Pengertian Bilangan Kompleks

Bilangan kompleks merupakan pasangan berurut

( x, y ) , sehingga

secara geometri dapat

disajikan sebagai titik ( x, y ) pada bidang kompleks (bidang xy), dengan sumbu x (sumbu riil) dan sumbu y (sumbu imajinair). Selain itu, bilangan kompleks z = x + iy = ( x, y ) juga dapat disajikan sebagai vektor dalam bidang kompleks dengan titik pangkal pada titik asal dan ujung vektor merupakan titik ( x, y ) . y (sumbu imajinair)

• z = ( x, y ) = x + iy

O

x (sumbu riil)

Gambar 1. Bidang kompleks

Dengan memiliki sistem bilangan real (R) saja kita tidak dapat menyelesaikan persamaan x2 +1=0. Jadi disamping bilangan real kita perlu bilangan jenis baru. dinamakan bilangan imajiner atau bilangan kompleks. ilangan jenis baru ini

. -.. +..Bilangan Komplek Sekawan (konjugasi) Jika maka #!tasi $ %eka"an(&!njugasi) dari %i(at &!njugasi $ 1. ). dimana disebut bilangan k!mpleks seka"an dari z. 2. . . iala' . *.

Jika / = x + iy menyatakan sembarang bilangan k!mpleks. maka x dinamakan bagian real dan y bagian imajiner dari /.Operasi Pada Bilangan Kompleks ilangan k!mpleks din!tasikan dengan 'uru( /. agian real dan bagian imaginer dari bilangan k!mpleks / biasanya dinyatakan dengan Re(/) dan 0m(/). sedang 'uru( x dan y menyatakan bilangan real. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful