ATOM, ION, DAN MOLEKUL DI DALAM TUBUH

Oleh :

GINNAR MAYANG (20131660034) SISKA MIRANTI (20131660032) SUWARDI (20131660035)

S1 KEPERAWATAN PROGSUS FIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA 2013

Untuk dapat melakukannya seefektif mungkin. ketidakseimbangan zat tersebut didalam tubuh dapat mengakibatkan kematian. Ketidakseimbangan elektrolit dapat berakibat fatal sehingga sampel darah perlu diambil untuk memeriksa kondisi elektrolit itu. jumlah sebenarnya jumlah atom yang ada sangat sedikit. . tetapi atom berinteraksi. yang dipelajari di kelas. yang seringkali dibahas. berubah. Pertanyaan ini seringkali diajukan oleh perawat mahasiswa dan terkadang oleh perawat pendidik juga. DAN MOLEKUL DI DALAM TUBUH (TEORI ATOM) I. dsb. perawat berupaya untuk meredakan nyeri. Tentu saja. Pada beberapa tahun belakangan ini banyak perhatian yang difokuskan pada pertanyaan seputar diet. Misalnya ketika merawat seorang pasien yang baru saja menjalani pembedahan abdomen. perawat professional perlu memahami proses yang begitu kompleks yang berlangsung dalam tubuh pasien yang tengah dirawat. Apakah anda tahu makna sebenarnya dari istilah ―lemak tak jenuh ganda‖ dari segi atom dan molekulnya? Zat tersebut mungkin dianjurkan untuk dijadikan bagian dalam diet pasien. sangat terorganisasi dan sangat efisien. tetapi tetap saja atom. Diet ternyata merupakan berbagai masalah yang ada. Apakah sebenarnya elektrolit itu? Apa hubungan elektrolit dengan kelompok besar zat yang lainnya yang juga dapat menimbulkan begitu banyak masalah asam dan basa? Sekali lagi. Perawat seringkali meminta saran dan bimbingan mengenai masalah ini dan ia harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai sehingga dapat melaksanakan tugas tersebut. Lagipula. imajinasi ini dipergunakan saat kita berada di dunia pekerjaan yang ―nyata‖. Seperti yang akan segera kita saksikan.ATOM. mengukur tekanan darah. Bagaimana kita sebagai perawat dapat memberikan perawatan yang bermutu tinggi dan menyeluruh tanpa memiliki pengetahuan mengenai atom yang membentuk manusia yang tengah kita rawat ini? Contoh. manusia pada dasarnya terbentuk dari kumpulan atom! Kumpulan atom tersebut memang sangat menakjubkan. Perawat akan tertarik mengerjakan sesuatu yang dapat membuat pasien merasa senyaman mungkin dan memantau pemulihan mereka. FOKUS KEPERAWATAN ―Apakah ada gunanya bagi perawat mempelajari struktur dan perilaku atom?‖. dan bersatu dalam suatu cara yang khusus untuk membentuk mahkluk yang sangat fantastik ini. diperlukan rentang imajinasi yang cukup luas untuk melihat bagaimana atom dan karakteristiknya. ION. terutama dalam kondisi darurat seperti henti jantung. pikiran tentang elektrolit.

II. ATOM DAN TUBUH Dua atom atau lebih dapat bergabung untuk membentuk molekul. unsur dapat didefinisikan sebagai suatu zat yang tidak dapat di uraikan kembali menjadi zat yang lebih sederhana dengan cara apapun. di dalam gelas itu akan kita temukan beberapa ratus partikel yang berasal dari air dalam gelas pertama kita! ―Partikel‖ dasar dari air tersebut ( dan zat yang lain ) merupakan molekul. Jika semua atom pada bagian tertentu dari suatu materi ternyata identik. Oksigen / O Diperlukan untuk pernafasan sel. namun tidak semua jenis dan merk garam dapur mengandung yodium. Cobalt / Kobal / Kobalt / Co Cobalt memiliki fungsi untuk membentuk pembuluh darah serta pembangun B. 3. misalnya bahan makanan. UNSUR YANG MEMBENTUK TUBUH MANUSIA 1. Dengan demikian. Phospor / Fosfor / P Fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang dan membentuk gigi. Yodium berfungsi untuk membentuk zat tirosin yang terbentuk pada kelenjar tiroid. Kemudian. Yodium juga dapat membatu mencegah penyakit gondok. Chlor / CL Chlor digunakan tubuh kita untuk membentuk HCl atau asam klorida pada lambung. III. Bayangkan anda mengambil segelas air dan menuangkannya ke dalam samudera pasifik. 4. 5. Yodium berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan atau kepandaian pada anak. Jika sekarang kita mengambil segelas air dari samudera pasifik disalah satu lokasi di atas. maka materi tersebut dinyatakan tersusun dari satu unsur kimia tunggal. Atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur mempertahankan karakteristik kimiawi dari unsur tersebut. bayangkan air tersebut bercampur rata dengan semua air lain dalam samudera pasifik sehingga partikel yang paling kecil dari air dalam gelas kitapun akan menyebar mulai dari rusia sampai antartika dan dari australia sampai amerika selatan. 2. yang juga memiliki ukuran sangat kecil. gondong atau gondongan. HCl . Yodium / I Zat mineral yodium biasanya terdapat pada garam dapur yang tersedia bebas di pasaran. Mari kita pikirkan dengan membayangkan molekul air. Masing-masing molekul air terdiri dari tiga atom – dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. terkandung dalam sebagian besar senyawa organik.

Keberadaannya dalam air liur sangat diperlukan untuk tumbuh kembang normal kuncup pengecap. Natrium / Na Natrium adalah zat mineral yang kita andalkan sebagai pembentuk faram di dalam tubuh dan sebagai penghantar impuls dalam serabut syaraf dan tekana osmosis pada sel yang menjaga keseimbangan cairan sel dengan cairan yang ada di sekitarnya. Flour / F Flour berperan untuk pembentuk lapisan email gigi yang melindungi dari segala macam gangguan pada gigi. 6. 7. Zincum / Zinc / Seng / Zn Seng oleh tubuh manusia dibutuhkan untuk membentuk enzim dan hormon penting. Selain itu zinc juga berfungsi sebagai pemelihara beberapa jenis enzim. Magnesium / Mg Fungsi atau kegunaan dari magnesium adalah sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin. 11. UNSUR KIMIA DALAM TUBUH Zink: Komponen dalam beberapa enzim. Unsur ini juga penting untuk pertumbuhan. 9. Sulfur atau Belerang Zat ini memiliki andil dalam membentuk protenin di dalam tubuh. . Kalium / K Kalium kita butuhkan sebagai pembentuk aktivitas otot jantung. Tembaga / Cuprum / Cu Tembaga pada tubuh manusia berguna sebagai pembentuk hemo globin pada sel darah merah. Kalsium Kalsium atau disebut juga zat kapur adalah zat mineral yang mempunyai fungsi dalam membentuk tulang dan gigi serta memiliki peran dalam vitalitas otot pada tubuh 10. IV. 8. hormon dan aktifitas indera pengecap atau lidah kita. 14. 13. 12.memiliki kegunaAn membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung dan juga mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Mangaan / Mangan / Mn Mangaan berfungsi untuk mengatur pertumbuhan tubuh kita dan sistem reproduksi.

Flour juga tergabung dalam stuktur tulang. Mangan: Suatu kofaktor untuk beberapa enzim. dan ketajaman pengecapan. Flour dalam bentuk ion fluorida bergabung menjadi kristal hidroksiapatit pada email gigi. Selinium: Fungsi satu-satunya yang di ketahui adalah sebagai konstituen glotation peroksidase. dan chlor. Zink berperan penting dalam sintesis protein dan dalam pembelahan sel.perkembangan seksual. membuat gigi menjadi lebih resisten terhadap pengaruh normal yang menyebabkan email menjadi terkikis dan berkaries. Molekul dari berbagai zat mampu bereaksi bersama dalam kondisi tertentu untuk membentuk molekul jenis yang baru. Alasannya di lakukannya proses tersebut dan memang. yang mengeluarkan hidrogen teroksidase dan organik teroksidase. alasan mengapa unsur dan campuran unsur selalu membentuk molekul. mangan terkosentrasi dalam hati dan ginjal terutama dalam mitokondrianya. kripton dan xenon. V. Molibdenum: Komponen dalam beberapa enzin yang fungsinya sama dengan tembaga di atas. misalnya golongan logam dan gas langka seperti helium. Beberapa untsur hanya memiliki satu atom dalam setiap molekulnya. Tembaga: Di temukan dalam beberapa enzim yang terlibat dalam suatu proses yang di sebut oksidasi. Kobalt: Fungsi biologis satu-satunya yang di ketahui adalah sebagai konsitituen dalam vitamin b12 yang di butuhkan untuk kematangan eritrosit (sel darah merah). Flour: Sangat penting bagi kesehatan gigi.Unsur ini juga di perlukan untuk pertumbuhan normal. Sebuah molekul tersusun dari satu atau beberapa atom. argon. Selenium di yakini berkaitan erat dengan fungsi vitamin E. neon. nitrogen. sedangkan lainnya memiliki dua atom per molekul misalnya oksigen. MOLEKUL Bagian terkecil dari suatu unsur atau gabungan unsur yang dapat memiliki keberadaan terpisah. .

atau unsur dan senyawa yang bergabung dalam proporsi yang berapapun besarnya. VII. atropin sulfat. Masing-masing zat tersebut begitu tertelan. CAMPURAN Suatu campuran dibentuk oleh dua unsur atau lebih yang bergabung dengan proporsi yang berapapun besarnya. dan scopolamin hidrobromida. contoh pseudoefedrin hidroclorida. sampai sejauh mana zat dapat larut dalalm solven atau pelarut tertentu. Campuran juga dapat terdiri dari senyawa senyawa yang saling bercampuran berapapun besarnya proporsis nyawa itu. Campuran masih mempertahankan sifat individualnya. minyak bumi merupakan campuran cairan. Dalam menangani batuk pilek.VI. suhu yang diperlukan untuk mendidihkan cairan dan mengubahnya menjadi gas Densitas atau kepadatan. Istilah ―campuran‖ memiliki aplikasi farmasi yang akan segera dikenali anda. Udara merupakan campuran gas. Sifat kimia semacam itu dapat di tentukan tanpa mengubah ciri khas dari unsur tersebut dan mencakup :     Tidak lebur. mengeringkan sekresi. Istilah ini identik dengan istilah titik beku. akan melakukan fungsi khususnya. SIFAT KIMIA DAN FISIKA Zat terkadang dikenali berdasarkan sifat kimianya. massa zat pada volume yang pasti Solubilitas atau keterlarutan. Sifat kimia menjelaskan cara setiap zat melakukan perubahan baik dengan sendirinya atau akibat interaksi dengan zat lain untuk membentuk zat yang baru. digabung untuk membentuk campuran tunggal. misalnya sejumlah zat diketahui memiliki efek menguntungkan bagi penderita kondisi itu. suhu yang diperlukan untuk mengubah suatu zat dari bentuk padat menjadi bentuk cair. dsb. meredakan batuk. dan tanah merupakan campuran zat padat. . Titik didih. Perubahan semacam itu disebut reaksi kimia.

Senyawa hanya dapt diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi kimia. Senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi penguraian. Senyawa mempunyai sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Sifat fisika dan kimia senyawa berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Misalnya reaksi antara gas hidrogen dan gas oksigen membentuk senyawa air yang berwujud cair. air tersusun dari oksigen dan hidrogen dengan perbandingan massa unsur oksigen banding hidrogen adalah selalu 8 : 1 . Ciri khas senyawa adalah dia mempunyai perbandingan massa penyusun yang tetap. Misalnya. Contoh: Reaksi antara Hidrogen(H) dan oksigen (O2). diperoleh zat baru yang disebut air. karena sifat-sifat unsur yang membentuknya tidak dapat di temukan pada senyawa. namun senyawa tetap disebut zat tunggal. dihasilkan zat baru yang sifatnya berbeda dari unsur-unsur penyusunnya. Pada kondisi yang sama. karat besi (hematit) berupa Fe2O3 dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen (O). Hidrogen adalah gas yang sangat ringan dan mudah terbakar.VIII. Dengan kata lain Senyawa telah menjelma menjadi zat yang baru. yaitu: H + O2 ——–> H2O Pada reaksi tersebut. Senyawa dihasilkan dari reaksi kimia antara dua unsur atau lebih melalui reaksi pembentukan. Senyawa dibentuk dari minimal 2 unsur yang berbeda. Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri atas beberapa unsur yang saling kait-mengait. senyawa dapat memiliki wujud berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Tampak jelas bahwa sifat air berbeda dengan sifat hidrogen dan oksigen. SENYAWA Suatu zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. sedangkan oksigen adalah gas yang terdapat di udara yang sangat diperlukan tubuh kita untuk pembakaran. Walaupun dibentuk dari unsur yang berbeda.

antara lain   Dengan berbagi elektron untuk membentuk ikatan kofalen.     Pemakaian elektron secara bersama (ikatan kovalen) Ikatan kovalen dan energi Ikatan ganda Pertukaran elektron (ikatan ion atau ikatan elektron valen) . akan terbentuk ion yang positif. Elektron-elektron didalam unsur tersusun sedemikian rupa.  Dengan menarik satu atau beberapa elektron untuk membentuk ion negatif. sehingga jumlah maksimum elektronnya yang dapat ditampung dalam tiga tingkatan energi pertama. Ion ini akan memiliki satu muatan negatif jika hanya satu elektron yang ditarik. PENGIKATAN Keberadaan molekul suatu unsur dan senyawa bergantung pada pembentukan beberapa jenis ikatan yang mampu mempertahankan kesatuan atom atau ion. atau ―kulit‖. Cara atom menjalankan perubahan sehingga memiliki kulit elektron terluar yang lengkap. Saat peristiwa ini terjadi.IX. misalnya ikatan yang menyatukan logam dan es. Ikatan semacam itu disebut ikatan kimia yang ragam jenisnya akan dibahas. Setiap sel pada tubuh dan setiap struktur dalam sel tersebut. bergantung pada kemampuan atom untuk bergabung membentuk senyawa atom tersebut diperoleh dari makanan yang kita peroleh dan udara yang kita hirup. tetapi disini kita hanya akan membahas jenis ikatan yang utama. antara lain :    2 dalam tingkatan energi pertama 8 dalam tingkatan energi kedua 8 dalam tingkatan energi ketiga X. ELEKTRON DAN ATOM Kita telah mengetahui bahwa beberapa atom bergabung dalam pasangan dan kita tahu bahwa atom mampu bereaksi bersama untuk membentuk senyawa. dua muatan negatif jika dua elektron elektron tertarik dsb. Ion tersebut akan memiliki satu muatan positif jika hanya satu elektron yang terlepas. Dengan melepas satu atau beberapa elektron terluar. Ikatan jenis lainnya memang ada. dua muatan positif jika ada dua elektron yang terlepas.

serta Tabel Periodik Unsur Modern. A. metaloid. Nomor Atom. elektron. Dalam tabel periodik unsur kita dapat mempelajari sifat unsur seperti logam. Tabel Periodik Unsur Lothar Meyer dan Mendeleev. Pada tabel periodik modern. Tabel periodik unsur berkembang mulai dari cara pengelompokan yang sederhana sampai yang lengkap. 1. lambang unsur dilengkapi dengan nomor atom dan massa atom. dan konfigurasi elektronnya. a. unsur-unsur dikelompokkan dalam golongan dan periode. Golongan unsur transisi terdiri dari 8 golongan yaitu golongan IB sampai dengan VIIIB. Golongan Pada tabel periodik unsur dikelompokkan menjadi golongan utama atau golongan A dan golongan transisi atau golongan B. Untuk . dan keelektronegatifan. dan sifat periodik yaitu jari-jari. Pada tabel periodik unsur. Golongan utama terdiri dari 8 golongan yaitu golongan IA sampai dengan VIIIA. unsur-unsur dikelompokkan dalam golongan dan periode. neutron. Setiap lambang unsur dilengkapi dengan nomor atom. sedangkan lajur horisontal menunjukkan periode. energi ionisasi. nonlogam. Golongan. Nomor Massa. Periode. Golongan dan Periode Pada tabel periodik unsur. Tabel periodik yang digunakan sekarang adalah tabel periodik modern yang disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat unsur.Pada saat ini telah ditemukan lebih dari seratus unsur dan begitu banyak senyawa kimia yang telah disintesis. Dari data tersebut kita dapat menentukan struktur atom suatu unsur seperti jumlah proton. nomor massa atau massa atom relatif. lajur vertikal menunjukkan golongan unsur-unsur. Bagaimana agar kita mudah mempelajari unsur-unsur itu? Para ahli kimia telah mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan sifat-sifat kimia dan fisika yang mirip atau sama. Oktaf Newlands. Untuk mempelajari pengelompokan unsurunsur berdasarkan sifatnya dapat digunakan tabel periodik unsur. Perkembangan Tabel Pengelompokan unsur-unsur dimulai oleh Antoine Lavoisier yang mengelompokkan unsur menjadi logam dan bukan logam. dan Massa Atom Relatif dalam Tabel Periodik Unsur Pada tabel periodik unsur. Selanjutnya pengelompokan unsur berkembang dalam berbagai bentuk dan dikenal dengan Triade Dobereiner. afinitas elektron. B.

sedangkan golongan lainnya masing-masing 1 lajur vertikal. X = lambang atom Z = nomor atom A = nomor massa Atom memiliki partikel-partikel penyusun atom yaitu proton. Be. Unsur transisi berada di antara golongan IIA dan IIIA. Cr. neutron.partikel dalam atom yaitu sebagai berikut. Cu. Ne. sehingga jumlahnya menjadi 32 unsur. Semua unsur transisi bersifat logam dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti Fe. B. Ni. 5) Periode kelima 18 unsur. dan Ag. N. sampai saat ini jumlahnya 28 unsur. C. . Jumlah partikel dasar pada atom berhubungan dengan nomor atom dan nomor massa unsur. Au. 2) Periode kedua terdiri dari 8 unsur yaitu: Li. Tiap periode terdiri dari beberapa unsur dengan jumlah yang berbedabeda yaitu sebagai berikut.4. Dari Tabel 1. b. Mn.5 dapat disimpulkan hubungan antara nomor atom dengan partikel-partikel dasar atom dan hubungan nomor massa dengan partikel. Zn. 1) Periode kesatu terdiri dari dua unsur yaitu H dan He. neutron bersifat netral. Apa makna dari nomor atom dan nomor massa pada lambang suatu unsur? Untuk memahami makna nomor atom dan nomor massa. 3) Periode ketiga terdiri dari 8 unsur. 6) Unsur pada periode keenam terdiri dari unsur yang ada pada tabel utama ditambah unsurunsur pada deret lantanida (no. coba lakukan kegiatan 1. Nomor Atom dan Nomor Massa Lambang atom yang dilengkapi nomor atom dan nomor massa dapat dituliskan dengan notasi sebagai berikut. O. F. 89 – 103). 57-71). Periode Berapa jumlah periode pada tabel periodik dan berapa unsur yang terdapat pada masingmasing periode? Tabel periodik unsur terdiri dari 7 periode dan dua deret unsur terpisah di bawah yaitu deret lantanida danaktinida. 7) Unsur pada periode ketujuh juga terdiri dari unsur pada tabel utama ditambah unsur pada deret aktinida (no.golongan VIIIB terdiri dari 3 lajur vertikal. Dengan ditemukannya unsur baru maka jumlah unsur dalam periode ini akan bertambah terus. 2. dan elektron. dan elektron bermuatan negatif. Proton bermuatan positif. 4) Periode keempat 18 unsur.

dan 37 sma. dan neutron. Massa Atom Relatif Massa atom relatif dalam kimia sangat penting untuk mengetahui sifat unsur atau senyawa. Isoton.mula dipilih hidrogen sebagai atom standar karena merupakan atom teringan. Isotop. 4.Nomor atom (Z) = Jumlah proton atau jumlah elektron Nomor massa (A) = Jumlah proton + jumlah neutron = Jumlah nukleon Jumlah neutron adalah selisih nomor massa dengan nomor atom. Kemudian diganti oleh oksigen karena atom oksigen dapat bersenyawa dengan atom lain.W. Teori atom sudah diungkapkan para ahli mulai dari beberapa abad yang lalu. Ar unsur X = Massa 1 atom unsur X / 1/12 massa atom C12 Jadi massa atom relatif suatu unsur adalah perbandingan massa satu atom unsur tersebut dengan 1/12 kali massa satu atom C-12. Gambaran posisi dan susunan partikel penyusun atom dalam suatu atom berkembang dari temuan-temuan yang paling sederhana sampai yang rumit tetapi dapat menggambarkan model atom yang sebenarnya. dan Isobar Salah satu teori atom menurut Dalton menyatakan bahwa atom-atom unsur akan mempunyai sifat yang sama. Ternyata kebanyakan unsur-unsur dalam senyawa mempunyai massa atom yang berbeda. Perkembangan Teori Atom Atom merupakan partikel terkecil dari suatu unsur. ada pula unsur-unsur yang berbeda tetapi mempunyai jumlah partikel yang sama. 1 sma sama dengan 1/12 kali massa 1 atom C-12. Gambaran ini disebut juga teori atom. Syarat atom yang massa atomnya dijadikan standar adalah harus atom yang stabil dan murni. 36 sma. maka ditetapkan atom C-12 sebagai standar. Aston tahun 1919. Massa atom relatif diberi lambang Ar dan dapat ditentukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut. Atom C-12 memiliki massa 12 satuan massa atom (sma). C. Pada setiap partikel atom terdapat partikel penyusun atom yang terdiri dari elektron. Bagaimana cara menentukan massa atom relatif? Massa atom relatif yaitu bilangan yang menyatakan perbandingan massa atom unsur tersebut dengan massa atom yang dijadikan standar. Selain itu. . Mula. Jumlah neutron = A – Z 3. Misalnya untuk klor ada yang memiliki massa 35 sma. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar setelah ditemukan spektrograf massa oleh F. proton.

Elektron dapat pindah dari tingkat energi yang satu ke yang lain dengan melepaskan atau menyerap energi. Bohr mengungkapkan sebagai berikut. Jumlah muatan positif sama dengan muatan negatif. d. jika elektron-elektron terus mengelilingi inti akhirnya akan kehilangan energi dan kemungkinan dapat menumbuk inti. Elektron mengelilingi inti atom pada tingkat-tingkat energi tertentu yang disebut kulit elektron. tetapi berbeda dengan atom-atom unsur lain. a. Elektron beredar mengelilingi inti pada orbitnya atau kulitnya. a. Ukuran atom sekitar 10–8 cm dan inti atom 10–13 cm. e. pada tempat-tempat tertentu ada elektron yang bermuatan negatif. Massa atom terpusat pada inti atom b. Teori Atom Dalton John Dalton pada tahun 1808 mengungkapkan sebagai berikut. 2.J. b.Perkembangan teori atom dapat dijelaskan sebagai berikut. Atom tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. c. a. Atom merupakan bola yang bermuatan positif. Atom-atom suatu unsur sama dalam segala hal. Teori atom Rutherford menerangkan sebagai berikut sebagai berikut. Teori Atom Thomson Sir J. . Pada pembentukan senyawa terjadi ikatan antara penyusun senyawa tersebut. a. Teori atom Thomson ini dikenal dengan nama teori atom Roti Kismis. b. 4. Teori Atom Bohr Niels Bohr tahun 1913 bekerja dengan Rutherford memodifikasi model atom dengan menambahkan bahwa elektron mengelilingi inti pada tingkat-tingkat energi yang berbeda. Atom-atom bergabung dengan perbandingan yang sederhana. Thomson tahun 1897 memperlihatkan elektron dengan teorinya sebagai berikut. b. Teori Atom Rutherford Ernest Rutherford tahun 1911 mengungkapkan model inti untuk suatu atom. Semua materi mempunyai bagian terkecil yang disebut atom. Pada model inti digambarkan atom sebagai ruangan kosong dengan inti yang padat mengandung muatan positif terletak di pusat dan elektron beredar mengelilingi inti. c. Model atom Rutherford ada kekurangannya yaitu. 3. 1. Walaupun model atom Bohr menjelaskan bagaimana elektron tidak akan menumbuk inti.

Elektron valensi menunjukkan jumlah elektron yang terdapat pada kulit terluar dari suatu atom. Untuk mencapai kestabilannya atom-atom ada yang melepaskan elektronnya. L kulit kedua. simaklah uraian berikut ini! 1. ada juga yang menerima elektron sehingga terbentuk partikel . Teori Atom Modern Teori atom modern berdasarkan mekanika quantum (tahun 1927) merupakan kelanjutan hasil kerja Rutherford dan Bohr. M kulit ketiga. jumlah elektron sama dengan jumlah proton. Struktur Atom Menurut Bohr elektron mengelilingi inti atom pada tingkat-tingkat energi tertentu yang disebut kulit elektron. K untuk kulit pertama. Bagaimana penyebaran elektron pada masing-masing kulit elektron tersebut? Elektron tersusun pada masing-masing kulit dalam suatu konfigurasi elektron. 2. 3. Sesuai dengan posisinya dari inti. Jumlah kulit elektron suatu atom pada tabel periodikunsur sesuai dengan nomor periode unsur atom tersebut. sedangkan jumlah seluruh elektron sama dengan nomor atomnya. pada tabel periodik unsur terdapat pada golongan yang sama. Elektron valensi ini merupakan elektron yang terlibat pada pembentukan ikatan bila unsur-unsur bersenyawa (valen = ikatan).model Bohr tidak berlaku untuk atom berelektron banyak! 5. maka unsur tersebut memiliki sifat kimia yang sama. Elektron bermuatan negatif. Teori atom modern menyatakan sebagai berikut. Elektron pada kulit terluar disebut elektron valensi. L. Orbital menggambarkan daerah kebolehjadian ditemukannya elektron. Elektron Valensi Kesamaan pada unsur-unsur golongan 1A yaitu jumlah elektron yang menempati kulit terluarnya. Konfigurasi Elektron Ion Mengapa larutan garam dapur. Kulit elektron diberi lambang K. NaCl dalam air dapat menghantarkan arus listrik? Pada pelarutan NaCl dihasilkan ion Na+ dan ion Cl–. Konfigurasi Elektron Elektron bergerak mengelilingi inti atom pada masing-masing orbitnya yang dikenal sebagai kulit elektron. Unsur-unsur yang memiliki elektron valensi sama. Elektron bergerak mengelilingi inti pada orbital. sedangkan proton bermuatan positif sehingga atom tidak bermuatan atau netral. N. Apakah ion itu? Pada atom. dan N kulit keempat. M. Susunan elektron pada masing-masing elektron disebut konfigurasi elektron. Untuk mempelajarinya.

dan (g) mewakili solid (padat). maka jumlah semua atom dalam rumus dikalikan 2 Anak panah tunggal yang menuju satu arah berarti bahwa.bermuatan yang disebut ion. dan gas. dalam keadaan normal. reaksi berlangsung ke satu arah.  Label seperti (S). atau bahkan semua hal tersebut. misalnya reaksi pemindahan elektron.    Dalam menghitung atom. Namun perhatikan bahwa atom dapat berubah menjadi ion tanpa perlu mempengaruhi jumlahnya. subscript numerik yang berada dibelakan sebuah atom hanya mengacu pada atom itu saja Jika ada angka diletakkan di depan rumus misalnya ―2‖. (l). Kebanyakan reaksi dalam tubuh merupakan reaksi jenis ini. REAKSI KIMIA Sebuah reaksi kimia melibatkan perubahan kimia. maka reaksi ini disebut reaksi ekuilibrium. . yang berarti bahwa komposisi kimia. liquid (cair). XII. ternyata landasan berlangsungnya semua reaksi kimia tersebut adalah penyusunan ulang elektron. Jika anak panah menuju kedua arah. Akibat pelepasan atau penerimaan elektron.   PERSAMAAN KIMIA Karena beberapa ikatan kimia tengah diputus dan ikatan lainnya dibentuk. suatu zat telah di ubah akibat pelepasan atau perolehan satu atau beberapa atom. hanya penyusunan elektron yang menyebabkan terjadinya reaksi. Namun. ion dapat berupa ion positif dan ion negatif XI. asalkan ion dihitung sebagai ekuivalen untuk tujuan ini. energi akan selalu terlibat-baik diperoleh ataupun dilepaskan Jumlah atom pada suatu unsur harus sama pada kedua sisi persamaan. atau keduaduanya. atau akibat penyusunan ulang atom dalam zat itu. Pada beberapa kasus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful