TUGAS KELOMPOK MATEMATIKA

MAKALAH
LIMIT DAN KEKONTINUAN

DISUSUN OLEH: M.N.KOMARUDDIN.A MIFTAHUL ROHMAH.S RAFIDA HANI ALIMA ADEN RANI WANDA TITIS EKA PUTRI (113244024) (113244009) (113244008) (113244005) (113244202)

BIOLOGI 2011

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Dan mudah-mudahan dari makalah yang kami susun ini ada manfaat dan guna bagi yang membacanya. 19 Nopember 2011 i . nikmat. serta hidayah-Nya. Agar manakalah kedepannya lagi kami bisa menyusun tugas seperti ini dengan sempurna. Surabaya. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada Ibu dosen matematika dasar yang telah memberikan ilmunya kepada kita. maka dari itu kami berharap akan saran serta masukkan dari Ibu Dosen Matematika Dasar. Kami menyadari bahwasanya tugas yang kami susun ini belum sempurna.KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat. Serta semangat dan dukungan tetap terus kami terima. Sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan tepat waktu.

..1 BAB II 2.ii PENDAHULUAN…………………………………………………………………………………………………1 BAB I 1.………………………………………………………………………..i DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………………. TEOREMA LIMIT……………. KEKONTINUAN………………………………………………………………………………………… PENUTUP………………………………………………………………………………………………… ii .DAFTAR ISI KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………….

B X a x a x a (4)lim [f(x)n]=[lim f(x)]n=An x a x a 1 . Sedangkan bab II akan dibahas tentang kekontinuan. dalam buku karangan Djoko Moesono. hanya diberikan bukti teorema (1) saja. Pada bab I.A x a x a (3)lim [f(x).lim f(x)=C. Oleh karena itu.PENDAHULUAN Dalam makalah ini. akan dibahas tentang teorema limit dan kekontinuan yang dikutip dari buku Djoko Moesono.f(x)]=C.g(x)]=lim f(x). maka x a x a (1)lim [ f(x)+g(x) ]=lim f(x)+lim g(x)=A+B x a x a x a (2)lim [C. BAB I 1. Yang seringkali kita gunakan dalam menyelesaikan masalah-masalah kalkulus Membuktikan teorema-teorema limit adalah pekerjaan yang menyita banyak waktu.lim g(x)=A. Jika lim f(x)=A dan lim g(x)=B. serta dikutip dari beberapa website dari internet yang semuanya itu guna untuk melengkapi dan memberikan kemudahan untuk belajar. sedangkan bukti teorema-teorema lainnya tidak dibahas. akan dibahas tentang teorema limit. TEOREMA LIMIT Berikut ini diberikan beberapa teorema tentang limit fungsi dari Djoko Moesono.

2 . artinya pada setiap bilangan kecil positif ½ e dapat X a ditentukan bilangan kecil positif d2. sehingga untuk setiap x yang memenuhi 0<│x-a│<d1 berlaku │f(x)-A│< ½ e.(5)lim [f(x):g(x)]=lim f(x):lim g(x)=A:B x a x a (6)lim [ln f(x)]=ln [lim f(x)]=ln A x a x a (7)lim [ef(x)]= elim f(x)=eA x a x a (8)lim [f(x)g(x)]=[lim f(x)] lim g (x)=AB x a x a x a Bukti teorema (1) Diketahui lim f(x)=A. sehingga untuk setiap x yang memenuhi 0 < │x-a │<d2 berlaku │g(x)-B│< ½ e. artinya pada setiap bilangan keci positif ½ e dapat x a ditentukan bilangan kecil positif d1. Diketahui lim g(x)=B.

4: f(1. atau sifat dari suatu barisan saat indeks mendekati tak hingga. meskipun f(c) L. f(x) mempunyai definisi yang jelas pada titik 2 dan nilainya sama dengan limitnya. Dalam contoh ini.9) 0. nilai f(x) mendekati 0. Dalam contoh ini. adalah L".1) 0. Limit sebuah fungsi Jika f(x) adalah fungsi real dan c adalah bilangan real. yaitu 0.3882 Semakin x mendekati 2.001) 0.99) 0. Sebagai contoh. Dalam kasus . kasus ini tidak selalu 3 . maka untuk setiap x yang memenuhi 0 <│x-a│<d berlaku │f(x)-A │< ½ e dan │g(x)-B│< ½ e. "limit dari f(x).4001 f(2) 0.4012 f(1. bila x mendekati c. pada saat x mendekati 2.3998 f(2.4 f(2.999) 0. dan karena itu dimana berlaku. a. Dalam pelajaran matematika.4121 f(1. maka: Berarti f(x) dapat dibuat agar mempunyai nilai sedekat mungkin dengan L dengan cara membuat nilai x dekat dengan c.01) 0.4. digunakan untuk menjelaskan sifat dari suatu fungsi. Perlu diingat bahwa kalimat sebelumnya berlaku.Jika yang terkecil di antara d1 dan d2 disebut d. Limit dipakai dalam kalkulus (dan cabang lainnya dari analisis matematika) untuk mencari turunan dan kekontinyuan. . dan untuk memahami konsep limit secara menyeluruh bukan sesuatu yang mudah. Namun. limit biasanya mulai dipelajari saat pengenalan terhadap kalkulus. Bahkan. saat argumen mendekati ke suatu titik. f disebut kontinyu pada x = c.3988 f(2. Jadi │f(x)+g(x)-(A+B) │=│f(x)-A+g(x)-B│≤│f(x)-A│+│g(x)-B│< ½ e+ ½ e=e Ini berarti bahwa lim [f(x)+g(x)]=A+B= lim f(x)+lim g(x) x a x a x a Sedangkan Limit dalam sumber lain yakni. Sebagai contoh. fungsi f(x) tidak perlu terdefinisikan pada titik c. atau tak hingga. Kedua contoh dibawah ini menggambarkan sifat ini.

Atau. karena tak terhingga bukanlah sebuah bilangan. asal bukan persis sama dengan 1. Ini bukan berarti selisih antara x dan tak terhingga menjadi kecil.4 (sama seperti f(x)).1) 1. baik positif atau negatif.99 1. namun g tidak kontinyu pada titik x = 2.999 undef 2. bisa diambil contoh dimana f(x) tidak terdefinisikan pada titik x = c. yang untuk semua x dimana 4 . f(x) makin mendekati 2: f(0. b. pada saat x mendekati 1.01) f(1.010 2. berlaku c. Dalam contoh ini.001 2.9) f(0. Limit sebuah fungsi pada titik tak terhingga Konsep yang berkaitan dengan limit saat x mendekati sebuah angka adalah konsep limit saat x mendekati tak terhingga.95 1. jadi limit dari f(x) adalah 2.10 Jadi. x dapat dibuat sedekat mungkin dengan 1. artinya adalah x menjadi sangat besar (untuk tak terhingga) atau sangat kecil (untuk tak terhingga negatif). . Namun. maka berarti bahwa untuk setiap .99) f(0. Definisi formal Sebuah limit didefinisikan secara formal sebagai berikut: Bila f adalah fungsi yang terdefinisikan pada sebuah interval terbuka yang mengandung titik c (dengan kemungkinan pengecualian pada titik c) dan L adalah bilangan real. terdapat .Limit g(x) pada saat x mendekat 2 adalah 0.0) f(1.001) f(1. f(x) tidak terdefinisikan pada titik x = 1 namun limitnya samadengan 2. karena makin x mendekati 1.999) f(1.

dapat dikatakan bahwa d. bila tidak. Tidak semua barisan memiliki limit. limit barisan hanyalah limit pada tak terhingga dari suatu fungsi yang didefinisikan pada bilangan asli. nilai f(x) mendekati 2. adalah barisan bilangan riil. Limit barisan Perhatikan barisan berikut: 1.799. misalkan x1. Pada satu sisi. x2. Bila ada. f(100) = 1.79. . karena nilai absolut |xn − L| adalah jarak antara x dan L. 1.9802 f(1000) = 1.9998 Semakin x membesar. sama dengan limit barisan xn = f(x + 1/n). 1. Dapat ditunjukkan bahwa barisan konvergen hanya memiliki satu limit. Kita menyebut bilangan riil L sebagai limit barisan ini dan menuliskannya sebagai yang artinya Untuk setiap bilangan riil ε > 0.Sebagai contoh.. Kita dapat mengamati bahwa angka-angka tersebut "mendekati" 1.8. Di sisi lain.. Dalam contoh ini.9980 f(10000) = 1. limit sebuah fungsi f pada x. Secara intuitif ini berarti bahwa pada akhirnya semua elemen barisan tersebut akan mendekat sebagaimana yang kita kehendaki terhadap limit. disebut divergen.. lihat    .7999 . Secara formal. 5 .. |xn − L| < ε. kita menyebutnya sebagai konvergen. Limit barisan dan limit fungsi berkaitan erat. limit dari barisan tersebut. terdapat sebuah bilangan asli n0 sehingga untuk semua n > n0. bila ada.

KEKONTINUAN Jika kita diminta untuk menentukan limit suatu fungsi f pada x=a yaitu menentukan lim f(x).2. yaitu nilai . maka x a seringkali kita menghitung nilai f(a).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful