Cerpen Masa SMP Masa SMP adlah masa-masa paling kompleks .

Di SMP thu mulai dari cinta-cintaan , bandel-bandelnya , di hukum guru , sampe belajar sungguh-sungguh sebelum UAN itu menurut saya adalah masa-masa paling asyik . Yah! SMP thu masa dimana kita masih labil-labilnya . Dibilang anak-anak gak mau , dibilang dewasa juga belum. Udah labil , unyu , galau dan eksis ! Asyyiekk !. Nah kelebihan itu aku tuangkan dalam sebuah karya . Tentang , cinta , persahabatan , kebandelan, dan perjuangan belajar disatukan dalam sebuah karya yng berjudul “Masa Putih Biru”. Sebenarnya aku termasuk anak pendiam dan baik hati , tidaak sombong , suka memberi,rajin belajar,alim banget dehh. ( jangan dipercaya hehehe....) . Tapi , ada saatnya aku bisa jail luar biasa . Aku ingat betul kejadiannya waktu di kelas . Disiang yang panas , seekor ulat gueedddee.. dengan bulu yang lebat tiba-tiba menampakkan diri di lantai kelas. Salah seorang teman cewek segera mengambil ulat itu lalu diberikan kepada Lani , yang ternyata Lani jijik sama ulat dan langsung berteriak . Melihat kelakuan Lani timbulah ide jailku. Tanpa basa-basi , aku ambil tuhh ulat dari lantai , lalu aku berikan kepada Lani , Lani berteriak ketakutan , lalu aku bertikan lagi kepada teman-teman yaang blain yang ternyata mereka juga jijik , Kelas Heboh. Matahari kembali menunjukan keperkasaannya hari ini. Setelah mendung dan hujan berhari-hari, sekarang mentari membuat peluh semua orang menetes dengan deras di sekujurb tubuh.Panas siang ini memang sampai menyedot energi . Hingga dengan suasana yng panas masalah sedikit saja dapat membuat hati juga langsung menyala panas. Suasana ramai dan tenag di kelasku tiba-tiba menjadi kacau , ketika terjadi keributaan antara Hendri dn Taufik , hanya gara-gara lelucon kecil , Dani melerai mereka berdua , tapi bukan damai yang di dapat , malah suasana bertambah kacau . Gara-gara Hendri dan Taufik tidak menuruti perkataan Dani . Setelah bebrapa saat suasana mulai mereda . Namun Hendri bawel , terus berbicara pelan , karena meras kesal dan merasa tidaak dihormati , Dani pun marah pada Hendri dan mencetuskan kata-kata kasr dengan suaaraa beratnya . ‘Heh ... Dri loe biasa diem gak ? hargaai gue disini , semua orang di sekolah takut samaa gue !’. Hendri hanya terdiam , dan membuat Dani semakin memanas dan kesal karewna kelakuan , dan merasa tidak dihargaai dan tidak didengarkan perkataannya . Dani memukul Hendri dan menendang meja belajar yang ada di depannya . Hendri masih tetap terdiam , tidak melawan dengan ekspresinya yang tegaang . Dani langsung menarik kerah baju Hendri dengan tangan kirinya , sedangkan tangan kanannya mengepal siap untuk memukul . Aku berusaha melerainya namun taak bisaa . “Loe berani samaa gue ?”. tantangnya. Sembari meludahi wajah Hendri , namun air ludaahnya tidak mengenai Hendri , melainkan mengenai tepat di waajaahku . “Heyyy.. kalian bisa diaam gak sihh? Inget disini kita tuh sodar , satu keluarga satu kelas , kita harus bisa menjagaa kekompakan dalam segala hal , , dan kalu mau nyelesain masalah bukan kaya gini caranya !!” teriak Lani dengan kencang sembari menangis melihat kejadian itu . Setelah mendengar penuturan kalimat Lani , suasana di kelas mendadak menjadi hening , semua terdiam , ada yang menangis . Suasana menjadi tenang dan kembali melanjutkan beljar.

dimana rasa ingin tahu hal-hal baru. aku pertama mengenalnya waktu mengikuti Organisasi di sekolahku . dan dia mempunyai selera humoris yang tinggi . ia ucapkan sebuah kalimat yang mewakili semua do’a . aku putus sama dia gara-gara katanya sih dianya mau focus dulu belajar . kata orang tuanya . tidak jadi beban karna cinta yang dirasakan hanya sekedar suka… Aku hanya tersenyum kala bertemu Marina begitupun dia .“kriiiing . aku melihat ibuku sedang bermunajat kepada Robbnya . TApi entahlah itu bener atau bohong . yaitu Osis . belum lagi ditambah perkelahian antara Dani . tapi syukurlah kata wali kelasku ada dua hari lagi untuk kemungkinan belajar di kelas . Siangf yang begitu melelahkan . sama sepertiku . mereka berangkat dari rumah ke sekolah hanya bermain-main saja . jail juga . Taufik . yang selalu disebut cinta monyet . aku pulang ke rumah darisekolah . sebelum dimulainya ujian praktik yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi . ✁✂✄ Keesokan harinya aku terbangun dari mimpiku . Rudi orangnya baik . menginjak masa SMP waktu aku mulai masuk pada masa remaja. Dan waktu belajar juga dipergunakan hanya untuk nongkrong di WC. namun pas semester 2 dia di pindahkaan ke kelas yang lain . waktu kelas 8 aku satu kelas dengannya . karena aku denger sekarang dia udah punya pacar lagi. saat ibu yang biasanya sudah masak . Perkenalan yang singkat itu membuahkan sebuah Persahabataan yang sejati . tiba-tiba aku bertemu dengan Marina . Aku pulang bersama Rudi.kini terdiam lagi . Aku kali ini datang tidak terlambat . belum melibatkan naluri dan hati… saat pacar menghilang. tapi di kelas hanya baru dating beberapa orang saja . Ya inilah cinta cinta di SMP . Dan hari ini adalah hari terakhir sekolah mengadakan pemantapan .. mereka hanya santai saja . Aku langsung pergi ke kamar . pada masa SMP. yaitu mantan pacarku .bisikan-bisikan yang ia persembahkan sebagai do’atulus pada illahi . Mataku terasa pedih . para anak-anak pun mulai merasakan rasa suka terhadap lawan jenis. Rudi adalah sahabatku dari kelas 7 . .. sinar matahari yang masuk melalui celah jendela terasa menyilaukan . Dalam tiga bulan sebelum UAN ini aku harus berangkat lebih awal . Dan sekarang aku kembali satu kelas dengannya . ia haturkan dalam untaian kalimat yang indah bermakna . dan langsung pergi sekolah . dan Hendri . karena hari ini kemungkinan terakhir belajar di kelas . Aku ingin sekali minum sepuasnya . “Robbana atina fiddunya khasanah wafil akhiroti khasanah wa qina adzabannar”. kriiiing . hari ini aku harus bersungguh-sungguh untuk belajar .” bel pulang berbunyi . meskipun malu-malu untuk mengakuinya .ya cinta yang datang hanya karna perasaan suka. kerongkonganku sangat kering sejak pagi tadi aku berteriak-teriak di kelas . Dan sebagaipenutup .Pusing rasanya . Sedang asyikknya berjalan . dan kami makan bersama . Tapi bagi anak-anak yang tidak terlalu focus terhadap belajar . sebelum masuk ke dalam kamar . Ketika memasuki rumah keadaan bertambah kacau . untuk mengikuti pemantapan . yang terus menggebu-gebu.. Kemudian saudaraku dating membawa makanan . dan aku bergegas melaksanakan kewajibanku . bawel . tapi kali ini tidak ada ditempat .

Rika . tapi ini semua harus terjadi .. bagiku .. “ eh tapi tadi kalau misalnya mereka nyerang .jawabnya . bahkan ada yang tawuran . kita mau kemana nihh ?’ tanyakku . ketika hamper sampai tujuan . Tiba-tiba salah seorang dari mereka . saling percaya .. apa lloe . kekompakan .. sedangkan anak-anak yang lain mereka sudah pulang terlebih dahulu ... ngapain sihh anak=anak itu .”Iyya . “ ujar Rais . tak ingin rasanya ku berpisah dengan kalian . yaitu renang . sahabat yang tulus .turun sini ? ‘ mereka terus mengikuti mobil yang aku naiki . dari sebuah kebersamaan .mau ngapain sihh lloe . karena ini juga demi masa depan kita . kami mah ke anak-anak sekolahnya dda . Fuji dan Rais pulang renang. ‘Tuuh mau nganterin dulu si Rika ‘ jawab salah satu temanku . Di kelas IX-a juga banyak macam karakter dari yang pendiem . di pas perempatan tiba-tiba mobil mendadak membalik arah yang lain . “hahahaha…………” semua tertawa .. Dani . “dasar udah tahu kita ini satu Negara .Membahas anak sekolah yang suka menongkrong di jalan . “ekhh kenapa kamu diem aja tadi ?” tanyaku pada Dani . naik motor . “Emangnya mau apa kalian diinjek-injek sama mereka .. Aku ingat sekali kejadiannya . pastilah ! “.. karena kesal sang supir memberhentikan mobilnya dan orang yang disampingnya berkata “Heh .canda tawa .”.?’ Ujar Rudi . namun inilah saat-saat yang kita tunggu .. udah tadi disekolah lari=larian . bukannya belajar. jawabnya .. kamu pasti turun ?” tanyaku lagi pada Dani . sampe jail . hanya ucap maaf dan terima kasih yang bisa ku berikan kepada kalian . di tambah renang “kata Rudi . “ihh . Ani . mereka Cuma berani di kandangnya aja “ . ✁✂✄ Di kelas IX-aaku banyak mendapatkan pembelajaran yang tak ternilai harganya . ... mau pada ngapain coba . dan bawelpu ada . bukannya belajar tapi malah ngajak ribut sekolah lain .tapi gak rela juga mau meninggalkan masa putih biru ini yang penuh dengan pengalaman . . kaya gak berpendidikan aja “ seru Fuji . yaitu meninggalkan masa putih biru dan memulai dengan masa putih abu-abu . sebelum Rika sempat turun mendadak di belakang adabeberapaorang yang mengenakan baju putih biru . malah nongkrong dan rebut gak karuan . “iya atuh . bermusuhan dengan sekolah lain . yaitu waktu setelah pulang ujian praktik penjas . Sumpah sangat berat bila ingin berpisah sama kalian . Thank IX-a. ujar Dani . meskipun selalu ada sedikit permasalahan tapi kamibisa menyelesaikannya dengan cukup baik . “iya . nongkrong di jalan . menarik bajuku dengan tangan kanannya melalui jendela yang sedikit terbuka sambil berkata ‘Heh . aku tak tahu itu siapa . baik .aku jadi teringat satu kejadian . untuk menuju masa depan masing-masing . pokoknya banyak ddeh . mungkin itu anak sekolah lain .”Ah ggak ah males . “Ekkh . waktu itu aku dan teman-temanku yakni Rudi .Itulah kelakuan kebanyakan anak-anak jaman sekarang . ‘Eh . itu mah bukan pelajar dong namanya “Ujar Ani . Mobil terus melaju . naik angkutan umum . Di tengah perjalanan pulang . “Ya . ✁✂✄ Tinggalmenghitung hari lagi kita akan berpisah teman-teman .dan waktu pulang pun bukan dipergunakan untuk belajar melainkan hanya untuk bermain-main .Gak rela tinggalin semua masa-masa yang pernah kita lalui bersama . capek nni “ jawabnya . .?’. Supir menancap gas dean mobil pun melaju . Mungkin semuanya hanya akan menjadi kenangan yang gak akan terlupakan .

. aku berharap kita masih bisa bertemu dengan mengenakan seragam putih abu . ‘JANGAN PERNAH MELUPAKAN TEMAN LAMAMU JIKA SUATU SAAT KALAIN MENDAPATKAN TEMAN YANG BARU !’. dan tidak akan melupakan kalian . I LOVE YOU ALL . Aku janji tidak akan masa putih biru ini .tapi satu pesanku . dan terima kasih karena selama ini kalian sudah mau berteman dengan ku .maaf bila. selama ini aku punya banyak salah sama kalian . aku akan tetap menjadi teman kalian . AMIN …. walaupun mungkin kita tidak satu sekolah lagi . dan baik terhadapku . .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful