Perusahaan McDonald’s Sejarah McDonald’s

McDonald’s Internasional Restoran ini didirikan oleh Richard & Maurice McDonald’s pada tahun 1937 di sebelah timur kota Pasadena. Saat itu McDonald’s hanya merupakan restoran Drive In yang pada waktu itu sedang berkembang pesat trendDrive In. Bangunan restorannya berbentuk persegi delapan, dengan mengekspose ruangan dapurnya dan tidak memiliki tempat duduk di bagian dalam restorannya. Kedua bersaudara tersebut kemudian berniat untuk lebih mengembangkan restoran mereka, yang pada saat itu sudah cukup sukses dan menguntungkan. Fokus pengembangannya adalah pada kecepatan pelayanan yang diharapkan akan meningkatkan volume pembelian konsumen. Konsep utama yang diterapkan adalah kecepatan, harga terjangkau dan volume. Restoran ini juga telah memiliki logo sendiri yaitu The Golden Arch. Logo ini dirancang oleh George Dexter yang merupakan seorang perancangneonsign. Logo ini memiliki warna kuning terang dan berbentuk simple, mudah diingat dan jugasecara tidak langsung mencerminkan huruf “M” dari McDonald’s. Pada saat itu, terjadi persaingan ketat pada bisnis Drive In dan McDonald’s bersaudara ini mengalami kesulitan dalam berorganisasi dan menggerakkan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka. Dan saat itulah mereka bertemudengan seseorang yang bernama Ray Kroc. Ray Kroc lah yang membantu McDonald’s bersaudara untuk mengembangkan usaha tersebut. Jadi tidak benar jikaselama ini orang menganggap bahwa Ray Kroc lah yang mendirikan McDonald’s untuk pertama kalinya. Restoran McDonald’s– nya yang pertama bukanlah McDonald’s yang pertama. Ray Kroc kemudian melakukan pengembangan restoran melalui konsep fast food. Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc mulai menjual waralaba McDonald’s d an untuk pertama kalinya perusahaan fast food (siap saji) di San Bernandino, California menggunakan sistem franchise (waralaba). Sistem waralaba ini muncul dalam suatubentuk yang mirip dengan yang kita saksikan sekarang, yaitu sebuah rancanganpermasalahan yang disusun dengan seksama dan didokumentasikan secara lengkap dengan perjanjian-perjanjian mendetail antara perusahaan dalam hal ini adalahMcDonald’s dengan perusahaan yang akan berliansi. Jadi selama tahun 1950-an hingga tahun 1960-an, produk-produk burger McDonald’s yang merupakan produkAgustina [1106305081] Halaman 1

kemudian menerapkan Agustina [1106305081] Halaman 2 .Perusahaan McDonald’s produk fast food. berat 1. Kroc juga memberikan suatu sistem operasi kepada partner-partner barunya. and Value). Cleanliness. Di sana para pewaralaba dan operator dididik dalam cara-cara ilmiah dalam menjalankan restoran yang sukses dan dilatih dalam aspek-aspek operasi McDonald’s berupa mutu. dan onion0. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald’s Corporation dengan mengalahkan 13. Kroc meluncurkan programpelatihan yang kemudian dinamakan sebagai Hamburger University di restoran yang baru yaitu di Elk Village.000 restoran. Perusahaan fast food McDonald’s ini terus mengembangkan jaringan waralabanya di lebih dari 60 negara. McDonald’s melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya atau sekitar 14. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur McDonald’s Indonesia. Bambang N. Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta. Dan saat ini McDonald’s Corporation bersamadengan franchise dan cabang-cabangnya telah berjumlah lebih dari 14. yaitu lemak dibawah 19%. Sistem inilah yang memberikan kepastian semua produk yang disajikan adalah sama. Ray Kroc telah membeli saham perusahaan dari McDonald’s bersaudara dengan hampir senilai US$ 3.00. Dalam paradigma yang baru setiap operator danpewaralaba bertindak seperti seorang manajer pabrik yang harus menerapkan manajemen professional.6 ounce. Maka pada tahun 1961. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia.000 pesaing. Dan pada tahun 1961.000. Amerika Serikat.000. Untuk itulah profesionalisme harus diterapkan. Tidak diragukan lagi kalau hal ini menjadikan McDonald’s sebagai organisasi bergerak di bidang makanan yang terbesar di dunia McDonald’s Indonesia Restoran McDonald’s hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald’s seluruh dunia. didistribusikan dengan cara penjualan langsung. kebersihan dan nilai (Quality. Selain memperlakukan pewaralaba secara strategis.873 inch. H. Dalam masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald’s dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial. Service. pelayanan. Malaysia dan Singapura.23 ounce. Bisnis waralaba McDonald’s ini mulai menyebar ke berbagai daerah dannegara bagian. Illinois. diameter 3. H. Hingga tahun 1960 Ray Kroc telah membuka 200 restoran di seluruh Amerika Serikat. Untuk itu Kroc menerapkan prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) untuk pembuatan hamburger dengan spesifikasi yang diduga sangat ketat.000 tamu setiap menitnya.

restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crewdan 26 manajer. Di sana ia menemukan sebuah restoran yang berskala tidak terlalu besar namun terbilang sukses yang dikelola oleh Dick dan Mac McDonald Tahun 1955 Kepada Dick dan Mac McDonald. Tepat pada 22 Februari 1991. Ray mendirikan McDonald’s Corporation.Perusahaan McDonald’s semuanya di Indonesia. meski saat itu sebetulnya ia belum memenuhi syarat untuk terjun ke medan perang karena usianya yang baru menginjak 15 tahun Tahun 1954 Ray dikejutkan dengan datangnya pesanan dalam jumlah yang besar berupa 8 multi-mixer dari sebuah restoran di San Bernardino. Sejarah Pendiri McDonald’s Tahun 1917 Ray Kroc mengawali karirnya sebagai pengemudi ambulans Palang Merah di tahun 1917. California. Tahun 1956 Ray Kroc adalah pribadi yang sangat memandang tinggi jiwa kewirausahaan. Ray mengungkapkan visinya untuk membuka cabang restoran McDonald’s di seluruh penjuru Amerika. Agustina [1106305081] Halaman 3 . Di tahun 1955. Sampai saat ini restoran McDonald’s Indonesia telah berjumlah 109 restoran dengan jumlahkaryawan seluruhnya mencapai sekitar 8000 orang yang sebagian besar lulusan SLTA. Perkembangan McDonald’s Indonesia dalam 10 tahun ini dinilai sangat cepat. Hal ini ditunjukkan oleh penghargaanpenghargaan yang diberikan kepada para franchisee atas kreativitas individual mereka.

Perusahaan McDonald’s Tahun 1960 Pada tahun 1960 Ray Kroc memiliki hak eksklusif atas merk McDonald’s Tahun 1961 Ray Kroc meresmikan sebuah program pelatihan yang bertempat di sebuah restoran baru di Elk Grove Village. Illnois. produksi. McDonald’s berhasil menjual 100 juta hamburger. Di sarana pelatihan yang kemudian dinamai Hamburger University Tahun 1963 Pada tahun ini. konsistensi serta keseragaman metode Tahun 1964 Ray menyatukan dengan pihak franchisee (penerima waralaba) dan pihak supplier (pemasok). Ia meyakinkan dan memotivasi mereka untuk bekerja sama dengan McDonald’s Agustina [1106305081] Halaman 4 . Perjalann sukses Ray Kroc berawal dari sebuah ide untuk membangun jaringan restoran yang identik dengan kualitas tinggi.

senyum setiap pelanggan adalah hal terpenting. McDonald’s menjadi terbaik dalam artian : a. Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald’s yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald’s dan McDonald’s dapat membuat pelanggan tersenyum. Untuk mencapai visi ini. c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald’s. Untuk Pelanggan. nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.Perusahaan McDonald’s Visi & Misi McDonald’s Visi McDonald’s Menurut Wibisono (2006. d. Agustina [1106305081] Halaman 5 . 43). Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan. Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald’s di lingkungan mereka karena McDonald’s merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. b. Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia. Bagi McDonald’s. p. Untuk Pemilik. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai. Visi McDonald’s adalah menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia. kebutuhan yang dapat ditanggulangi. memberikan pelayanan yang memuaskan. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald’s. aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122). menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilainilai tambah lainnya. McDonald’s selalu menjamin mutu produk-produknya. kelompok masyarakat yang dilayani. Untuk McDonald’s. visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan.

Untuk Suppliers. 2004:8). pengembangan dan pelatihan kerja. Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta. dan mempertahankan kepemimpinan McDonald’s.Perusahaan McDonald’s Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik. Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald’s bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia. terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Pernyataan misi organisasi. Untuk Pemegang Saham. dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan. g. Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald’s dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini. Menurut website resmi McDonald’s di Indonesia (www. Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama. Menjadi terbaik berarti memberikan peluang. Sebuah pernyataan misi mengidentifikasi cakupan dari operasi perusahaan dalam istilah produk dan pasar. seperti Coca Cola.co. memperluas kerjasama.mcdonalds. Pernyataan misi adalah “pernyataan jangka panjang mengenai tujuan yang memebedakan sebuah bisnis dari perusahaan lain yang serupa. f. Untuk Karyawan. e.id) misi McDonald’s di Indonesia dapat dipaparkan menjadi 3 point. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan. Pernyataan misi yang jelas menguraikan nilai-nilai dan prioritas dari suatu organisasi. Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industri ini. kompensasi kerja yang baik. yaitu : Agustina [1106305081] Halaman 6 . h. Untuk Alliance Partners. Misi McDonald’s Menurut Drucker (2000:87).

Paket Hemat (PaHe) terdiri dari : Agustina [1106305081] Halaman 7 .Perusahaan McDonald’s 1. Sedangkan bagi perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk. serta terus mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan teknologi. Hal ini dapat dilihat dari menu makanan yang disajikan yang beraneka macam sesuai dengan usia para konsumen. Produk yang ditawarkan Mc’Donald lebih mengarah ke inovasi kepada konsumenya. Berikut adalah perincian produk yang ditawarkan : a. McDonald’s memberikan pelayanan dengan kenyamanan para pelanggannya di setiap cabang perusahaan. R : 102 ) menjadi seperti ini : 1. Analisis 9 komponen Misi McDonald’s Dari ketiga Misi McDonald yang disebutkan. McDonald’s merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Paket Hemat (PaHe). yaitu merupakan paket yang terdiri dari 1 produk makanan dan 1 produk minuman. Menghadirkan pelayanan dengan sistem operasional yang unggul bagi setiap pelanggan kami di setiap restoran cabang McDonald’s. Paket Hemat ini memberikan keuntungan pada pelanggan yaitu harga yang lebih murah dibandingkan jika membeli dengan harga satuan. Produk atau Jasa (Product and Service) Dilihat pada misi point ketiga. konsumen dari McDonald’s adalah semua kalangan masyarakat baik anak-anak maupun dewasa. jika dianalisis pada sembilan komponen misi (pada buku David. Selain itu di beberapa cabang McDonald’s juga menyediakan tempat bermain anak yang menambah kenyamanan pelanggan yang membawa anak-anak ke tempat makan. Menjadi perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitas di seluruh dunia. 3. Terus mengalami perkembangan ke arah yang menguntungkan sebagai sebuah brand. Kenyamanan pelanggang ini dapat berupa dukungan teknologi. Dari kajian yang saya dapatkan. Fred. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Konsumen (Customer) Berkaitan dengan misi point kedua. 2. 2.

internasional. Pesaing-pesaing McDonald’s berkisar dari rumah makan yang kecil milik perorangan sampai peritel produk multinasional. a) PaNas (Rice. Medium Drink) b) PaNas Spesial (Rice. Proses penyajian yang diberikan efisien karena menu dari produknya seragam.Perusahaan McDonald’s a) PaHe 1 (Cheese Burger dan Medium Drink) b) PaHe 2 (McChicken Burger dan Medium Drink) c) PaHe 3 (Fillet O Fish Burger dan Medium Drink) d) PaHe 4 (Big Mac Burger dan Medium Drink) e) PaHe 5 (Double Cheese Burger dan Medium Drink). 1 Pcs Chicken. dan lokal. Sehingga sangat Agustina [1106305081] Halaman 8 . nasional. b. Mc’Donald memiliki sistem yang canggih dalam melayani konsumennya. yaitu : a) Beef Burge b) Spicy Chicken Burger c) Double Beef Burger d) Big Mac Burger e) Fillet O Fish c. dimana McDonald’s berusaha mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan teknologi. waralaba. Medium. 1 Pcs Chicken. Soup. 4. yaitu : Regular. Medium Drink) c) PaNas Komplit (Rice. Super Size e. d. McDonald’s beroprasi dalam industri layanan makanan melalui retoran milik perusahaan. Medium Drink). Yum Brands. 1 Pcs Chicken. yaitu merupakan paket khusus yang dibuat oleh McDonald’s Indonesia. yang bersaing dengan peritel produk makanan. Egg. tetapi pesaing-pesaing utamanya adalah Burger King. Jenis-jenis Burger. Teknologi (Technology) Dilihat dari Misi point ketiga. sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Paket Nasi. French Fries dengan 4 ukuran. Pasar (Market) Dilihat dari point ketiga. McDonald’s berusaha memperkuat brandnya untuk bersaing dengan para pesaingnya dengan mengembangkan sistem yang lebih baik. Hot and Cold Drinks 3. regional. Large. dan Wendy’s yang secara langsung bersaing dengan McDonald’s dalam bisnis restoran makanan cepat saji. Egg. dan lisensi di seluruh dunia.

dan 3. 7. point kedua lebih kepada pertumbuhan perusahaan agar tetap unggul dan point ketiga mengarah kepada keuntungan perusahaan yang sustainable. restoran modern. Hal ini konsisten dengan pemberitaan pada 17 Januari 2007 yang mengindikasikan bahwa Mc Donald’s mendapat tambahan penjualan selama empat tahun berturut-turut. maka Drive thru ini pun dapat berlangsung dengan lancar. Filosofi (Philosophy) Dilihat pada misi point pertama. dan profitabilitas yang tinggi ketika perusahaan tersebut melakukan investasi dalam produk baru. kunjungan pelanggan yang meningkat. 2. sehingga memudahkan jangkauan antara McDonald’s dan konsumen. pernyataan misi sering kali memberikan kesan yang kuat mengenai konsep diri perusahaan. Agustina [1106305081] Halaman 9 . Pernyataan mengenai filosofi suatu perusahaan. aspirasi. and Profitability) Dapat dilihat pada misi point 1. Growth. konsistensi serta keseragaman metode produksi. Mc Donald’s juga menyediakan system pemesanan “Drive Thru” sehingga pelanggan tidak perlu masuk kedalam restaurant untuk melakukan pemesanan dan pembayaran. Selain menu yang sudah seragam. McDonald’s dibangun dengan pondasi yang mengarah pada kualitas tinggi. Tidak hanya itu McDonald’s juga menerapkan pemesanan online kepada para konsumennya. Konsep Diri (Self-Concept) Dapat dilihat pada point 1 dan 3. Namun. Umumnya. deskripsi konsep diri perusahaan tidak dengan sendirinya muncul dalam pernyataan misi. 5.Perusahaan McDonald’s memudahkan Mc Donald’s dalam memberikan pelayanan yang cepat. McDonalds’s sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya di seluruh dunia. dan Profitabilitas (Concern for Survival. Kredo perusahaan mencerminkan atau menspesifikasi keyakinan. dan prioritas filosofi dasar yang menjadi komitmen para pengambil keputusan strategis dalam mengelola perusahaan. sering kali disebuat kredo perusahaan. Pada point pertama berpengaruh pada kelangsungan perusahaan berkaitan dengan karyawan. Keunggulan kompetitif McDonald’s ialah menjadi perusahaan yang mensejahterahkan para karyawannya serta mampu bersaing melalui penggunaan teknologi yang canggih dan operasional yang lebih baik. 6. Pertumbuhan. nilail. dan memberikan penilaian menarik (pada kuartal pertama 2007). pilihan menu. Karena proses penyajiannya cepat. Fokus pada Kelangsungan Hidup. Mc Donald’s bangga dengan pertumbuhan pendapatan yang berkelanjutan.

sekelompok karyawan restoran Kanada bepergian ke Athena untuk bekerja bersama kru McDonald dari seluruh dunia pada Olimpiade. Mc Donald’s juga menerapkan 5 Prinsip Kerja Karyawan : a. Dalam setahun jadwalnya padat sekali mulai dari level bawah hingga manajer. Sebagai perusahaan yang di-francisekan. Hubungan kepada lingkungan internal dan eksternal menjadi bagian penting dalam perusahaan cepat saji tersebut. dimana McDonald’s berusaha menjadi perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitas di seluruh dunia. karyawan dan masyarakat dimana kami beroperasi. Itu sebabnya training di McDonald’s mempunyai departemen tersendiri. dihargai dan diberdayakan. Fokus pada Citra Publik (Concern for Public Image) Pernyataan misi seharusnya mencerminkan ekspektasi publik. Menghormati dan Pengakuan a) Manager memperlakukan karyawan seperti mereka ingin diperlakukan. b) Karyawan dihormati. Sebagai contoh. Mereka inilah yang merancang modulnya hingga mengatur jadwal training. 9. mendengarkan untuk memahami dan nilai opini yang beragam. Hal ini termasuk dalam Peluang Sekali Seumur Hidup. karena hal ini membuat pencapaian sasaran menjadi lebih mungkin. Sebaliknya citra yang negatif sering kali memaksa perusahaan untuk menekankan kembali aspek yang menguntungkan dari misinya. Agustina [1106305081] Halaman 10 . pada tahun 2004. c) Kami menerima akuntabilitas pribadi. b) Kami berkomunikasi secara terbuka. Fokus pada Karyawan (Concern for Employees) Fokus pada karyawan ini terlihat jelas pada misi point pertama.Perusahaan McDonald’s 8. Mc Donald’s mentraining seluruh karyawannya dengan images bahwa karyawan akan memberikan pelayanan yang cepat dan berkualitas oleh “Hamburger University”. c) Karyawan diakui dan dihargai dalam berbagai cara yang berbeda. McDonald’s memiliki sistem training yang sudah teruji. b. Nilai dan Perilaku a) Kami bertindak untuk kepentingan terbaik bagi Perseroan. Dari Misi diatas secara tidak langsung McDonald’s membangun kinerja yang baik kepada perusahaannya untuk memberikan pengaruh positif pada citra publik.

Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai a) Karyawan memiliki sarana yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. d. Setiap level ada requirements-nya. Agustina [1106305081] Halaman 11 . mereka tidak bisa naik jabatan.Perusahaan McDonald’s d) Kami melatih dan belajar. McDonald’s juga melakukan seleksi yang berkualitas. Sebagai gambaran. seorang TM untuk bisa dipromosi menjadi Second Assistant harus menyelesaikan modul yang telah disyaratkan. c) Karyawan menerima kinerja secara berkala dan tinjauan upah. c. b) Karyawan disediakan alat yang mereka butuhkan untuk mengembangkan pribadi dan profesional. Menariknya. Tujuannya. e. manajemen ingin melihat pola pikirnya dan bagaimana kemampuannya menangani operasional. sistem promosinya terbuka. Dalam promosi jabatan. dan kalau sudah selesai baik modul maupun persyaratan administratifnya. Kalau modulnya belum selesai. tinggal melalui review board – semacam fit and proper test. Pembayaran dan Keuntungan Kompetitif a) Pembayaran berada pada atau di atas tingkat layanan lokal restoran cepat. Pelatihan. prosesnya seperti apa. Pembelajaran. Pengembangan dan Pertumbuhan Pribadi a) Karyawan menerima pengalaman kerja yang mengajarkan keterampilan dan nilainilai yang berlangsung seumur hidup. Jadi jenjang kariernya jelas. b) Paket kompensasi karyawan termasuk manfaat yang mengatakan bahwa mereka bernilai.

Hasil Kuisioner Penilaian Skor Faktor Eksternal Store McDonald’s Mall Taman Anggrek Langkah ini merupakan langkah terakhir dari tahap pengumpulan data. tahap ini adalah pemberian skor terhadap faktor eksternal kepada perusahaan.Perusahaan McDonald’s EFAS McDonald’s Mall Taman Anggrek 1. Peringkat Faktor Eksternal Peluang (O) Keterangan Sangat Penting Penting Sedang Tidak Penting Skor 4 3 2 1 Ancaman (T) Keterangan Sangat Penting Penting Sedang Tidak Penting Skor 4 3 2 1 Tabel Kuisioner Penilaian Skor Faktor Eksternal Store McDonald’s Mall Taman Anggrek No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Faktor Eksternal Store McDonald’s Mall Taman Anggrek Loyalitas yang tinggi dari customer Menyesuaikan selera konsumen di pasar terhadap menu baru Kemajuan teknologi yang terus berkembang Bertambahnya penghuni apartemen setempat Pembangunan ekonomi di Asia Meningkatnya persaingan dalam satu industri Meningkatnya harga sembako dan BBM Beredarnya isu wabah penyakit Menurunnya jumlah pengunjung Jalan yang semakin macet terutama pada saat weekend (Traffic Jam) Sumber : Hasil Kuisioner Store McDonald’s Mall Taman Anggrek (2007) Agustina [1106305081] Halaman 12 Skor 4 3 4 3 4 1 1 1 2 2 . Berikut ini adalah hasil dari kuisioner pemberian nilai skor faktor eksternal.

Perusahaan McDonald’s 2. Penentuan Bobot dan Normalisasi Faktor Eksternal Store McDonald’s Mall Taman Anggrek Penentuan Bobot dengan Perbandingan Berpasangan Faktor Eksternal Store McDonald’s Mall Taman Anggrek Sumber : Hasil Kuisioner Store McDonald’s Mall Taman Anggrek (2007) Normalisasi Bobot Faktor Eksternal Store McDonald’s Mall Taman Anggrek Sumber : Hasil Kuisioner Store McDonald’s Mall Taman Anggrek (2007) Agustina [1106305081] Halaman 13 .

Matriks EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary) Didalam matrik EFAS ini. data yang diperoleh adalah data yang berasal dari tabel normalisasi bobot faktor eksternal Store McDonald’s Mall Taman Anggrek dan juga data yang diperoleh dari kuisioner penilaian faktor eksternal Store McDonald’s Mall Taman Anggrek Matriks EFAS Store McDonald’s Mall Taman Anggrek Sumber : Hasil Kuisioner Store McDonald’s Mall Taman Anggrek (2007) Agustina [1106305081] Halaman 14 .Perusahaan McDonald’s 3.

Perusahaan McDonald’s Matriks EFAS Store McDonald’s Mall Taman Anggrek (Secara Urut) Sumber : Hasil Kuisioner Store McDonald’s Mall Taman Anggrek (2007) 4.006864. Nilai IFAS : 2. Matriks Eksternal Internal Kekuatan Internal Bisnis Nilai EFAS : 2.440808 Agustina [1106305081] Halaman 15 .

Store McDonald’s berada pada posisi 5. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan dan profit perusahaan.006864 menandakan perusahaan ini dalam masa perkembangan. Berdasarkan hasil matriks IFAS dan EFAS. Kemudian ancaman terbesar ialah menurunnya jumlah pelanggan dari Mall Taman Anggrek diikuti dengan beberapa ancaman lainya sebagai minoritas. Diikuti dengan beberapa peluang lainnya. McDonald’s sebagai perusahaan yang sudah mapan sudah dapat membaca kondisi ini sehingga cepat tanggap dalam memenuhi tuntutan perubahan global baik dari segi competitor maupun keinginan konsumen. b. Tentu saja hal ini berkaitan dengan misi dari McDonald’s yang terus mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan teknologi. Mengadakan sistem delivey service dengan jangkauan yang lebih luas. Mengeluarkan produk baru yang sesuai dengan selera konsumen. Dengan semakin canggih dan berkembangnya pengetahuan dan teknologi masyarakat mulai berfikir cerdas dan menuntut adanya produk yang tidak hanya menguntungkan dari harga tapi juga dari segi manfaat ekonomis. Agustina [1106305081] Halaman 16 . Dengan hal tersebut menjadi cara utama perusahaan untuk menarik customer untuk menjadi pelanggan setia McDonald’s. dengan cara seperti : a. Dari tabel EFAS diatas dapat kita lihat persentase loyalitas customer menjadi peluang yang tinggi bagi perusahaan McDonald’s ini.Perusahaan McDonald’s Nilai EFAS sebesar 2. Meningkatkan kerjasama dalam hal persediaan bahan baku dengan cabang McDonald’s terdekat. c. dan melakukan inovasi jenis produk. dimana dapat strategi yang digunakan ialah strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal yaitu dengan kegiatan untuk memperluas perusahaan dengan cara membangun perusahaan di lokasi lain.

Manajemen Strategis Konsep. McDonal’s Mall Taman Anggrek. dan Pengendalian.wordpress. Richard B. http://www.pdf (Diakses tanggal 27 Oktober 2013) David. Buku 2 Edisi 12. 2007.ac. http://thesis. R. Edisi 10. 2013. 2009.binus. Jakarta: Salemba Empat David. Manajemen Strategis – Formulasi. 2002. Pengertian Visi dan Misi. Manajemen Strategis Kasus. Jakarta: Salemba Empat John A.mcdonalds. Visi & Misi.com/2011/02/pengertianvisi-dan-misi. 2011. Robinson . Fred. http://albaghir. Danies. Jakarta : Salemba Empat McDonald’s.id/doc/Bab4/20073-00340-MN%20Bab%204.com/2011/04/08/analisis-manajemen-strategikperusahaan-franchise-studi-kasus-restoran-cepat-saji-mcdonalds/ (Diakses tanggal 27 Oktober 2013) ______. 2011.html (Diakses tanggal 03 November 2013) Agustina [1106305081] Halaman 17 . 2010.gunadarma.blogspot.ac. Jakarta: PT Prenhallindo Fred. Manajemen Strategis Konsep. Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Franchise (Studi Kasus : Restoran Cepat Saji McDonald’s).id/visi-misi/ (Diakses tanggal 27 Oktober 2013) Arta. Edisi 7. Buku 1 Edisi 12. Pearce II. http://flixuno. (Diakses http://wartawarga.co. Fred. Jr. Implementasi.id/2010/03/manajemen-strategik-14/ tanggal 01 November 2013) Albaghir. Analisis Kasus Manajemen Restorant Stratejik Cepat Perusahaan Saji Franchise McDonald’s.Perusahaan McDonald’s Daftar Referensi Anonim. 2009. R. David. R. Studi 2010.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful