P. 1
PENDIDIKAN SAINS TERPADU(2)

PENDIDIKAN SAINS TERPADU(2)

|Views: 0|Likes:
Published by Ridha Meifridha

More info:

Published by: Ridha Meifridha on Nov 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2014

pdf

text

original

KELOMPOK 6 DEFRIZAL HAMKA (13708251109) RIDHA MEIFRIDHA (13708251104

)

dimana individu terlibat aktif untuk mengintegrasikan pengetahuan. proses atau pikiran. konsep atau wawasan tertentu.  Kreativitas adalah membawa sesuatu yang baru yang tidak ada sebelumnya. . dan sikap dalam upaya memperoleh gagasan. keterampilan. ide. baik sebagai produk. Berpikir merupakan proses mental dan dinamis yang melibatkan kerja otak.

Seseorang kreatif bila . 2. 3. 5. Mampu menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya Mampu menciptakan sesuatu yang ada di tempat lain namun tidak menyadarinya Mampu menciptakan sebuah proses baru untuk melakukan sesuatu Menerapkan ulang proses yang ada atau produk ke pasar yang baru atau berbeda Mampu mengembangkan cara baru untuk melihat sesuatu (membawa ide baru ke dalam sebuah eksistensi) Mampu mengubah cara orang lain memandang sesuatu . 4. 1. 6.

5 fase menuju proses kreatif Fase persiapan Fase konsentrasi Fase inkubasi Fase iluminasi Fase elaborasi .

dan elaborasi. luwes.Berfikir kreatif merupakan kemampuan berpikir yang sifatnya baru yang diperoleh dengan mencoba-coba dan ditandai dengan keterampilan berpikir lancar. orisinal. .

Komponen dalam proses berfikir kreatif Fluency flexibility originality elaboration .

9. 4. 5. 6. 3. 7. Membangkitkan ide Membuat koneksi atau hubungan Memprediksi Membuat generalisasi Menggambarkan Mensintesis Membuat hipotesis Membuat analogi Menemukan . 2. 8.Keterampilan berpikir kreatif sains 1.

.Pengajaran dan pembelajaran sains menekankan pada upaya membangun pemahaman fenomena alam yang didalamnya terkandung unsur berfikir kreatif dan keterampilan berfikir untuk pemecahan masalah yang dihadapi.

Tingkatan keterampilan proses sains Tingkat keterampilan Dasar Menengah Mahir Membuat hipotesis Mendefinisikan Mengendalikan variabel Mengobservasi Menginferensi Membandingkan Memprediksi Mengelompokkan Mengukur Mengkomunikasikan .

Hubungan antara keterampilan proses sains dengan berpikir kreatif .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->