ANALISIS PEMBAURAN PEMASARAN PRODUK PT.

DUA KELINCI Dua Kelinci adalah merek terkemuka dan terpercaya di Indonesia, karena selama hampir 40 tahun telah memproduksi kudapan kacang dan aneka kudapan lainnya dengan standar kualitas serta rasa yang prima. Standar kualitas adalah satu di antara yang tertinggi dari yang dimiliki produsenprodusen makanan terbaik di tanah air. Ini karena kami telah berinvestasi pada proses jaminan mutu yang sangat teliti. Standar tersebut diterapkan mulai dari pemilihan bahan baku dan di setiap tahap proses produksi, serta dilaksanakan dengan sepenuh hati oleh seluruh karyawan. Price Harga produk-produk dari PT. Dua Kelinci terjangkau oleh dari semua kalangan masyarakat. Harga juga disesuaikan dengan kemasan dari masing-masing produk.

Product

Gambar di atas adalah sebagian dari produk PT. Dua Kelinci. Dilihat dari segi kemasan, produk ini mempunyai kualitas yang bagus. Design yang yang menarik dan degradasi warna yang bagus.

Physical Evidence

Promosi dilakukan dengan berbagai iklan di media cetak maupun elektronik. Pemilik Dua Kelinci. . orang tua dan anak-anaknya bersama-sama membangun keberhasilan. kakak beradik Hadi Sutiono dan Ali Arifin. tentu PT. Dua Kelinci mempunyai gedung yang bagus dan memenuhi standar perusahaan. Delapan puluh persen karyawan Dua Kelinci adalah wanita Promotion Untuk mengembangkan usahanya. suami dan istrinya. telah menciptakan budaya organisasi yang menempatkan para karyawan sebagai bagian yang penting di atas segala-galanya.Kedua foto di atas merupakan gambaran keadaan pabrik di PT. People Keberhasilan Dua Kelinci tentu saja tidak terlepas dari mereka yang bekerja di dalamnya di seluruh tingkatan organisasinya dan kualitas hubungan yang baik dengan para distributor dan supplier. Tentunya promosi yang dilakukan bertujuan agar konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Dapat dilihat bahwa PT. Beberapa ribu orang kini bekerja di pabrik Pati dan cabangnya di Jakarta dan Surabaya. Dua Kelinci melakukan promosi. kakak beradik. Banyak karyawan yang bekerja di sana merupakan keluarga. Dua Kelinci.

DUA KELINCI BAB I PENDAHULUAN 1. Tujuan utama dari bisnis adalah keuntungan. Mendukung manajemen dan staf SDM mengantisipasi perkembangan di bisnis global.1 Latar Belakang Pemilihan Judul Bisnis merupakan profesi atau perusahaan komersial yang beroperasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan melalui penyediaan barang atau jasa. Meningkatkan produktivitas dan daya saing melalui aplikasi teknologi terkini dan pengembangan produk secara berkesinambungan.wordpress.com/2012/11/21/analisis-pembauran-pemasaran-produk-ptdua-kelinci/ ASPEK TEKNIS DAN ANALISA ASPEK TEKNIS PADA PT. untuk mencapai tujuan tersebut pendiri usaha terlebih dahulu harus menentukan bentuk kepemilikan bisnisnya. . mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Maka. Menjamin perlindungan aktivit http://yunitapermatasari. pertumbuhan perusahaan dan tanggung jawab sosial.Process Perusahaan berkomitmen untuk: Memproduksi produk halal yang terbaik dan teraman untuk dikonsumsi. Hal ini dilakukan agar pendiri tidak salah dalam melulai langkah kerjanya sehingga tidak menimbulkan kerugian.

Oleh karena banyak manfaat yang akan diperoleh. Tidak semua konsep aspek teknis yang dijelaskan pada bab terdahulu memerlukan dan dapat dianalisa dengan alat analisa kuantitatif. maupun risiko bisnis yang akan dihadapi. . 6) Untuk mengetahui kapasitas produk yang dapat dihasilkan oleh PT Dua Kelinci. tingkat pertumbuhan usaha kecil.Suatu perusahaan dapat dikatakan maju jika perusahaan tersebut mampu melakukan bisnis dengan baik dan dapat memanajemen keuangannya dengan tepat. 5) Untuk mengetahui biaya yang dikeluarkan oleh PT Dua Kelinci. layout dan pemilihan jenis teknologi dan equipment yang diperlukan. Banyaknya perusahaan lain yang lebih maju membuat kita harus selalu menambah pengetahuan tentang bisnis secara luas maupun mendasar agar kita tidak salah langkah dalam mendirikan perusahaan. maka tahapan berikutnya yang perlu dilakukan adalah analisa aspek teknis dari proyek yang bersangkutan. contoh-contoh dari bentuk kepemilikan bisnis dan juga aplikasi dalam dunia agroindustri. Bentuk kepemilikan bisnis dan kerjasama yang dilakukan oleh suatu usaha yang kecil di Indonesia berawal dari saat didirikannya.2 Tujuan Penyusunan 1) Untuk mengetahui lokasi perusahaan PT Dua Kelinci. Analisa dan evaluasi aspek teknis dilakukan setelah evaluasi aspek pasar menunjukkan adanya kesempatan pemasaran yang memadai untuk jangka waktu yang relatif panjang. Pada laporan praktikum acara pertama manajemen bisnis yang berjudul bentuk kepemilikan bisnis ini akan dibahas tentang pengertian masing-masing bentuk kepemilikan bisnis. 7) Untuk mengetahui bangunan dan instalasi PT Dua Kelinci. Pada tahapan berikutnya diikuti dengan pembahasan secara kualitatif variabelvariabel yang perlu diperhatikan untuk masing-masing pertanyaan utama yang diajukan. Bilamana berdasarkan evaluasi aspek pasar. suatu proyek memiliki kesempatan pemasaran yang memadai untuk suatu jangkauan waktu yang relatif panjang. maka praktikum ini penting untuk dilakukan sebagai bekal ilmu pengetahuan praktikan saat terjun ke lapangan kerja. Adanya keterbatasan dan ketatnya persaingan penyebab wirausaha di Indonesia hanya memiliki model kepemilikan dan kerjasama sebagai berikut. Beberapa pertanyaan utama yang diajukan dalam aspek ini adalah tentang penentuan lokasi dan lahan proyek. 1. Bentuk kepemilikan dan kerjasama yang akan dibina akan mempengaruhi pola manajemen. strategi pemasaran. 2) Untuk mengetahui teknologi yang digunakan oleh PT Dua Kelinci. hasil praktikum. 4) Untuk menentukan layout pabrik PT Dua Kelinci. luas produksi. Banyak perusahaan yang bangkrut ditengah jalan hanya karena kurang masak dalam memikirkan rencana ke depannya dan salah dalam menentukan bentuk usaha yang tepat. 3) Untuk menentukan mesin dan layout mesin PT Dua Kelinci.

yaitu untuk memproduksi kacang garing dengan kualitas terbaik di dunia. permasalahan yang dihadapi tidak terlalu luas dan sesuai dengan tujuan penelitian maka ditetapkan batasan-batasan terhadap sistem yang diteliti. PT Dua .1 Sejarah Berdirinya Perusahaan Asal mula terciptanya merek kacang dua kelinci adalah saat dua penemunya masih berjualan kacang garing dengan merek Sari Gurih yang punya logo dua ekor kelinci. Dari tahun ke tahun usaha mereka meningkat dengan distribusi yang semakin meluas. Dua penemu itu adalah Ho Sie Ak dan seorang wanita bernama Lauw Biegiok. Hal ini dimaksudkan agar pemecahan masalah tidak terlalu menyimpang.1. Adapun batasan yang dimaksudkan adalah untuk menganalisa aspek teknis terhadap PT Dua Kelinci. Itulah awal dari perjalanan sukses PT Dua Kelinci yang sekarang telah mempunyai merek-merek dagang kacang garing yang kuat dan sangat dikenal di Indonesia. Industri rumah tangga tersebut berangkat dengan visi yang sederhana yaitu untuk memproduksi kacang garing yang berkualitas. Perkembangan dan pergerakan permintan pasar menuntut kinerja yang lebih baik. Secara bertahap. Karena kacang garing Sari Gurih lebih populer atau lebih dikenal karena logonya yang bergambar dua ekor kelinci akhirnya pada tahun 1982 merek Sari Gurih berubah menjadi Dua Kelinci. distribusi produk ini berkembang dan meluas mencapai seluruh daerah Jawa Timur. PT Dua Kelinci secara berkelanjutan mengembangkan kinerja sejalan dengan visi global perusahaan. PT Dua Kelinci memproduksi kacang garing yang dikemas dan diberi label dengan merek dagang Dua Kelinci yang pada awalnya hanya diedarkan di Surabaya dan daerah-daerah sekitarnya.3 Ruang Lingkup Pembahasan Agar penulisan ini terarah. BAB II GAMBARAN UMUM DAN TINJAUAN TEORI 2. Pasangan suami istri ini memulai usaha kacang mereka secara industri rumah tangga pada tahun 1972.

Wujudnya adalah kacang yang dibalut dengan tepung. ada pula produk makanan ringan yang dibuat dari biji-biji jagung beraneka rasa. dan lain-lain. Seiring dengan itu. Produk Kacang Dua Kelinci semula memang hanya menjual produk berupa kacang garing tetapi sesuai perkembangannya dalam mengikuti permintaan pasar atau konsumen. Dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas pendukung modern yang mengikuti panduan teknologi terkini. Hot Nut. Makanan kacang-kacangan. PT Dua Kelinci juga secara terus menerus dan teratur melakukan inovasi-inovasi untuk menciptakan produk-produk baru untuk dipasarkan ke masyarakat. Pabrik baru yang dibangun diatas tanah seluas enam hektar tersebut berlokasi di Pati karena daerah itu merupakan pusat dari kacang tanah di Jawa Tengah. coated peanuts. tetapi ada pula merek Supernuts yang dikembangkan dengan berbagai rasa. Kacang garing. Semuanya dibuat dengan berbagai rasa. teknologi modern. Produk kacang garing sudah bukan hal asing. Jawa Tengah ini mempunyai posisi yang sangat strategis untuk mendapatkan bahan baku kacang tanah yang segar dan berkualitas bagus secara terus-menerus. Dibangun dibawah nama PT Dua Kelinci pabrik yang terletak di Pati.. Garlic Nut. misalnya merek My Corn. Kacang salut juga merupakan kembangan dari produk kacang Dua Kelinci. pabrik baru kami dibangun untuk menambah daya produksi baik dalam segi kualitas dan kuantitas. Makanan lain yang merupakan produk kembangan dari kacang Dua Kelinci adalah makanan ringan yang terbuat dari kacang-kacangan selain kacang tanah.Kelinci berusaha dengan keras untuk tetap bertahan dalam persaingan yang ketat dengan cara menambah kualitas dan kapasitas produk. Itu adalah . Makanan ringan. Jawa Tengah sendiri didirikan oleh Ali Arifin dan Hadi Sutiono pada tahun 1985. d. b. PT DuaKelinci yang berlokasi di Pati. dan lain-lain. Kacang salut. Ha Lofet. mulai dari gurih sampai rasa pedas. Misalnya merek Koroku (dibuat dari kacang koro) atau merek Polongmas (terbuat dari kacang polong). c. Merek yang paling terkenal tentu Dua Kelinci. Bentuknya yang bulat dan kecil-kecil dengan rasa gurih atau pedas sangat disukai oleh masyarakatIndonesia. PT. Kacang tanah yang diproses sedemikian rupa ini memang garing seperti namanya. Didukung pula oleh sumber daya manusia. Contoh mereknya adalah Shanghai Deka atau Sukro. inovasi-inovasi dan pengawasan mutu yang ketat. Anda pernah makan pilus atau makanan ringan dengan merek Tic-Tac? Ini juga salah satu produk yang dikembangkan oleh PT Dua Kelinci. PT Dua Kelinci akhirnya mengeluarkan berbagai produk : a.Biasa disebut juga sebagai kacang bawang atau kacang atom. PT Dua Kelinci berkomitmen untuk tetap menjadi salah satu perusahaan kacang garing utama dalam yang selalu memproduksi produk-produk berkualitas tinggi seperti kacang garing. Di tahun 2000 kami telah meluncurkan produk-produk baru seperti Shanghai DK. Selain itu. Dua Kelinci dalam perkembangannya hingga saat ini selalu menggunakan kacang tanah berkualitas dan memprosesnya dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan produk yang kacang garing dan berkualitas.

Menjaga produk-produk berkualitas terbaik. terutama di segi kualitas. 2.3 Bentuk Badan Usaha PT. aman dan halal demi kepuasan pelanggan. yaitu kacang Dua Kelinci.beberapa contoh produk yang sudah dikembangkan dari produk semula. 3) Memperkuat Corporate Brand Dua Kelinci dengan jaringan distribusi yang merata dalam skala global. di mana fungsi-fungsi dalam organisasi tersebut mempunyai pembagian tugas. 2) Mempertahankan konsistensi dalam meningkatkan prestasi. 2. Salah satu alat bagi pemimpin untuk mencapai tujuan perusahaan adalahadanya organisasi yang baik dalam arti sesuai dengan kebutuhan perusahaan.2 Bentuk Struktur Organisasi Perusahaan Adanya bentuk organisasi yang baik merupakan salah satu syarat yang penting agar perusahaan PT Dua Kelinci dapat berjalan dengan baik. Dua Kelincimerupakan perusahaan manufacturing yang bergerak dalam industri kacang garing yang mempunyai produk yang berkualitas. Setiap organisasi yang dilaksanakan selalu berhubungan dengan struktur organisasi yang dibentuk agar menciptakan suatu pola dapat mempertinggi efisiensi kerja. . Visi : Menjadi yang terbaik di bidang food and beverage industry. b. Semua produk telah dikembangkan sesuai dengan permintaan konsumen mulai dari bahan kacang yang beraneka ragam sampai pada berbagai rasa yang diracik sedemikian rupa hingga cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.Mengupayakan dan memperbaiki kelestarian serta keharmonisan lingkungan. Suatu perusahaan akan berhasil mencapai prestasi kerja yang efektif dari karyawan PT Dua Kelinci apabila terdapat suatu sistem kerja sama yang baik. d. Visi dan Misi Perusahaana. Perusahaan berkomitmen untuk : a. sehingga organisasi bertujuan untuk menciptakan hubungan baik antara setiap bagian dari kelompok kerja tersebut.Meningkatkan produktifitas dan daya saing melalui pengembangan produk dan teknologi. efisiensi dan teknologi secara berkelanjutan. Struktur organisasi perusahaan PT Dua Kelinci merupakan struktur organisasi fungsional dan staff. Misi : 1) Meningkatkan daya saing di segala bidang. c.Mengembangkan manajemen dan Sumber Daya Manusia untuk mengantisipasi perubahan global. wewenang dan tanggung jawab yang telah dinyatakan dan diuraikan dengan jelas.

 Kelebihan analisa aspek teknis ini dilakukan untuk menetapkan apakah secara teknis investasi layak dan memberikan dasar untuk estimasi biaya.2 Tujuan Aspek teknis • Menentukan lokasi yang tepat (pabrik. PT Dua Kelinci juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. China. diantaranya maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan produk mixed nuts. Saudi Arabia.4 Bidang Usaha PT. dan lain-lain. Australia. Dan juga evaluasi aspek teknis dilakukan setelah evaluasi aspek pasar menunjukkan adanya kesempatan pemasaran yang memadai untuk jangka waktu yang relative panjang. 2. gudang. kantor cabang/ pusat) • Menentukan layout yang sesuai dan efisiensi • Menentukan teknologi yang tepat guna . 2. Secara ringkas.6 Tinjauan Teoritis 2. 2. Belanda.  Kekurangan analisa aspek teknis jika evaluasi aspek teknis dilakukan setelah evaluasi aspek pasar menunjukkan adanya kesempatan pemasaran yang memadai untuk jangka waktu panjang. Filipina. pengertian analisis aspek teknis mencakup semua tindakan teknis yang terkait dengan penyiapan dan pelaksanaan proses produksi.Kelebihan maupun kekurangan aspek teknis akan menimbulkan kerugian dalam perusahaan.1 Pengertian Aspek Teknis Pengertian aspek teknis merupakan suatu aspek yang berkenaan dengan proses pembangunan proyek secara teknis dan pengoperasiannya setelah proyek dibangun. Brunei Darussalam. Thailand. Malaysia.5 Daerah Pemasaran Daerah pemasaran produk-produk dari PT Dua Kelinci telah diekspor ke berbagainegara.6. seperti Singapura. Hongkong. Berdasarkan analisa ini pula dapat diketahui rancangan awal penaksiran biaya investasi termasuk biaya eksploitasinya. Amerika Serikat. Dua Kelinci bergerak di bidang industri yang memproduksi kacang garing dengan kualitas terbaik didunia.6. 2. Di samping itu. Canada.

• • Menentukan metode persediaan yang paling ideal sesuai bidang usahanya Menentukan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan sekarang dan masa depan 2.  Pengkajian aspek teknis itu sendiri mencakup beberapa hal antara lain sebagai berikut :  Menentukan letak geografis  Mencari dan memilih teknologi proses produksi  Menentukan kapasitas produksi  Denah atau tata letak industri  Bangunan instalasi (plant building)  Keputusan yang diambil dari pengkajian yang dilakukan diatas merupakan keputusan penting. Hasil pengkajian aspek teknis dipakai sebagai masukan pengkajian aspek-aspek lain.3 Maksud Pengkajian aspek Teknis Maksud dan tujuan pengkajian aspek teknis adalah sebagai berikut : a. .6. c. Akhirnya lingkungan aspek teknis sampai kepada kegiatan desain engineering terinci menghasilkan cetak biru (blue print) proyek yang akan dibangun. Pada tahap awal bertujuan untuk merumuskan gagasan yang timbul ke dalam batasan yang konkret dari segi teknis. Setidaknya ada 3 alasan mengapa keputusan tersebut penting bagi kelanjutan proyek yaitu :  Merupakan komitmen jangka panjang. b. yang bila tidak tepat sulit diperbaiki  Berpengaruh besar terhadap biaya pembangunan proyek  Mempunyai dampak permanen terhadap biaya operasi/produksi.

Dengan demikian dalam layout ini tidak terdapat arus balik jika suatu aliran pembuatan barang telah sampai pada tahapan tertentu. Dalam PT Dua Kelinci layout kelompok memisahmisahkan dan kelompok mesin yang memproduksi komponen-komponen yang membutuhkan proses produksi yang sejenis.1 Penentuan lokasi perusahaan PT Dua Kelinci memilih lokasi di Pati karena daerah disana merupakan pusat dari kacang tanah di Jawa Tengah. Lokasi pabrik (plant location) harus dibedakan dengan tata letak pabrik (plant layout) yang dimana lokasi perusahaan PT Dua Kelinci menunjukkan kondisi pengaturan fasilitas-fasilitas produksi tersebut dalam sebuah pabrik agar proses produksi bisa berlangsung lancar.4 Penentuan Layout Pabrik Layout merupakan keseluruhan proses penentuan”bentuk” dan penempatan fasilitasfasilitas yang dimiliki suatu perusahaan. Dalam perkembangannya hingga saat ini. Pada layout garis. Setiap komponen diselesaikan didalam area-area spealisasi tersebut dengan keseluruhan mesin yang telah diatur berurutan didalam area tersebut. 3. PT Dua Kelinci selalu menggunakan kacang tanah berkualitas dan memprosesnya dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan produk yang kacang garing dan berkualitas.BAB III PEMBAHASAN 3. sehingga dapat meningkatkan penawaran kacang tanah.2 Penentuan Teknologi PT Dua Kelinci dalam menganalisis penawaran kacang tanah di Jawa Tengah diketahui bahwa dalam meningkatkan kualitas produksi kacang tanah.3 Penentuan Mesin dan Layout Mesin PT Dua Kelinci dalam layout fungsional mesin-mesin dan peralatan yang mempuyai fungsi yang sama dikelompokan dan ditempatkan dalam suatu ruang atau tempat tertentu. 3. Layout ini digunakan oleh perusahaan PT Dua Kelinci yang berproduksi secara pesanan atau lazim disebut perusahaan dengan proses produk intermitten. maka disarankan untuk meningkatkan penggunaan teknologi produksi dan pasca produksi kacang tanah meningkatkan penggunaan lahan yang kurang produktif atau mengganti tanaman yang kurang produktif dengan membudidayakan tanaman kacang tanah untuk perluasan areal panen kacang tanah. Selain itu juga mempunyai posisi yang sangat strategis untuk mendapatkan bahan baku kacang tanah yang segar dan berkualitas secara terus-menerus. . 3. mesin dan peralatan disusun berdasarkan urutan dari opersi proses pembuatan produk.

. biaya lebih banyak kekurangan armada angkut. Sehingga diharapkan dengan adanya perbaikan tersebut. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut. permasalahan yang terjadi adalah PT Dua Kelinci mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil produksinya menentukan komposisi dan jumlah Kacang yang akan dikirim kedistributor-distributor dengan pesanan yang melebihi kapasitas armada yang disediakan perusahaan.3. Hal tersebut dapat terlihat dengan adanya pengiriman yang lama.6 Kapasitas yang Dihasilkan Produk yang dihasilkan oleh PT Dua Kelinci : Dua Kelinci Deka Shanghai Supernut . ketersediaan armada dapat di kurangi untuk optimasi biaya yang dikeluarkan. 3. Hal tersebut mengakibatkan sistem distribuisi PT Dua Kelinci ini tidak efisien dan efektif serta dalam pendistribusian produk tersebut masih membutuhkan biaya yang sangat banyak untuk itu diperlukan suatu perbaikan.5 Penentuan Biaya Dalam sistem produksinya PT Dua Kelinci mengacu pada permintaan bulanan dari distributor.

Supernut Menglembu Supernut Garlic Supernut Sand Grilled Garlic Nut Sangrai  Aneka Kacang : .

Koroku Original Koroku Pedas Rege Koro Original Rege Koro Pedas Rege Koro Polongku Rege Polongmas .

Polongmas Polongku Lofet Citrus Hystrix Lofet Ngo-Hiong Hot Nut Cabe .

.Sukro Sukro Hijau Pilus Rege Kacang Atom Katom BBQ Katom Polong. dll.

3. minyak dan pengemasan. Pengkajian aspek teknis pada PT Dua Kelinci mencakup beberapa hal antara lain : Penentuan lokasi perusahaan a. Hot Nut. penirisan/pendinginan. PT Dua Kelinci juga berkomitmen untuk tetap menjadi salah satu perusahaan kacang garing utama dalam yang selalu memproduksi produk-produk berkualitas tinggi seperti kacang garing. formulasi (pembuatan bumbu). grading II. sortasing. coated peanuts. pemolenan.7 Bangunan instalasi PT Dua Kelinci merupakan perusahaan makanan dalam negeri yang solit. dan lain-lain. proses produksi. Proses pengolahan kacang atom urutannya adalah sebagai berikut yaitu proses grading I. penggorengan. Garlic Nut. BAB IV PENUTUP 4.1 Kesimpulan PT Dua Kelinci secara terus menerus dan teratur melakukan inovasi-inovasi untuk menciptakan produk-produk baru untuk dipasarkan ke masyarakat. grading III. dan pengemasan. Setiap proses tersebut harus selalu diperhatikan pengendalian mutunya agar diperoleh hasil kacang yang baik. . dan lain-lain. Quality control pada saat pembuatan kacang atom meliputi pengendalian mutu bahan baku. Di tahun 2000 PT Dua Kelinci telah meluncurkan produk-produk baru seperti Shanghai DK. Pada proses produksi harus diperhatikan pengendalian mutunya pada tiap tahap agar didapat produk yang bermutu baik. Ha Lofet.

Vanessa G. Penerbit Salemba.com/2013/06/aspek-teknis-dan-analisa-aspek-teknis. Tohir. http://manajemenper. 2008. 2011. Gramedia.http://tantipuspita. g. e.blogspot.html . M. f. Jakarta.Pengertian Bisnis dan Bentuk Dasar. 2006.com/. Penentuan teknologi Penentuan mesin dan layout mesin Penentuan layout pabrik Penentuan biaya Kapasitas produk yang dihasilkan Bangunan instalasi DAFTAR PUSTAKA Madura. Kanisius. Jeff.2010. Yogyakarta Tanti. Dr. Pengantar Bisnis 1 (ed. Bentuk kepemilikan Usaha. d. 4).b. Membuka Usaha Kecil. Jakarta.blogspot. c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful