1. hari-pahlawan-7 (http://smkn1purwojati.files.wordpress.com/2012/11/haripahlawan-7.jpg) 2. kepala sekolah (http://uptpasirian.

files.wordpress.com/2012/09/ks.jpg) 3. guru professional (http://navelmangelep.files.wordpress.com/2011/12/guruprofesional.jpg) 4. guru profsional (www.stkipgarut.ac.id -) 5. slide-in-document11 (http://irvanhabibali.files.wordpress.com/2010/04/slide-indocument11.jpg) 6. guru proffesionnl (http://unesco09.blogspot.com/2013/07/wujudkan-guruprofesional.html) 7. 97759 (http://sumsel.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=97759) 8. Pic 0526 (http://4danaupanggang.blogspot.com/2010_09_01_archive.html) 9. 154698_pembagian-rapor-siswa_663_382 (http://log.viva.co.id/news/read/332762pentingnya-wali-kelas-di-sekolah) 10. img_0027 (http://tikman1solo.files.wordpress.com/2007/11/img_0027.jpg) 11. 0-Metro-Al-Ajhar (http://radarcirebon.com/wp-content/uploads/2012/03/0-MetroAl-Ajhar.jpg) 12. 100_1019 (http://dadanirsyada.files.wordpress.com/2012/03/100_1019.jpg) 13. IMG_20130119_090628 (http://sdn01balerejo.blogspot.com/2013/01/penggunaanmedia-pembelajaran.html) 14. IMG_20130220_100113 (http://www.slbnegerimuntok.com/2013/02/belajar-ituasyik.html) 15. qwre3 (https://c5200fab-a-62cb3a1a-ssites.googlegroups.com/site/soalundanvideopraktikum/teori-teoripembelajaran/qwre3.JPG) 16. 19042012901 (http://sharingmediapembelajaran.files.wordpress.com/2012/05/19042012901.jpg) 17.

in my soul Now I'm asking you. to guide you I'll stay close to you. for I will walk beside you Cause I was born to guide you. now my heart is asking you I'll stay right here and love you Now if I look inside you And listen to your heart would I hear you say I do Read more: http://artists. now my heart is asking you I'll stay right here and love you Now if I look inside you And listen to your heart would I hear you say I do Girl I 'll stay right here beside you I'll give you hope and guide you I wrote it in my heart. now my heart is asking you I'll stay right here and love you Now if I look inside you And listen to your heart would I hear you say I do Somewhere there's a meaning for all the things I'm feeling It's written in my heart. I ask you Just listen to my heart and you'll hear me say I do I 'll stay right here beside you I'll give you hope and guide you I wrote it in my heart. I hope you say I do Cause I can't turn away from you I 'll stay right here beside you I'll give you hope and guide you I wrote it in my heart. now my heart is telling you I'll stay right here and love you Now take a look.letssingit.Send "My Heart Is Asking You" ringtone to your cell Never shall you weep. my heart knows how to follow Like rivers know where they flow.com/fabrizio-faniello-lyrics-my-heart-is-asking-youtqptp4l#ixzz2aIrsqUf9 LetsSingIt . I hope you say I do Cause I can't turn away from you I 'll stay right here beside you I'll give you hope and guide you I wrote it in my heart. it knows Now I'm asking you.Your favorite Music Community .

Catatan: Jika Anda ingin membuat kutipan dan daftar pustaka (bibliografi) dapat dilihat pada artikel ini: Cara Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka (Bibliografi) Otomatis di Word 2007. Tanda bisa berupa angka. Footnotes group. Cara Menyisipkan Footnote dan Endnote 1. Sekarang kaki) atau Insert akan Endnote (untuk pada membuat bagian untuk catatan akhir). Klik pada bagian yang ingin disisipkan tanda footnote/endnote. Footnote atau endnote terdiri dari:   Tanda (dalam bentuk superscript) yang terletak dalam dokumen. Berikut tutorial cara mengolah footnote dan endnote. klik Insert Footnote (untuk membuat catatan 3. isi kursor berpindah mengetik footnote/endnote. . MS Word akan menempatkan isi Footnote di akhir halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen. Pada References tab. Isi untuk keterangan footnote/endnote yang terletak di akhir halaman atau dokumen/section. Catatan: Secara default. 2. komentar tambahan yang lebih mendetil atau referensi untuk informasi tertentu yang ada dalam dokumen. atau huruf. simbol.PENGGUNAAN FOOTNOTE PADA MICROSOFT WORD Footnote (catatan kaki) dan Endnote (catatan akhir) digunakan untuk memberi penjelasan.

1. Selanjutnya di samping angka atau simbol. CTRL+ALT+D untuk endnote. Untuk merubah format footnote/endnote. 8. klik pada bagian dokumen yang akan diberi tanda footnote/endnote dan tekan: o o CTRL+ALT+F untuk footnote. kita mungkin ingin mengubah format angkanya. Gunakan cara berikut ini untuk mengubah format footnote/endnote secara sekaligus dalam dokumen atau section. Pada kotak dialog Footnote and Endnote. Klik pada section yang akan diubah format footnote/endnote. klik tombol Symbol. Pilih tanda footnote/endnote dalam dokumen yang akan dihapus. 6. Cara Menghapus Footnote dan Endnote 1. 7. pilih format angka yang diinginkan. insertion point bisa ditempatkan di mana saja dalam dokumen. Bila ingin menggunakan simbol. bagian Format. ) 5. Bila dokumen tidak memiliki section. Klik Apply untuk mengganti format. Tekan tombol DELETE. klik tanda Dialog Box Launcher ( pada Footnotes.4. 2. . Cara Mengatur Format Angka Footnote dan Endnote Kadang-kadang setelah membuat footnote/endnote. Untuk menambah footnote/endnote lain dengan nomor berurutan. ketik isi footnote/endnote.

Pada References tab. 3. klik Footnote & EndnoteDialog Box Launcher ( untuk membuka kotak dialog. klik Footnote & EndnoteDialog Box Launcher ( untuk membuka kotak dialog. 3. Pada daftar note pane. 5.2. pilih: o o Restart each section. Pilih View footnote area (untuk melihat catatan kaki) atau View endnote area (untuk melihat catatan akhir). klik Show Notes. Footnotes group. pilih format yang diinginkan. Restart each page. Bila ) ingin menggunakan simbol. 3. Klik Apply. Pada kotak Start at. ) Cara Membuat Keterangan untuk Footnote dan Endnote yang Panjang Bila footnote/endnote terlalu panjang. Cara Mengatur Penomoran Footnote dan Endnote Dimulai dengan Angka 1 Pada Setiap Halaman atau Section 1. footnote/endnote dimulai dengan angka 1 pada setiap section. Pada References tab. Pada kotak Numbering. 4. Pada References tab. Klik Footnotes atau Endnotes. klik tombol Symbol. Jika dokumen memiliki footnote dan endnote. 2. klik Footnote Continuation Notice (untuk membuat keterangan di catatan kaki) atau Endnote Continuation Notice (untuk . akan muncul sebuah pesan. Pilih Draft view. footnote/endnote dimulai dengan angka 1 pada setiap halaman. maka akan disambung pada halaman berikutnya. Pada kotak Number format. Klik Apply. klik angka 1. Untuk itu kita bisa membuat keterangan agar pembaca tahu bahwa footnote/endnote ini bersambung ke halaman berikutnya. 4. 2. 1. 4. dan kemudian klik OK.

Pada note pane. 8. 2.membuat keterangan di catatan akhir). 3. 3. Footnotes group. 5. pilih beberapa footnote/endnote yang akan diubah (klik footnote/endnote pertama dan geser mouse untuk memilih footnote/endnote yang lain). klik Footnote & EndnoteDialog Box Launcher ( ) untuk membuka kotak dialog. Klik Close. Beri format yang diinginkan. misalnya mengganti tipe font atau membuat cetak miring. Kembali ke Print Layout dan perhatikan di baris terakhir footnote/endnote sudah muncul keterangan yang diketik tadi. kemudian . 1. 2. PilihView footnote area atau View endnote area. Untuk mengedit keterangan yang dibuat. 4. Cara Mengubah Seluruh Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya 0. ulangi langkah 1-4 dan buat perubahan yang diinginkan. Kemudian ketik teks untuk keterangan. Cara Mengubah Sebuah Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya o Klik kanan pada isi footnote/endnote yang akan diubah dan pilih Convert to Footnote atau Convert to Endnote. Cara Mengubah Beberapa Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya Catatan: Cara ini untuk merubah beberapa footnote/endnote yang letaknya berurutan. 1. Pada References tab. Jika dokumen memiliki footnote dan endnote. 3. klik Show Notes. Klik pilihan yang diinginkan dan klik OK. 5. 7. Klik Convert. Cara Mengubah Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya 1. 6. Klik kanan dan pilih Convert to Footnote atau Convert to Endnote. 2. dan klik OK. Pilih Draft view. akan muncul sebuah pesan. Pada References tab. misalnya …bersambung ke halaman berikutnya.

