BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Pertumbuhan Bakteri Bakteri memiliki permukaan yang luas sesuai dengan perbandingan volume tubuhnya. Oleh karena itu, bakteri akan cepat memperoleh makanan dari lingkungannya, baik secara difusi maupun melalui mekanisme transport aktif. Itulah sebabnya, pada kondisi yang cocok bakteri akan tumbuh dengan cepat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri. Faktor – faktor tersebut adalah suhu, ketersediaan makanan, pH, konsentrasi ionik, serta oksigen, khususnya untuk bakteri aerob obligat. Pertumbuhan bakteri berlangsung cepat. Dalam kondisi normal, bakteri membelah diri menjadi dua setiap 20 menit. Catatan waktu demikian dikenal dengan waktu generasi. Jadi, dalam waktu 40 menit bakteri membelah diri menjadi empat sel, dalam waktu satu jam menjadi delapan sel, dan dalam waktu 7 jam menghasikan 2.097.152 anakan sel. Hubungan antara jumlah sel bakteri dengan waktu pertumbuhannya dinyatakan dalam kurva pertumbuhan. Kurva pertumbuhan dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu fase lag ( fase permulaan ), fase logaritma ( fase pembiakan cepat ), fase stasioner ( fase diperlambat ), dan fase penurunan ( fase kematian ).

Gambar. Kurva pertumbuhan populasi bakteri Pengukuran Pertumbuhan Bakteri Dalam membahas pertumbuhan mikrobia harus dibedakan antara pertumbuhan masingmasing individu sel dan pertumbuhan kelompok sel atau pertumbuhan populasi.Pertumbuhan

3. 1. berat kering. protein. turbidikmetrik. Jelaskan faktor pertumbuhan bakteri secara fisik dan kimiawi ! Bagaiamana pengukuran pertumbuhan bakteri ? Jelaskan perkembangbiakan bakteri ! Jelaskan Phase pertumbuhan bakteri ! Jelaskan metabolisme bakteri ! .bakteri dapat diukur dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Pengukuran pertumbuhan bakteri secara langsung dapat dilakukan dengan metode total count. Dalam satu jam bakteri dapat berkembang biak menjadi berjuta-juta sel. plating techique. Metabolisme bakteri Metabolisme adalah semua proses kimiawi yang dilakukan oleh organisme atau semua reaksi yang melibatkan transformasi energi kimia di dalam makhluk hidup. sehingga masuk edalam rangkaian metabolik. Metabolisme merupakan serentetan reaksi kimia yang terjadi dalam sel hidup dilakukan untuk menghasilkan energi. aktivitas metabolik dan berat sel kering. dan transformasi atau secara aseksual dengan cara pembelahan biner. Walaupun sangat beraneka ragam jenis substansi yang berperan sebagai sumber energi bagi mikroorganisme. Sedangkan pengukuran pertumbuhan bakteri secara tidak langsung dapat dilakukan dengan metode viable count. Pada keadaan optimal. Perkembangbiakan bakteri Bakteri merupakan makhluk hidup yang dapat berkembang biak dengan mudah. Reproduksi bakteri dapat terjadi secara seksual melalui cara tranduksi. Hal ini dapat tercermin dari keberadaannya di semua lingkungan dalam jumlah yang sangat banyak. 4. electronic counter. namun terdapat pola dasar metabolisme yang sangat sederhana yaitu terjadi perubahan dari satu bentuk energi yang kompleks menjadi bentuk energi yang lebih sederhana. asam nukleat ) dan bahan – bahan untuk berkembang membangun tubuhnya. mikroba memerlukan energi ( karbohidrat. 5. Reproduksi bakteri dapat berlangsung dengan sangat cepat. 2. beberapa jenis bakteri dapat membelah setiap 20 menit. konjugasi. fltrasi membran.2 Rumusan Masalah 1. Seperti organisme pada umumnya. lemak.