gigih dan sungguh-sungguh terus memantapkan SKM/SSN ini. Mengenai syarat-syarat apa saja yang menentukan Yuppentek menjadi SKM, ada dua syarat : 1. Dukungan internal Kinerja sekolah Kurikulum Ketersediaan panduan pelaksanaan Kesiapan sekolah Kesiapan sumber daya manusia dan Ketersediaan fasilitas

2. Dukungan eksternal Dari komite sekolah Dari orang tua siswa Dari departemen pendidikan nasional kota Dari pendamping / narasumber perguruan tinggi (con: UNJ) Keunggulan dari SKM adalah grade atau jenjang sekolah ini merupakan yang ke 2 karena yang pertama adalah sekolah standar (SS), SKM/SSN,SBI (Sekolah berstandar internasional). Untuk menjadi SBI tidaklah mudah syarat lebih susah dan tidaklah sedikit diantaranya jumlah siswa dalam 1 kelas adalah 32 orang, pembimbing /gurunya ada 2 orang dan yang paling penting harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Jadi, untuk soal ini Yuppentek harus mantap jadi SKM/SSN. Setelah mantap baru mengarah ke SBI. Dengan proses yang panjang kita yakin Yuppentek akan terus melangkah lebih baik dan sebelumnya. Banyak yang berubah setelah Yuppentek menjadi SKM/SSN yaitu : Proses pembelajaran harus mulai dengan ICT/TIK (teknik komputer) KKM mengarah minimal 75% Guru-guru harus menyesaikan dengan pendidikan min S1 Penambahan sarana/prasarana (multimedia, alat-alat yang mendukung ICT  Laptop, LCD, video player dll) Harapannya Yuppentek harus lebih baik lagi. Sumber daya manusianya harus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas. Yuppentek harus lebih baik lagi !!! Rahma dan Sewie

4 SEKAWAN Di sebuah desa ada seorang H. Cerawan yang sudah berteman sangat lama. Masalah-masalah yang mereka dapat selalu dimusyawarahkan dengan baik. 4sekawan itu bernama Aris, Rudi, Tono dan Riski. Meskipun mereka tidak bersekolah namun mereka tetap mempunyai cita-cita. Aris bercita-cita sebagai seorang polisi. Si Rudi ingin menjadi musisi, Tono ingin menjadi ilmuwan dan Riski ingin menjadi dokter.namun mereka tetap berusaha untuk menggapai cita-citanya. Waktu itu mereka sedang berkumpul di pos ronda. Kebetulan mereka menemukan gitar & tam-tam. Merekapun kaget dengan adanya itu. Lau Aris pun langsung memegang gitarnya dan Rizki memegang tam-tamnya. Kebetulan juga Aris bisa bermain gitar. “Teman-teman ayo kita coba alat musik ini” kata Rudi “Wah jangan donk Ris itukan bukan milik kita” kata Rudi “Ya udah kita bawa aja ke pak RT dulu” ujar Riski “Btul betul” serempak Aris, Rudi, Tono Setelah sampai mereka berempat ditanya oleh Pak RT “Bawa apa kalian?” tanya pak RT “Kami menemkan alat musik ini di pos ronda” kata Aris “memang atau musik ini milik siapa pak?” Tono “Wah.. bapak juga tidur tau, sekali Bapak di kampung ini jangan ada yang punya alat musik” kata pak RT “ ya sudah taruh saja dulu alat musik ini ditempat bapak” ujar pak RT “Baiklah pak kami titip alat musik ini yah” kata Rudi Akhirnya merek pun menitipkan alat musik itu ke pak RT. Sambil berjalan merek pun saling bercanda. Saat menjelang sore mereka pun serempak ingin main bola di lapangan dekat rumah pak RT. Saat mulai bermain bola merekapun sangat senang sekali. Pada saat mereka sedang asyik-asyiknya main. Tono keluar dari lapangan. “Wah kenap kmu Ton?” tanya Rudi sambil kebingungan “Duh aku cape nih … habisnya sekarang aku cepat lelah orangnya” kata Tono sambil tergesa-gesa.

“Baiklah kita istirahat dulu teman-teman” ujar Rudi “Ya” serempak Riski dan Aris Sambil mereka istirahat, mereka masih memikirkan alat musik itu. ”Eh, teman-teman nanti malem kita pinjam alat musik itu yuk” kata Aris “Ehm … boleh jgua Ris lagian sambil isi waktu” kata Tono “Jgn donk kitakan masih belum tau alat musik ini karya siapa” ujar Riski “Btul, btul tar kalo alat musik merusak gimana kan kita gak bisa ganti” kata Rudi dengan tegas “Ah tenang aja kitakan mainnya hati-hati” kata Rudi dengan tenang “Ya deh tar kita pinjem” ujar Riski dan Aris Sakit sampai di rumah pak RT, empat sekawan itu langsung meminjam alat musik itu. Ternyata dibolehkan oleh pak RT. Saat mereka bawa alat musik itu ke pos ronda mereka bingung mau nyanyi apa. Setelah sampai pos ronda mereka akhirnya menyanyikan lagu-lagu ciptaan mereka. Pada saat mereka bermain alat musik itu ada seseorang yang lewat lalu seseorang itu mendengarkan alat musiknya dimainkan oleh 4 sekawan itu. Orang yang lewat itu kaget pak Roy mendekati mereka. “Wah lagu-lagu kalian bagus sekali” kata pak Roy “Maaf siapa nama bapak?” ujar Aris “Oh ya saya lupa memberi tau nama saya” kata pak Roy “Nama saya Roy saya pemilik alatmusik ini” kata pak Roy “Oh maaf pak kami telah menggunakan alat musik ini” kata Riski “Tidak apa=apa” kata pak Roy Pada saat mereka bernyanyi pak Roy menawarkan 4 sekawan itu untuk ikut audisi band. Merekapun sangat senang sekali. Arispun mengisi formulir itu. Mereka punya 2 hari untuk latihan. Dua hari kemudian mereka pun datang ke tempat audisi. Pada audisi pertama,kedua, dan ketiga mereka lolos.mereka pun latihan terus menerus untuk dapat menang dan menjadi band terkenal. Dada saat pengumuman mereka sangat gelisah karena banyak saingan-saingan yang lebih baik dari merek. Akhirnya mereka menang dan dapat dibuatkan album.

Mereka pun sekarang terkenal dan mempunyai banyak fans. Dada saat itu mereka ada jumpa pers dan mereka sangat senang sekali. Pada saat jumpa pers Tono dan ris melihat seorang gadis yang sangat sempurna. Pada saat selesai pers Tono mendekati gadis yang sangat sempurna. Pada saat selesai pers Tono mendekati gadis itu dan ingin mengajak jalan. Tapi wajah Aris sangat marah ketika melihat Tono berdua dengan gadis itu Pada saat latihan Riski agak kesal karena latihannya tidak sempurna. Padahal sebentar lagi mereka diundang untuk tampil di acara band baru di Indonesia. “Ton latihan yang benar dong jangan telpon melulu” kata Aris dengan marah “Ya udah donk aku juga tau. Ada juga kamu latihannya yang benar” ujar Tono dengan perasaan marah Lalu beberapa menit kemudian Arispun memukul pipi kanan Tono dan Tono pun membalas pukulan itu. Lalu mereka berdua pun dipisahkan oleh Rudi dan Riski. “Sudahlah ada apa ini, kitakan ingin latihan bukan mau berkelahi” kata Riski dengan tegas “Ya gimana gak kesel gadis yang kusuka direbut oleh Tono” kata Aris “Tapikan dia bukan siapa-siapa kamu, jadi aku punya hak donk” ujar Tono dengan perasaan marah “Ya udah kali kalian masih ribut juga aku keluar dari band ini, kata Riski “Jangan ambil keputusan gitu donk Ris, minggu depan kita diundang di acara pembukaan band b aru” kata Rudi “Biar sajalah aku kesal dengan ini semua. Setiap kita latihan tidak pernah ada ribut-ribut begini” ujar Riski Saat Tono dan Aris merenung akhirnya Riskipun tetap keluar dari bank. Dua hari kemudian Tono dan Arispun sadar mereka menghancurkan impian mereka berempat sendiri. “Maafkan aku Ton aku sudah memukulmu, sekarang aku sadar persahabatan itu lebih penting daripada seorang gadis yang sempurna dimataku” kata Aris sambil menangis. “Ya aku juga minta maaf akupun tidak tahu kalau kaupun suka dengan gadis itu” ujar Tono

Setelah berbaikan merekapun sepakat mencari Riski. Keesokan harinya mereka menemukan Aris didepan studio tempat mereka latihan “Lihat ada Riski disana” kata Tono “Wah iya … ya sudah, sekarang juga kita kesana cepat” ujar Rudi “Riski … kami berdua minta maaf atas kejadian waktu itu” kata Aris dan Tono “Ya kalian sudah kumaafkan dari dulu” kata Riski “Nah sekarang kita sudah baikan kembali sekarang kita latihan buat besok diacara pembukaan band baru di Indonesia, setuju, kata Rudi “Ok deh” serentak Tono, Aris, Riski Akhirnya merekapun latihan kembali dengan baik. Setelah dua hari kemudian merekapun menampilkan karyanya yang terbaik dan mereka memneri nama bandnya adalah CROSS.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->