Yaitu jendela (Footnotes). Kita sering menggunakan cacatan kaki atau footnote di dokumen anda. Yang pertama sekali klik menu ribbon (View). Setelah kita mencoba klik Berkali-kali garis tersebut tidak dapat di pilih apalagi di hapus. Karena panjang garis tersebut tanggung sekali. Nah. 8. Karya tulis atau laporan ilmiah. 7. 1. Pada saat menggunakan Ms Word untuk membuat skripsi. sekarang untuk menghapus garis tersebut di Microsoft Word anda bisa melakukanya dengan mengikuti tips dan Langkah-langkah berikut ini. Dan pada bagian sebelah kiri ribbon. 3. barangkali kita kesal dan ingin merubah panjang garis tersebut atau bahkan menghapus dan menghilangkan garis tersebut dari dokumen anda. Pada saat kita membuat footnote. 5. 2. pilih atau klik tombol (Draft). Microsoft Word akan lansung memberikan sebuah garis pembatas yang Setengah-setengah. Misalnya. Dan klik kembali menu ribbon (Reverences) Kemudian klik tombol (Show Notes). ... Lalu anda akan melihat pada bagian bawah muncul sebuah jendela yang baru.4. thesis. 6. Lalu tampilan dokumen menjadi dalam bentuk draft.

15. 6. Lalu tekan tombol (backspase) Atau tombol Delete. Kemudian pada jendela tersebut klik kotak footnotes. 7. Maka anda hapus garis yang ada. 4. Tetapi apabila anda ingin menghilangkan garis footnotes. . 12. 16. Dan pada dropdown list Footnotes. Lalu langkah yang berikutnya kembali ke menu ribbon (Page Layout) Lalu pilih tombol (Print Layout). Apabila anda ingin merubah ukuran garis atau bentuk garis. 10. 5. Yang penting anda hapus garis tersebut. 17. 11. Seterusnya anda akan melihat garis footnotes sudah berubah sesuai dengan yang anda isikan dan bahkan hilang apabila anda menghapusnya. Dengan cara menekan tombol (Delete) Atau anda blok garis tersebut. Silahkan ganti atau rubah sesuai keinginan anda. Anda ganti pilihan (All Footnotes) Dengan (Footnote Separator).9. 14. 13.

kemudian pilihlah huruf romawi dan OK. . makalah atau buku biasanya pada bagian awal selalu diawali dengan daftar pustaka. Maka pada halaman akan muncul nomor yang kita sisipkan tersebut. Namun ternyata sistem penomoran pada MS word sebenarnya bisa kita buat jadi dua format berbeda dalam satu file saja. Untuk mengatasi perbedaan format pada penomoran tersebut biasanya kita harus membuat dua buah file yaitu untuk bagian awal dan bagian isi dengan format penomoran yang berbeda. 2. Dengan begitu kita tidak harus terepotkan dengan pembuatan dua file yang berbeda dan tentunya lebih praktis. Jika kita melihat sistem penomoran pada bagian itu ternyata berbeda dengan bagian isinya. Pada bagian awal tersebut biasanya menggunakan sistem penomoran dengan huruf romawi kecil. kata pengantar dll. Untuk prakteknya kita asumsikan akan membuat sebuah file namun pada halaman pertama dan kedua menggunakan sistem penomoran romawi kecil dan untuk halaman selanjutnya menggunakan penomoran biasa. 3. Usahakan buatlah sampai 4 halaman. Untuk mengubah sistem penomoran menjadi romawi maka klik Insert à Page Number à Format Page Number. Ketiklah sebuah naskah. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 1.Assalamualaikum wr. sedangkan pada bagian isi selalu menggunakan penomoran angka biasa.wb Dalam membuat sebuah skripsi. artikel atau yang lainnya sesuka Anda. Anda ingin mencobanya? Berikut ini tutorial bagaimana cara untuk membuat format penomoran yang berbeda pada satu file yang sama. Pilihlah letak yang sesuai dengan yang kita inginkan. Karena kita ingin membuat penomoran romawi pada halaman 1 dan 2 maka langkah pertama klik Tab Insert à Page Number.

Hasil terakhir semua halaman menggunakan penomoran huruf romawi kecil.4. pilih Next Page. 6. langkah selanjutnya adalah letakkan dulu kursor pada halaman 3. Pada halaman 3 tersebut klik ganda pada page number/footer. kemudian klik Tab Page Layout à Breaks. kemudian nonaktifkan Link to previous. Klik Tab header dan Footer Tool yang muncul. . 5. Untuk membuat halaman ke-3 dan seterusnya menggunakan sistem penomoran angka biasa.

ii.3.2. ada nomor halaman dengan format angka romawi i. yaitu halaman pertama dan kedua menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkan pada halaman ke-3 dan seterusnya menggunakan nomor halaman angka standart. Untuk pengaturan letak halaman pada prinsipnya menggunakan cara yang sama yaitu menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan.… kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK. 9. Menjadi 1.iii. Setelah pengaturan diatas. maka dalam satu file nomor halaman berbeda-beda formatnya. Pada number format ubah i. 8.7.iii.ii. 10. Sampai disini sudah berubah.…. Hapus nomor halaman tersebut.2.… dan ada juga nomor halaman yang menggunakan angka standart / Arabic 1.… .3. Dan pilih format page numbers. kemudian pada ribbon design. group menu Header & Footer klik page number.

. ...Semoga bermanfaat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful